Perkembangan Algoritma Google dari Tahun 2011 - 2021


Perkembangan algoritma google merupakan sejarah panjang pembaruan seperti algoritma terkenal, perubahan indeks pencarian, dan pembaruan mesin robot. Satu-satunya yang konstan adalah perubahan, dan Google tentu saja mengambil frasa itu dalam hati ketika datang ke pembaruan algoritma. Mereka secara konsisten melakukan penyesuaian dan pembaruan untuk meningkatkan pengalaman pengguna mereka secara keseluruhan dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian yang mereka berikan.

Dalam artikel ini, kami akan mempelajari lebih dalam riwayat pembaruan algoritma Google, bagaimana peluncuran ini memengaruhi SERP (Halaman Hasil Mesin Pencari), dan saran terbaru dari pakar SEO (Pengoptimalan Mesin Pencari) yang mencakup praktik terbaik untuk membantu Anda tetap terdepan bahkan dengan pembaruan . algoritma yang akan datang yang harus kita terima dan tidak dapat dihindari. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari tentang bagaimana meningkatkan struktur website yang baik di posting kami sebelumnya.

Algoritma Google adalah program pembaruan sistem yang digunakan untuk mengatasi kelemahan pada sistem sebelumnya dan bertujuan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan instruksi bahasa komputer. Biasanya algoritma google ini diperbarui untuk perhitungan, pengolahan data, dan penalaran otomatis yang selalu diperbarui.

Perlu diingat bahwa Google juga memiliki sejarah panjang pembaruan algoritma populer, perubahan indeks pencarian, dan pembaruan yang terus-menerus diterapkan pada sistemnya. Mungkin sebagian dari anda masih kurang peka dengan "Perkembangan Algoritma Google" yang kedepannya selalu di perbarui oleh Google. Di bawah ini adalah riwayat pembaruan algoritma pencarian Google utama yang dapat Anda pelajari.

Sebelum masuk ke poin utama pembahasan ini, mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya tentang algoritma Google. Pertanyaan yang sering kami dapatkan adalah sebagai berikut:


Di sini kami akan menjelaskan sebaik mungkin dari apa yang kami pelajari tentang penelitian algoritma google. Untuk itu simak ulasan berikut ini, disini admin akan menjelaskan satu persatu dari pertanyaan diatas.


Berapa kali Google memperbarui algoritma pencariannya?


Google tampaknya lebih sering berubah daripada tetap sama. Kebanyakan ahli memperkirakan bahwa Google mengubah algoritma pencariannya sekitar 500 hingga 600 kali setiap tahun. Itu di suatu tempat antara sekali dan dua kali setiap hari.

Ada 3 hal yang harus dilakukan setelah pembaruan algoritma Google utama. Berikut ini yang dapat Anda lakukan setelah ada pembaruan algoritma terbaru dari Google:

1. Jangan panik

Pembaruan algoritma utama bisa membuat stres, saya mengerti. Namun nyatanya kami tidak pernah mendapatkan daftar detail perubahan dari Google. Jadi panik tentang sesuatu yang kita tahu sedikit tentang, terutama di awal, adalah buang-buang waktu dan energi. Mari kita ambil update terbaru Penguin, contohnya seperti berikut ini.

Dengan dirilisnya Penguin 4.0, Google memang membagikan informasi mengenai update tersebut melalui Google Webmaster Central Blog. Sementara sejumlah perubahan dibuat, perubahan itu memberi kami beberapa detail eksplisit yang memberikan beberapa wawasan tentang apa yang diharapkan:

  • Penguin sekarang real-time.
  • Penguin sekarang lebih granular.

Nah, sebelum mengetahui informasi ini, banyak yang berspekulasi apa yang akan dibawa oleh pembaruan ini. Beberapa benar, yang lain tidak begitu banyak. Tapi satu hal yang pasti. Jika Anda panik tentang pembaruan dan mulai mencoba "menebak" apa yang akan terjadi, Anda mungkin melakukan banyak kekhawatiran yang tidak perlu. Jadi ketika Anda tahu pembaruan besar akan segera hadir, jangan panik.

2. Tunggu untuk bereaksi

Setelah Anda rileks dan tidak panik, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menunggu untuk bereaksi. Anda mungkin tergoda untuk keluar dan membuat perubahan pada situs atau proses Anda, tetapi itu bisa menjadi usaha yang sia-sia. Sebaliknya, hal yang cerdas untuk dilakukan adalah menunggu dan melihat apakah situs Anda terpengaruh. Lebih sering daripada tidak, jika Anda melakukan SEO dengan cara yang benar, situs Anda mungkin tidak terpengaruh secara negatif (dan Anda bahkan mungkin melihat peningkatan).

