Cara Desain Template Blogger Custom Dari Awal hingga Akhir


Desain Template Blogger Custom Belajar dari dasar untuk mendesain template blogger kustom dari awal sampai akhir lebih baik daripada tetap menggunakan template blogger orang lain. Dengan begitu Anda bisa mengasah kemampuan Anda untuk lebih memahami berbagai kode yang ada dalam membuat template blogger.

Bukan berarti jika masih menggunakan template blogger dari penyedia layanan template itu tidak baik, tetapi tergantung bagaimana Anda menentukan template yang baik untuk kebutuhan yang Anda butuhkan. Banyak sekali template blogger yang bisa anda dapatkan secara gratis di internet, namun sayang jika anda tidak mengetahui struktur dari template blog yang anda gunakan.


Apa itu Template Blogger?


Template blogger adalah file format XML yang dibuat oleh pengembang web untuk tujuan blogging. Biasanya dalam file XML terdapat baris kode bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Dengan memahami pengenalan dasar: HTML, CSS, dan JavaScript Anda dapat dengan mudah membuat template blogger. Karena bahasa pemrograman seperti itu diperlukan untuk mendesain template blogger agar tampilan halaman menjadi lebih responsif terhadap pengguna. Selain itu, Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman tersebut untuk membuat berbagai aplikasi seperti: Membuat Kalkulator dengan HTML, CSS, dan JavaScript, Mengubah Template Blog Seperti Website Profesional, dan berbagai keperluan lainnya. 

Kita bisa menganalogikan template blog itu sendiri sebagai casing ponsel yang Anda gunakan dengan berbagai casing ponsel. Sebagai contoh tampilan tema (themes) pada aplikasi mobile yang anda gunakan. Saat anda mengganti tema pada ponsel anda, tampilan halaman layar atau background teks dan warna pada layar ponsel yang anda gunakan akan mengikuti tema yang anda pilih sesuai dengan selera yang anda sukai. Begitu juga dengan Desain Blogger Template yang digunakan oleh publisher pasti memiliki style yang berbeda-beda untuk setiap pemilik website. 

Sekarang semua tergantung bagaimana developer mendesain template blog yang Anda gunakan. Untuk itu, jika Anda membeli template blogger dari penyedia layanan yang menjual template blog, pastikan pemilik template blog memahami desain coding untuk membuat template blogger. Karena ada terlalu banyak penyedia layanan di alam semesta ini. Jadi Anda harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih jasa penyedia template yang berkualitas jika Anda serius ingin membangun blog bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki uang untuk membeli template tidak perlu khawatir, Anda bisa Mendownload Template Blogger  OREO Keren dan Ringan yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Panduan Lengkap Membuat Template Blogger 


Panduan lengkap membuat template blog ini bertujuan untuk pembelajaran dasar bagi Anda yang ingin membuat desain template blogger sendiri. Ingatlah bahwa ada jutaan blog yang didukung oleh platform Blogger Google. Hal pertama yang diperhatikan pengunjung ketika mengunjungi sebuah blog adalah desain atau template. Tema yang dirancang khusus yang baik memiliki kekuatan untuk mempertahankan pengunjung untuk jangka waktu yang lebih lama. Hal ini sangat penting untuk membangun brand dan citra pemasaran dari blog yang akan Anda kembangkan untuk masa depan.

Dalam posting ini, kita akan belajar membuat kode template Blogger kustom. Penekanan dan fokus kami akan terutama pada konsep desain template inti daripada pergi untuk desain mewah. Dengan cara ini, Anda dapat membuat berbagai jenis template dengan desain yang unik. Jika Anda sudah terbiasa dengan HTML dan CSS dasar, Anda dapat membawa desain Anda ke tingkat berikutnya dengan cukup mudah. Saya tidak perlu mengatakan bahwa Anda harus mencoba praktik mendesain template ini di blog demo pribadi. Nanti, Anda dapat mengekspor dan mengimpornya di blog langsung.

Jadi untuk membuat template seperti itu untuk pertama kalinya, hindari memilih tata letak yang rumit dan mulai dengan tata letak yang lebih sederhana untuk memahami dasar-dasarnya. Mari kita mulai dan belajar mendesain template Blogger Kustom dalam beberapa langkah mudah. Ini adalah postingan yang tepat untuk anda yang ingin mendesain template sendiri dengan karya yang anda inginkan. Untuk itu simak ulasannya sampai selesai karena Admin akan memberikan Panduan Lengkap untuk Membuat Template Blogger.

