Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot


Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot - Blog adalah halaman web berupa aplikasi web yang biasanya berisi artikel-artikel. Postingan artikel biasanya diterbitkan dengan urutan postingan terbaru terlebih dahulu dan diurutkan berdasarkan postingan lama atau sebelumnya.

Blogspot adalah layanan yang diterbitkan blogger dengan entri yang diberi cap waktu dan menerima blog multi-pengguna. Nama pengembang blogger adalah Pyra Labs pembuat aplikasi berbasis web.

Setelah itu Google membeli aplikasi tersebut pada tahun 2003. Kemudian aplikasi Blogger dihosting oleh Google dan diakses secara gratis dengan subdomain yang diakhiri dengan "blogspot.com".


Manfaat Membuat Blog


Dengan membuat blog kita bisa memiliki website yang dihosting dengan domain gratis. Membuat blog adalah salah satu cara untuk mengubah hobi menjadi penghasilan dengan mendesain blog yang menarik dan menulis artikel yang original serta menjadi sumber penghasilan dari media periklanan oleh Google.

Anda bisa mendapatkan penghasilan ini setelah blog disetujui oleh Google AdSense. AdSense adalah program periklanan yang bekerja sama melalui media internet yang telah diselenggarakan oleh Google. Bila Anda memiliki ide yang bermanfaat langsung saja dikembangi dengan membuat blog gratis di blogspot.


Membuat Blog di Blogspot


Anda dapat membuat blog gratis di blogspot dan mengelola blog gratis sampai menghasilkan uang dengan Blogger. Untuk cara membuat blog di blogspot dapat dilakukan di Laptop atau Hp Android dengan menggunakan koneksi internet. 

Berikut ini Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot :
  • Buka Google di laptop atau hp android dan Ketikkan blogger.com pada url browser Google Chrome atau Firefox.
  • Terlebih dahulu daftar akun blog di blogger.
  • Kemudian buat judul yang sesuai dengan blog yang menarik.
  • Klik Berikutnya.
  • Setelah itu buat nama domain yang sama dengan judul blog.
  • Kalau sudah, Klik Simpan.
  • Selesai.
  
Jika Anda tidak tertarik dengan template blogger bawaan, Anda dapat mengunduh Template Blogger Oreo gratis yang memiliki performa bagus dan cocok untuk mendaftar Google AdSense. Sebelum itu pelajari terlebih dahulu bagaimana blog  agar dapat Diterima untuk Daftar AdSense.


Contoh Alamat Blog 


Berikut ini Contoh Alamat Blog :
  1. Judul Blog : Pushchat
  2. Alamat Blog : pushchat.blogspot.com

Catatan : Sesuaikan alamat blog Anda dengan tepat agar dapat dikelola dengan baik. Sebaiknya pikirkan dulu rangkaian blog dengan flowchart agar bisa disesuaikan seperti memikirkan menu navigasi, postingan, dan label yang akan dikelola daripada harus buru-buru membuat atau menentukan nama dan alamat blog.

Membuka halaman dashboard blog yang sudah terdaftar dengan email google anda bisa mengunjungi alamat link https://blogger.com kemudian secara otomatis jika sudah mendaftarkan akun di blogger anda langsung diarahkan ke halaman dashboard blogger untuk bisa mengelola blog. 

Pastikan saat login ke blogger di browser yang digunakan baik di laptop atau hp android jika login ke google menggunakan email yang sudah anda daftarkan di blogger.

Setelah kita mendaftar dan membuat blog di blogspot, langkah selanjutnya adalah beralih ke menu setelan di dashboard blogger.

 

Mengenal Menu Dashboard Blogger


Setelah kita berhasil Membuat Blog Gratis di Blogspot selanjutnya kita perlu mengenal dan memahami bagian-bagian menu seperti bagian elemen yang ada di Dashboard Blogger.  Pada Menu Dashboard Blogger dapat dilihat seperti pada gambar di bawah ini.

Dashboard Blogger
Dashboard Blogger

Dashboard Blogger adalah sebuah halaman pengaturan untuk mengontrol halaman utama blog. Halaman tersebut dapat dikelola oleh admin blog untuk melakukan proses monitoring, kontrol, dan berbagai bentuk untuk menyesuaikan berbagai keperluan untuk mengelola blog berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Di dashboard blogger, banyak sekali aktivitas yang akan kita lakukan untuk mengelola blog, terutama pada menu setting di dashboard blogger. Seperti mengatur tampilan blog, membuat postingan, dan masih banyak lagi berbagai aktivitas yang bisa kita lakukan. Untuk itu simak ulasannya di bawah ini sampai habis agar Anda bisa mengenali dan memahami berbagai fungsi yang ada di dashboard blogger.

