Cara Membuat Sitemap di Blogger

Cara Membuat Sitemap di Blogger - Sitemap adalah daftar konten blog yang dapat memudahkan pengunjung untuk memilih artikel berdasarkan label atau kategori. maka dengan itu pentingnya sebuah halaman sitemap (peta situs) untuk memudahkan pengunjung yang sedang menjelajahi blog anda.

sitemap merupakan kumpulan informasi pada sebuah situs yang berisi banyak url atau daftar semua link di situs anda, sitemap itu sendiri berfungsi sebagai peta bagi mesin pencari untuk mengindeks url baru dengan cepat dari situs atau blog milik anda.
 

Sitemap berguna seperti peta yang membantu pengunjung agar tidak keliru saat berkunjung di blog anda. berikut tutorial cara membuat sitemap di blogger beserta penjelasannya.

Sebelum memulai menambahkan halaman sitemap di blogger sangat penting untuk memahami perbedaan antara sitemap html dan sitemap xml, di blog ini saya akan memberikan informasi bagaimana sobat mengetahui apa itu sitemap dan Cara Membuat Sitemap di Blogger.

Baca juga : Cara Membuat Footer Responsive dengan HTML dan CSS di Template Free
 

Pengertian Sitemap 


Pada sebuah blog atau website ada 2 jenis sitemap yaitu sitemap xml dan sitemap html. Sebelum membuat sitemap alangkah lebih baiknya kita mengenal kedua jenis sitemap tersebut agar kita dapat dengan mudah mengerti dan membedakan antara sitemap yang satu dan lainnya. Berikut ini adalah perbedaan antara sitemap xml dan sitemap html agar kita tau Cara Membuat Sitemap di Blogger dengan baik. 

1. Sitemap XML


Faktanya, mesin pencari menggunakan perayap web (bot) masing-masing untuk menemukan halaman dari tautan di dalam situs dan dari situs lain. peta situs xml adalah file titik xml yang dilampirkan ke situs web atau blog anda yang menyediakan data yang dapat dirayapi. konten dalam file peta situs terdiri dari semua postingan url blog.

mesin telusur menggunakan data ini untuk mengindeks entri blog dengan cara terbaik. penggunaan file peta situs xml memastikan bahwa halaman web Anda akan diindeks di mesin pencari.

2. Sitemap HTML


Sitemap html adalah halaman html biasa yang dapat dibaca oleh bot mesin pencari maupun oleh pengunjung. perayap web memperlakukannya seperti laman html biasa (dengan banyak tautan). tujuan utama penggunaan peta situs berbasis html ini untuk merepresentasikan semua postingan secara tertib sehingga pengguna dapat menavigasi semua postingan melalui satu halaman.

Selain itu, Anda bisa membaca posting kami sebelumnya tentang Apa itu sitemap XML untuk situs web, peran dalam SEO 2022.


Fitur sitemap


Berikut fitur peta situs atau sitemap yang akan saya bagikan :
  • daftar posting akan diperbarui secara otomatis dengan penambahan posting baru
  • penambahan otomatis ke posting artikel yang baru ditambahkan
 

Cara Membuat Sitemap


Berikut ini adalah cara menambahkan halaman peta situs di blog dan Cara Membuat Sitemap di Blogger :
  • Sekarang beralih ke opsi halaman di dashboard blogger, buat halaman baru seperti berikut.

cara membuat sitemap di blogger

 
  • Buat judul bernama sitemap di halaman blog dan pilih mode html. Salin semua kode di bawah ini lalu paste di halaman tersebut.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan alat Robots.txt Generator Tool for Blogger di postingan yang ada di blog ini.

Pastikan di kolom "Search Description" tambahkan keterangan deskripsi halaman blog Anda sesuaikan dengan deskripsi yang mencakup tentang keterangannya. Setelah itu publikasikan dan liat hasilnya. 
 
catatan : jika anda sudah membuat halaman dengan nama sitemap sebelumnya, tidak perlu membuat halaman baru lagi. anda dapat menyalin kode di atas dan menempelkannya di halaman sitemap yang anda buat. perintah ini berfungsi agar nama peta situs dapat diakses, seperti https://samuelpasaribu.com/p/sitemap.html agar peta situs anda dapat dibaca oleh google search console.
 

Pastikan Anda telah mengikuti tutorial di atas dari awal sampai akhir dengan benar. Setelah Anda mengikuti tutorial pada artikel ini "cara membuat sitemap di blogger", Sekarang Anda bisa melihat hasil tampilan sitemap yang dibuat seperti gambar berikut ini :
 
cara membuat sitemap di blogger
 
Lihat Demo


Kesimpulan


Selain itu script sitemap di atas merupakan Seo Friendy untuk diterapkan di blogspot dan sangat cocok untuk Anda terapkan di blog kesayangan sendiri. Demikian tutorial mengenai Cara Membuat Sitemap di Blogger. "Learn By Doing And Learn By Error". Selamat mencoba...

Demikian posting kali tentang Cara Membuat Sitemap di Blogger. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Oscar
    Oscar September 13, 2022 at 8:40 AM

    Halo lae...jika mengganti sitemap yang lama ke yang baru (hapus sitemap lama) ganti. Apakah itu mengganggu SEO dan traffic?

    • Samuel Pasaribu
      Samuel Pasaribu September 13, 2022 at 8:51 PM

      Sitemap memiliki pengaruh yang sangat kecil pada SEO. Lihat Paradoks Sitemap. Menghapus sitemap lama seharusnya tidak menjadi masalah. Google akan terus merayapi dan mengindeks URL yang dikandungnya meskipun peta situs tidak ada lagi. Faktanya, membuat Google melupakan URL hampir tidak mungkin. Jika memiliki file sitemap baru yang mencantumkan URL, Kita masih dapat mengirimkannya ke Alat Webmaster dan melihat statistik tentang halaman yang hanya tersedia saat URL ada di sitemap.

Add Comment
comment url