Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Menurut Para Ahli


Teknologi Informasi dan Komunikasi Berawal dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah membawa manfaat bagi pemerintah di Indonesia maupun negara lain. Saya merenungkan mengapa penting bagi guru untuk mengekspos siswa pada teknologi, pengkodean, dan ilmu komputer. Dunia di sekitar kita semakin bergantung pada teknologi dan perkembangannya. Jadi penting bagi kita untuk lebih dekat dengan teknologi yang terus berkembang. Anda juga bisa mempelajari tips untuk Cara Cepat Mempelajari Algoritma dan Pemrograman di posting kami sebelumnya.

Banyak orang di dunia ingin terhubung satu sama lain untuk berinteraksi lebih dekat dengan teknologi yang dirancang untuk kebutuhan dan kelangsungan hidup sehari-hari. Dengan teknologi saat ini, apapun bisa terjadi. Seperti perkembangan komputer atau perangkat mobile saat ini yang semakin canggih sehingga manusia dapat saling terhubung dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Pandangan saya tentang pentingnya percaya diri dalam menggunakan teknologi sangat dipengaruhi oleh latar belakang kebutuhan yang kita perlukan.

Dengan teknologi, anak muda akan tumbuh di dunia ini dan membutuhkan berbagai keterampilan untuk berpartisipasi dalam pekerjaan masa depan. Jadi bisa kita bayangkan bagaimana jika tidak ada teknologi di dunia ini!? Ya tentu semuanya akan sangat sulit. Sekarang setiap orang bergantung pada teknologi yang terus berkembang pesat di dunia ini. Untuk itu simak penjelasan lengkap tentang teknologi informasi yang Admin berikan pada posting kali ini yang membahas tentang artikel teknologi dimulai dari:



Sejarah Teknologi


Sejarah teknologi meliputi sejarah penemuan, pengembangan dan inovasi, serta sejarah rekayasa dan ilmu terapan. Sejarawan teknologi memiliki berbagai latar belakang termasuk teknik, sejarah ekonomi, sejarah tenaga kerja, sejarah sains, sosiologi, dan sejarah sosial. 

Sejak Perang Dunia II, sejarah teknologi telah mengambil beberapa atribut disiplin melalui pembentukan program pascasarjana dan jurnal ilmiah bereputasi internasional. Sejarawan teknologi fokus pada beberapa tema termasuk hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi, sifat penemuan, pengembangan dan inovasi, interaksi teknologi dan lingkungan, dan studi gender. 

Sejarah teknologi biasanya mengambil bentuk naratif, tetapi sejak tahun 1980-an sosiolog yang tertarik pada sejarah teknologi telah memperkenalkan pendekatan konstruktivis sosial dan jaringan aktor. Ini bersama dengan pendekatan sistem adalah metodologi yang sering digunakan oleh sejarawan dan sosiolog teknologi.


Pengertian Teknologi Informasi


Mungkin banyak dari kita yang bertanya Apa itu teknologi informasi (?) dan pemahaman tentang teknologi secara umum. Teknologi informasi adalah istilah umum dengan segala teknologi yang ada di dunia untuk membantu manusia membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi itu sendiri untuk perkembangan teknologi terkini.

Teknologi adalah segala sarana yang diciptakan untuk menyediakan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan manusia untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup. Sejarah awal teknologi yang dibuat oleh manusia dengan pengelolaan mengubah sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana yang dibutuhkan dan digunakan oleh manusia di dunia ini.

Refleksi kami memaparkan beberapa tema untuk posting ini tentang bagaimana kami membingkai dan mendiskusikan pentingnya memahami teknologi, pengkodean, dan pemikiran komputasi dengan generasi masa depan kita. Sama pentingnya bagi kita untuk dapat menemukan aplikasi yang tersedia untuk suatu tugas dan bagaimana kita menentukan dan memilih aplikasi terbaik untuk tugas yang diberikan.

Seiring perkembangan teknologi, jumlah aplikasi dan paket perangkat lunak yang tersedia saat ini dapat menjadi hal yang menakutkan. Kita perlu belajar bagaimana menganalisis pilihan untuk membuat pilihan terbaik yang dapat kita gunakan. Kami menekankan bahwa saat kami menggunakan berbagai alat, kami akan menemukan pro dan kontra dari masing-masing alat. Ini akan membantu kami memperoleh pengalaman memilih teknologi terbaik untuk tugas di masa mendatang.

Perkembangan teknologi belakangan ini telah mengurangi berbagai macam hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan terjadinya interaksi antara manusia dengan makhluk lain dalam skala global yang sangat pesat. Banyak peneliti saat ini yang mencari informasi tentang pengertian teknologi dari keragaman teknologi yang ada di dunia. Untuk itu simak terus ulasan berikut ini tentang pengertian perkembangan teknologi menurut para ahli.


Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli


Dari berbagai penemuan teknologi terbaru saat ini, kami merangkum ada beberapa pengertian tentang teknologi menurut para ahli yang terkenal di dunia. Berikut ini Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli:

1. Mark Zuckerberg



Bagi kebanyakan dari kita, definisi spontan dari kata "teknologi" cenderung berkisar pada smartphone, gadget, komputer, dan robot yang membuat hidup kita lebih mudah. Ini benar, tetapi dalam perspektif yang terbatas. Sebaliknya, "teknologi" sebagaimana didefinisikan secara sederhana oleh kamus Merriam-Webster, adalah penggunaan sains dalam industri, teknik, dll. Untuk menemukan hal-hal yang berguna atau untuk memecahkan masalah; atau mesin, alat, metode, dan yang diciptakan oleh teknologi. Tapi bukan ini yang dipikirkan Mark Zuckerberg, salah satu pengusaha teknologi paling terkenal di zaman kita dan sekarang menjadi CEO Facebook.

Zuckerberg mengadakan tanya jawab (publik) secara offline dan langsung keduanya di balai kota publik pada Desember 2014, menyusul satu bulan sebelumnya. Sementara yang pertama mengungkapkan hampir tidak ada signifikansi khusus kecuali pemberitahuan tentang mengenakan jenis t-shirt yang sama setiap hari, pembuatan film The Social Network, dan Facebook kehilangan pesonanya, yang terakhir memiliki lebih banyak wawasan tentang CEO Facebook. Dalam pembahasan terutama pada definisi kata "teknologi".

Sesi tanya jawab yang sama juga menghasilkan diskusi tentang bagaimana Facebook dapat digunakan sebagai media dengan cara-cara jahat, seperti mengembangkan senjata dan meluncurkan serangan siber. Zuckerberg tentu saja sadar tentang kecenderungan ini di situs jejaring sosial, yang dia jawab sebelumnya dalam pembicaraan tentang mengapa situs jejaring sosial terbesar di dunia itu dapat membantu menyelesaikan masalah ketegangan rasial dan kebrutalan polisi yang sedang berlangsung.

Dia memposting di timeline Facebook-nya, “Keragaman perspektif yang lebih besar juga penting untuk menciptakan pemahaman. Sebelum adanya Internet, kita mungkin hanya mendapatkan berita dari beberapa stasiun TV atau surat kabar. Sekarang kami mendapatkan pembaruan dari lebih banyak orang dan sumber”. Ternyata jawaban Zuckerberg secara keseluruhan mewakili apa yang sekarang dipikirkan oleh para pemimpin teknologi sampai mereka semua termotivasi dan berlomba-lomba menemukan cara untuk menempatkan teknologi untuk mengubah kehidupan masyarakat.


2. Bill Gates



Dalam wawancara Teknologi Informasi Microsoft pada tahun 1997, Bill Gates mengatakan bahwa "Perangkat lunak adalah agen perubahan utama di dunia saat ini" (Gates, 1997). Sementara saya setuju dengan filosofi perangkat lunaknya di dunia saat ini, Bill Gates dengan rendah hati tidak menyebutkan bahwa ia adalah alasan mengapa perangkat lunak telah menjadi instrumen peningkatan dalam masyarakat saat ini.

Pandangan Bill Gates tentang inovasi jauh dari pandangan lawan-lawannya. Gates Foundation dan salah satu pendiri Microsoft telah mendedikasikan sebagian besar hidup dan kekayaan mereka untuk menjadikan planet ini tempat yang lebih baik untuk ditinggali dalam segala hal mulai dari memerangi perubahan iklim hingga sintesis teknologi hingga pengendalian & pemberantasan penyakit.

Bill Gates, salah satu pendiri dan mantan CEO Microsoft, berbicara dengan Gideon Lichfield, pemimpin redaksi MIT Technology Review, tentang daftar 10 Teknologi Terobosan baru majalah tersebut, yang dikuratori Gates. Majalah ini telah menerbitkan daftar 10 Teknologi Terobosan setiap tahun sejak 2001, sebagai cara untuk menyoroti kemajuan terbaru yang dapat memiliki dampak terbesar dalam waktu dekat.

Bill Gates belum beranjak dari peringkatnya yang tak henti-hentinya sebagai orang terkaya di dunia dalam bidang teknologi dan miliarder terkaya kedua di dunia dengan kekayaan bersih sekitar $91,5 miliar, ia hanya kurang $20 miliar dari Jeff Bezos, pendiri Amazon. Sulit membayangkan apa yang harus dilakukan dengan uang dalam jumlah besar ini, tetapi Gates cukup jelas tentang cara memanfaatkannya sebaik mungkin. Dia menghabiskan miliaran dolarnya untuk amal melalui Bill and Melinda Gates Foundation dan berencana untuk memberikan sebagian besar kekayaannya.


3. Martin Cooper



Cooper lulus dari Institut Teknologi Illinois (IIT) di Chicago dengan gelar sarjana teknik elektro (1950). Dia bergabung dengan Angkatan Laut AS dan bertugas selama Perang Korea. Setelah perang, ia bergabung dengan Teletype Corporation, dan pada tahun 1954 ia mulai bekerja di Motorola. Ia memperoleh gelar master di bidang teknik elektro dari IIT (1957).

