Cara Menghubungkan Blogger ke Google Search Console

Menghubungkan Blogger ke Google Search Console Salah satu cara yang tepat untuk mengembangkan situs web adalah dengan memberi peringkat di mesin pencari populer seperti Google. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Cara Menghubungkan Blogger ke Google Search Console.


Bagi Anda yang baru pertama kali membuat dan menggunakan blogger sebagai media hobi dalam kegiatan pembuatan website, ini cara yang tepat untuk Anda terapkan dalam Menghubungkan Blogger ke Google Search Console.


Apa itu Google Search Console?


Google Search Console adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dari situs web yang sudah tersedia melalui internet. Selain itu, Google Search Console atau yang biasa dikenal dengan webmaster tool dapat menampilkan semua data yang telah dikumpulkan menggunakan mesin pencari sesuai dengan permintaan pengguna. Tool ini berfungsi sebagai tempat untuk mengindeks artikel-artikel yang diterbitkan untuk dinotifikasikan ke Google atau biasa disebut dengan ping Google.

Google Webmaster Tools adalah alat yang ampuh untuk pengembang web dan perancang situs web yang ingin membuat peringkat artikel mereka di Google dengan cara yang brilian. Google dapat memberi Anda banyak lalu lintas dan dapat membantu Anda mengembangkan bisnis.

Menghubungkan Blogger ke Google Search Console


Berikut ini Cara Menghubungkan Blogger ke Google Search Console :

  • Pertama copy alamat website atau blog anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu kunjungi alamat situs Google Search Console (Webmaster).
  • Masuk dengan Akun Google atau Daftar akun baru.
  • Setelah Masuk, Klik Tambah Properti dan Tempel URL situs web Anda.

Nah, jika properti situs web Anda sudah diverifikasi, maka itu sangat bagus. Jika tidak, maka itu akan memberi Anda tag meta verifikasi situs-google.

Cara Verifikasi Google Search Console


Berikut ini Cara Verifikasi Google Search Console :

  • Pergi ke blogger.com.
  • Klik Tema dan ambil cadangan tema Anda.
  • Sekarang klik edit HTML dan Temukan tag <head>
  • Sekarang Tempel tag meta verifikasi situs-google Anda di antara bagian <head> dan </head>.
  • Simpan dokumen HTML.

Kembali ke Google Search Console (webmaster). Klik Verifikasi properti saya. Maka properti atau blog Anda akan diverifikasi. Sekarang website Anda akan berhasil diverifikasi dan terdaftar di Google Search Console.

Setelah website atau blog Anda berhasil di Verifikasi Google Search Console langkah selanjutnya adalah Pengaturan untuk Blogger di Google Search Console.

Pengaturan untuk Blogger di Google Search Console


Dengan proses ini, Anda akan menambahkan situs web Anda ke Google Search Console atau alat Webmaster. Google Search Console sekarang akan memproses situs web Anda. Ini akan menunjukkan bahwa diperlukan beberapa hari untuk memproses data Anda.

Selama jangka waktu ini, optimalkan blog Blogger untuk mesin pencari . Sekarang waktu proses secara langsung tergantung pada lalu lintas situs web atau blog Anda. Setelah melakukan semua ini, Anda harus membuat beberapa perubahan dalam pengaturan.

Sekarang Anda telah mengirimkan peta situs untuk memproses data struktur situs web Anda.
Pada pengaturan di dasboard Google Search Console klik dan tempel sitemap.xml untuk Posting Blogger.

Sebelum Anda mensubmit peta situs ke Google Search Console pastikan Anda sudah menerapkan cara membuat sitemap.html di blogger pada halaman postingan.

Mengirim halaman peta situs (sitemap) ke robots.txt.


Berikut ini Cara Mengirim halaman peta situs (sitemap) ke robots.txt; buka blogger.com > Setting > Search Preference dan klik Custom robots.txt. Sekarang aktifkan custom robots.txt ke yes, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Posisi file robots.txt yang terletak di pengaturan blogger dapat dilihat seperti pada gambar berikut.


Sekarang masukkan kode di bawah ini ke Blogger di SetelanCrawler dan pengindeksan > robots.txt kustom.


User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://www.samuelpasaribu.com/sitemap.xml

Ganti alamat sitemap url di atas yang diberi tanda warna biru dengan alamat sitemap Anda sendiri. Perlu waktu beberapa hari untuk memproses data Anda untuk muncul di Google Webmaster Tool.

Tambahkan peta situs baru


Tambahkan peta situs baru ke Google Search Console dengan cara seperti berikut :

Pada dasboard Google Search Console klik Peta Situs > Tambahkan Peta Situs Baru 

  1. sitemap.xml
  2. feeds/posts/default?orderby=updated
  3. atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Submit kode di atas dari 1-3 satu persatu di Tambahkan peta situs baru. Kalau berhasil di submit maka hasilnya akan tampak seperti berikut ini.


Inspeksi URL


Setelah Anda Submit bagian Tambah peta situs baru di Google Search Console untuk Blogger, Sekarang Anda bisa mensubmit postingan artikel di Inspeksi URL. 

Berikut ini cara submit postingan artikel blog ke Google Search Console : 
  • Pertama Anda buka dashboard Google Search Console
  • Kemudian pilih Inspeksi URL,
  • Setelah itu klik tombol Uji URL Aktif
  • Terakhir klik Minta Pengindeksan.
  • Selesai...

Ini akan memakan waktu beberapa menit jika website atau blog Anda sudah tayang di Google News. Namun jika webiste atau blog Anda belum diterima Google News ini akan memakan waktu beberapa hari untuk memproses data Anda sesuai dengan lalu lintas situs web Anda. Untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana Cara Daftar Google News untuk Blogger 2021 Sekarang Anda sudah memahami bagaimana Cara Menghubungkan Blogger ke Google Search Console.

Demikian postingan kali ini tentang Cara Menghubungkan Blogger ke Google Search Console. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk bagikan artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url