Bagaimana Mencari Kehidupan Sebagai Blogger Profesional

Bagaimana Mencari Kehidupan Sebagai Blogger Profesional - Blogging bisa menjadi profesi yang sangat memuaskan terlepas dari permasalahan kehidupan seperti sekarang (pandemi covid-19) yang membuat perekonomian sulit dan harus betah tinggal di rumah.

Namun, jika anda tahu, ada tiga jalur utama untuk menjadi blogger profesional. menimbang pro dan kontra masing-masing dapat membantu anda memutuskan mana yang terbaik untuk situasi dan tujuan anda secara keseluruhan.
 
Dalam postingan kali ini, saya akan menjelaskan apa artinya menjadi 'profesional' di industri blog. kemudian saya akan membagikan tiga rute yang dapat anda ambil untuk menjadi salah satunya. yuk simak ulasannya di bawah ini!
 
 

Apa artinya menjadi blogger profesional ?


 
Blogger secara umum dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu penghobi dan profesional. namun, batasan di antara mereka bisa sedikit kabur karena ada penghobi yang mengelola situs besar dengan lalu lintas tinggi dan profesional yang mengerjakan publikasi yang lebih kecil.

Oleh karena itu, yang membuat blogger profesional bukanlah ukuran atau bahkan kualitas situsnya. di sisi lain, blogger profesional menjadikan konten online tertulis sebagai pekerjaan utama mereka, daripada ngeblog sebagai hobi. selain hobi, blog juga bisa meraup untung (income) melalui iklan yang disetujui oleh google adsense dengan aturan blog yang disetujui.

Definisi ini mengecualikan mereka yang menjalankan blog tanpa bayaran sama sekali dan mereka yang blog sampingan dengan pendapatan kecil untuk menambah penghasilan utama mereka, terlepas dari ukuran atau kualitas blog mereka. itu juga tidak menentukan bahwa anda harus memiliki blog anda sendiri.
 
Membedakan secara akurat antara blogger profesional dan penghobi memberikan wawasan utama tentang industri ini. ketika anda memecah definisi blogger profesional, banyak peluang untuk mencari nafkah dengan menulis konten online mulai terbuka.
 

Cara Mencari Nafkah Sebagai Blogger Profesional


Jika anda berharap untuk mulai menulis penuh waktu, penting untuk mengetahui apa saja pilihan anda. ada tiga cara utama anda bisa menjadi blogger profesional dan menghasilkan cukup penghasilan untuk hidup. saya telah menjelajahinya secara mendalam di bawah, jadi mari kita lihat!
 

1. Mulai Blog Anda sendiri dan Hasilkan Uang


Salah satu cara yang mungkin untuk menjadi blogger profesional adalah meluncurkan dan memonetisasi situs anda sendiri. ini adalah rute yang dipikirkan kebanyakan orang ketika mereka mempertimbangkan untuk memulai karir blog.

Ada banyak keuntungan dari metode ini. terutama, ini memberi anda kendali penuh atas konten anda, pendapatan anda, dan jadwal kerja anda. menjadi bos bagi diri anda sendiri bisa terasa sangat membebaskan, dan membebaskan anda untuk mengejar minat lain.

Fleksibilitas ini dapat menjadi sangat menarik bagi mereka yang ingin lebih sering bepergian, tidak bekerja dengan baik di bawah struktur dan jadwal kerja tradisional, atau memiliki tanggung jawab pengasuhan. ini juga bisa sangat memuaskan, karena anda dapat fokus secara eksklusif pada subjek yang anda minati:

Bagaimana Mencari Kehidupan sebagai Blogger Profesional

Selain itu, memulainya cukup mudah. meluncurkan blog dengan platform seperti blogspot atau wordpress cepat dan dapat diakses dari sudut pandang anggaran. mendapatkan uang dengan iklan, tautan afiliasi, dan kiriman bersponsor mungkin membutuhkan lebih banyak pekerjaan, tetapi juga cukup mudah.
 
Kelemahan utama untuk memulai dan memonetisasi blog anda sendiri adalah butuh waktu. sebagian besar blog membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk mulai menghasilkan uang dalam jumlah yang signifikan, dan itu jika anda dapat melakukan semua hal yang berkaitan dengan pengoptimalan mesin telusur (seo), desain web, dan elemen manajemen lainnya. 

Saat anda pertama kali memulai, memiliki blog sendiri membutuhkan banyak waktu dan energi untuk hasil yang sangat sedikit. jika anda merasa tidak bisa bertahan, rute ini mungkin bukan untuk anda. untungnya, ada cara lain untuk mencari nafkah sebagai blogger profesional.
 

2. Dipekerjakan Oleh Sebuah Perusahaan Untuk Menulis Blog Bisnis


Percaya atau tidak, ada orang yang akan mempekerjakan anda untuk menulis blog mereka untuk mereka. Sejauh keuangan berjalan, ini bisa menjadi rute yang paling menguntungkan bagi blogger profesional (kecuali jika anda berhasil dengan blog anda sendiri, tetapi itu sangat jarang).

