15 Komponen Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya


Perangkat Keras Komputer Ini adalah tempat yang bagus untuk memulai jika Anda ingin mulai belajar tentang komputer. Tidak hanya itu titik masuk yang baik, tetapi juga sesuatu yang baik untuk diketahui demi rasa ingin tahu. Mempelajari bagian-bagian komputer dan fungsinya akan membantu Anda memahami semua komponen vital yang menyusun komputer.

Mengetahui apa bagian-bagian computer hardware components itu bagus, tetapi kami akan menjelaskan fungsi setiap bagian, yang akan memberi Anda pemahaman yang lebih kuat tentang mereka. Dalam posting ini, saya akan menjelaskan berbagai komponen perangkat keras dari sistem komputer.

Jika Anda membaca artikel ini dengan seksama, Anda akan memahami semua tentang komponen perangkat keras komputer. Saya jamin, setelah membaca artikel ini Anda tidak perlu membaca artikel lain. Faktanya, pembaca kami puas dengan posting blog ini.


Apa itu Perangkat Keras Komputer?


Perangkat keras komputer adalah bagian perangkat keras dari sistem komputer. Dengan kata sederhana, hanya bagian dari sistem komputer yang dapat kita lihat atau sentuh yang disebut perangkat keras komputer.

Perangkat keras komputer biasa disebut hardware. Computer Hardware atau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia; perangkat keras komputer adalah bagian penting dari sistem komputer kita yang tanpanya sebuah komputer tidak lengkap. Anda tidak dapat menggunakan komputer tanpa perangkat keras dan tanpa perangkat keras, tidak akan ada sistem atau konstruksi komputer.

Saya harap Anda mengerti dengan penjelasan singkat tentang pengertian dari perangkat keras komputer ini. Setelah itu, disini saya akan menjelaskan tentang apa saja komponen Computer Hardware yang perlu anda ketahui.


Apa saja Komponen Perangkat Keras Komputer?



Ada berbagai macam komponen perangkat keras suatu sistem komputer, yang akan saya uraikan di bawah ini beserta dengan Contoh perangkat keras.

Berikut ini adalah berbagai hardware components of computer yang harus Anda ketahui:

  • Mouse
  • Keyboard
  • Monitor
  • Motherboard
  • CPU
  • RAM Memory
  • ROM Memory
  • Hard Disk Drive
  • Optical Drive
  • IO System
  • Power Supply
  • External Ports
  • CPU Fan
  • Sound Card
  • Video Display Controller


Komponen Perangkat Keras Dasar Sistem Komputer


Komponen perangkat keras yang paling penting adalah Motherboard, CPU, RAM memory, power supply, video display controller, IO system, Bus and hard disk drive. Beberapa bagian perangkat keras normal yang Anda lihat seperti mouse, keyboard, monitor, dan CPU adalah komponen dasar komputer.

Berikut ini adalah gambar perangkat keras komputer beserta nama dan fungsinya:

1. Mouse


Computer Hardware Components - Mouse

Mouse adalah perangkat input perangkat keras yang digunakan untuk memindahkan kursor atau pointer pada layar komputer.

Ini juga dapat digunakan untuk menjalankan program komputer, memilih item dalam antarmuka pengguna grafis, dan memanipulasi objek di dunia komputer.

Beberapa contoh umum bagaimana itu dapat digunakan adalah mengklik tombol, menggulir layar ke atas dan ke bawah, memilih file, membuka folder, dan sebagainya.


2. Keyboard


Computer Hardware Components - Keyboard

Keyboard adalah perangkat input yang Anda gunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. Ini juga disebut perangkat input untuk komputer Anda. Keyboard digunakan dengan PC, laptop, tablet, dan perangkat lainnya.

Ada banyak jenis keyboard, tetapi yang paling umum adalah keyboard QWERTY. Sebuah keyboard QWERTY memiliki semua huruf dalam urutan abjad di atasnya. Ini berbeda dengan beberapa jenis keyboard lainnya, seperti keyboard Dvorak atau Colemak.

