Meningkatkan Struktur Website yang Baik


Struktur Website Banyak situs web, seperti website atau blog, memiliki struktur yang membingungkan. Konten sering kali ditautkan secara sembarangan dan perjalanan pengguna penuh dengan jalan buntu dan jalan yang aneh. Ini dapat membuat pengunjung Anda frustrasi dan sulit bagi Google untuk mengindeks.

Dalam posting ini kami akan memberikan tips untuk memandu Anda melalui strategi untuk meningkatkan struktur situs web Anda, yang dapat membantu Anda meningkatkan peringkat pencarian Anda dan meningkatkan pendapatan dari jumlah pengunjung yang sama. Jika Anda serius ingin mengembangkan website atau blog untuk keperluan bisnis Anda, baca terus posting ini sampai akhir!


Apa itu struktur website?


Struktur website adalah bagaimana halaman yang berbeda di situs Anda ditautkan satu sama lain menggunakan tautan internal dan hierarkinya. Beginilah cara informasi di situs Anda diatur dan disajikan sehingga algoritma dapat membaca konteksnya dengan baik. Struktur situs web yang baik memfasilitasi navigasi yang mudah bagi pengguna dan perayap yang meningkatkan peringkat SEO situs web Anda di mesin pencari. Anda juga dapat membaca posting kami sebelumnya tentang 15 Elemen dan Nama Komponen yang perlu diketahui di Halaman Blog.

Jadi peran seorang desainer adalah membuat situs web yang memiliki UX hebat yang menjaga aksesibilitas dan mudah digunakan. Struktur situs web yang baik meningkatkan kegunaan atau keramahan pengguna situs web Anda dengan memudahkan pengguna menemukan apa yang mereka cari. Untuk menyusun situs web, Anda perlu memetakan bagaimana Anda akan mengatur konten di situs Anda (beranda, kategori, halaman individual, posting blog).

Inilah sebabnya mengapa penataan situs web seperti website atau blog harus menjadi langkah pertama dalam proyek desain web apa pun. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari cara mendesain template blogger custom dari awal hingga akhir di postingan kami sebelumnya. Anda juga dapat Membuat Menu Navigasi Responsive dengan CSS di Blog dan Membuat Footer Responsive dengan HTML dan CSS di Template Gratis yang sudah kami update di posting sebelumnya.


Cara Meningkatkan Struktur Website



Struktur website Anda seperti denah arsitektur sebuah bangunan. Ini memberikan garis besar tentang bagaimana posting dan halaman Anda ditautkan bersama. Ini juga memperhitungkan tautan yang Anda tempatkan di menu Anda. Saat Google mengindeks sebuah situs, ia mengikuti tautan ini untuk membuat peta situs Anda. Selain itu Anda juga dapat membaca posting kami sebelumnya tentang Cara Mencegah dan Mengatasi Blog Terkena AGC (Auto Generate Content).

Aliran pengguna, di sisi lain, adalah tentang bagaimana orang menelusuri situs Anda. Struktur situs web Anda akan memainkan peran besar dalam hal ini. Faktor lain seperti cara Anda menandai tautan tersebut dan kualitas konten Anda juga ikut berperan. Untuk itu Anda juga harus mempelajari bagaimana Cara Menulis Artikel SEO yang Benar di Blog dan Cara Memposting Artikel di Blog untuk Pemula.

Struktur website yang berfungsi sebagai pembungkus komponen atau elemen website lainnya adalah meningkatkan struktur website yang baik, Anda biasanya perlu melakukan satu atau beberapa hal berikut:



1. Tingkatkan struktur URL Anda


URL yang mudah dipahami akan menyampaikan informasi konten dengan lebih mudah ke mesin pencari Google. Membuat kategori deskriptif dan nama file untuk dokumen situs web tidak hanya membantu situs Anda tetap terorganisir dengan lebih baik, tetapi juga dapat menyebabkan mesin telusur merayapi dokumen Anda dengan lebih baik. Ini juga akan membuat URL lebih mudah dan "ramah" bagi mereka yang ingin menautkan ke konten Anda. Pengunjung mungkin terganggu oleh URL yang sangat panjang dan tersembunyi yang berisi beberapa kata yang dapat dikenali.


URL seperti pada gambar di atas dapat membingungkan dan tidak ramah. Pengguna akan kesulitan mengutip URL dari memori atau membuat tautan ke URL. Pengguna mungkin juga percaya bahwa beberapa URL tidak penting, terutama jika URL menunjukkan banyak parameter yang tidak dapat dikenali. Mereka mungkin menghilangkan bagian dari URL sehingga link menjadi rusak.

Beberapa pengguna mungkin menautkan ke halaman Anda menggunakan URL halaman sebagai teks link. Jika URL berisi kata-kata yang relevan, URL akan memberikan informasi lengkap kepada pengguna dan mesin pencari tentang halaman daripada apa yang diberikan oleh ID atau parameter bernama aneh. URL yang baik dapat Anda lihat seperti pada gambar di bawah ini.