Jika anda dipekerjakan oleh sebuah perusahaan untuk menulis blog bisnis, anda akan mendapatkan keuntungan utama dari penghasilan yang terjamin. anda tidak perlu terlalu memikirkan tingkat lalu lintas dan rasio klik-tayang (rkt) karena anda akan menerima gaji secara teratur (meskipun itu masih merupakan indikator kinerja anda sebagai karyawan).

Bergantung pada perusahaan tempat anda bekerja, anda mungkin juga berhak atas tunjangan termasuk perawatan kesehatan, hari libur, dan rencana pensiun. peraturan ini dapat memberi anda ketenangan pikiran yang mungkin tidak anda lakukan sendiri.
 
Bagi sebagian orang, kelemahan blogging untuk bisnis adalah kurangnya kontrol atas konten yang anda buat. di jalur ini, anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menulis postingan yang berfokus pada pemasaran daripada yang mungkin anda suka.

Mungkin tidak mengherankan, persaingan untuk posisi ini bisa sangat ketat. memeriksa situs posting pekerjaan seperti memang secara teratur dapat membantu anda tetap berada di puncak posisi baru yang tersedia.
 
Jika anda berencana untuk melamar, pastikan anda memiliki portofolio contoh tulisan yang siap digunakan. meskipun karya apa pun yang menunjukkan kemampuan menulis anda berguna, pekerjaan yang menunjukkan pengetahuan anda tentang seo dan aspek lain dari penerbitan digital juga penting. 

3. Bekerja Sebagai Blogger Lepas (Freelance)


Blogging freelance bisa menjadi pilihan jalan tengah yang bagus bagi banyak orang. jenis blogger profesional ini memiliki kontrol lebih besar atas posting mereka, karena mereka dapat memilih proyek yang mereka kerjakan. Mereka juga memiliki fleksibilitas yang datang dengan wirausaha, sambil mempertahankan pendapatan yang sedikit lebih dapat diprediksi.

Namun, sebagai seorang freelancer, anda harus mencari klien anda sendiri. ini seringkali merupakan bagian tersulit untuk menjadi blogger profesional. penghasilan anda sepenuhnya bergantung pada kemampuan anda untuk menemukan dan mempertahankan sejumlah besar klien berkualitas tinggi, dan itu bisa menghabiskan waktu menulis anda yang sudah berharga.

Sekali lagi, portofolio akan sangat bermanfaat bagi anda. anda juga perlu melatih keterampilan promosi diri anda dan mulai membangun jaringan dengan freelancer dan profesional lain di ceruk pasar anda. seperti membuat profil di linkedln mungkin bisa membantu. Anda juga dapat bergabung dengan pasar kerja freelance, seperti di situs upwork.

Bisnis dan individu datang ke situs ini untuk mencari pekerja lepas untuk disewa. sayangnya, sebagian besar pasar kerja freelance akan mengambil sebagian dari penghasilan anda sebagai kompensasi untuk mempromosikan anda. jadi pastikan untuk mempertimbangkan ini saat menetapkan tarif anda.
 

4. Menjadi Blogger Profesional Hari ini


Menjadi seorang blogger profesional bisa menjadi cara yang memuaskan untuk mencari nafkah. namun, jika anda tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk memulai blog anda sendiri, karier sebagai pembuat konten online mungkin terasa di luar jangkauan. Sebaliknya, hal itu benar-benar dapat dicapai dengan pola pikir dan pendekatan yang benar.

Dalam postingan ini, saya telah melihat beberapa cara untuk mencari nafkah sebagai blogger profesional dan bisa menjadi solusi tepatnya bagi anda yang bingung memulai karir di masa pandemi seperti sekarang ini. mari kita rekap dengan cepat seperti berikut:

  • Mulai blog anda sendiri dan hasilkan uang.
  • Dipekerjakan oleh perusahaan untuk menulis blog bisnis.
  • Bekerja sebagai blogger lepas.
 

Kesimpulan


Apakah anda memiliki pertanyaan tentang berbagai cara mencari nafkah sebagai blogger profesional? saya asumsikan bagi anda untuk segera membuat blog sendiri mulai sekarang tanpa harus memikirkan caranya! ingatlah bahwa tidak ada yang instan dalam memulai karir untuk masa depan selain belajar memulai hal-hal baru yang dapat mengubah hobi menjadi penghasilan yang cukup. 
 
Banyak cara yang bisa kita pelajari, seperti jika anda bingung harus mulai darimana menggunakan google search sebagai media belajar otodidak, mungkin itu solusi jitu bagi kita yang ingin belajar dan itu sudah terbukti banyak yang berpenghasilan tinggi dari media seperti blogger atau platform lainnya. jika anda ingin membuat template blog atau website untuk anda kelola saya siap membantu. 

 

Penutup


Demikian yang bisa saya sampaikan terkait bagaimana mencari kehidupan sebagai blogger profesional. jangan lupa untuk tetap di blog saya karena saya akan memberikan banyak tips untuk kita sebagai profesional dalam mendapatkan penghasilan dari internet.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url