Cara Membuat Tag Heading H1 untuk Praktik SEO Terbaik


Cara Membuat Tag Heading H1 untuk SEO Tag H1 adalah heading HTML yang paling umum digunakan untuk menandai judul halaman web. Sebagian besar situs web menggunakan CSS untuk membuat H1 menonjol di halaman dibandingkan dengan judul yang lebih rendah seperti H2, H3, dan sebagainya.

Tag heading menggambarkan konten kepada pembaca atau pengguna di blog atau situs web. Seperti yang Anda lihat di atas bahwa posting ini adalah tentang tag h1 dan bagaimana hal itu memengaruhi keterlibatannya dalam hal SEO. Tag heading HTML h1 hingga h6 membantu mesin telusur memahami konten yang akan dideskripsikan.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya mengapa tag H1 itu penting, bagaimana cara menambahkannya, dan praktik terbaik apa yang bisa dilakukan?


Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari jawaban atas semua pertanyaan ini:

  • Apa itu Tag Heading H1?
  • Mengapa tag H1 penting untuk SEO?
  • Bagaimana cara menambahkan tag H1?
  • Apa praktik terbaik SEO untuk tag H1?
  • Bagaimana cara membuat tag H1 di HTML5?

Apa itu Tag Heading H1?


Tag heading h1 adalah kode tag penting dari halaman SEO di web. Seperti yang telah kita bahas, h1 menjelaskan tentang apa itu konten? Dari sini kita bisa memahami kekuatan SEO yang mempengaruhi kode tag h1 pada sebuah blog atau website.

Jadi penting bagi kita untuk memanfaatkan kekuatan ini dengan cara terbaik yang bertujuan untuk meningkatkan SEO halaman web. Beberapa situs web tidak menggunakan tag ini atau mengoptimalkannya dengan benar, tetapi mereka dapat melihat peningkatan 300%+ dalam lalu lintas organik mereka jika mereka melakukannya dengan benar.

Mengapa tag H1 penting untuk SEO?


Mungkin sebagian dari kita mengabaikan hal ini. Karena setiap peneliti memiliki metode yang berbeda-beda. Namun dari apa yang telah kami teliti menyatakan bahwa tag h1 penting untuk mempengaruhi engagement-nya dalam hal SEO.

Berikut adalah tiga alasan mengapa tag h1 html penting untuk kualitas seo:

  • Tag H1 membantu mesin pencari memahami halaman
  • Tag H1 meningkatkan pengalaman pengguna
  • Tag H1 meningkatkan aksesibilitas

Tag H1 membantu mesin pencari memahami halaman


John Mueller dari Google mengatakan bahwa tag H1 membantu Google untuk memahami struktur halaman. Jadi, jika Anda menggunakan H1 seperti yang direkomendasikan Google untuk judul halaman atau judul konten Anda, H1 Anda secara efektif memberi tahu Google “inilah tentang halaman saya.”.

Anda juga dapat membaca informasi lengkap yang diberikan oleh John Mueller yang meneliti dan bekerja di Google. Untuk itu, Anda bisa membaca postingan kami sebelumnya tentang apa itu Pogo Sticking, dan bagaimana cara agar website diranking oleh Google.

Tag H1 meningkatkan pengalaman pengguna


Tag H1 meningkatkan pengalaman pengguna dalam arti bahwa mereka adalah bagian dari struktur hierarki halaman web. H1 adalah judul yang paling menonjol di halaman, lalu H2, lalu H3, dan begitu juga untuk seterusnya.

Untuk itu Anda jangan sampai salah menggunakan tag H1 dan judul lainnya dengan benar dan halaman menjadi lebih sulit untuk dibaca dan dicerna.

Tag H1 meningkatkan aksesibilitas


Perlu diketahui bahwa Jutaan orang dengan gangguan penglihatan menggunakan pembaca layar untuk mengonversi salinan halaman web dan gambar menjadi audio. Menurut penelitian oleh webAIM ini, 70% pengguna pembaca layar lebih suka bahwa hanya judul halaman yang diberi tag H1.

Di sebagian besar sistem manajemen konten (CMS), H1 dan tag judul adalah sama. Artinya saat kita membuat tag H1, tag judul akan otomatis dibuat.

Baca juga : Meta Tag SEO Blogger dan Contoh dan Bagaimana Cara Mengoptimalkan Konten Dalam SEO yang perlu Anda ketahui.

Bagaimana cara menambahkan tag H1 di Web?


Perlu diketahui bahwa sebagian besar CMS memudahkan Anda untuk menambahkan tag H1 ke halaman situs Anda. Mari kita lihat bagaimana melakukannya di beberapa hal yang populer dan banyak digunakan pengembang.

