Cara Memasang Google Analytics di Blogspot Update 2021


Memasang Google Analytics di Blogspot dengan pelacakan pengunjung pada sebuah blog atau website sangat penting untuk membantu perkembangan sebuah blog. Salah satu alat yang paling populer tentang pelacakan pengunjung adalah Google Analytics, dan posting ini akan menjelaskan Cara Memasang Google Analytics di Blogspot.

Pernahkah Anda berpikir untuk memantau statistik blog dan melacak data lalu lintas ke situs web atau blog Anda di platform Blogger yang Anda gunakan? Jika demikian, maka inilah saatnya untuk menganalisis statistik blog Blogger Anda dan sumber lalu lintas menggunakan Google analytics.

Setelah anda memahami Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot atau Cara Menambahkan Blog Baru Dari Dashboard Blogger maka anda perlu menggunakan google analytics untuk menganalisa statistik blog anda dan mengontrol traffic dengan Cara Menggunakan Google Analytics.

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menunjukkan statistik akurat dan lalu lintas real-time ke blog Anda. Dengan menggunakan Google Analytics, Anda akan mengetahui dari mana lalu lintas blog Anda berasal, melihat berapa banyak orang yang saat ini melihat blog Anda dan berapa banyak waktu yang dihabiskan setiap pengunjung yang mengunjungi blog Anda.

Selain itu Anda akan mengetahui jumlah pengunjung unik blog, pengunjung baru, pengunjung kembali, rasio pentalan, dan masih banyak lagi. Untuk mengakses fitur ini Anda harus membuat Google analytics untuk melacak blog Blogger Anda.

Sebelum memasang Google Analytics di Blog Anda, Anda harus daftar google analytics terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk daftar google analytics dengan mudah.


Cara Daftar Google Analytics untuk Web


Berikut ini Cara Daftar Google Analytics untuk Web :

1. Penyiapan akun


Pertama buka situs Google Analytics dan klik "Sign in to Analytics". Kemudian pada tampilan halaman web Analytics klik tombol "Mulai mengukur".

Anda sekarang akan diarahkan ke halaman Penyiapan akun. Pada halaman Penyiapan akun terdapat form "Details akun" dan "Setelan Berbagi" yang harus Anda isi.

  • Detail akun > Buat Nama Akun Baru Anda
  • Setelan Berbagi > Data Akun Terdapat opsi berbagi data memberi Anda kontrol lebih terhadap pembagian data Google Analytics Anda. 

Ada 4 opsi pilihan yang dapat Anda sesuaikan

Produk & layanan Google


Jika Anda telah mengaktifkan Google signals, setelan ini juga akan berlaku untuk data kunjungan yang diautentikasi yang terkait dengan akun pengguna Google. Setelan ini diperlukan untuk pelaporan Demografi & Minat yang Disempurnakan . Jika Anda menonaktifkan opsi ini, data tetap dapat terkirim ke produk Google lainnya yang secara eksplisit tertaut ke properti Anda. Kunjungi bagian penautan produk di setiap properti untuk melihat atau mengubah setelan Anda.

Tolok ukur


Memberikan data yang bersifat anonim untuk set data gabungan guna mengaktifkan fitur seperti tolok ukur dan publikasi yang dapat membantu memahami tren data. Semua informasi tentang identitas dari situs akan di delete dan digabungkan melalui data anonim yang lain sebelum dibagikan dengan orang lain.

Dukungan teknis


Izinkan perwakilan dukungan teknis Google mengakses data dan akun Google Analytics Anda bila diperlukan untuk memberikan layanan dan menemukan solusi bagi masalah teknis.

Pakar akun


Berikan akses ke data dan akun Google Analytics Anda kepada pakar pemasaran dan pakar penjualan Google agar mereka dapat menemukan cara untuk meningkatkan konfigurasi dan analisis Anda, serta berbagi kiat pengoptimalan dengan Anda. Jika Anda tidak memiliki pakar penjualan khusus, berikan akses ini kepada perwakilan resmi Google.

Pada 4 opsi pilihan di atas Anda bisa centang pilihan yang dibutuhkan. Anda bisa centang semuanya jika itu diperlukan dan klik tombol Berikutnya.