Google memiliki misi untuk memberikan jawaban terbaik kepada penggunanya. Itulah sebabnya mereka terus-menerus mengubah algoritma untuk mendorong webmaster membuat situs, pengalaman, dan konten yang lebih baik. Pembaruan ini lebih dari sekadar mengutak-atik SEO. Faktanya, Google percaya SEO itu penting. Apa yang ingin mereka hancurkan adalah webspam SEO black-hat.

Sebelum bereaksi berlebihan terhadap pembaruan algoritma, saya sarankan Anda menunggu beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu untuk melihat dampaknya pada situs atau situs Anda. Catat posisi Anda di awal dan bandingkan metrik setelah beberapa minggu. Jika situs Anda tampaknya terpengaruh, inilah saatnya untuk membuat perubahan.

3. Baca sumber yang kredibel dan lakukan penyesuaian jika perlu

Jadi jangan panik, tunggu dulu dampaknya dan sadari bahwa Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian. Di mana untuk memulai seringkali merupakan keputusan tersulit.

Memeriksa dan membaca Blog Webmaster Google adalah tempat yang bagus untuk memulai. Baca informasi apa pun yang telah mereka poskan, dan lihat pembaruan apa yang dimaksudkan untuk ditargetkan. Jika situs Anda terkena, kemungkinan ini adalah hal-hal yang perlu Anda kerjakan. Jika Anda masih membutuhkan lebih banyak, Search Engine Land memiliki staf penulis dan kolumnis hebat yang mencakup tentang semua pembaruan algoritma yang bekerja dengan sangat baik.

Seperti yang kami lakukan di atas, mari kita lihat pembaruan terbaru lainnya, Possum. Possum ditargetkan pada SEO lokal, mencari untuk mendiversifikasi daftar dan menghapus spam. Meskipun Google tidak pernah menulis tentang pembaruan ini di Blog Webmaster mereka, ada cukup banyak perubahan dalam hasil lokal untuk memicu komunitas SEO. Anda harus mengenal terlebih dulu Apa itu PageRank SEO dan pentingnya untuk perkembangan situs web, agar Anda tahu Cara Menulis Artikel SEO yang Benar di Blog.

Ketika jenis perubahan ini dilakukan pada algoritma tanpa izin langsung dari tim di Google, itu bisa sangat menakutkan. Di sinilah kita perlu mengandalkan ahli lain. Kolumnis Joy Hawkins melakukan penelitian berbasis penelitian yang hebat, di mana dia membagikan lima hal yang dipengaruhi oleh pembaruan dan apa yang harus Anda cari sebagai SEO atau pemilik situs. Karena Hawkins telah bekerja keras dan menguji dampaknya, Anda dapat yakin bahwa wawasannya benar.

Triknya di sini adalah ini: ketika Google tidak memberikan rincian, hanya pergi ke situs yang memiliki kredibilitas. Ada banyak di luar sana yang melakukan hal-hal yang dapat memberi Anda hasil jangka pendek tetapi pada akhirnya menghancurkan kelangsungan hidup situs Anda dalam jangka panjang.

Saat membuat penyesuaian pada situs Anda setelah pembaruan, pastikan Anda membuat perubahan satu per satu. Dengan begitu, Anda dapat melihat dampak penyesuaian dan memiliki gambaran yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Meskipun sebagian besar perubahan ini tidak secara signifikan mengubah lanskap SEO, beberapa pembaruan signifikan dan dapat mengubah cara kita menulis untuk SEO. Anda juga mempelajari tentang Panduan Belajar SEO Blogger untuk Pemula yang sudah kami posting sebelumnya.


Bagaimana cara mengikuti perubahan algoritma Google?


Ada beberapa cara untuk mengikuti perubahan konstan Google. Salah satu caranya adalah secara teratur memeriksa lalu lintas web situs Anda di platform analitik Anda dan peringkat pencarian untuk kata kunci target Anda. Anda juga dapat langsung membuka situs Google, di mana mereka menguraikan pembaruan bernama mereka saat diluncurkan.

Seperti yang kami sebutkan, pembaruan Google dapat bervariasi. Beberapa mungkin tidak meninggalkan dampak yang bertahan lama di situs web Anda, sementara yang lain dapat berdampak signifikan pada lalu lintas penelusuran Anda secara keseluruhan.


Bagaimana mempersiapkan situs Anda untuk pembaruan algoritma?