Di Motorola, Cooper mengerjakan banyak proyek yang melibatkan komunikasi nirkabel, seperti sistem lampu lalu lintas yang dikendalikan radio pertama, yang dipatenkannya pada tahun 1960, dan radio polisi genggam pertama, yang diperkenalkan pada tahun 1967. Dia kemudian menjabat sebagai wakil presiden dan direktur penelitian. dan pengembangan. pengembangan (1978–83) untuk perusahaan.

Telepon seluler diperkenalkan oleh American Telephone & Telegraph Company (AT&T) pada tahun 1946. Namun, di daerah tertentu hanya tersedia 11 atau 12 saluran, sehingga pengguna sering harus menunggu untuk menggunakan sistem. Motorola tidak ingin AT&T memonopoli telepon seluler dan khawatir bisnis selulernya akan berakhir.

Cooper ditugaskan untuk proyek mendesak untuk mengembangkan telepon seluler. Dia berpikir bahwa ponsel tidak boleh dirantai ke mobil tetapi harus portabel. Hasilnya, Telepon DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage), tingginya 23 cm (9 inci) dan berat 1,1 kg (2,5 pon). Itu memungkinkan 35 menit bicara sebelum baterai habis.

Pada tanggal 3 April 1973, Cooper memperkenalkan telepon DynaTAC pada konferensi pers di New York City. Untuk memastikan itu berhasil sebelum konferensi pers, dia melakukan panggilan telepon seluler publik pertama, ke insinyur Joel Engel, kepala proyek saingan AT&T, dan dia dengan bangga menelepon dari ponsel portabel.


4. Norman Abramson



Norman Abramson adalah pelopor di bidang jaringan nirkabel dan area lokal. Saat di Universitas Hawaii, ia memimpin upaya yang memunculkan pembangunan dan pengoperasian ALOHANet, jaringan paket nirkabel pertama, dan pengembangan teori saluran akses acak ALOHA. Garis ALOHA telah membuat kemajuan yang signifikan dalam jaringan area lokal dan nirkabel, dengan versi yang masih digunakan sampai sekarang di semua telepon seluler utama dan standar data nirkabel. Karya berpengaruh ini juga mengembangkan konsep inti yang ditemukan hari ini di Ethernet.

Dr. Abramson sebelumnya menjabat sebagai ketua departemen informasi dan ilmu komputer Universitas Hawaii dan direktur proyek penelitian Sistem ALOHA. Dr. Abramson adalah pendiri ALOHA Networks, Inc. dan SkyWare, Inc., keduanya perusahaan komunikasi nirkabel yang berbasis di San Francisco. Dr. Abramson juga pernah menjabat sebagai konsultan ahli dalam sistem komunikasi, jaringan data dan jaringan satelit untuk International Telecommunication Union (Jenewa), United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Paris) dan United Nations Development Program (Jakarta).

Sebagai IEEE Life Fellow, ia memegang delapan paten AS dan internasional, dan telah menerbitkan lebih dari 50 makalah teknis. Dr. Abramson memiliki gelar sarjana dalam bidang fisika dari Universitas Harvard, gelar master dalam bidang fisika dari The University of California, Los Angeles, dan gelar doktor dalam bidang teknik elektro dari Stanford University, California. Dr. Abramson telah menerima IEEE Koji Kobayashi Computer and Communications Award, Golden Jubilee Award yang disponsori oleh IEEE Information Theory Society dan Eduard Rhein Foundation Technology Award.


5. Tim Berners-Lee



Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web, tetapi dia memiliki sesuatu yang lebih besar dalam pikirannya selama ini. Dia memberi tahu TR bagaimana 15 tahun kerjanya di "Web Semantik" akhirnya terbayar. Menciptakan world wide web tidak membuat Tim Berners-Lee langsung kaya atau terkenal. sebagian, itu karena Web muncul dari teknologi yang relatif sederhana.

Penemuan Berners-Lee didasarkan pada program pencarian informasi yang disebut Inquire (dinamai dari buku Victoria Inquire Within Upon Everything), yang ia tulis pada tahun 1980 sebagai programmer kontrak di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) di Jenewa, Swiss. sebagian, itu karena Berners-Lee melakukan hal yang tak terpikirkan ketika, lebih dari satu dekade kemudian, dia selesai menulis alat yang mendefinisikan struktur dasar Web: dia memberikannya, dengan restu CERN, tanpa pamrih. Sementara orang lain menghasilkan jutaan dari penemuannya, programmer yang berbicara lembut kemudian mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di MIT, yang masih dipimpinnya.

Berners-Lee akhirnya mendapatkan hadiahnya: pada bulan Juli dia dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Elizabeth II, dan bulan sebelumnya dia menerima Hadiah Teknologi Milenium multi-juta euro dari Finlandia, yang diberikan “untuk mempromosikan teknologi luar biasa yang secara langsung meningkatkan kualitas orang hidup, berdasarkan nilai-nilai. nilai-nilai kemanusiaan, dan mempromosikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan”.

Dia juga secara pribadi terlibat dalam mengembangkan ide besar keduanya: Web Semantik, yang menambahkan definisi ke informasi di halaman Web dan menautkannya sedemikian rupa sehingga komputer dapat menemukan data lebih efisien dan membentuk asosiasi baru di antara potongan-potongan informasi, pada dasarnya. Dengan membuat database yang terdistribusi secara global. Meskipun bagian dari niat asli Berners-Lee untuk penemuannya, Web Semantik telah dibuat selama 15 tahun dan telah ditanggapi dengan skeptisisme. Tapi Berners-Lee percaya itu akan segera memenangkan penerimaan.

