Panduan Belajar SEO Blogger untuk Pemula


Panduan Belajar SEO Blogger untuk Pemula Dengan menerapkan teknik SEO untuk membangun sebuah website atau blog adalah ide yang tepat untuk membangun perkembangannya. Banyak blogger mengabaikan teknik SEO dan hanya fokus pada tampilan halaman web. Itu bukan masalah untuk performa blog anda, tapi yang harus anda pikirkan dan lakukan adalah pentingnya menerapkan teknik SEO untuk membangun perkembangan blog yang anda kelola.

Sudah banyak para blogger di luar sana yang memiliki, mengelola, memonetisasi, dan mempromosikan konten website atau blog secara online melalui Google Mesin Telusur. Google Search adalah satu-satunya mesin pencari berbasis web yang dimiliki oleh Google Inc. Google Search merupakan solusi terbaik di dunia sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya ini. Bayangkan ada ratusan juta query yang masuk setiap harinya yang banyak digunakan oleh para web surfer dengan berbagai macam layanan yang sudah tersedia.

Blogger adalah satu-satunya layanan untuk membuat blog yang didirikan oleh Pyra Labs pada 23 Agustus 1993. Setelah itu Blogger beralih ke Google dan resmi menjadi milik perusahaan Google pada Februari 2003. Artinya sistem algoritma blogger sudah di kendalikan oleh Google untuk dikembangkan menjadi lebih sempurna. Itu artinya Anda yang mengelola blog harus mengenal Google lebih dekat untuk menerapkan teknik SEO-nya.

Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO adalah cara terbaik untuk mengoptimasi sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan page rank sebuah website sehingga berada di urutan teratas hasil pencarian Google khususnya dalam riset organik. Dimana pencarian organik dilakukan oleh manusia dan bukan robot dengan melakukan kata kunci yang ditulis pada mesin pencari seperti browser pada mesin pencari Google. Anda juga dapat meningkatkan struktur website yang baik agar mendapatkan nilai SEO yang bagus di mesin pencari Google. Anda bisa membaca postingan kami yang lebih lengkapnya tentang Apa itu SEO, dan Bagaimana Cara Kerjanya? Dapatkan Lalu Lintas Organik.

Panduan Belajar SEO Blogger untuk Pemula sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis yang sedang berkembang, pemilik situs yang mengelola puluhan situs, dan pakar SEO di web agency, atau bagi Anda yang tertarik dengan mekanisme Search dan ingin belajar SEO sendiri. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak pembahasan ini sampai selesai tentang Panduan Belajar SEO Blogger untuk Pemula dalam Memulai Search Engine Optimization.


Memulai Pengoptimalan Mesin Pencari


Posting ini awalnya dimulai sebagai upaya untuk membantu tim di Google, tetapi kami pikir panduan ini akan sama-sama berguna bagi webmaster yang baru mengenal topik pengoptimalan mesin telusur dan ingin meningkatkan keterlibatan pengguna dan mesin telusur dengan situs mereka. Meskipun panduan ini tidak memberi tahu Anda rahasia apa pun yang secara otomatis akan meningkatkan peringkat situs Anda pada kueri di Google, mengikuti praktik yang diuraikan di bawah ini akan memudahkan mesin telusur untuk merayapi, mengindeks, dan memahami konten Anda.

Optimisasi mesin pencari sering kali tentang modifikasi kecil pada bagian situs web Anda. Jika dilihat secara terpisah, perubahan ini mungkin tampak seperti peningkatan bertahap, tetapi jika digabungkan dengan pengoptimalan lainnya, perubahan tersebut dapat berdampak nyata pada pengalaman dan kinerja pengguna di hasil penelusuran organik situs Anda. Anda mungkin sudah familiar dengan sebagian besar topik dalam panduan ini, karena mereka adalah bahan penting untuk semua halaman web, tetapi Anda mungkin tidak menggunakannya secara maksimal. Untuk itu Anda perlu mempelajari bagaimana cara Mengoptimalkan Konten Dalam SEO agar dapat dikenali di mesin pencari Google.

Meskipun judul panduan ini berisi kata-kata "mesin pencari", kami ingin menyampaikan bahwa Anda harus membuat keputusan pengoptimalan dengan mempertimbangkan pengunjung situs Anda. Mereka adalah konsumen utama konten dan menggunakan mesin pencari untuk menemukan pekerjaan Anda. Berfokus terlalu banyak pada perubahan spesifik untuk menentukan peringkat dalam hasil organik mesin telusur mungkin belum tentu mengarah pada hasil yang diinginkan. Optimisasi mesin pencari adalah tentang menempatkan kesan yang baik di depan dalam visibilitas mesin pencari, tetapi konsumen utama adalah pengguna Anda, bukan mesin pencari.