Google terus-menerus mengubah dan meningkatkan algoritmanya (seperti yang Anda lihat) untuk membantu pengguna menemukan apa yang mereka butuhkan dengan lebih baik, tetapi hal itu dapat membuat pemilik situs kewalahan setiap kali ada perubahan baru. Meskipun Anda tidak selalu dapat memprediksi secara akurat dampak pembaruan algoritma yang tepat, penting bagi Anda untuk mengembangkan konten berkualitas dan fokus pada kesehatan teknis situs Anda sehingga Anda dapat lebih siap.

Memasukkan kata kunci bertarget di seluruh konten Anda, membangun tautan yang relevan, dan mengoptimalkan pengalaman situs Anda secara keseluruhan adalah tempat yang bagus untuk memulai karena itu adalah kunci peringkat. Tetapi langkah tambahan apa yang dapat Anda ambil untuk tetap unggul?

Meskipun tidak ada cara pasti untuk "mengalahkan" algoritma, Jasmin BretaƱa, Koordinator SEO di Tinuiti, membagikan tiga kunci untuk mempersiapkan perubahan algoritma di masa mendatang dan menyoroti apa yang harus dilakukan jika situs Anda terpengaruh.

Berikut adalah solusi yang dapat kami berikan untuk mempersiapkan situs Anda untuk pembaruan algoritma Google:

1. Audit situs Anda secara teratur


Menyisir situs Anda untuk area peluang dan melakukan audit yang dapat ditindaklanjuti di berbagai bagian situs adalah suatu keharusan untuk tetap terdepan dalam pembaruan. Jika Anda meninjau situs Anda secara konsisten untuk memastikan bahwa situs tersebut mengikuti praktik terbaik terbaru, tidak akan ada fluktuasi tingkat tinggi selama sebagian besar pembaruan Google.

2. Awasi data analitik Anda


Jika Anda terkena pembaruan algoritma baru-baru ini, penting untuk menemukan sumbernya melalui analisis data terlebih dahulu. Biasanya, ada sinyal kuat dalam data yang menyimpan jawaban asal titik volatil. Setelah sumbernya diketahui, Anda dapat meninjaunya untuk melihat apakah praktik terbaik SEO selaras dengan referensi saat ini dan membuat perubahan yang diperlukan untuk mulai mendaki lagi.

3. Memiliki mitra SEO yang kuat


Memiliki mitra SEO yang kuat yang dapat memecah pembaruan apa pun dari Google adalah kunci untuk mempersiapkan situs Anda untuk pembaruan algoritma. Bekerja sama dengan pakar industri seperti tim Tinuiti SEO memastikan situs Anda dipantau dan dilaporkan secara konsisten untuk setiap perubahan. Kami secara konsisten mengikuti perkembangan terbaru dari Google, dan bekerja sama dengan mitra klien kami untuk tidak hanya memantau semua metrik organik, tetapi juga menawarkan perspektif kami tentang cara mengikuti pembaruan penelusuran Google yang dapat berdampak negatif pada situs. Anda juga bisa mencoba dan mengikuti Cara Menambahkan Schema Markup ke Blogger untuk meningkatkan SEO di posting sebelumnya.

Pertama, mari kita bicara tentang pembaruan algoritma utama yang mengguncang banyak hal di ruang pencarian.


Pembaruan algoritma Google Search



Pembaruan algoritma Google adalah perubahan apa pun pada algoritma Google yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dan untuk memberikan hasil penelusuran yang paling relevan saat kueri dikirimkan. Meskipun kami berharap kami tahu kapan dan berapa banyak pembaruan yang akan datang, Google sering (tetapi tidak selalu) menyembunyikan informasi ini sampai pembaruan siap diluncurkan.

Sementara Google membuat ratusan pembaruan setiap tahun, banyak yang sangat kecil sehingga mereka terbang di bawah radar, tetapi seringkali, perubahan signifikan dibuat. Ini adalah beberapa pemain utama yang memiliki dampak besar pada SERP. Berikut ini macam-macam algoritma google:


Kami akan membahas semua peluncuran algoritma signifikan yang disebutkan di atas termasuk algoritma google terbaru.


Pembaruan Google Panda Februari 2011


Pembaruan Panda diluncurkan pada 2011, tetapi sejak itu memiliki pembaruan tambahan. Pembaruan algoritma ini sebagian besar difokuskan pada situs web yang menyediakan konten berkualitas kepada pengguna. Pembaruan Panda Google adalah filter pencarian yang diperkenalkan pada Februari 2011 yang dimaksudkan untuk menghentikan situs dengan konten berkualitas buruk dan konten duplikat agar tidak masuk ke hasil pencarian teratas Google. 