Web Semantik, ditambah dengan spesifikasi dan alat lain yang sedang dikembangkan di W3C, termasuk standar aksesibilitas untuk penyandang disabilitas dan perangkat lunak untuk perangkat seluler, adalah bagian dari visi besar Berners-Lee tentang “satu Web yang bermakna, untuk segalanya dan untuk semua orang.” ." Tapi apakah itu jaring kusut yang kita jalin? Terlepas dari kegembiraannya tentang masa depan, Berners-Lee khawatir bahwa perubahan yang tidak dapat dicapai pada organisasi dan tata kelola Web dapat membahayakan fungsionalitas dan "universalitas" bawaan Anda.


6. Willard Boyle



Fisikawan Kanada Willard Sterling Boyle paling dikenal sebagai salah satu penemu perangkat charge-coupled (CCD). CCD adalah sepotong logam yang lebih kecil dari uang receh yang menangkap dan menyimpan cahaya dan menampilkannya dengan mengubahnya menjadi muatan listrik. Sensor gambar fotolistrik ini memungkinkan fotografi digital, dan merevolusi astronomi, ilmu luar angkasa, dan elektronik konsumen. CCD adalah komponen penting dari mesin faks, kamera digital, dan hak.

Boyle lahir pada 19 Agustus 1924 di Amherst, Nova Scotia. Boyle menyelesaikan pendidikan menengah dan pascasarjananya di McGill University di Montreal, di mana ia menerima gelar, master dan doktor—masing-masing pada tahun 1947, 1948, dan 1950. Sebelum bergabung dengan Bell Labs pada tahun 1953, Boyle menghabiskan satu tahun di Lab Radiasi. masing-masing sarjana Kanada, dan mengajar fisika selama dua tahun di Royal Military College of Canada.

Sebagai peneliti di Bell Labs, Boyle membantu mengembangkan laser ruby ​​​​dan laser injeksi semikonduktor. Dia juga bekerja sementara di Bellcomm, sebuah divisi dari Bell Labs yang menawarkan dukungan teknis kepada NASA. Boyle bekerja di divisi ini dari tahun 1962-1964, membantu memilih lokasi di bulan. Pada tahun 1969 Boyle, bersama dengan rekannya di Bell Labs George Smith, menemukan CCD. Boyle dan Smith berbagi penghargaan Peringatan IEEE Morris N. Liebmann 1974 untuk "penemuan perangkat yang menggabungkan dan kepemimpinan di bidang fisik perangkat MOS." Boyle pensiun dari Bell Labs pada 1979.

Setelah Nobel, kontroversi muncul tentang orisinalitas penemuan mereka. Boyle dan Smith mengklaim bahwa CCD muncul dari brainstorming informal di Bell Labs, menciptakan desain awal hanya setelah satu jam usaha. Eugene Gordon, yang bekerja dengan Michael Tompsett dari Bell Labs untuk mengembangkan kamera video mini menggunakan teknologi CCD, mengklaim bahwa Boyle dan Smith mencoba membuat sirkuit memori, bukan teknologi imajiner. Paten untuk kamera video seukuran telapak tangan Tompsett adalah 4.085.456, sedangkan paten CCD Boyle dan Smith diberikan empat tahun sebelumnya (Nomor 3.858.232) untuk "Perangkat Penyimpanan Informasi".


7. Vint Cerf and Robert E. Kahn



Robert E. Kahn mengatakan bahwa sebagian besar dari kita menerima internet begitu saja akhir-akhir ini mungkin adalah pernyataan yang meremehkan. Tapi itu tidak lama yang lalu, sedikit lebih dari 30 tahun yang lalu, lebih tepatnya, bahwa tidak ada yang namanya jalan raya informasi global dan tentu saja tidak ada twitter, facebook, atau google. Selfie tidak bisa ditemukan di mana pun.

Dan Vint Cerf juga mengatakan dengan adanya teknologi yang bertujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pengembangan Protokol Internet dan terus memberikan kepemimpinan dalam industri internetworking yang sedang berkembang. Vint Cerf dan Bob Kahn mengubah semua itu. Pada 1970-an, Kahn, yang bekerja untuk Departemen Pertahanan, tertarik untuk menemukan cara bagi jaringan komputer yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain. Akhirnya, dia menghubungi Cerf, yang merupakan profesor di Stanford.

Bersama-sama, keduanya mengembangkan Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP). Pada dasarnya seperangkat protokol komunikasi yang memungkinkan data mengalir dari komputer ke komputer. Protokol-protokol tersebut masih menjadi landasan yang melandasi internet seperti yang kita kenal sekarang ini. Kejeniusan arsitektur mereka adalah bahwa ia menempatkan tuntutan minimal pada jaringan yang berpartisipasi dan memastikan bahwa tidak ada mesin tunggal yang memiliki kontrol lebih besar atas jaringan daripada yang lain. Sejak penemuan terobosan mereka, kedua pria itu telah melakukan peran mengesankan lainnya. Cerf adalah wakil presiden & kepala penginjil Internet Google. Kahn menjabat sebagai Ketua, CEO dan Presiden Corporation for National Research Initiatives (CNRI). 