URL ditampilkan di hasil penelusuran, ingat bahwa URL dalam dokumen ditampilkan sebagai bagian dari hasil pencarian di Google, di bawah judul dan cuplikan dokumen. Seperti judul dan cuplikan, kata-kata dalam URL di hasil penelusuran akan tampak tebal saat muncul dalam kueri pengguna.

seo blog title

Pada gambar di atas adalah contoh lain yang menunjukkan URL di domain kami untuk halaman yang berisi artikel tentang koin kuno paling langka. Kata-kata dalam URL mungkin lebih menarik bagi pencari daripada nomor ID seperti "www.example.com/article/102125/".

Google pandai merayapi semua jenis struktur URL, bahkan jika URL-nya cukup rumit, tetapi ada baiknya meluangkan waktu untuk membuat URL Anda sesederhana mungkin bagi pengguna dan mesin telusur. Beberapa webmaster mencoba mencapai ini dengan menulis ulang URL dinamis ke URL statis; Google tidak memiliki masalah dengan ini, tetapi kami ingin mengingatkan Anda bahwa ini adalah prosedur lanjutan dan jika dilakukan secara tidak benar, dapat mengakibatkan masalah pencarian dengan situs Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang struktur URL, kami menyarankan laman Pusat Bantuan Webmaster untuk membuat URL yang ramah Google.


Pilih URL yang mudah dipahami pengguna dan mesin pencari, Ada 3 praktik terbaik yang kami sarankan sebagai berikut:

Gunakan kata dalam URL


URL dengan kata-kata yang relevan dengan konten dan struktur situs akan lebih bersahabat bagi para pengunjung yang menavigasi situs Anda. Pengunjung lebih mengingat URL tersebut dan mungkin akan lebih tertarik untuk menautkannya.

Hindari:

  • Menggunakan URL panjang dengan parameter yang tidak perlu dan ID sesi
  • Memilih nama laman umum seperti "page1.html"
  • menggunakan kata kunci berlebihan seperti "uang-kuno-uang-kuno-uangkuno.htm"

Buat struktur direktori yang sederhana


Gunakan struktur direktori yang mengatur konten Anda dengan baik dan memudahkan pengunjung untuk mengetahui di mana mereka berada di situs Anda. Coba gunakan struktur direktori Anda untuk menunjukkan jenis konten yang ditemukan di URL tersebut.

Hindari:

  • Membuat subdirektori bertingkat yang dalam seperti ".../dir1/dir2/dir3/dir4/dir5/dir6/page.html"
  • Menggunakan nama direktori yang tidak berhubungan dengan konten di dalamnya

Berikan satu versi URL untuk menjangkau dokumen


Untuk mencegah pengguna menautkan ke satu versi URL dan pengguna lain menautkan ke versi lain (ini dapat merusak reputasi konten di URL), tetap fokus menggunakan dan merujuk ke satu URL di struktur halaman dan tautan internal Anda. Jika Anda menemukan bahwa orang mengakses konten yang sama melalui beberapa URL, menyiapkan pengalihan 301 dari URL yang tidak disukai ke URL dominan adalah solusi yang bagus untuk ini. Anda juga dapat menggunakan URL kanonik atau menggunakan elemen tautan rel="canonical" jika Anda tidak dapat mengalihkan.

Hindari:

  • Memiliki laman dari subdomain dan direktori akar yang mengakses konten yang sama. Misal: "domain.com/page.htm" dan "sub.domain.com/page.htm"
  • Menggunakan kapitalisasi URL yang aneh - banyak pengguna menyukai URL dengan huruf kecil dan mengingatnya dengan lebih baik

2. Jadikan situs lebih mudah dinavigasi


Navigasi situs web penting dalam membantu pengunjung menemukan konten yang mereka inginkan secara cepat. Hal ini juga dapat membantu mesin telusur memahami isi konten yang dianggap penting oleh webmaster. Meski hasil penelusuran Google disediakan dalam tingkat laman, Google juga ingin menangkap peran sebuah laman bagi keseluruhan situs.

Rencanakan navigasi Anda berdasarkan beranda Anda Semua situs memiliki beranda atau laman "akar", yang biasanya merupakan laman situs yang paling sering dibuka dan tempat permulaan navigasi untuk banyak pengunjung. Jika situs Anda hanya memiliki sedikit laman, Anda sebaiknya berpikir mengenai cara pengunjung berpindah dari laman umum (laman akar) Anda ke laman yang berisi konten yang lebih spesifik. Apakah Anda memiliki laman yang cukup di sekitar area topik spesifik sehingga akan masuk akal untuk membuat sebuah laman yang mendeskripsikan laman terkait ini (misal: laman akar -> cantuman topik terkait -> topik spesifik)? Apakah Anda memiliki ratusan produk.

Pastikan lebih banyak kemudahan bagi pengguna menggunakan 'daftar breadcrumb'. Berbeda yang perlu diklasifikasikan dalam beberapa kategori dan laman sub-kategori?

