Cara Membuat Label di Blog dengan Kategori Menurut Postingan


Cara Membuat Label di Blog Blogger telah membuat pengkategorian posting menjadi sangat sederhana, tetapi itu adalah sesuatu yang sering diabaikan atau disalahgunakan. Mengkategorikan posting Anda membantu mengatur blog Anda membiarkan pembaca Anda menemukan apa yang mereka cari.

Di Blogger, kategori disebut label. Setiap kali Anda membuat postingan, di editor postingan di sebelah kanan, Anda memiliki opsi untuk menambahkan label ke postingan yang terkait dengan label yang sama. Label sangat berpengaruh untuk strategi dalam membangun blog yang dapat membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari dalam kategori yang sesuai.

Kategori atau Label adalah salah satu teknik dan fitur yang dapat Anda gunakan dalam mengelompokkan semua konten yang memiliki kesamaan tetapi berbeda dengan topik diskusi yang ada. Misalnya seperti pada sebuah “folder” yang didalamnya terdapat isi file yang tersimpan di dalam folder tersebut. Jadi kalau soal blog, ada kesamaan seperti cara membuat folder di blogger.

Contoh Label Dalam Blogger Di blog Anda, biasanya label akan muncul di meta posting di area header atau footer posting, dan biasanya ada label di bawah judul posting Anda atau di bawah konten Anda. Mereka ditautkan ke halaman label pencarian di Blogger. Sebelum melanjutkan postingan ini anda harus sudah membuat blog terlebih dahulu. Jika belum anda bisa membaca postingan sebelumnya tentang Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot.


Jika Anda memberi label pada postingan Anda dengan kategori “Blogger”, maka URL-nya akan terlihat seperti ini. Contoh label pada blog samuelpasaribu.com.


Perhatikan bahwa label ditulis dalam huruf kecil dan kategori dalam huruf besar, label peka terhadap huruf besar-kecil sehingga penting untuk mencocokkannya. Ini dapat membantu pengguna menentukan topik diskusi yang mereka cari, tetapi mereka dapat menentukannya sendiri berdasarkan label yang mereka cari.

Pada sketsa infografis di atas, artinya dengan adanya fitur kategori atau label, hal ini dilakukan dengan tujuan agar blog Anda mudah dinavigasi oleh pengguna. Selain itu, pengunjung atau pembaca blog Anda tidak perlu mencari satu per satu konten yang memiliki pembahasan dengan tema yang sama. tetapi hanya dengan menampilkan posting berdasarkan label saja.

Untuk memperjelas pembahasan tentang kategori atau label pada postingan kali ini Admin akan menjelaskan secara detail dan jelas agar pembaca dapat memahaminya. Untuk itu simak ulasan berikut ini sampai selesai agar anda bisa memahami cara membuat label di blog.


Cara menggunakan label dengan benar


Ingatlah bahwa label tidak benar-benar memiliki dampak SEO. Label dibuat untuk memudahkan pengguna mengatur konten Anda dan membantu pembaca menemukan postingan yang mereka cari. Oleh karena itu, penting untuk benar-benar memikirkan label yang Anda gunakan. Misalnya, sebelum saya memulai blog ini, saya memikirkan enam topik utama untuk didiskusikan dan mengaturnya sebagai kategori, ini memisahkan konten saya untuk membantu pembaca menemukan posting berdasarkan label yang dipilih.

Seperti yang Admin jelaskan dari awal, platform blogger tidak memiliki fitur Kategori. Berikut ini adalah panduan Cara Membuat Label di Blog :

  • Pertama login ke Blogger
  • Setelah itu pada dashboard blogger pilih menu Postingan > + POSTINGAN BARU
  • Selanjutnya pada halaman post,  pilih Setelan entri > klik tab Label > Buat Nama Label
  • Setelah membuat nama label, klik selesai (kembalikan tab Label ke awal) > Publikasikan
  • Selesai...

Baca juga : Cara Memasang Google Analytics di Blogspot Update 2021

Menggunakan label dalam navigasi


Sebaiknya tambahkan label ke menu navigasi Anda sebagai topik atau kategori. Anda dapat mengklik salah satu label posting Anda di bagian bawah posting Anda yang diterbitkan dan kemudian menyalin tautannya atau jika Anda tahu bagaimana label Anda dieja, Anda dapat mengetiknya secara manual menggunakan format seperti contoh di bawah ini.

Domain free blogspot

http://nama-blog-anda.blogspot.com/search/label/tipsblogger 
or 
http://nama-blog-anda.blogspot.com/search/label/tips%20blogger

Domain custom (TLD)

https://www.samuelpasaribu.com/search/label/tipsblogger 
or 
http://www.samuelpasaribu.com/search/label/tips%20blogger

Perlu diingat bahwa label di URL harus dieja dengan cara yang sama persis seperti Anda mengetiknya di bagian label postingan Anda dan peka huruf besar/kecil.