Misalnya, keyboard ini memiliki tombol yang diatur secara berbeda dari yang biasa Anda lihat di keyboard QWERTY. Dan itu berarti mengetik di keyboard ini akan terasa seperti mengetik dalam bahasa lain pada awalnya! Tapi jangan khawatir - setelah Anda terbiasa, itu terasa alami!


3. Monitor


Computer Hardware Components - Monitor

Komputer pribadi menggunakan monitor untuk menampilkan data, menjalankan perangkat lunak, dan berinteraksi dengan pengguna.

Monitor adalah tampilan visual elektronik yang terhubung ke komputer atau laptop Anda. Ini digunakan untuk menampilkan gambar, teks, video, game, halaman web, dan banyak lagi.

Monitor tersedia dalam berbagai ukuran tergantung pada kebutuhan orang yang menggunakannya. Ada banyak jenis monitor komputer. Jenis monitor yang paling umum adalah CRT (cathode ray tube), LCD (liquid crystal display), and LED (light-emitting diode).

4. Motherboard


Computer Hardware Components - Motherboard

Motherboard adalah tulang punggung sistem komputer yang berperan sangat penting. Ini adalah unit pemrosesan pusat atau CPU. Ini menghubungkan semua komponen lain, seperti memori dan kartu grafis, ke power supply.

Motherboard adalah tempat semua kabel dicolokkan dan juga tempat Anda meletakkan RAM, yang merupakan memori kerja komputer Anda. Motherboard inilah yang membuat satu mesin berbeda dari yang lain.

Motherboard terdiri dari transistor kecil yang mengontrol aliran listrik melalui jalur tembaga di permukaannya. Transistor ini disebut Integrated Circuits or ICs for short.

5. CPU (Central Processing Unit)


Computer Hardware Components - CPU

Perangkat keras komputer yang disebut sebagai otaknya komputer disebut CPU atau singkatan dari Central Processing Unit adalah otak dari komputer. CPU memproses informasi dan menjalankan program.

Ini berfungsi sebagai unit kontrol yang mengeksekusi program sesuai dengan instruksi dalam memori programnya.

CPU berisi elemen-elemen seperti register, arithmetic logic unit (ALU), dan logika kontrol untuk instruksi pengurutan.

6. RAM (Random Access Memory)


Computer Hardware Components - RAM Memory

RAM atau singkatan dari Random Access Memory adalah jenis memori komputer yang menyimpan informasi sehingga CPU dapat mengaksesnya secara langsung dan terkoneksi ke sistem komputer.

Sistem komputer menggunakan memori utama untuk menyimpan data dan program. Semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin banyak data yang dapat diproses sistem Anda pada satu waktu.

Ini akan menghasilkan operasi yang lebih efisien di komputer Anda, yang berarti kinerja yang lebih baik bagi pengguna.

7. ROM (Read Only Memory)


Computer Hardware Components - ROM Memory

ROM atau singkatan dari Read Only Memory adalah singkatan dari jenis chip memori yang dapat dibaca oleh sistem tetapi tidak ditulis.

Dengan kata lain, ini adalah bentuk penyimpanan data yang tidak dapat diubah setelah diprogram.

Kadang-kadang disebut memori "non-volatile" karena informasi yang disimpan akan tetap ada meskipun tidak dihidupkan atau digunakan.

ROM sering digunakan untuk menyimpan instruksi start-up komputer dasar dan jenis data tertentu, seperti sistem komputer onboard mobil Anda dan tabel data kalkulator.

8. Hard Disk Drive


Computer Hardware Components - Hard Disk Drive

Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data adalah hard disk. Hard disk drive adalah bagian dari perangkat keras di dalam komputer yang menyimpan informasi. Ini digunakan untuk menyimpan software dan data di tempat yang aman, yang dapat diakses saat dibutuhkan.

Dengan penyimpanan magnetik, tidak ada bagian yang bergerak - tidak seperti pemutar CD atau DVD di mana Anda perlu memindahkan disk untuk mengakses data.

Anda dapat menganggapnya sebagai "lemari" tempat semua barang Anda disimpan dengan aman.

Selama Anda memiliki kekuatan, Anda bisa mendapatkan barang-barang Anda saat Anda membutuhkannya.

