Cara Mempromosikan Website dan Meningkatkan Trafik


Cara Mempromosikan Website Situs web Anda adalah 'halaman depan' bisnis Anda. Baik itu blog, bisnis rumahan, merek, atau situs e-niaga, semakin Anda dapat mempromosikannya, semakin banyak visibilitas yang akan Anda capai, dan semakin dekat Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Jadi Anda akhirnya mengambil risiko dan memutuskan untuk membuat situs web Anda sendiri untuk keuntungan masa depan. Namun kerja keras tidak berhenti sampai di situ saja, tentunya ketika website Anda sudah aktif dan berjalan, Anda perlu memikirkan bagaimana cara mempromosikannya.

Mempromosikan situs web Anda melalui saluran berbayar dan iklan tentu saja membutuhkan biaya. Tetapi ada juga cara Anda dapat meningkatkan visibilitas Anda tanpa memotong anggaran Anda. Ini tentu saja membutuhkan beberapa pengetahuan, dan investasi waktu dan usaha Anda.


Promosi dan Analisis


Mempromosikan situs web Anda adalah salah satu hal yang paling berharga, karena kombinasi promosi berbayar dan organik akan memberi Anda hasil terbaik sambil menjaga pengeluaran pemasaran Anda tetap terkendali.

Anda dapat mempromosikan website dengan cara yang cukup sederhana. Berikut ini cara promosi web di google gratis:


1. Promosikan situs web Anda dengan cara yang benar


Tentang meningkatkan tautan balik dengan tujuan untuk meningkatkan nilai situs

Meskipun sebagian besar tautan ke situs Anda akan datang perlahan, karena orang menemukan konten Anda melalui pencarian atau cara lain dan kemudian menautkannya, Google memahami bahwa Anda ingin orang lain tahu tentang kerja keras yang telah Anda lakukan. 

Berikut ini sebuah gambaran flowchart contoh promosi website:


Mempromosikan konten baru Anda secara efektif akan memicu penemuan yang lebih cepat bagi mereka yang berminat pada subjek yang sama (1). Seperti juga kebanyakan poin yang tercakup dalam dokumen ini, menerapkan saran ini secara berlebihan malah akan membahayakan reputasi situs Anda.

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya jika Anda memikirkan terlebih dahulu template blog yang Anda gunakan agar layak untuk dipromosikan ke publik. Dengan cara promosi website di internet anda bisa meningkatkan traffic dengan lebih baik. Untuk itu sebaiknya download Template Blogger JetTheme Keren dan Ringan secara gratis atau ada juga yang premium.

Kuasai pembuatan pengumuman lewat blog dan menjadi terkenal secara online

Cara terbaik untuk mengumumkan tentang konten atau layanan baru adalah melalui posting blog di situs, memberi tahu basis pengunjung Anda bahwa Anda telah menambahkan sesuatu yang baru. Webmaster lain yang mengikuti situs atau umpan RSS Anda juga dapat mempelajarinya.

Mencoba mempromosikan perusahaan atau situs Anda secara offline juga menjanjikan. Misalnya, jika Anda memiliki situs web bisnis, pastikan URL tercantum pada kartu nama, kop surat, poster, dll. Anda juga dapat mengirimkan laporan rutin kepada klien melalui email/surat sehingga mereka mengetahui konten di situs web perusahaan.

Jika Anda menjalankan bisnis lokal, menambahkan informasinya ke Google Places akan membantu Anda menjangkau pelanggan di Google Maps dan penelusuran web. Pusat Bantuan Webmaster memiliki kiat lainnya tentang mempromosikan bisnis lokal Anda

Berikut ini praktik terbaik yang dapat kami rekomendasikan untuk Anda dalam mempromosikan situs web dengan cara yang benar:

1.1 Mengenal situs media sosial


Situs yang dibuat dengan memperhatikan tentang berbagi dan interaksi pengguna mempermudah untuk mencocokkan grup orang yang berminat dengan konten yang relevan.

💡 Hindari: (1) Berusaha mempromosikan setiap konten baru dan bagian kecil konten yang Anda buat; coba buat item yang besar dan menarik. (2) Melibatkan situs Anda dalam skema yang mempromosikan konten Anda secara palsu ke puncak layanan tersebut.