Breadcrumb adalah sebaris tautan internal pada bagian atas atau bawah laman yang memungkinkan pengunjung menavigasi kembali ke bagian sebelumnya atau ke laman akar dengan cepat.


Banyak breadcrumb memiliki laman yang paling umum (biasanya laman akar) sebagai tautan pertama dan paling kanan dan memuat bagian yang lebih spesifik keluar di sisi kanan.

Struktur navigasi website Untuk membuat situs agar lebih mudah untuk dinavigasi. Berikut ini adalah cara membuat situs agar lebih mudah untuk dinavigasi:

Buat hierarki mengalir yang natural


Buatlah sesederhana mungkin bagi pengguna untuk membuka konten umum dan konten spesifik yang mereka inginkan dalam situs Anda. Tambahkan laman navigasi jika perlu dan padukan penambahan ini secara efektif ke dalam struktur tautan internal Anda.

Hindari:

  • Membuat web tautan navigasi yang rumit, misalnya menautkan setiap laman pada situs Anda ke setiap laman lain
  • Terlalu bersemangat dalam membedah konten Anda (sehingga memerlukan dua puluh klik)

Banyak menggunakan teks untuk navigasi


Dengan mengontrol sebagian besar navigasi dari laman ke laman pada situs Anda melalui tautan teks akan memudahkan mesin telusur untuk menelusuri dan memahami situs Anda. Banyak pengguna juga menyukai pendekatan ini dibanding lainnya, khususnya untuk perangkat yang mungkin tidak menangani Flash atau JavaScript.

Hindari:

  • Memiliki navigasi yang didasarkan sepenuhnya pada menu tarik turun, gambar, atau animasi - kebanyakan, tapi tidak semua, mesin telusur dapat menemukan tautan-tautan seperti itu pada sebuah situs, tapi jika seorang pengguna dapat membuka semua laman dalam situs lewat tautan teks normal, maka hal ini akan meningkatkan aksesibilitas situs Anda; selengkapnya dalam cara Google menangani file non-teks.

Untuk navigasi, fokus seharusnya ditekankan pada kesederhanaan dan kemudahan pengguna!

Letakkan laman peta situs HTML di situs Anda, dan gunakan file peta situs XML


Laman peta situs sederhana dengan tautan ke semua laman atau laman yang paling penting ( jika Anda memiliki ratusan atau ribuan laman) di situs Anda dapat berguna. Dengan membuat file Petasitus XML untuk situs Anda membantu menjamin mesin telusur menemukan laman-laman pada situs Anda.

Hindari:

  • Membiarkan laman peta situs HTML Anda menjadi usang dengan tautan yang rusak
  • Membuat peta situs HTML yang mencantumkan laman-laman begitu saja tanpa mengaturnya, misalnya berdasarkan subjek

Memiliki laman 404 yang berguna


Pengguna kadang-kadang membuka laman yang tidak ada dalam situs Anda, baik dengan mengikuti tautan rusak atau mengetik URL yang salah. Dengan memiliki laman 404 khusus yang dapat memandu pengguna untuk kembali ke laman yang benar-benar ada di situs Anda, pengguna akan memperoleh pengalaman pengguna yang jauh lebih baik. Laman 404 Anda mungkin seharusnya memiliki tautan untuk balik ke laman dasar dan juga dapat menyediakan tautan ke konten populer atau konten terkait pada situs Anda. Google menyediakan widget 404 yang dapat Anda lekatkan dalam laman 404 untuk digabungkan secara otomatis dengan banyak fitur berguna. Anda dapat juga menggunakan Perangkat Webmaster Google untuk menemukan sumber URL yang memunculkan pesan kesalahan "tidak ditemukan".

Hindari:

  • Mengizinkan laman 404 Anda diindeks dalam mesin telusur (pastikan webmaster Anda dikonfigurasikan untuk memberi kode status HTTP 404 jika laman yang tidak ada diminta)
  • Hanya menyediakan pesan kabur seperti "Tidak ditemukan", "404", atau sama sekali tidak ada laman 404
  • Menggunakan rancangan untuk laman 404 Anda yang tidak konsisten dengan bagian situs Anda yang lain.


Kesimpulan


Dalam panduan kami untuk meningkatkan struktur situs web yang baik, kami telah mencoba memberi Anda pendekatan langkah demi langkah yang dapat Anda terapkan ke situs web Anda untuk meningkatkan aliran pengguna di seluruh situs Anda. Seiring waktu, strategi ini akan menghasilkan manfaat SEO untuk konten Anda dan, sama pentingnya, mengarahkan orang ke konten terpenting di situs web Anda.

Ingatlah bahwa strategi yang kami uraikan di sini harus dimasukkan ke dalam cara Anda mengelola situs web Anda. Setiap enam bulan, Anda harus meninjau bagaimana orang menggunakan situs Anda. Memastikan bahwa struktur situs web Anda mudah dinavigasi dan konten Anda relevan adalah cara yang pasti untuk meningkatkan pendapatan Anda.

Demikian posting kali tentang Meningkatkan Struktur Website yang Baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url