Cara Daftar Google News untuk Blogger 2021

Cara Daftar Google News untuk Blogger 2021 - Google News atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang artinya Google Berita adalah layanan kompilasi portal berita yang secara otomatis akan menampilkan postingan berita dari berbagai media.

Selain itu, Google News telah menyediakan layanan informasi pencarian berita dengan hasil pencarian yang ditentukan dari kata kunci di mesin pencari. Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan akan informasi semakin meningkat pesat di era digital saat ini.

Seperti pengguna jaringan internet yang membutuhkan akses terhadap sumber informasi yang aktual dan kredibel. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Google menghadirkan layanan yang dapat membantu Anda saat ini dengan meluncurkan Google News di jejaring sosial, khususnya bagi pengguna internet.

Google News menjadi layanan yang banyak diminati dan sangat populer. Layanan yang sudah cukup populer ini memiliki banyak manfaat. Selain bermanfaat bagi pembaca, Google News juga sangat bermanfaat bagi pemilik website. Seperti jika anda seorang pemilik website atau blog yang biasanya setelah anda selesai memposting artikel tentunya anda melakukan proses pengindeksan artikel di Google Search Console, sekarang tidak terlalu perlu, karena jika website anda sudah disetujui oleh Google News maka semua posting website Anda akan lebih cepat terindeks di mesin pencari Google.

Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mendaftar Google News untuk Blogger. Jika Anda ingin blog Anda muncul di halaman berita Google News, Anda harus tahu cara mendaftar Google News dengan benar terlebih dahulu. Postingan ini sangat cocok untuk anda yang baru mengenal apa itu Google News, bagaimana cara mendaftarnya, dan bisa diterima oleh Google News. Untuk itu simak ulasannya sampai selesai karena pada postingan kali ini akan saya uraikan secara lengkap disini.

Apa itu Google News ?


Sebelum mendaftar Google News, ada baiknya jika Anda mengetahui dan memahami terlebih dahulu apa itu Google News. Google merupakan salah satu perusahaan raksasa terbesar di dunia yang memiliki sejumlah platform layanan terbaik dan berguna untuk melayani kebutuhan kinerja banyak orang. Seperti anda yang bekerja di bidang publisher atau anda yang sering mencari informasi penting lainnya yang sering membaca berita di dunia maya. Salah satu platform layanan yang digunakan oleh Google untuk berbagi kebutuhan sebagai media informasi berita adalah Google News.

Google News adalah salah satu platform layanan milik Google yang sangat berguna untuk menampilkan berbagai artikel berita yang diterbitkan oleh publisher dan muncul di halaman berita di situs pencarian Google. Jadi untuk mengetahuinya Anda bisa mencari di situs pencarian Google yang terletak di bagian atas tab yang bernama News atau Berita. Saat Anda mengklik tab tersebut, akan muncul beberapa pilihan berita terkait dengan keyword atau kata kunci yang Anda cari. Agar lebih jelas dan mudah dipahami, Anda bisa melihat tampilan Google News sebagai berikut.

Tampilan Google News
Tampilan Google New di Beranda Google

Tampilan halaman yang menarik dan intuitif dapat memudahkan pembaca untuk mengakses berbagai berita yang mereka cari dengan kata kunci yang ditulis baik melalui komputer maupun ponsel Android. Selain itu, layanan ini dapat dinikmati dan digunakan secara gratis oleh pengguna. Tidak heran jika lebih dari satu juta pengguna di Google Play telah mengunduh Google News. Karena banyak manfaat yang Anda dapatkan dari jejaring sosial serbaguna ini untuk menemukan berbagai informasi berita penting dan menarik yang ditampilkan.

Platform layanan ini tidak mengharuskan pengguna untuk login kembali. Namun, saat menggunakan akun Google saat mengakses, Anda akan disuguhi konten yang dipersonalisasi dan berita yang ditampilkan akan sesuai dengan pilihan kata kunci yang Anda cari.

Keunggulan Google News


Keunggulan Google News dibandingkan platform lain adalah memudahkan pengguna untuk mencari dan mendapatkan berita berdasarkan Topik, Lokasi, dan berbagai sumber berita lainnya.