Anda dapat menggunakan gadget halaman di Tata Letak untuk membuat bilah navigasi, menggunakan tautan eksternal untuk menambahkan label Anda. Saya juga memiliki banyak tutorial tentang menu navigasi khusus di sini.

Baca juga : 10 Tips Menjadi Blogger Pemula dan Menghasilkan Uang

Tips Menggunakan Label Blog Secara Strategis


Berikut ini adalah Tips Menggunakan Label Blog Secara Strategis :

1. Fokuskan Label Blog Anda


Cantumkan label blog teratas Anda dan gunakan secara strategis untuk posting blog Anda. Ini menguntungkan blog Anda untuk memiliki beberapa label blog yang sering digunakan daripada memiliki label blog baru untuk setiap posting baru.

Jika ternyata Anda memiliki lebih dari seratus label blog dan setiap label hanya digunakan beberapa kali, luangkan waktu sejenak untuk menata label blog Anda. Hapus semua label duplikat.

Karena Blogger peka huruf besar/kecil untuk label blog, Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki lebih dari satu label blog dengan kata yang sama tetapi dengan huruf besar/kecil yang berbeda. Hapus semua label blog yang digunakan kurang dari beberapa kali dan label blog lain yang lebih umum dapat digunakan sebagai gantinya. Hapus label blog yang tidak perlu seperti "tidak dikategorikan" atau "blog" karena ini tidak diperlukan untuk mengkategorikan posting Anda.

2. Gunakan dengan hemat


Rencanakan untuk menggunakan maksimal tiga label blog per posting blog. Lebih sedikit lebih banyak di sini. Menggunakan selusin label per posting blog hanya akan membingungkan dan membanjiri pembaca Anda dan membuat posting blog Anda tampak tidak teratur. Mesin pencari juga dapat melihat ini sebagai spam. Menggunakan lebih banyak label blog tidak akan menguntungkan blog Anda dengan cara apa pun dan benar-benar dapat merugikan blog Anda.

Untuk setiap label blog, gunakan maksimal tiga kata per label. Frase dengan banyak kata harus dihindari. Pikirkan label blog sebagai kata kunci atau label folder. Anda tidak akan memiliki "ide kegiatan musim panas saya untuk anak-anak" di tab folder ketika Anda dapat memiliki "kegiatan musim panas anak-anak" yang lebih pendek dan lebih ringkas.

3. Gunakan Setidaknya Satu Label


Pastikan setiap posting blog memiliki setidaknya satu label. Jangan tinggalkan posting blog, tidak peduli seberapa pendek atau tidak penting itu, tanpa label blog. Jika Anda akan membuat pengumuman cepat, buat label pengumuman dan simpan untuk pengumuman mendatang atau gabungkan pengumuman Anda ke dalam posting blog Anda yang lebih panjang berikutnya. Ini membantu blog Anda tampil lebih seragam karena setiap posting memiliki label dan tidak ada posting blog yang hilang di arsip blog Anda.

4. Hindari Menjadi Terlalu Spesifik


Jangan terlalu spesifik dengan label blog Anda. Pikirkan label blog sebagai folder umum di mana Anda akan mengatur konten Anda. Anda tidak akan membuat folder berjudul "ide pesta musim panas 2021" dan berharap untuk menggunakannya lebih dari satu musim panas untuk blog Anda. Istilah yang lebih umum seperti "ide pesta musim panas" akan menguntungkan blog Anda karena Anda dapat mengunjungi kembali topik ini setiap tahun dan menggunakan label blog ini untuk mengembangkan kumpulan posting blog yang berfokus pada ide pesta musim panas.

Jika Anda berencana untuk menggunakan label blog hanya sekali, itu tidak perlu menjadi label blog dan tidak boleh dibuat. Saat Anda membuat label blog, rencanakan untuk memiliki lebih banyak posting untuk memastikan Anda menggunakan label blog ini secara efektif.


Kesimpulan


Blogger memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda menambahkan label blog ke postingan Anda untuk mengaturnya ke dalam kategori tertentu. Anda mungkin telah menggunakannya secara sporadis dari waktu ke waktu saat membuat posting atau mengabaikannya karena Anda merasa terlalu merepotkan. Di sisi lain, Anda mungkin memiliki ratusan tag dan menggunakan lusinan untuk setiap posting. Ini semua adalah kesalahan besar untuk blogging di Blogger.

Jadi menggunakan label blog secara strategis adalah langkah yang membantu dalam mengembangkan blog Anda. Label blog memerlukan perencanaan dan tinjauan ke depan saat memasukkannya ke dalam blog Anda, tetapi langkah ekstra dari upaya membuatnya sepadan. Menggunakan label pada blog penting untuk kebutuhan blog Anda. Seperti mengatur konten Anda, Merencanakan posting blog, data blog, dan pengalaman membaca yang ditingkatkan.

Demikian posting kali tentang Cara Membuat Label di Blog dengan Kategori Menurut Postingan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url