1.2 Dapatkan topik tersebut di komunitas yang terkait dengan situs Anda


Kemungkinannya ada sejumlah situs yang mencakup area topik yang serupa dengan situs Anda. Memulai komunikasi dengan situs-situs ini biasanya bermanfaat. Topik hangat di tempat khusus atau komunitas Anda bisa memunculkan ide tambahan untuk konten atau membangun sumber daya komunitas yang baik.

💡 Hindari: (1) Melakukan spamming permintaan tautan ke semua situs terkait area topik Anda. (2) Membeli tautan dari situs lain dengan tujuan lebih mendapatkan PageRank daripada lalu lintas.

2. Manfaatkan alat webmaster gratis


Jadikan perayapan Googlebot lebih mulus menggunakan Alat Webmaster

Mesin telusur besar, termasuk Google, menyediakan alat gratis untuk webmaster. Alat Webmaster Google membantu webmaster mengontrol dengan lebih baik bagaimana Google berinteraksi dengan situs web mereka dan mendapatkan informasi bermanfaat dari Google mengenai situs mereka.

Menggunakan Alat Webmaster tidak akan membantu situs mendapatkan perlakuan istimewa; namun, ini dapat membantu mengidentifikasi masalah yang, jika ditangani, dapat membantu kinerja situs lebih baik dalam hasil penelusuran. 

Dengan layanan ini, webmaster bisa melakukan hal-hal seperti berikut ini:

  • melihat bagian mana dari situs yang menyebabkan Googlebot kesulitan merayapi
  • memberitahukan kami tentang file Petasitus XML
  • menganalisis dan menghasilkan file robots.txt
  • menghapus URL yang sudah dirayapi Googlebot
  • menentukan domain pilihan Anda
  • mengenali masalah dengan meta tag judul dan deskripsi
  • memahami penelusuran teratas yang digunakan untuk menjangkau situs
  • melihat sekilas bagaimana Googlebot melihat laman
  • menghapus tautan situs yang tidak diinginkan yang mungkin digunakan Google sebagai hasil
  • menerima pemberitahuan pelanggaran pedoman kualitas dan meminta pertimbangan ulang situs

Selain itu, Yahoo! (Yahoo! Site Explorer) dan Microsoft (Alat Webmaster Bing) juga menawarkan alat gratis untuk webmaster.


Analisis tingkat tinggi mungkin dilakukan melalui Google Analytics dan Pengoptimal Situs Web

Jika sudah meningkatkan perayapan dan pengindeksan situs dengan Alat Webmaster Google atau layanan lain, mungkin Anda ingin mengetahui lalu lintas yang datang ke situs.

Program analisis web seperti Google Analytics merupakan sumber wawasan yang bernilai untuk saat ini. Anda juga dapat menggunakan program ini seperti keperluan untuk:

  • Mengamati bagaimana para pengguna menjangkau dan bertindak di situs
  • Menemukan konten paling dikenal di situs
  • Mengukur pengaruh pengoptimalan yang Anda buat ke situs Anda. Misal: apakah mengubah judul dan meta tag deskripsi meningkatkan lalu lintas dari mesin telusur?

Bagi pengguna lanjutan, informasi yang disediakan oleh paket analisis, digabungkan dengan data dari file log server Anda, dapat memberikan informasi yang jauh lebih komprehensif tentang cara pengguna berinteraksi dengan dokumen Anda (misalnya kata kunci tambahan yang mungkin digunakan penelusur untuk menemukan situs Anda).

Terakhir, Google menawarkan alat lain yang disebut Google Pengoptimal Situs Web yang memungkinkan Anda bereksperimen guna menemukan perubahan apa di dalam laman yang menghasilkan tingkat konversi terbaik dengan pengunjung. Hal ini, dikombinasikan dengan Google Analytics dan Alat Webmaster Google (lihat video refrensi dari Google tentang menggunakan "Google Trifecta"), merupakan cara hebat untuk mulai meningkatkan situs Anda.