Bagi pemilik website atau blog, mendapatkan tempat di halaman Google News merupakan keuntungan. Perlu diingat, bayangkan, jumlah kunjungan ke Google News dalam satu bulan bisa mencapai 496 juta di seluruh dunia. Jadi jika Anda bisa menggunakan platform ini dengan bijak dan tepat dampaknya akan sangat baik dan sangat positif bagi blog Anda untuk perkembangannya.

Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa yang akan ditampilkan di halaman Google News adalah website yang besar dan hanya untuk media online populer, bukan? jawabannya adalah tidak. Blog yang Anda kelola juga dapat ditampilkan di Google News selama memenuhi persyaratan. Persyaratan ini sudah tidak asing lagi, seperti persyaratan yang sama saat mendaftarkan blog ke Google AdSense untuk mendaftarkan situs dan menunggu peninjauan. 

Saya pikir lebih mudah untuk mendapatkan persetujuan dari Google News dibanding dengan Google AdSense. Karena Google News hanya menyetujui situs seperti postingan yang sesuai, konten yang menarik, dan layak dipublikasikan. Itu saja mudah bukan? Berbeda dengan Google AdSense yang menilai dengan tampilan situs dan struktur data yang valid, tentu agak sedikit sulit jika kita bandingkan dengan mendapatkan persetujuan dari Google News.

Manfaat Daftar Google News


Google Berita menawarkan berbagai manfaat bagi pemilik blog dalam hal mendapatkan persetujuan untuk berbagai layanan dari Google News. Postingan Mudah di Indeks dan Masuk ke Halaman Pertama Mesin Pencari Dengan mendaftar ke Google News dan mendapatkan persetujuan, Google News akan menempatkan postingan Anda di daftar News halaman utama jika memiliki konten berita yang unik dan berkualitas. Namun untuk sampai ke posisi puncak bukanlah hal yang mudah. Kuncinya adalah Anda harus terus melakukan optimasi mesin pencari atau SEO. 

Pastikan juga sebelum mendaftar posting blog Anda terindeks di mesin pencari Google. Anda bisa menggunakan Template Blog yang sesuai agar tidak ada masalah saat meminta pengindeksan seperti Push Article Posts dengan Google Search Console. Perhatikan bahwa tidak ada kesalahan pada template yang ada yang Anda gunakan, jika ada kesalahan breadcrumb, segera perbaiki template Anda dengan Memperbaiki Kesalahan Breadcrumb pada template yang Anda gunakan. Dengan memanfaatkan Google News, untuk mendapatkan posisi Page One Google bukanlah hal yang mustahil.

Dengan Google News, Anda dapat bergabung dengan Pusat Penerbit Google. Lalu, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan bagi publisher saat menggunakan Google News dan bergabung dengan Google Publisher Center? Berikut ini adalah manfaat Google Berita dan Bergabung dengan Pusat Penerbit Google:

  • Mengontrol konten dan branding. Disini publisher sendiri yang mengatur seperti desain, branding, dan penyesuaian konten publikasi di Google News sehingga publisher bisa mengontrol kontennya sendiri.
  • Ada peluang monetisasi. Di sini publisher dapat menempatkan iklan di konten yang ditayangkan melalui Pengelola Iklan Google.
  • Kelayakan penempatan. Materi atau konten berita tidak dijamin penempatannya, namun materi akan dipilih secara mandiri oleh tim merchandising dari Google News sehingga penempatan konten telah disesuaikan dengan standar Google News.

How Google News Works


How Google News Works atau Cara Kerja Google News dalam mengakses dan menampilkan berita Anda. Berikut cara kerja Google News untuk menampilkan berita Anda, yaitu:

  • Dengan menggunakan publisher center dan membagikan konten dengan Google News. Caranya dengan mengirimkan seperti feed RSS, Link URL, ataupun video konten Anda di Google Publisher Center.
  • Melalui perayapan web normal di mesin pencari Google untuk menemukan konten berita milik penerbit

Setelah mengetahui cara kerja Google Berita, kini kami memahami bahwa penerbit tidak perlu lagi mendaftar atau membuat situs mereka memenuhi syarat Google Berita. Mengapa demikian? Karena Google akan melihat dan mempertimbangkan penerbit secara otomatis apakah konten mereka bisa masuk ke tab berita di Google Search atau tidak. Poin terpenting yang perlu diperhatikan publisher adalah membuat konten yang berkualitas dan sesuai dengan kebijakan Google News.