Hampir semua konsep desain yang disajikan di sini dapat diterapkan ke template Anda yang sudah ada serta selama Anda tahu persis apa yang Anda lakukan dan bagaimana perubahan yang diperkenalkan akan memengaruhi desain dan tata letak. Semua di mulai dari bagaimana Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot sampai Anda bisa membangun blog tersebut menjadi sumber penghasilan. Setelah itu, Anda juga bisa mempelajari Cara Membuat Label di Blog dengan Kategori Menurut Postingan. Ini untuk memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang kontinum blogging yang Anda butuhkan untuk membangun situs web yang sukses. Anda bisa mengatur Setelan Dashboard Blogger agar dapat mengoptimalkan dan mudah di kenal mesin pencari Google.

Sekarang, buat blog uji coba dengan cepat di dalam dasbor Blogger Anda untuk memulai proses desain template. Posting ini membahas tentang cara untuk desain template blogger custom yang dapat Anda ikuti agar bisa membuat template blog buatan sendiri.


Buat Kerangka Template Mentah dan Minimal


Kita akan mulai dengan membuat outline mentah dari template. Ini akan membantu kita dalam memahami struktur dan tata letak template dengan cara yang mudah. Cara membuat template template blog dari awal dapat membantu kita dalam proses coding yang bertujuan untuk menyesuaikan kode yang dibutuhkan untuk menghasilkan tampilan halaman yang sederhana dan bagus.

Sebelumnya Anda harus menggunakan editor kode favorit Anda untuk membuat template ini. Editor kode yang bisa Anda gunakan seperti Visual Studio Code, Sublime Text, atau Notepad++ (Plain Note) yang ada di komputer Anda. Mari kita mulai dengan struktur minimal berikut.


Baris pertama template menyatakannya sebagai dokumen XML. Ini penting agar browser web dapat mengurai dan memproses kode template dengan cara yang benar.

Baris berikutnya <!DOCTYPE html> menetapkan bahwa kita akan menggunakan kode HTML5 dalam dokumen XML kita. Sekali lagi, ini membantu browser web memproses kode template secara efisien.

Atribut yang ditambahkan ke tag <html> mendeklarasikan XML namespace untuk sebuah dokumen. Ini juga memiliki atribut bahasa untuk dokumen. Jika Anda membuat kode template dalam bahasa selain bahasa Inggris, ubah kode bahasa.

Tag <head> kosong adalah tempat metadata halaman web akan pergi. Ini mencakup berbagai tag meta, gaya CSS, dan skrip. Kami juga memiliki bagian <body> kosong di mana desain dan tata letak akan dikodekan.

Mari beralih ke langkah berikutnya dan menambahkan metadata dasar dan penting ke bagian <head>.


<b:include> Tag pertama menambahkan beberapa tag SEO terpenting di bagian ini. Ini termasuk tag deskripsi halaman yang sangat penting juga. Anda juga dapat mempelajari tentang Panduan Belajar SEO Blogger untuk Pemula di posting sebelumnya.

Yang berikutnya cukup jelas dan mudah dimengerti. Tag <title> menambahkan judul halaman ke bagian header. Semua tag ini penting untuk mesin pencari dan crawler.

Tag <meta> memiliki atribut name='viewport' yang ditambahkan untuk mengaktifkan mode desain responsif sehingga tata letak juga ditampilkan dengan baik pada perangkat yang lebih kecil.

Tag <b:skin> menyertakan semua kode CSS untuk membuat tata letak dan desain blog. Saat ini, itu kosong dan akan diisi dengan aturan CSS yang relevan di tahap selanjutnya.

Sekarang, mari kita beralih ke bagian <body> dan melihat semua elemen penting di dalamnya.

Bagian <body> merangkum semua elemen yang terlihat oleh pengunjung situs di browser web. Anda bebas menambahkan tata letak pilihan Anda di bagian ini.

Mari kita mulai dengan bagian <header>. Ini berbeda dengan bagian header yang berisi metadata dokumen.


Bagian tag <header> menyertakan judul dan deskripsi blog. Anda juga bisa menggantinya dengan logo custom. Anda mungkin melihat tag <b:section>. Begitulah cara kami membuat berbagai jenis bagian di template Blogger.