2. Penyiapan properti


Setelah menyelesaikan opsi Penyiapan akun, sekarang kita akan diarahkan ke Penyiapan properti. Pada halaman Penyiapan properti terdapat form Detail properti yang harus Anda isi.

Detail properti


Properti merepresentasikan data web atau aplikasi sebuah bisnis. Akun dapat berisi satu atau beberapa properti. Buat properti Google Analytics 4 untuk mengukur data web atau aplikasi Anda. Sekarang isi dan sesuaikan Nama properti, Zona waktu pelaporan, dan Mata uang. Kemudian klik tombol Berikutnya.


3. Tentang bisnis Anda


Pada halaman berikutnya sesuaikan Tentang bisnis Anda untuk informasi bisnis seperti kategori Industri, Ukuran bisnis, dan Bagaimana Anda akan menggunakan Google Analytics dengan bisnis Anda. Serta mematuhi peraturan dan Persyratan Google Analytics yang telah ditentukan.

Katgori industri


Pilih salah satu sesuaikan dengan topik terkait Anda. Dimulai dari :

Ukuran bisnis


  • Kecil - 1 hingga 10 karyawan
  • Sedang - 11 hingga 100 karyawan
  • Besar - 101 hingga 500 karyawan
  • Sangat Besar - 500+ karyawan

Anda bisa pilih salah satu untuk ukuran bisnis yang Anda kelola.

Bagaimana cara Anda akan menggunakan Google Analytics 


  • Mengukur customer engagement dengan situs atau aplikasi saya
  • Mengoptimalkan pengalaman situs atau aplikasi saya
  • Mengukur data di berbagai perangkat atau platform
  • Mengoptimalkan biaya iklan saya
  • Menaikkan konversi saya
  • Mengukur monetisasi konten
  • Menganalisis penjualan online saya
  • Mengukur penginstalan aplikasi
  • Mengukur perolehan prospek
  • Lainnya

Anda bisa centang semua yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda gunakan.

Setelah semua selesai klik tombol Buat.

Persyratan Google Analytics


Pada form Perjanjian Persyratan Layanan Google Analytics Anda bisa baca ketentuan yang berlaku terlebih dahulu. Setelah itu centang kotak di bawahnya untuk menyetujui Persyratan Pemrosesan Data sebagaimana diwajibkan oleh GDPR. Begitu juga dengan Persyaratan Perlindungan Data Pengontrol-Pengontrol Pengukuran Google centang kotak dibawahnya untuk menyetujui Persyratan Perlindungan Data Pengontrolan dan Pengukuran untuk data yang dibagikan kepada Google. Terakhir klik tombol Saya Setuju.

Setelah itu biasanya akan muncul Peringatan Notifikasi Email. Peringatan Notifikasi Email berisi tentang informasi seperti berikut ini.

Komunikasi email saya Kami sesekali mengirimi Anda email untuk menginformasikan perubahan terbaru di Google Analytics. Namun, kami ingin Anda dapat bebas memilih jenis komunikasi yang ingin diterima dari kami. Jadi, beri tahu kami preferensi Anda di bawah.

Apa pun pilihan Anda, kami mungkin tetap harus mengirimkan pemberitahuan produk penting yang memengaruhi akun Anda, tetapi hanya itu yang akan Anda terima. Kami menghormati privasi Anda dan tidak akan membagikan informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga atau partner.

Pemberitahuan dan Rekomendasi Performa Dapatkan pemberitahuan dan tips yang membantu Anda memaksimalkan akun Google Analytics Anda. Awalnya Anda akan menerima rekomendasi dan pemberitahuan terkait maksimal 5 properti yang dapat Anda akses. Properti ini dipilih oleh Google Analytics. Anda dapat mengubah pemberitahuan ini di Admin > Setelan pengguna.

Pengumuman Fitur Ketahui perubahan terbaru, penyempurnaan, dan fitur baru di Google Analytics.

Masukan dan Pengujian Berpartisipasilah dalam program rintisan dan survei Google untuk membantu menyempurnakan Google Analytics.

Penawaran dari Google Pelajari produk, layanan, acara, dan promosi spesial Google yang terkait.

Anda bisa memilih dan centang sesuai kebutuhan Anda dan klik tombol Simpan.

Selesai...

