Website Statis dan Dinamis

1 / 3
Samuel Pasaribu
2 / 3
Samuel Pasaribu
3 / 3
Samuel Pasaribu

Website Statis dan Dinamis - Website akan mendukung usaha yang Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan. Sebab, website merupakan sarana membangun reputasi online yang terpercaya untuk jangka panjang. Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau bisa juga menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan, ataupun dalam pebisnis pribadi. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu.
 
Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. Web terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman-halaman terkait yang berada di bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain yang dapat di akses dengan koneksi internet.  
 
Sebuah website merupakan sebuah representasi virtual dalam suatu bisnis, berita, dan usaha. Pada era kemajuan teknologi yang semakin modern, pengguna internet menginginkan segala informasi yang mereka inginkan tersedia dengan mudah, dan akurat, maka dengan adanya website, bisa membantu pelaku usaha atau pelaku bisnis dalam menawarkan usaha, jasa, bisnis yang mereka jalankan. Maka dengan adanya website, usaha yang dimiliki akan lebih terlihat modern daripada usaha yang belum memiliki website. 
 

Website Statis dan Dinamis

 
Berikut ini adalah perbedaan serta kelebihan dan kekurangan antara Website Statis dan Dinamis :
 

1. Website Statis

 
Website Statis (Static Website) adalah sebuah website yang kontennya statis (tidak berubah-ubah). Sekali dibuat dan online di Internet, pada umumnya website tersebut tidak dapat diubah kecuali dengan cara manual melalui pengubahan bahasa pemograman website tersebut. Oleh karena itu, terjadinya interaksi pun jarang sekali, sehingga dapat dikatakan seperti portfolio online karena informasi yang diberikan juga terbatas. 
 
Adapun kelebihan dan kekurangan pada web statis sebagai berikut :
 

Kelebihan

  • Tidak perlu keahlian pemrograman untuk membuat halaman statis 
  • Dapat dilihat langsung oleh web browser tanpa membutuhkan aplikasi server 
  • Lebih mudah untuk website development menggunakan bahasa pemograman HTML 
 

Kekurangan

  • Tampilannya kurang menarik
  • Kontennya statis, tidak berubah-ubah (kecuali memahami bahasa pemrograman untuk merubahnya)
  • Terbatas dalam interaksi dengan klien
  • Tidak menggunakan database
  • Tidak menggunakan pemrograman PHP di server
 

2. Website Dinamis

 
Website Dinamis (Dynamic Website) adalah jenis halaman web yang disusun oleh konten dan layout yang kaya akan informasi didalamnya. Dinamakan website Dinamis karena kontennya dapat berubah-ubah. Dengan kata lain, adanya program yang berjalan untuk mengatur perubahan data yang ditampilkan dalam website Dinamis tersebut.
 
Adapun kelebihan dan kekurangan pada web dinamis sebagai berikut :
 

Kelebihan 

  • Tampilannya menarik (Konten dan layout dapat berubah-ubah)
  • Menggunakan dynamic html (DHTML)
  • Menggunakan pemrograman server untuk mengatur perubahan data
  • Dapat menggunakan CMS untuk mengubah konten website
  • Konten halaman dan Layout halaman dibuat terpisah, sehingga loading halaman lebih cepat
  • Dapat menggunakan database untuk menyimpan konten 
 

Kekurangan

  • Lebih kompleks, sehingga sulit dalam pencarian Search Engine 
 

Work Process

 
As a human being, I'm work in process. 
 


Seperti yang sudah disebutkan di atas, website memiliki banyak manfaat. Baik itu untuk kepentingan pribadi atau bisnis. Anda bisa membuat website pribadi atau blog untuk membagikan cerita atau portfolio Anda.

Jika Anda ingin menghasilkan uang secara online, website adalah platform yang paling tepat. Anda bisa membuat website untuk menjual produk atau jasa secara online.
 

Jasa Pembuatan Website

 
Jika Anda membutuhkan pembuatan website statis maupun dinamis, ataupun blog bisa menghubungi melalui halaman contact admin di blog samuelpasaribu.com.
 

Kesimpulan

 
Perbedaan web statis, bahasa scriptnya biasa html saja, sedangkan untuk website dinamis, bahasa scriptnya akan lebih kompleks seperti PHP & Javascript hingga Bootstrap. Penggunaan database pada web dinamis juga biasanya MySQL, dll. Sedangkan web statis tidak menggunakan database hanya sekedar tampilan.