Cara Daftar Blog ke Google News


Cara Daftar Blog ke Google News. Caranya cukup mudah seperti bila Anda sudah mengetahui Cara Memastikan Blog Diterima untuk Daftar AdSense. Setelah beberapa syrat di atas sudah Anda pahami, langkah selanjutnya adalah Daftar Blog ke Google News.

Berikut ini adalah Cara Daftar Blog ke Google News:

1. Masuk ke alamat resmi Google News 


Salin alamat link di bawah ini dan paste ke URL browser Anda.
https://publishercenter.google.com/

2. Verifikasi Kepemilikan Website


Verifikasi Kepemilikan Website menggunakan Google Search Console. Di sini Verifikasi Kepemilikan Situs Web berarti situs web atau blog Anda harus terhubung ke Google Search Condole. Perlu diperhatikan bahwa jika Google News memiliki mesin crawler sendiri, pastikan Anda telah menambahkan sitemap.xml di Google Search Console agar Google News dapat mengakses semua postingan di blog Anda. Tujuannya agar Google News bisa membaca perubahan yang terjadi pada blog Anda.

3. Masuk ke Google News Publisher Center


Anda dapat melihat tampilan seperti di bawah ini jika Anda baru akan mendaftar di Google News untuk pertama kalinya.

Google News

4. Menambahkan Blog ke Google News


Menambahkan Blog ke Google News dengan mengklik + Tambah publikasi pada dashboard Google News. Setelah itu akan muncul Form Pusat Penerbit yang harus Anda isi lalu klik Tambah publikasi. Berikut ini adalah contoh Menambahkan Blog ke Google News :

Pusat Penerbit Google News

Setelah Menambahkan Blog ke Google News akan muncul jendela baru di dashbord Google News.

5. Setelan Publikasi


Ada beberapa Setelan Publikasi pada Google News. Berikut ini Setelan Publikasi :

Umum


Klik Setelan Publikasi isi Informasi dasar, Lokasi, URL properti situs dan sebagiannya sampai dengan Kontak sesuaikan dengan blog Anda. Setelah itu klik berikutnya.

Gaya visual


Pada Setelan publikasi menu laman Gaya visual tambahkan Logo persegi dan Logo persegi panjang (direkomendasikan) sesuaikan dengan informasi yang diberikan. Untuk jenis Font yang diupload abaikan saja biarkan saja jenis font yang kita gunakan default.

Selanjutnya klik tombol Simpan perubahan yang terletak disudut kanan atas.

Sekarang Anda bisa kembali dan klik pada kolom Google Berita untuk meminta peninjauan. Kemudian klik Edit dan isikan Informasi dasar atau deskripsi publikasi bisa Anda sesuaikan dengan yang ada di blog dan pilih kategori sesuaikan dengan niche blog Anda.

Pada bagian Distribusi biarkan saja dengan setelan default yang telah ditentukan.

Selanjutnya di Pelacakan Anda bisa menambkan ID pelacakan Google Analytics yang ditautkan pada blog yang digunakan. Setelah itu klik Simpan

Lalu Anda akan melihat perubahan pada dashboard di kolom Google Berita dengan label DRAF. Kemudian Anda klik kembali kolom Google Berita tersebut. Scroll ke bawah klik pada bagian Rubik.

Pada Pratinjau tampilan Anda klik Tambahkan konten. Rubik > Rubrik baru > Feed > Tambahkan feed. Pada Form Tambahkan feed isikan judul rubik dengan nama judul blog Anda. Isikan URL feed RSS atau Atom seperti dibawah ini. Pilih Akses lihat dengan Siapa saja. Setelah itu, klik Tambahkan.
https://domain-anda/feeds/posts/default
Pada bagian kolom Grup akses kalian bisa isi atau abaikan juga tidak masalah. Disini saya tidak mengisi bagian itu. Selanjtnya klik Berikutnya

Tinjau dan publikasikan


Pada Status publikasi aplikasi Google Berita klik Tinjau persyratan layanan kami klik Tinjau.

Persyratan layanan


Persyratan layanan ini bisa anda baca terlebih dahulu tentang Persyratan Layanan Pusat Penerbit Google News. Isikan formulir seperti Email Kontak, Judul, Organisasi mis Google LLC. Setelah itu, centang informasi saya telah membaca dan menerima persyratan Layanan Pusat Penerbit Google Berita. Lalu klik Kirim. Kemudian klik Simpan yang terletak di sudut kanan atas.