Panda diperbarui dari waktu ke waktu. Ketika ini terjadi, situs yang sebelumnya terpapar dapat lolos jika mereka telah membuat perubahan yang tepat. Panda juga dapat menangkap situs yang sebelumnya lolos. Refresh juga berarti "positif palsu" dapat dilepaskan.

Situs web yang memiliki konten duplikat atau metrik pengguna yang buruk mendapat pukulan besar dari pembaruan ini dan banyak yang masih merasakan dampaknya hingga hari ini. Secara total, pembaruan ini memengaruhi hingga 12% dari semua hasil pencarian. Google merujuk banyak situs yang berjuang dengan pembaruan Panda ke panduan dalam membangun situs berkualitas tinggi dan mendorong pengguna untuk bertanya pada diri sendiri pertanyaan seperti:

  • Apakah artikel ini memiliki kesalahan ejaan, gaya bahasa, atau faktual?
  • Apakah Anda percaya informasi yang disajikan dalam artikel ini?
  • Apakah artikel memberikan konten atau informasi asli, pelaporan asli, penelitian asli, atau analisis asli?

Pembaruan Google Penguin April 2012


Google meluncurkan Pembaruan Penguin pada April 2012 untuk menangkap lebih baik situs yang dianggap melakukan spam pada hasil pencariannya, terutama yang melakukannya dengan membeli tautan atau memasukkannya melalui jaringan tautan yang dirancang terutama untuk meningkatkan peringkat Google.

Pembaruan Penguin, sebelumnya dikenal sebagai pembaruan algoritma webspam, membahas masalah teknik SEO topi hitam seperti skema tautan dan isian kata kunci. Tujuan utama pembaruan ini adalah untuk menghukum situs web yang menggunakan atau membeli tautan spam untuk meningkatkan situs mereka di SERP. Pembaruan ini dilaporkan memengaruhi 3,1% pencarian.

Pembaruan Google Hummingbird September 2013


Hummingbird adalah pembaruan algoritma Google yang signifikan yang berlabuh di sekitar kecepatan dan presisi, seperti burung kolibri yang sebenarnya. Pembaruan ini dimaksudkan untuk memberikan jawaban yang lebih akurat dan personal untuk permintaan pencarian kepada pengguna. Di masa lalu, Google mengandalkan pencocokan kata kunci untuk memberikan hasil, tetapi dengan Hummingbird, mesin pencari dapat mempertimbangkan niat pengguna untuk memberikan hasil yang lebih baik.

Tujuan pembaruan ini adalah agar Google menjawab lebih baik permintaan pencarian yang lebih lama dan lebih kompleks yang diungkapkan dalam bahasa alami. Ini menggeser prioritas banyak pemasar untuk fokus pada kata kunci ekor panjang serta kualitas dan konteks konten di situs mereka. Konten berkualitas tinggi adalah, dan masih, kunci untuk peringkat di SERPs.

Pembaruan Google Pigeon Juli 2014


Pembaruan Algoritma Pigeon Google diluncurkan pada tahun 2014 dengan tujuan memberikan hasil yang lebih relevan kepada pengguna dalam hal pencarian lokal. Pembaruan meningkatkan jarak dan batas peringkat lokasi Google. Pembaruan Pigeon membantu bisnis lokal menjangkau audiens mereka dengan lebih baik dan meningkatkan peluang peringkat mereka jika mereka mengikuti praktik terbaik SEO umum.

Pembaruan Google RankBrain Oktober 2015


Pembaruan RankBrain, diumumkan pada tahun 2015, adalah penambahan pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan ke dalam algoritma Google. Mengintegrasikan teknologi ini ke dalam algoritma Google memungkinkan mesin telusur memprediksi maksud pengguna dengan lebih baik saat memasukkan kueri.

Setelah teknologi ini diintegrasikan ke dalam algoritma Google, mesin pencari memiliki kemampuan untuk menebak dengan lebih baik apa yang dicari pengguna jika itu adalah istilah yang pada awalnya tidak dikenal oleh Google.

Pembaruan Google Seluler April 2015


Google jarang mengumumkan pembaruan sebelum terjadi, tetapi tren itu berubah dengan pembaruan algoritma seluler pada April 2015. Google mengumumkan bahwa pembaruan ini akan memengaruhi peringkat seluler dan peringkat dapat berfluktuasi tergantung pada keramahan seluler halaman tertentu. Halaman yang tidak dioptimalkan untuk seluler mengalami penurunan lalu lintas yang cukup besar dan didorong untuk bergabung dengan gerakan yang mengutamakan seluler.