Situs Anda bisa lebih kecil atau lebih besar dari situs sampel kami dan menawarkan konten yang sama sekali berbeda, tetapi topik pengoptimalan yang kami diskusikan di bawah ini harus berlaku untuk semua ukuran dan jenis situs web. Kami berharap panduan kami memberi Anda ide-ide segar untuk meningkatkan situs web Anda, dan kami ingin mendengar pertanyaan, umpan balik, dan kisah sukses Anda di kolom komentar pada postingan ini.


Pelajari Dasar-dasar SEO Blogger


Dengan Search engine optimization (SEO) Anda dapat melakukan perubahan kecil pada beberapa bagian situs yang Anda kelola. Jika dilihat secara terpisah, perubahan ini kemungkinan besar merupakan peningkatan bertahap, tetapi jika digabungkan dengan pengoptimalan lainnya, perubahan yang dilakukan dapat berdampak sangat signifikan pada kinerja dan pengalaman pengguna situs Anda dalam hasil penelusuran organik.

Solusi terbaik untuk Memulai dengan Pengoptimalan Mesin Pencari adalah Anda harus dapat membuat situs web untuk memberi manfaat bagi pengunjung Anda, lalu mendorong setiap pengoptimalan untuk membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik. Ingatlah bahwa salah satu pengguna adalah mesin pencari, yang akan membantu pengguna lain menemukan konten Anda.

Untuk itu Anda perlu mempelajari dasar-dasar SEO Blogger karena ini sangat penting sebelum mulai membuat website atau blog agar bisa menghasilkan uang. Berikut ini adalah tips belajar Dasar-dasar SEO Blogger yang bisa Anda pelajari bagi pengguna website atau blog.

  • Buat judul halaman yang unik dan akurat
  • Menggunakan tag meta "deskripsi"
  • Tingkatkan struktur URL Anda
  • Jadikan situs lebih mudah dinavigasi
  • Menawarkan konten dan layanan berkualitas
  • Tulis teks tautan yang lebih baik
  • Optimalkan penggunaan gambar Anda
  • Menggunakan tag heading dengan benar
  • Menggunakan robots.txt secara efektif
  • Hati-hati saat menggunakan tautan SEO rel="nofollow"
  • Beri tahu Google tentang situs seluler
  • Memandu Promosi dan Menganalisis pengguna dengan Akurat
  • Promosikan situs web Anda dengan cara yang benar
  • Manfaatkan alat webmaster gratis


Mulai dari sini, Admin akan menjelaskan beberapa poin dalam Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO) :

1. Tentukan Judul dan Deskripsi


  • Buat judul halaman yang unik dan akurat
  • Menggunakan tag meta "deskripsi"

2. Tingkatkan Struktur Situs


  • Tingkatkan struktur URL Anda
  • Jadikan situs lebih mudah dinavigasi

3. Mengoptimalkan Konten


  • Menawarkan konten dan layanan berkualitas
  • Tulis teks tautan yang lebih baik
  • Optimalkan penggunaan gambar Anda
  • Menggunakan tag heading dengan benar

4. Menangani Perayap



5. SEO untuk perangkat seluler


  • Beri tahu Google tentang situs seluler
  • Memandu Promosi dan Menganalisis pengguna secara Akurat

6. Promosi dan Analisis


  • Promosikan situs web Anda dengan cara yang benar
  • Manfaatkan alat webmaster gratis

Contoh dapat membantu penjelasan kita, jadi kami telah membuat situs web fiktif yang mengikuti keseluruhan panduan. Untuk setiap topik, kami menyajikan informasi yang cukup mengenai situs untuk mengilustrasikan poin yang dimaksud. Berikut beberapa informasi mengenai latar belakang situs yang akan kita gunakan:

Website/business name: "Uang Kuno Tino"
Domain Name: example.com
Focus: Online only old money sales, price guides, articles and news content
Size: Small, ~250 pages

Pengoptimalan mesin telusur hanya memengaruhi hasil penelusuran organik, bukan hasil berbayar atau "yang disponsori" seperti Google AdWords.