Sementara perluasan internet memiliki beberapa sisi gelap dengan adanya mata-mata dan pengumpulan data, intimidasi, dan pelanggaran lainnya. Vint Cerf and Robert E. Kahn melihat lebih banyak hal untuk dirayakan daripada meremas-remas tangan mereka. “Saya seorang yang optimis,” kata Cerf, yang telah menggunakan alat bantu dengar untuk mengobati gangguan pendengaran hampir sepanjang hidupnya. Dia bersemangat tentang prospek email tertulis sebagai alternatif komunikasi telepon verbal. “Biarkan saya kembali ke ide berbagi informasi. Untuk itulah Internet dirancang; itu yang terbaik. Kehidupan orang-orang meningkat dan umat manusia membuat kemajuan ketika kita membagikan ide-ide terbaik kita dan orang lain dapat menindaklanjutinya. Itu menguasai semua hal buruk."

Itu dia tadi 7 pengertian teknologi menurut para ahli. Masih banyak lagi pendapat para ilmuwan tentang pengertian teknologi yang terus berkembang pesat. Namun pada postingan kali ini kami hanya merangkum beberapa pengertian perkembangan teknologi menurut para ahli yang secara umum dikenal masyarakat di dunia. Untuk itu harus kita akui bahwa semuanya telah mengubah hidup banyak orang dengan penemuan-penemuannya. Mereka semua telah mewariskan banyak hal yang memudahkan aktivitas kita, mulai dari bekerja hingga berhubungan dengan orang lain.



Selain itu, ada 10 manfaat teknologi secara umum yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu simak ulasan penjelasan 10 manfaat teknologi yang akan kami rangkum dibawah ini.

10 Manfaat Teknologi


Di dunia modern saat ini, orang memanfaatkan sepenuhnya teknologi karena telah berkembang secara signifikan dari waktu ke waktu. Kehidupan sekarang ini terasa mustahil dengan adanya gadget dan teknologi digital seperti televisi, smartphone, laptop, dll. Teknologi perlahan-lahan mulai memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari dan hidup tanpanya tidak terbayangkan bagi sebagian besar dari kita.

Untuk lebih memahami keunggulan teknologi, yuk simak poin-poin yang akan Admin bahas pada postingan kali ini. Mulai dari keunggulan, kegunaan, dan keunggulan dari teknologi itu sendiri. Berikut ini 10 Manfaat Teknologi yang ada di dunia:

1. Penolog


Pertama, evolusi teknologi yang berkelanjutan sangat penting bagi manusia karena perkembangan yang dibuat di bidang ilmu kedokteran telah memungkinkan kita untuk mengobati banyak kondisi kesehatan termasuk kanker dan penyakit kronis lainnya dan telah membantu menyelamatkan banyak nyawa.

2. Komunikasi Menjadi Mudah


Penemuan komputer, telepon seluler, dan Internet telah menjadi anugerah bagi umat manusia dan telah membuat proses komunikasi dua arah lebih cepat, lebih sederhana, dan lebih efektif.

Ingat bagaimana E-mail mengubah cara kita biasanya berkomunikasi secara formal atau dengan orang-orang terdekat dan tersayang.

3. Peningkatan Produktivitas


Penemuan teknologi terbaru dan mesin telah meningkatkan manifold tingkat produksi secara keseluruhan. Baik itu sektor industri atau sektor lainnya di dunia; semua telah mendapat manfaat besar dari kemajuan teknologi.

4. Bantuan dalam Penemuan Baru


Jika diamati dengan cermat, hal-hal baru ditemukan setiap hari dengan bantuan teknologi dan mesin terbaru. Misalnya, jika listrik tidak ditemukan, maka tidak akan ada lagi penemuan peralatan listrik lain dan sebagainya.

5. Lingkungan Aman


Kemajuan teknologi telah menyebabkan terciptanya lingkungan yang lebih aman bagi manusia. Proses perbankan dan pengelolaan uang menjadi lebih autentik dan aman. Saat ini hanya dengan menggunakan plastik atau kartu kredit kita dapat menghindari risiko membawa uang tunai di setiap bagian dunia modern.

Contoh hebat lainnya adalah penemuan webcam, CCTV, atau Kamera Pengawas dan bagaimana mereka meningkatkan tingkat keamanan, informasi visual, dan komunikasi di seluruh dunia.

6. Akses Pengetahuan Global


Abad 21 telah menjadi era ilmu pengetahuan dan teknologi, World Wide Web atau www telah membuat dunia lebih terhubung karena informasi dari seluruh dunia banyak tersedia di internet.

Anda dapat membaca e-book dalam kenyamanan tempat tidur Anda yang ditulis di mana saja di dunia atau Anda dapat belajar online dari tutor atau penyedia kursus di seluruh dunia.