Sekarang periksa email dari Google News yang kamu daftarkan untuk melakukan proses verifikasi kepemilikan. Setelah itu pada keterangan Konfirmasikan langganan Anda ke email Masalah Teknis Google Berita klik link yang dikirimkan dari Google News. Anda juga bisa Membuat Akun Email agar terlihat lebih profesional untuk keperluan bisnis.

Selanjut Anda akan di arahkan ke halaman Confirm opt-in dengan keterangan Are you sure you want to sign up for Publisher technical issues messages? klik Yes, sign me up.

Cara Daftar Google News untuk Blogger

Sekarang tunggu beberapa saat untuk mendapatkan perbubahan dan mulai refresh halaman dashboard. Sekarang coba kembali ke tab menu Tinjau dan publikasikan tadi yang sebelumnya apakah sudah ada perubahan. jika sudah tampilan akan terlihat seperti berikut ini.

Setelan Google Berita
Setelan Google Berita

Kemudian klik publikasi dan tunggu proses peninjauan dari Google News.

Catatan : Pada URL properti situs utama seperti yang sudah dijelaskan Anda harus sudah menautkan blog Anda ke Google Search Console agar bisa di Verifikasi dalam search Console. Kalau sudah TERVERIFIKASI Anda klik saja Verifikasi dalam Search Console pada URL properti situs utama.

6. Menunggu Review Google News


Proses selanjutnya adalah review yang akan dilakukan oleh tim Google selama satu hingga tiga minggu. Pastikan selama proses peninjauan Anda rajin memposting artikel di blog agar mesin Google dapat membaca update dari blog Anda.

Contoh Blog yang Disetujui


Dari pengalaman kami mendaftarkan blog samuelpasaribu.com ke Google News menggunakan teknik di atas dalam waktu 2 hari blog ini telah disetujui oleh Google News.

Approve Google News
Approve Google News

Siap Mendaftar ke Google News?


Jika Anda yakin dan memenuhi syrat kebijakan untuk memenuhi kriteria program Google News, ajukan permohonan Google News ikuti Tutorial di atas dengan benar. Anda dapat mendaftar ke Google News sekarang.

Video Tutorial Daftar Google News untuk Blogger


Sumber dari : indrak.eu.org


Kelebihan dan Kekurangan Google News


Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Google News :

1. Kelebihan Mendaftar di Google News


Berikut ini Kelebihan Mendaftar di Google News :

  • Postingan artikel cepat terindeks ke Google
  • Jangkauan para pembaca menyebar lebih luas 
  • Pendapatan dipastikan bertambah jika sudah memiliki AdSense
  • Trafik organik meningkat perlahan
  • Bisa meningkatkan SEO Blog dan kualitas konten

2. Kekurangan dan syarat dari Googloe News 


Berikut ini Kekurangan dan syarat dari Google News :

  • Susah diterima oleh Google News
  • Postingan Artikel harus sudah banyak
  • Template berbentuk News
  • Blog harus aktif dan update
  • Domain blog yang digunakan sudah TLD (Top Level Domain) 

Untuk Masalah Template Anda bisa mendownload Template Blogger Oreo yang dapat mendukung struktur kode dan layak untuk daftar ke Google News.

Kesimpulan 


Jika website atau blog Anda disetujui dan berhasil ditampilkan di Google News, maka peluang untuk berada di posisi teratas di mesin pencari terbuka lebar. Selain itu, meningkatkan jumlah pengunjung ke blog Anda hanyalah masalah waktu. Hal yang menarik dan sangat penting adalah Anda dapat membangun citra merek yang baik untuk blog Anda dengan tujuan jangka panjang.

Penutup


Demikian yang dapat kami sampaikan perihal tentang Cara Daftar Google News untuk Blogger 2021. Semoga artikel ini membantu membuat blog Anda di approve Google News. Jangan lupa ikuti blog kami dengan mengirim email Anda di kolom NEWSLETTER atau bisa klik disini Follow agar mendapat informasi terupdate secara otomatis melalui pesan yang dikirim melalui email. Terimakasih
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url