Salah satu cara membuat website seo adalah dengan mempelajari dasar-dasar seo terlebih dahulu! Bukan membeli backlink dari A atau B lalu menganggap itu teknik yang tepat. Itu adalah kesalahan besar bagi pemula yang baru memulai di blogger. Banyak blogger senior yang blognya sudah di huni sarang laba-laba bahkan sudah mati tapi tetap mengaku sebagai blogger. Untuk itu agar blog Admin tidak di huni oleh sarang laba-laba disini Admin akan menjelaskan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sering ditanyakan pengguna yang baru menggunakan blogger untuk membuat blog atau website agar bisa diterima Google AdSense. Di posting kami sebelumnya Anda juga bisa mengetahui Cara Memastikan Blog Diterima AdSense. Simak pembahasan di bawah ini tentang berbagai cara membangun blog gratis agar Anda bisa memahami tentang SEO Blogger.

Cara Menggunakan SEO Blogger untuk Pemula


Ada berbagai cara dan tips menjadi blogger pemula yang dapat Anda lakukan untuk Mencari Kehidupan Menjadi Blogger Profesional. Berikut ini beberapa Cara Menggunakan SEO Blogger untuk Pemula:

1. Buat Blog di Blogger


Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot adalah awal yang tepat untuk pemula yang baru memulai dunia blogging. Jika anda kurang suka menggunakan template bawaan (default) yang disediakan oleh blogger untuk penggunanya, anda bisa menggunakan beberapa jenis Seo Blogger Template yang sudah admin sediakan di blog sederhana ini untuk keperluan pembelajaran bagi pemula. Anda juga bisa menggunakan template premium untuk belajar yang banyak tersedia di internet secara gratis.

2. Menulis Artikel SEO di Blog


Cara Menulis Artikel SEO yang Benar merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai oleh seorang publisher untuk meningkatkan performa sebuah website atau blog yang dikelola. Salah satu hal penting yang harus dihadapi blogger dan pemasar konten adalah bagaimana menulis konten yang dioptimalkan mesin pencari.

3. Membuat Label di Blog


Cara Membuat Label di Blog juga perlu dipahami seorang yang bekerja menjadi Publisher di Google. Blogger telah membuat pengkategorian posting menjadi sangat sederhana, tetapi itu adalah sesuatu yang sering diabaikan atau disalahgunakan. Mengkategorikan posting Anda membantu mengatur blog Anda membiarkan pembaca Anda menemukan apa yang mereka cari dan butuhkan di blog yang Anda cintai.

4. Posting Artikel di Blog


Cara Memposting Artikel di Blog Merupakan poin penting dan awal untuk membuat postingan artikel yang merupakan salah satu pekerjaan utama yang dilakukan oleh seorang publisher di Google. Dengan menggunakan teknik blogging yang benar, maka blog yang Anda bangun akan berkembang lebih baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari cara memulai dan mengelola blog secara efektif dari kecil hingga besar.

5. Buat Peta Situs (Sitemap) di Blogger


Cara Membuat Sitemap di Blogger juga sangat penting karena blogger sudah terhubung dengan Google Search Console (GSC) yang terletak di menu Setelan > Crawler dan pengindeksan > Google Searh Console. Sitemap adalah daftar isi blog yang dapat memudahkan pengunjung untuk memilih artikel berdasarkan label atau kategori. maka dengan itu pentingnya sebuah halaman peta situs (sitemap) untuk memudahkan pengunjung yang sedang browsing blog anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur Setelan Dashboard Blogger dengan setelan yang tepat! agar bisa menerapkan teknik seo blogger.

6. Menghubungkan Blogger ke Google Search Console


Cara Menghubungkan Blogger ke Google Search Console (GSC) adalah salah satu cara yang tepat untuk mengindeks artikel yang Anda posting agar muncul di mesin pencari Google. Namun terkadang Google Search Console membutuhkan waktu yang lama untuk mengindeks artikel postingan, mungkin karena banyaknya pengguna yang menggunakan GSC sehingga artikel yang Anda publikasikan terhambat atau antri untuk membantu mengindeks artikel ke mesin pencari Google.

7. Memasang Google Analytics di Blog


Cara Memasang Google Analytics di Blogspot juga penting untuk menganalisa data yang bertujuan untuk melacak pengunjung pada blog atau website yang sangat penting untuk membantu perkembangan sebuah blog. Salah satu alat yang paling populer tentang pelacakan pengunjung adalah Google Analytics, dan posting ini akan menjelaskan Cara Memasang Google Analytics di Blogspot.