Strategi dalam Mempromosikan Website



Berikut adalah 6 strategi yang kami sarankan untuk berhasil mempromosikan situs web Anda secara gratis:

1. SEO


SEO membentuk dasar dari strategi organik Anda, jadi ini sangat penting untuk situs web Anda. Jika Anda bisa, mulailah merencanakan SEO Anda bahkan sebelum Anda mulai mengerjakan konten situs web Anda.

Untuk mempelajari SEO kuncinya cuma satu yaitu paham dengan kata kunci yang ditargetkan. Maka dengan itu mesin Google akan memberikan postingan yang Anda cari dan perlukan. Namun walaupun kelihatannya sepele ini adalah salah satu hal yang sebenarnya harus Anda pahami secara bijak.

Jika Anda masih bingung harus memulai dari mana dan tidak tahu kata kunci yang akan Anda targetkan, kami akan menjelaskannya secara menyeluruh di sini agar Anda dapat memulainya dengan memahami beberapa langkah yang harus Anda ambil dan mulai pelajari, seperti:


Sebagai aturan umum, pilih kata kunci yang memiliki persaingan rendah dan frekuensi pencarian tinggi, dan gunakan dalam konten situs web Anda. Kata kunci yang Anda pilih harus ditambahkan ke judul, heading, deskripsi gambar, dan deskripsi meta halaman web Anda juga.

Menggunakan SEO tradisional, Anda dapat meningkatkan peringkat pencarian Anda dari waktu ke waktu, dan mendapatkan lebih banyak visibilitas di antara audiens yang mencari di niche Anda.

2. Sosial Organik


Hampir 65% populasi dunia menggunakan media sosial. Bisnis apa pun saat ini harus memiliki kehadiran media sosial dalam beberapa bentuk, dan dengan memanfaatkan strategi media sosial organik, Anda bisa mendapatkan eksposur yang baik tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Tingkatkan aktivitas sosial organik Anda dengan sering memposting topik yang menarik minat pengikut dan pelanggan potensial Anda. Ini akan membantu Anda membangun pengikut Anda dan meningkatkan keterlibatan, yang mengarah ke lebih banyak eksposur dan pertumbuhan organik

Tampil menonjol dengan postingan video pendek, gambar dan meme kreatif, polling, kompetisi, atau jenis postingan interaktif menarik lainnya. Selalu menanggapi atau bereaksi terhadap pengguna yang berkomentar atau memposting tentang Anda; ini akan membantu membangun lebih banyak koneksi pribadi dengan basis pelanggan Anda, yang merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan merek Anda dan mendapatkan konversi dan penjualan. 

Sering-seringlah memposting di saluran tempat audiens Anda cenderung berkumpul, dan kapan pun Anda memiliki sesuatu yang menarik untuk disumbangkan atau dikatakan. Anda akan terkejut betapa banyak lalu lintas yang bisa Anda dapatkan secara gratis jika sosial organik dilakukan dengan benar. Anda juga bisa membuka postingan kami sebelumnya tentang bagaimana Cara Share Postingan Blog ke Media Sosial Secara Otomatis.

3. Branding


Membangun branding adalah salah satu cara untuk membuat topik yang luas, tetapi ini sepadan dengan waktu dan energi Anda karena itu adalah salah satu kunci untuk membangun kehadiran yang kuat di pasar. Tentu saja, ada banyak saluran yang dapat Anda bayar untuk meningkatkan merek Anda, seperti iklan sosial, atau iklan asli kesadaran merek, tetapi Anda harus memanfaatkan citra merek dan aset yang ada untuk mempromosikan situs web Anda secara gratis. Misalnya, bahkan hanya dengan menyertakan logo dan alamat situs web Anda di tanda tangan email Anda dapat membantu membangun pengenalan merek.

Untuk itu Anda bisa menggunakan tanda tangan di tempat lain, seperti web forum, spanduk media sosial, bahkan di akhir video YouTube Anda. Semakin banyak kesadaran merek yang Anda buat, semakin banyak rasio klik-tayang Anda akan meningkat. Ingat, jika Anda menambahkan URL ke pesan teks, sangat penting untuk memiliki situs web responsif seluler yang akan memberikan pengalaman hebat bagi pengguna.