7. Penghemat waktu


Teknologi modern telah memungkinkan kita untuk menghemat waktu dan uang. Hal-hal yang membutuhkan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk diselesaikan lebih awal sekarang dapat dilakukan dalam hitungan menit atau detik. Mengirim email alih-alih surat pos, produk industri, perjalanan, perbankan, otomatisasi, dll. adalah beberapa contoh bagus tentang bagaimana teknologi berdampak positif pada kehidupan kita.

Kini, tidak ada yang harus menunggu dalam antrian panjang untuk perbankan atau membayar tagihan listrik mereka.

8. Kemudahan Mobilitas


Pernah membayangkan hidup Anda tanpa kendaraan atau bahkan Smartphone? Tentu saja tidak; teknologi telah membuatnya lebih mudah dan dapat diakses oleh kita semua.

9. Hemat Biaya


Manfaat utama dari kemajuan teknologi yang sedang berlangsung adalah telah membuat setiap jenis produk atau layanan hemat biaya dengan memenuhi tuntutan masyarakat dengan produksi yang lebih tinggi atau dengan layanan yang dibuat lebih sederhana dan mudah diakses dan alasan utama untuk ini adalah penemuan komputer dan kecerdasan buatan.

Sebuah contoh yang baik dari kemajuan teknologi adalah brainly bahwa bohlam biasa diganti dengan CFL yang sekarang usang dengan penemuan varian yang lebih hemat biaya – LED dan sama dengan televisi kami, CRT yang lebih tua digantikan oleh LCD layar datar dan sekarang kami memiliki LED dan televisi lain yang menggunakan fitur jauh lebih canggih dan banyak perusahaan masih memperkenalkan varian baru dengan teknologi unik.

Smart TV baru adalah contoh teladan bagaimana teknologi baru dapat bermanfaat bagi kita di era modern.

Pertanian juga telah menuai banyak manfaat dari teknologi modern dan telah melihat peningkatan dalam hal kualitas dan hasil, membuat makanan terjangkau untuk setiap kelas masyarakat.

10. Hiburan dan Penyimpanan Data


Apapun yang kita lihat di televisi hari ini; Film, kartun, dokumenter, efek khusus adalah bagian dari teknologi baru yang diperkenalkan di dunia.

Sekarang hanya perlu satu klik untuk mengambil gambar atau menyimpan segala jenis data penting di perangkat penyimpanan atau di penyimpanan cloud.

Teknologi benar-benar membuat hidup kita lebih mudah dan juga membawa modernisasi di banyak bidang. Berada di bidang kedokteran, pertanian atau elektronik; teknologi telah menghasilkan revolusi dan kemajuan global.

Agar lebih lengkap sebagai referensi ilmiah agar tidak ketinggalan informasi penting lainnya, kami juga merangkum berbagai jenis teknologi yang perlu Anda ketahui. Untuk itu simak ulasan berikut ini hingga selesai untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar teknologi.



Jenis-jenis teknologi


Ada enam kategori teknologi yang berbeda dengan contoh untuk masing-masing kategori dengan macam-macam teknologi. Berikut ini adalah jenis-jenis teknologi yang ada di dunia:

1. Komunikasi


Teknologi komunikasi terdiri dari setiap bagian dari teknologi yang digunakan orang untuk berkomunikasi satu sama lain. Teknologi informasi dan komunikasi telah mendatangkan manfaat bagi pemerintahan di indonesia yaitu Beberapa contoh paling awal dari teknologi komunikasi termasuk kode Morse dan telegraf. Di bawah ini adalah beberapa contoh teknologi komunikasi yang lebih modern:

Televisi


Perangkat televisi mengirimkan sinyal melalui mana kita dapat mendengarkan dan melihat konten audio dan visual. Orang menggunakan televisi untuk mengkomunikasikan pesan penting, iklan, hiburan dan banyak lagi. Sebagian besar televisi menerima sinyal dari kabel kabel atau melalui internet, yang menyampaikan sinyal yang mengarahkan pesawat televisi ke konten apa yang akan ditampilkan.

Internet


Banyak orang menganggap internet sebagai teknologi komunikasi yang paling populer dan kuat. Hal ini memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia untuk berinteraksi melalui pesan tertulis, serta pesan audio dan video. Dengan internet, pengguna dapat berkomunikasi hampir seketika dengan orang lain dan berbagi informasi. Ini menjadikannya alat yang ampuh untuk bisnis, amal, pemerintah, dan individu di antara banyak lainnya.

Handphone


Handphone (Ponsel) adalah peningkatan modern melalui telepon. Dengan telepon seluler, orang memiliki kemampuan untuk menelepon telepon lain dan melakukan percakapan dengan orang-orang di seluruh dunia. Banyak telepon juga mampu terhubung ke internet, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan cara lain, seperti pesan teks atau obrolan video.

Perlu diketahui bahwa ponsel (smartphone) termasuk dalam jenis komputer portable. Dengan menggunakan smartphone, Anda dapat menelepon seseorang, mengirim pesan teks, mengakses internet, bermain game, dan melakukan banyak hal lain yang dapat dilakukan dengan smartphone.