Cara menambahkan tag H1 di WordPress


Sebagian besar tema WordPress dikodekan untuk menggunakan halaman atau judul posting sebagai H1.

Cara menambahkan tag H1 di Wix


Sebagian besar tema Wix memiliki satu tag H1 di setiap halaman. Jika Anda tidak yakin teks mana ini, ubah gaya tag H1 Anda untuk sementara di editor tema. Ini harus secara efektif menyoroti H1 di pembuat halaman.

Cara menambahkan tag H1 di Squarespace


Sebagian besar tema Squarespace memiliki satu tag H1 di setiap halaman. Jika Anda tidak yakin di mana ini, cukup klik di sekitar kotak teks yang menonjol sampai Anda melihatnya dengan gaya "Heading 1".

Cara menambahkan tag H1 di HTML


Gunakan tag H1 pembuka (<h1>), masukkan judul halaman Anda, lalu tambahkan tag H1 penutup (</h1>).

Contoh tag heading h1 di html:

<h1>Ini adalah tag heading H1</h1>

Cara menambahkan tag H1 di Blogger


Bagi Anda yang menggunakan platform blogger tidak perlu khawatir! Caranya juga cukup mudah ini sudah otomatis dimuat di Blogger dan dikodekan untuk menggunakan halaman atau judul posting sebagai H1 untuk judul postingan.

Jadi bagi anda yang menggunakan Blogger hanya perlu memikirkan kata kunci untuk membuat judul postingan yang relevan sesuai target untuk membuat tag heading H1 didalamnya.


Praktik terbaik SEO tag H1


Sebelum kita sampai ke praktik terbaik, penting untuk dicatat bahwa melanggar aturan Google sangat kecil kemungkinannya untuk mendatangkan sumber daya untuk SEO di situs web Anda. Jadi jangan panik jika Anda tidak melakukan beberapa hal yang melanggar. Itu pasti tidak akan mengarah pada sesuatu yang menakutkan seperti sanksi keras atau hukuman yang dijatuhkan oleh Google.

Tugas Google adalah memahami, mengindeks, dan memberi peringkat pada konten web. Tidak mungkin melakukan ini tanpa mekanisme untuk menangani keadaan yang tidak ideal seperti halaman tanpa tag H1.

Dari sudut pandang SEO, Anda harus menggunakan hanya satu tag H1. Ini akan membantu mesin pencari untuk menjelaskan semua tentang konten halaman beserta dengan turunannya yang lain seperti tag H2, H3, dll.

Selain itu yang perlu Anda perhatikan adalah jangan melewatkan tag heading H1 untuk halaman mana pun. Jika ya, maka Anda kehilangan banyak nilai SEO.

Bagaimana cara membuat tag H1 di HTML5?


Dari penjelasan yang diberikan oleh John Mueller kita dapat menyimpulkan bahwa jika tema Anda menggunakan beberapa tag H1 dengan struktur halaman HTML5, itu tidak akan menjadi praktik yang buruk. Maka struktur halaman akan terlihat seperti berikut ini.


Jadi jika Anda menggunakan beberapa tag H1 maka pertimbangkan di bawah tag <main> HTML5. Dan jika ada beberapa tag H1 di bagian utama HTML5, akan sulit bagi mesin pencari untuk memahami konteks utama halaman web.


Kesimpulan


Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa tag heading HTML H1 penting untuk kualitas SEO. Jadi postingan yang kita publikasikan harus mengandung kata kunci yang ditargetkan, dan jika memungkinkan, usahakan untuk mencantumkan kata kunci tersebut di awal judul.

Selain itu Anda juga harus mengoptimalkan tag heading agar penggunaan lebih sedikit tetapi judul dan kata kunci harus jelas.

Di sini Anda juga harus memperhatikan Tag H1 yang tidak boleh terlalu panjang atau terlalu pendek. Itu harus antara 56 hingga 65 karakter, jadi pertimbangkan untuk mengoptimalkannya dengan benar.

Harap dicatat bahwa jika tag H1 terlalu pendek, itu tidak akan menjelaskan konten ke mesin pencari dan pengguna lain. Dan jika terlalu panjang, akan gagal menjelaskan kata kunci penargetan yang dimuat.

Jadi kesimpulan dari artikel ini bertujuan untuk memahami kekuatan tag header H1, mengapa tag heading H1 sangat penting untuk kualitas SEO, dan kemampuannya untuk menentukan peringkat konten dalam hasil pencarian.

Untuk itu, berikut ini kami coba jelaskan tag h1 dalam istilah awam. Tetapi jika Anda memiliki keraguan, pertanyaan, atau umpan balik, jangan ragu untuk bertanya di bagian komentar yang disediakan di bawah ini.

Demikian posting kali tentang Cara Membuat Tag Heading H1 untuk Praktik SEO Terbaik. Semoga alat ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url