Berikut ini Pengenalan Menu Dashboard Blogger :

1. Postingan


Postingan adalah halaman untuk membuat konten artikel yang akan dipublikasikan di blog. Setiap konten artikel dari sebuah blog disebut posting. Pada dasbor blogger, tab menu postingan berfungsi sebagai tempat Anda menulis, membuat, mengedit, dan memperbarui postingan blog yang akan muncul di halaman beranda blog setelah dipublikasikan.


2. Statistik


Statistik adalah halaman informasi notifikasi dimana Anda dapat melihat berbagai data terkait pengunjung blog Anda. Ada beberapa informasi terkait dari pengunjung blog seperti jumlah kunjungan dalam kurun waktu tertentu, sumber pengunjung dari perangkat yang digunakan dan lain sebagainya.

3. Komentar


Komentar adalah pesan yang masuk dari halaman postingan bila ada yang mengomentari postingan. Fungsi menu komentar pada dashboard blogger digunakan untuk mengelolah komentar yang telah diterbitkan pada blog.

4. Penghasilan


Penghasilan adalah menu monetisasi blog dengan AdSense yang berfungsi untuk melihat informasi terkait blog Anda yang memenuhi syarat untuk didaftarkan ke Google AdSense.

5. Halaman


Halaman adalah menu yang berisi daftar halaman yang khusus dibuat pada sebuah blog. Seperti halaman About, Contact, Disclaimer, Privacy Policy, dan sebagainya.

6. Tata Letak


Tata letak terkait dengan berbagai elemen blog yang dapat kita sesuaikan. Halaman-halaman di Layout yang biasa digunakan seperti menambahkan widget baru, mengatur posisi penempatan widget, dan lain sebagainya. widget yang digunakan pada blog seperti postingan terbaru, postingan populer, label, dan lain sebagainya.

7. Tema


Tema adalah hal yang berkaitan dengan desain tampilan halaman blog. Blogger juga sudah menyediakan beberapa tema default yang bisa anda terapkan secara gratis.

8. Setelan


Setelan adalah pengaturan blog yang berfungsi untuk mengatur settingan yang akan kita sesuaikan. Pada menu pengaturan, ini adalah salah satu hal yang paling penting karena semua pengaturan tentang blog terletak di sini.

9. Daftar Bacaan


Daftar Bacaan adalah menu yang berisi postingan terbaru yang diterbitkan oleh blog yang anda ikuti.

Sekarang Anda setidaknya sudah tidak asing lagi dengan beberapa menu yang ada di dashboard blog. Pada artikel selanjutnya kita akan melakukan penyesuaian pengaturan blog yang terletak di menu pengaturan.

Cara Mengelola Blog 


Berikut ini Cara Mengelola Blog :
  • Anda dapat mengelola blog Anda dengan mengundang siapa saja yang diberi akses untuk mengedit dan membaca blog sesuai keinginan.
  • Anda juga bisa memilih dan memasang tampilan blog sesuai yang diinginikan. Pastikan tampilan blog yang Anda sesuaikan dapat berfungsi dengan baik.


Browser yang digunakan


Berikut ini Browser yang dapat Anda gunakan :
  • Firefox
  • Chrome
  • MS Edge
  • Safari

Catatan : Versi browser baru telah dirilis dan diperbarui secara berkala. Pastikan Anda telah mengupdate browser ke versi terbaru di laptop atau ponsel Android Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.


Kesimpulan


Sekarang Anda sudah tahu Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot dan apa saja yang dibutuhkan agar blog yang dikelola dapat berjalan dengan baik untuk menarik pembaca dan dapat meningkatkan jumlah trafik yang semakin bertambah.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Sekarang Anda dapat mengelola blog pribadi Anda secara gratis. Jangan lupa untuk ikuti blog ini melalui widget yang ada di blog ini agar Anda bisa mendapatkan informasi terbaru melalui notifikasi yang dikirimkan ke email Anda.

Penelusuran terkait


Berikut ini Penelusuran terkait yang bisa Anda pelajari dan cari di Google untuk membuat blog:
  • cara membuat blog di hp
  • cara membuat blog puisi
  • cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang
  • cara membuat url blog
  • cara membuat blog dengan html
  • cara membuat blog di wordpress
  • cara membuat blog pribadi di laptop
  • cara membuat blog yang menarik
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url