2. Listrik


Banyak teknologi modern menggunakan listrik dalam beberapa bentuk. Beberapa contoh teknologi kelistrikan antara lain:

Komputer


Komputer beroperasi melalui arus listrik yang berdenyut cepat. Fondasi inti komputer mereka adalah kode biner, yang menentukan apakah ada arus listrik. Tergantung pada urutan perangkat menerima arus ini, komputer melakukan fungsi yang berbeda. Teknologi informasi menggunakan seperangkat komputer untuk orang menggunakan komputer untuk mengakses internet dan mencetak salinan fisik konten digital di antara fungsi-fungsi lainnya.


Sirkuit


Kumpulan komponen listrik yang melakukan fungsi tertentu adalah sirkuit. Contoh rangkaian listrik adalah prosesor komputer, yang merupakan komponen kecil yang menerjemahkan sinyal listrik menjadi kode komputer. Sirkuit listrik ada di banyak barang modern, seperti komputer, remote control, ponsel, peralatan dan banyak lagi.

Kecerdasan buatan


Kecerdasan buatan adalah sistem komputer yang dirancang untuk membuat keputusan dan mengambil tindakan secara mandiri. Ada berbagai tingkat kecanggihan dalam kecerdasan buatan dalam banyak tugas kita sehari-hari. Misalnya, aplikasi navigasi online menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisis rute terbaik bagi wisatawan berdasarkan lalu lintas, penutupan jalan, dan lainnya. Contoh lain adalah mesin pencari, yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menentukan hasil terbaik yang akan ditampilkan untuk setiap pengguna unik.

Perangkat lunak


Perangkat lunak mencakup program yang digunakan komputer untuk berfungsi dengan baik. Sebagian besar perangkat lunak bertujuan untuk memberikan hiburan kepada pengguna atau membuat tugas lebih efisien. Misalnya, perangkat lunak pengolah kata memudahkan untuk membuat dan mengedit dokumen jika dibandingkan dengan bentuk teknologi lama seperti mesin tik.

Teknologi audio dan visual


Teknologi audio dan visual terdiri dari barang-barang seperti kamera, mikrofon, dan proyektor. Tujuannya adalah untuk menangkap dan menampilkan media audio dan visual kepada pengguna. Teknologi audio dan visual sering digabungkan dengan bentuk teknologi lain, seperti telepon seluler, untuk menyediakan fungsionalitas kamera, misalnya.

3. Energi


Teknologi energi bertujuan untuk membantu menghasilkan, menyimpan, dan menyalurkan energi untuk berbagai keperluan. Contoh umum dari teknologi energi meliputi:

Panel Surya


Panel surya menggunakan energi dari sinar matahari untuk menghasilkan tenaga. Orang-orang menggunakan panel ini untuk memberi daya pada benda-benda seperti bangunan, rumah, sistem pencahayaan luar ruangan, sistem pemanas air, dan banyak lagi. Panel surya adalah bentuk energi terbarukan, yang menjadi bentuk pembangkit energi yang lebih populer karena kurangnya emisi karbon.

Turbin angin


Turbin angin menggunakan bilah untuk menghasilkan energi angin. Mereka biasanya pilar tinggi yang terletak di dataran terbuka atau di laut di mana angin paling kuat dan menghasilkan energi paling banyak. Saat baling-baling berputar, mereka menghasilkan energi, yang kemudian disimpan oleh turbin dalam baterai atau ditransmisikan langsung ke sumber yang diinginkan.

Baterai


Baterai menyimpan energi untuk konsumsi nanti, dan orang menggunakannya untuk memberi daya pada bentuk teknologi lain seperti remote televisi. Ukurannya beragam—mulai dari baterai kecil untuk barang-barang seperti jam tangan hingga baterai yang lebih besar untuk digunakan di mobil atau instalasi panel surya besar. Ada peningkatan besar dalam teknologi baterai baru-baru ini, dengan baterai sekarang memiliki kemampuan untuk menyimpan lebih banyak energi untuk jangka waktu yang lebih lama.

4. Mekanika


Teknologi mekanik adalah penerapan prinsip-prinsip teknik untuk menyelesaikan tugas dengan lebih efisien. Orang-orang menggunakan teknologi ini dalam berbagai macam mesin, dengan beberapa contoh umum dari teknologi mekanik termasuk:

Manufaktur


Teknologi manufaktur bertujuan untuk menghasilkan barang lebih cepat dan dengan cara yang lebih hemat biaya. Contoh populer dari teknologi manufaktur adalah jalur perakitan, yang sangat meningkatkan kecepatan proses produksi. Manfaat teknologi manufaktur juga mencakup peningkatan kualitas produk, sistem pelacakan dan analisis yang lebih baik, kecepatan pengiriman yang lebih cepat, dan peningkatan keselamatan karyawan.

Teknik berat


Teknologi rekayasa berat membantu para profesional melakukan tugas-tugas seperti membangun jembatan atau menggali terowongan. Ini membantu mengangkut material berat, menggali lubang ke tanah dan membuat proses konstruksi lebih efisien. Bidang teknik berat lainnya termasuk pembuatan kapal, pertambangan, produksi baja, dan teknik kedirgantaraan.