Di bagian ini, kami telah membuat atribut <b:widget> type='Header' yang mencakup semua fungsi header template Blogger biasa.


Berikutnya adalah bagian posting blog utama di mana semua artikel tertulis muncul di halaman. Berikut cara membuat bagian ini agar Anda dapat memahami bagaimana Cara Memposting Artikel di Blog.


Anda mungkin memperhatikan bahwa kami telah menambahkan atribut type='Blog' ke tag <b:widget>. Ini adalah atribut standar yang secara otomatis menambahkan semua fungsi yang diperlukan untuk bagian khusus ini.

Ini secara otomatis menghasilkan konten yang diperlukan untuk beranda, halaman arsip, halaman pencarian, dan tentu saja untuk halaman posting tunggal.

Widget tambahan dapat ditambahkan ke bagian ini karena kami telah menambahkan atribut showaddlement='yes' ke tag <b:section>. Blogger sering menggunakan fitur ini untuk menambahkan konten khusus baik di bagian atas atau bawah posting.

Bagian penting berikutnya adalah sidebar yang akan muncul di sisi kanan konten utama.


Kami telah menggunakan tag <aside> HTML5 untuk bilah sisi. Meskipun tidak wajib untuk menggunakannya dan dapat dengan mudah diganti dengan tag <div> biasa, saya sangat menyarankan untuk menggunakannya untuk bagian ini.

Anda mungkin memperhatikan bahwa bagian bilah sisi tidak berisi widget apa pun. Jadi, pada dasarnya, kami telah membuat bilah sisi kosong yang dapat diisi dengan widget yang diinginkan melalui antarmuka dasbor.

Selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah bagian footer yang biasa terletak di bagian bawah halaman blog. Berikut cuplikan kodenya.


Ini adalah bagian footer sederhana yang terdiri dari deklarasi hak cipta. Perhatikan penggunaan tag <footer> HTML5 untuk yang satu ini. Nama blog ditulis secara dinamis setelah pernyataan hak cipta.

Seseorang dapat membuat bagian footer multi kolom dan widget diaktifkan juga. Kompleksitas atau fleksibilitas tata letak sepenuhnya bergantung pada kebutuhan dan keterampilan teknis Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuka halaman posting di blog ini yang mengulas tentang Cara Membuat Widget di Bawah Footer.

Jadi, inilah garis besar Kode XML template keseluruhan untuk Kerangka Template Blogger Custom.


Pertama-tama, saya telah menyertakan konten bagian body dalam tag <div>. Ini adalah pembungkus untuk seluruh struktur blog.

Anda mungkin memperhatikan bahwa saya telah merangkum bagian konten posting dan bilah sisi di dalam 3 tag <div>. Masing-masing tag ini telah diberi beberapa kelas dan id CSS.

Anda mungkin juga memperhatikan bahwa kelas CSS .column telah ditambahkan ke bagian posting dan bilah sisi. Semua tambahan baru ini digunakan untuk menyusun tata letak inti blog kita dengan benar dengan bantuan aturan CSS khusus.

Sebelum kita melanjutkan untuk menata tata letak kita melalui aturan CSS, mari kita lihat mockup untuk mendapatkan gambaran yang adil tentangnya. Ini akan menjadi tata letak dua kolom klasik yang biasa digunakan untuk blog.


Semua aturan CSS khusus akan ditulis di antara tag <b:skin> seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Saya telah memberikan gambaran umum tentang urutan aturan CSS ini akan muncul.


Alih-alih menampilkan seluruh kode CSS yang panjang, saya menyertakan aturan CSS untuk struktur tata letak inti. Perhatikan kode CSS di bawah ini.


Anda dapat dengan cermat memeriksa semua aturan CSS di file template yang tersedia sebagai unduhan di akhir tutorial ini. Dan, berikut adalah beberapa tangkapan layar dari template tersebut.

kerangka-tempalate-blogger-xml


Kesimpulan


Anda bebas untuk memperluas dan mendistribusikan ulang template ini. Merancang template Blogger tidak terlalu sulit dan seseorang dapat memulai dengan pengetahuan dasar tentang HTML dan CSS. Semoga Anda menemukan tutorial ini bermanfaat.

Demikian posting kali tentang Cara Desain Template Blogger Custom Dari Awal hingga Akhir. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url