9. Optical Drive


Computer Hardware Components - Optical Drive

Optical Drive digunakan di PC untuk membaca dan menulis CD dan DVD. Optical Drive membaca data dari disk, yang kemudian dapat diubah menjadi file digital yang dapat dibaca oleh komputer.

Ini memudahkan untuk mencadangkan file, memutar musik atau film, atau menyalin data dari satu disk ke disk lainnya.

Istilah "CD" mengacu pada Compact Disc, yang merupakan jenis optical drive paling umum di komputer modern.

Mereka sering digunakan untuk menginstal perangkat lunak di komputer Anda, memindahkan data antar komputer, atau menulis program baru.

10. IO System


Computer Hardware Components - IO System

Sistem IO adalah seperangkat perangkat yang digunakan untuk mengakses data.

Ada tiga bagian utama dari sistem IO: 

  • input,
  • output,
  • penyimpanan.

Perangkat input, juga disebut periferal input, biasanya adalah data yang pertama kali dimasukkan ke komputer.

Perangkat output adalah tempat data ditampilkan. Perangkat penyimpanan menyimpan data sehingga tidak perlu ada di memori atau diproses oleh CPU.


11. Power Supply


Computer Hardware Components - Power Supply

Power Supply adalah perangkat listrik yang menyediakan daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan komputer.

Komputer ditenagai oleh listrik, dan power supply berperan dalam mengubah arus bolak-balik (AC) dari electric socket menjadi arus searah (DC).

Power Supply di komputer dapat berupa komponen internal atau eksternal.

Sangat penting untuk memastikan power supply Anda berfungsi dengan baik.

12. External Ports


External Ports digunakan untuk menghubungkan komputer Anda ke perangkat lain seperti printer dan speaker, di antara banyak lainnya.

Namun, tidak semua port eksternal sama. Anda akan menemukan berbagai jenis port pada laptop dan desktop yang memungkinkan Anda menggunakannya dengan cara yang berbeda.

13. CPU Fan


CPU Fan di komputer adalah komponen yang sangat penting untuk PC Anda.

Jika kipas CPU Anda tidak bekerja dengan benar, komputer Anda akan menjadi terlalu panas dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

Kipas CPU membantu mendinginkan CPU dan bagian internal komputer lainnya.

Ini juga memberikan tekanan negatif dan menghilangkan debu dan kotoran dari dalam.

14. Sound Card


Sound Card adalah chip komputer yang memproses dan memperkuat suara. Ini menghasilkan sinyal ke speaker, headphone, atau perangkat output lainnya.

Sound Card juga bisa disebut "kartu suara" atau "kartu audio". Komputer dengan sound card ini mampu memutar file musik digital dan video, serta sintesis ucapan.

Sound Card awalnya disediakan sebagai perangkat eksternal untuk komputer rumahan pada 1980-an.

Dengan perkembangan mikroprosesor, kemampuan suara diintegrasikan ke motherboard selama tahun 1990-an.

Saat ini, sebagian besar komputer memiliki ini built-in.

15. VDC (Video Display Controller)


Pengontrol tampilan video (kadang-kadang disingkat menjadi VDC) adalah sirkuit yang ditemukan di kartu video, yang mengontrol output video komputer.

Pengontrol bertanggung jawab untuk memformat data yang dikirim ke monitor atau TV.

Pengontrol tampilan video dapat diimplementasikan dengan sirkuit onboard pada motherboard atau kartu terpisah yang terhubung ke motherboard melalui slot.

dan Anda juga bisa membaca posting kami tentang Tips Memilih Laptop Gaming Berkualitas.

Kesimpulan


Kami berharap Anda memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai komponen perangkat keras dari sistem komputer, Anda bisa membaca untuk pemahaman lebih lanjut lagi, jika Anda masih tidak mengerti, silakan tinggalkan komentar dengan kami.

Banyak hal bermanfaat yang kita dapatkan dengan teknologi komputer. Seperti sebuah sistem pada komputer yang bekerja sesuai dengan target penggunanya. Ini dapat membantu membuat pekerjaan lebih cepat dari sebelumnya.

Demikian posting kali tentang Komponen Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url