8. Menggunakan Google News untuk Blogger


Cara Daftar Google News untuk Blogger adalah solusi tepat untuk mengindeks artikel lebih cepat dari Google Search Console (GSC). Google News atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang artinya Google Berita adalah layanan kompilasi portal berita yang secara otomatis akan menampilkan postingan berita dari berbagai media. Salah satu manfaat menggunakan Google News adalah postingan mudah diindeks dan mendarat di halaman pertama mesin pencari. Selain itu, jika postingan Anda berkualitas, Google News akan menempatkan postingan Anda di halaman utama daftar News. Namun untuk mencapai posisi puncak tidaklah mudah. Kuncinya, seperti yang kita bahas kali ini, adalah terus melakukan optimasi mesin pencari (SEO).

Dari cara-cara di atas jika kamu ikuti dan perhatikan baik-baik apa yang telah admin tuliskan dan jelaskan! Saya yakin Anda adalah gagasan yang siap bekerja dengan Google dan dapat menghasilkan lebih banyak uang untuk masa depan yang sebenarnya. Namun hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, semuanya juga tentunya membutuhkan proses dan kerja keras dengan ide-ide yang ada di isi kepala. Untuk itu admin akan menjelaskan sedetail mungkin disini. Postingan ini juga dimaksudkan sebagai catatan penting di blog kami untuk berbagi hal-hal yang menarik dan dapat bermanfaat bagi saya dan teman-teman semua. Untuk itu simak penjelasannya dari lanjutan postingan ini sampai akhir.

Memeriksa Blog ada di Google


Cari tahu apakah situs Anda terdaftar di indeks Google

Dengan mengetahui apakah sebuah situs terdaftar dan diindeks di Google, Anda dapat melakukan site: mencari posting URL beranda di situs Anda. Jika situs tersebut muncul, berarti situs Anda sudah terdaftar dan di indeks Google. Misalnya, penelusuran untuk site:samuelpasaribu.com menampilkan hasil ini.

Jika situs Anda tidak ada di Google

Perlu Anda ketahui bahwa Google melakukan crawling dari ribuan, jutaan, bahkan miliaran halaman, sehingga kemungkinan ada beberapa situs yang terlewatkan. Jika perayap kehilangan situs Anda, mungkin karena salah satu alasan berikut:

  • Situs tidak terhubung dengan baik dengan situs lain di web
  • Anda baru saja meluncurkan situs baru dan belum dirayapi oleh Google
  • Desain situs mempersulit Google untuk merayapi kontennya secara efektif
  • Google mendapatkan kesalahan saat mencoba merayapi situs Anda
  • Kebijakan Anda memblokir Google dari merayapi situs

Perlu Anda ketahui bahwa Google adalah mesin pencari yang sepenuhnya otomatis, menggunakan perayap web untuk merayapi web secara terus menerus. Google Search Engine akan memproses situs yang dicari untuk ditambahkan ke halaman indeks pada mesin pencari Google; Anda mungkin juga tidak perlu melakukan apa pun di blog selain memposting situs Anda di web. Berdasarkan fakta yang telah kami teliti, bahwa beberapa situs yang sudah terdaftar di hasil pencarian Google tidak diajukan secara manual untuk listing di mesin pencari, tetapi dapat ditemukan dan ditambahkan secara otomatis ketika Google sedang dalam proses crawling web. Anda juga bisa membaca panduan lengkap dalam memulai pengoptimalan mesin telusur di Pusat Google Penelusuran

Google Search Console (GSC) telah menyediakan alat untuk membantu Anda mengirimkan konten ke Google dan memantau status Anda di Google Penelusuran. Jika diinginkan, Search Console bahkan dapat mengirimkan pemberitahuan tentang masalah kritis yang dihadapi Google di situs Anda.

Kesimpulan


Meskipun ada banyak hal yang harus dipahami, dengan langkah-langkah yang tepat, Anda akan dengan cepat menguasai triknya. Tentunya harus ditunjang dengan banyak latihan dan hasilnya tercatat di website Anda. Demikian pula, hal terpenting untuk belajar SEO adalah jangan pernah berhenti. SEO merupakan pekerjaan optimasi yang harus dilakukan secara terus menerus untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu, kami yakin Anda bisa melakukannya.

Demikian posting kali tentang Panduan Belajar SEO Blogger untuk Pemula. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url