4. Konten Asli dan Menarik


Konten adalah pilar terpenting dari strategi organik untuk promosi situs web. Sangat penting bahwa konten Anda asli, relevan, menarik, informatif, dan memberikan nilai kepada pembaca dalam beberapa cara. Tidak ada gunanya mengaduk-aduk konten hanya untuk mengisi blog. Pengunjung situs web Anda harus mendapatkan konten segar dan berkualitas tinggi, sehingga mereka benar-benar akan menghabiskan waktu membaca dan menjelajah, yang akan meningkatkan peringkat dan visibilitas penelusuran Anda secara keseluruhan di mesin telusur, dan bahkan di Google Discover.

Membuat aliran konten hebat yang stabil tidaklah mudah. Anda benar-benar perlu memahami audiens Anda, dan memahami poin dan minat mereka untuk merencanakan kalender konten Anda. Plus ada tugas untuk duduk dan benar-benar menuliskannya! Berikut adalah beberapa tips untuk inspirasi Cara Menulis Artikel SEO yang Benar di Blog.

5. Google Bisnisku


Jika Anda mencoba mempromosikan situs web Anda ke audiens lokal, pastikan untuk menyiapkan Profil Bisnis di Google Bisnisku. Daftarkan informasi Anda secara gratis, dan buat bisnis Anda lebih mudah diakses oleh calon pelanggan yang mencari produk dan layanan di ceruk pasar Anda, di wilayah Anda. 

Saat pengguna menelusuri bisnis Anda di Google, mereka akan melihat info terbaru Anda, termasuk alamat Anda, jam buka, opsi kontak, serta foto Anda, lokasi, ulasan pelanggan, dan tentu saja, tautan situs web Anda. Memiliki Profil Bisnis di Google penting untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas pencarian Anda, terutama untuk bisnis lokal.

6. Kampanye Pemasaran Bersama


Pemasaran bersama atau sering disebut dengan Co-marketing adalah strategi di mana dua bisnis atau merek yang berbeda membuat dan meluncurkan kampanye pemasaran bersama. Kejeniusan metode ini adalah bahwa setiap merek dapat memanfaatkan audiens target yang lain, dan meningkatkan eksposur mereka di antara pelanggan yang mungkin tidak mereka jangkau. 

Kampanye pemasaran bersama saling menguntungkan, sehingga setiap bisnis berkontribusi pada pengembangan dan pelaksanaan kampanye. Yang Anda butuhkan untuk berhasil dalam pemasaran bersama bukanlah anggaran yang besar, tetapi hubungan yang baik dengan bisnis lain, serta kreativitas dan inspirasi untuk menghasilkan kampanye fantastis yang akan menarik perhatian kedua audiens.


Jasa Promosi Website


Selain itu, kami juga membuka jasa promosi website seperti Jasa Content Placement Indonesia Terbaik dengan Artikel SEO, pembuatan website statis dan dinamis, pembuatan blog, dll.

Jika Anda ingin menghasilkan uang secara online, situs web adalah platform yang sempurna. Anda dapat membuat website untuk menjual produk atau jasa secara online. Bagi Anda yang tertarik dengan layanan yang kami berikan, Anda dapat menghubungi Admin melalui halaman kontak.

Kesimpulan


Promosi organik situs web Anda adalah strategi jangka panjang, jadi bersabarlah! Diperlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelum Anda melihat dampak yang signifikan.

Beberapa dari langkah-langkah ini akan terbukti lebih cocok untuk situs web Anda daripada yang lain, tetapi semuanya akan membantu membawa situs Anda ke tingkat berikutnya.

Setiap strategi promosi situs web yang telah kami diskusikan akan membantu Anda menyebarkan berita tentang situs Anda, tetapi kami ingin tahu mana yang paling cocok untuk Anda. Beri tahu kami di komentar – dan selamat berpromosi!

Demikian posting kali tentang Cara Mempromosikan Website dan Meningkatkan Trafik. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!

Penelusuran terkait


Berikut ini Penelusuran terkait yang bisa Anda cari di mesin telusur Google:

  • cara mempromosikan website di facebook
  • cara promosi website di instagram
  • cara mempromosikan produk di website
  • cara promosi website baru
  • cara mempromosikan halaman web
  • cara mempromosikan website karyawan
  • cara mempromosikan website ke luar negeri
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url