Info : Jika Anda sudah pernah membuat akun Google Analytics maka ketika Anda membuka web Google Analytics sudah langsung dihadapkan ke tampilan dashboard Google Analytics. Pada Dashboard Google Analytics ada beberapa pilihan opsi pengaturan. Anda bisa pilih tab menu pengaturan Admin > Kemudian klik (+) Buat Akun.
Baca juga : Cara Membuat Akun Email Bisnis Gratis di tahun 2021

Video Tutorial Memasang Google Analytics di Blogspot

Sumber dari : samuelpasaribu.com



Cara Memasang Google Analytics di Blogspot


Berikut ini Cara Memasang Google Analytics di Blogspot :

1. Menyiapkan aliran data


Menyiapkan aliran data untuk mulai mengumpulkan data. Pada dashboard Google Analytics pilih Aliran Data > Pilih platform Web


Setelah membuat aliran data, Anda akan mendapatkan informasi pemberian tag dan ID Pengukuran untuk aliran data web.

Ada 3 pilihan platform yang dapat Anda gunakan

  • Web
  • Apl Android
  • Apl iOS

Karena pembahasan posting kali ini kita membahas tentang bagaimana Cara Memasang Google Analytics di Blogspot maka kita pilih platform Web saja.

Siapkan aliran data

Siapkan aliran data web Anda. Isi URL situs dan Nama aliran data Anda. Kemudian klik tombol Buat aliran data.


2. Salin Kode tag Analytics 


Tag situs global (gtag.js) Gunakan ini jika Anda menggunakan pembuat situs atau situs yang di hosting CMS Tambahkan tag Analytics ke situs untuk mulai melihat data di properti Anda.


Salin dan tempel tag situs global ke kolom HTML kustom pembuat situs Anda.

Baca juga : Cara Decrypt dan Enkripsi Password MD5 Online di PHP

3. Tambahkan tag Analytics ke situs


Berikut ini cara untuk Tambahkan tag Analytics ke situs :

  • Pertama buka akun Blogger Anda.
  • Pada dashboard blogger pilih menu Tema > SESUAIKAN > Edit HTML
  • Kemudian pastekan kode tag Analytics yang di salin tepat di bawah kode <head>
  • Klik save tema.
  • Setelah itu kembali ke Google Analytics > Aliran Data > Detail aliran data web
  • Salin ID PENGUKURAN
  • Selanjutnya kembali ke dashboard blogger pilih menu Setelan > Dasar > ID Properti Google Analytics
  • Klik bagian ID Properti Google Analytics dan pastekan kode ID PENGUKURAN yang tadi di salin.
  • Selesai...

Info : Jika Anda menggunakan Google Analytics versi terbaru, Anda tidak perlu menambahkan kode ID PENGUKURAN ke bagian ID Properti Google Analytics di setelan blogger. Cukup menyalin kode tag Analytics dan tempel ke kolom HTML kustom tepat di bawah kode <head> atau sebelum </head>.

Baca juga : Cara Membuat Postingan Blog Agar Tidak Bisa di Copy Paste

Cara Menggunakan Google Analytics


Untuk cara menggunakan google analytics caranya cukup mudah. Sekarang Anda dapat mengecek Analytics statistik akurat dan lalu lintas real-time di blog Anda. Untuk menggunakan dan mengeceknya Anda bisa buka Dashboard Google Analytics > Pilih menu Real-Time. Begini tampilannya jika Anda berhasil memasang Google Analytics di blog Anda.


Google Analytics memperbarui laporan situs Anda setiap hari. Jadi tunggu saja selama 24 jam untuk melihat data blog Anda di Google Analytics.

Baca juga : 10 Tips Menjadi Blogger Pemula dan Menghasilkan Uang


Kesimpulan


Pada dasarnya Cara Memasang Google Analytics di Blogspot dan Wordpress sama saja, keduanya harus meletakkan kode script di bagian head. Untuk cara daftar Google Analytics terbaru ini, Anda hanya membutuhkan akun Gmail. Mungkin sama dengan blog gmail, mungkin berbeda.

Selain itu Anda juga bisa mengetahui jumlah pengunjung website dari tampilan Histats yang muncul di halaman website atau blog. Untuk memasang tampilan Histats di situs web Anda bisa membaca posting kami sebelumnya tentang Cara Memasang Histats di Website.

Demikian posting kali tentang Cara Memasang Google Analytics di Blogspot. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url