Pembaruan Google Fred Maret 2017


Sementara Google agak plin-plan ketika mengkonfirmasi pembaruan ini, banyak pemasar melihat dampak signifikan dari Fred. Perubahan ini berfokus pada konten bernilai rendah serta situs yang menerapkan penempatan iklan agresif, tautan afiliasi berlebihan, atau perilaku seperti spam lainnya. Selama pembaruan ini, Google juga menargetkan situs yang melanggar Pedoman Webmaster mereka.

Pembaruan Google Medic  Agustus 2018


Pada Agustus 2018, Google meluncurkan Pembaruan Algoritma Inti Luas AKA Pembaruan Medic. Pembaruan medis sebagian besar memengaruhi kesehatan dan kebugaran, situs web medis dan keuangan, antara lain. Ini adalah pembaruan global dan Google mencatat bahwa tidak ada "perbaikan" untuk halaman yang mungkin terkena dampak selain terus membuat konten hebat.

Pembaruan Google BERT Oktober 2019


Tak lama setelah peluncuran besar-besaran BERT di Amerika Serikat, Google mengumumkan bahwa pembaruan sekarang akan mulai diluncurkan di seluruh dunia pada 9 Desember 2019. Pembaruan BERT mempengaruhi total 10% dari semua pencarian.

BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers) adalah pembaruan algoritma Google utama yang berfokus pada peningkatan pemahaman bahasa. Pembaruan ini sangat penting bagi pengguna yang menanyakan percakapan yang lebih panjang atau lebih lama. Sekarang, mesin telusur dapat lebih memahami konteks kata-kata pengguna dalam kueri sehingga mereka dapat menelusuri dengan cara yang lebih alami.

Pembaruan Google Core Updates Juli 2021


Pembaruan inti terbaru Google dimulai pada 1 Juli 2021 dan secara resmi selesai pada 12 Juli. Seperti kebanyakan pembaruan inti yang dirilis, Juli tidak secara khusus memperbarui aspek pencarian tertentu, tetapi merilis pembaruan luas untuk menyaring hasil pencarian secara keseluruhan.

Pengambilan terbesar yang kami perhatikan dari Pembaruan Inti Juli 2021 mengelilingi situs dengan banyak kode negara dan peringkat duplikat. Situs yang memiliki peringkat untuk istilah yang sama di seluruh variasi spesifik negara dari situs mereka mengalami beberapa penurunan dari istilah yang diduplikasi.

Pembaruan Google Page Experience Update Juni 2021


Google mengumumkan rencana mereka untuk mulai menggunakan pengalaman halaman sebagai bagian dari sistem peringkat mereka dengan Pembaruan Pengalaman Halaman, yang lebih dikenal sebagai Core Web Vitals.

Perubahan ini akan memainkan peran penuh dalam peringkat pada akhir Agustus 2021. Pembaruan akan mempertimbangkan berbagai sinyal pengalaman halaman dan Google mencatat bahwa situs tersebut seharusnya tidak melihat perubahan drastis karena proses peluncuran yang lebih lambat.

Pembaruan Page Experience Update (Pengalaman Halaman) akan memengaruhi pengalaman dan keterlibatan pengguna situs, dan peringkat yang baik bergantung pada metrik vital web inti utama yang ditangani. Hal terbesar yang saya pelajari sejauh ini adalah bahwa Google berkomitmen untuk memastikan pengalaman di seluruh web serupa untuk semua orang, terlepas dari cara mereka mengaksesnya.

Siap untuk membawa strategi pencarian Anda ke tingkat berikutnya? Jika demikian, lihat Jasa Content Placement Indonesia Terbaik dengan Artikel SEO atau bisa menghubungi kami melalui halaman kontak di blog ini.

Kesimpulan 


Google merilis pembaruan setiap saat, tetapi merilis pembaruan inti beberapa kali dalam setahun. Terlepas dari pembaruan inti yang mencakup sejumlah perubahan kecil namun berdampak, Google akan merilis pembaruan khusus yang dapat mengubah apa yang kami anggap sebagai praktik terbaik SEO.

Google terus menyempurnakan algoritmanya, yang artinya terus diperbarui. Tidak setiap pembaruan berdampak buruk pada metrik organik, tetapi pembaruan tertentu dapat mengubah seberapa terlihat situs tetap berada di SERP yang pada akhirnya akan memengaruhi banyak aspek kinerja dari lalu lintas ke kata kunci dan banyak lagi.

Demikian posting kali tentang Perkembangan Algoritma Google dari Tahun 2011 - 2021. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url