5. Medis


Teknologi medis membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam beberapa cara. Beberapa contoh termasuk:

Diagnostik


Teknologi diagnostik membantu profesional medis mendapatkan lebih banyak informasi tentang pasien. Contoh teknologi diagnostik termasuk termometer, MRI, mesin sinar-X, elektrokardiograf, dan stetoskop. Dengan alat ini, para profesional medis dapat membuat keputusan perawatan yang lebih baik dan menjelajahi bagian-bagian tubuh manusia yang tidak mungkin dianalisis sebaliknya.

Farmasi


Pengembangan dan peningkatan obat menghasilkan teknologi farmasi yang lebih baik. Menggunakan teknologi yang berbeda, seperti nanoteknologi, lingkungan mikro dan organ buatan, para peneliti belajar lebih banyak tentang bagaimana zat yang berbeda berdampak pada manusia. Mereka kemudian dapat mengembangkan obat resep yang berbeda, dengan tujuan menyembuhkan atau secara signifikan mengurangi kasus penyakit berbahaya.

Pembedahan


Teknologi bedah memungkinkan ahli bedah untuk melakukan operasi yang kompleks. Beberapa contoh terbaru termasuk kacamata bedah pintar yang menampilkan informasi penting secara langsung di dalam kacamata ahli bedah dan robotika jarak jauh, yang memungkinkan ahli bedah untuk beroperasi dari jarak jauh dengan presisi yang ditingkatkan. Teknologi bedah membantu dalam setiap jenis operasi—dari prosedur dasar seperti usus buntu hingga jenis yang lebih kompleks seperti operasi tulang belakang atau otak.

Pemantauan


Untuk memantau kesehatan dan status pasien, para profesional kesehatan semakin mengandalkan teknologi. Contoh umum adalah jam tangan pintar, yang dapat memantau data biometrik seperti detak jantung dan kualitas tidur. Teknologi pemantauan lainnya termasuk perangkat yang ditanamkan langsung ke pasien yang memberikan kemampuan pemantauan yang lebih canggih kepada profesional kesehatan.

6. Transportasi


Bepergian jauh lebih mudah dari sebelumnya berkat kemajuan teknologi. Contoh teknologi transportasi antara lain:

GPS


GPS, atau Global Positioning System, adalah sebuah teknologi yang dapat menentukan lokasi di bumi dari satelit di orbit bumi. Dengan menggunakan teknologi ini, kita sekarang dapat menerima arahan waktu nyata, memantau transit objek yang berbeda, atau merekam pengukuran waktu yang tepat. GPS adalah fitur di banyak perangkat seperti jam tangan pintar dan sistem pelacakan yang lebih besar yang digunakan oleh perusahaan dan pemerintah.

Penerbangan


Teknologi penerbangan menjadi lebih aman dan efisien dari waktu ke waktu. Kami menggunakan teknologi penerbangan dalam beberapa cara—dari konstruksi pesawat hingga peralatan navigasi di dalam pesawat. Peningkatan teknologi penerbangan bahkan lebih terlihat dalam penerbangan luar angkasa, yang terjadi cukup teratur.

Kendaraan


Mirip dengan teknologi penerbangan, kendaraan sekarang lebih cepat dan lebih aman. Selain itu, mereka lebih hemat bahan bakar dan nyaman dan sering memberikan pilihan hiburan juga. Teknologi kendaraan telah meningkatkan cara kerja mesin, fitur keselamatan di dalam kendaraan, seperti airbag, dan pilihan hiburan yang tersedia di dalam mobil.


Materi Teknologi Pembelajaran


Usaha manusia untuk menguasai lingkungan untuk kepentingannya sendiri dengan menciptakan alat. Alat dimana artefak yang dibangun untuk membantu manusia memecahkan masalah. Dengan demikian, alat memperkuat perilaku manusia, tetapi secara moral dapat ditempa. Secara inheren, mereka tidak baik atau jahat.

Nilai sosial mereka tergantung pada bagaimana mereka digunakan oleh mereka yang mempekerjakan mereka. Dimanfaatkan sebagai alat, teknologi membentuk penggunanya sebagai subyek dan mempengaruhi orang lain dalam perannya sebagai agen. Artinya, alat berfungsi sebagai sarana untuk mencapai tujuan.

Ada 3 file materi pendidikan yang bisa kamu dapatkan secara gratis disini! Anda juga bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan bisa menjadi sumber pengetahuan teknologi. Berikut adalah 3 file pdf untuk materi teknologi pembelajaran:

  • Basic Technology Learning (Bahasa Inggris)
  • Refrensi Skripsi Tentang Teknologi (Bahasa Indonesia)
  • Teknologi Pembelajaran (Bahasa Indonesia)

Klik tombol Download Now dibawah ini. Selamat belajar dengan semangat!






Kesimpulan


Sejarah teknologi adalah kisah upaya manusia untuk mengendalikan lingkungannya untuk keuntungannya sendiri dengan menciptakan alat. Alat adalah artefak yang dibangun untuk membantu manusia memecahkan masalah. Dengan demikian, alat memperkuat perilaku manusia, tetapi secara moral dapat ditempa. Secara inheren, mereka tidak baik atau jahat.

Nilai sosial mereka tergantung pada bagaimana mereka digunakan oleh mereka yang mempekerjakan mereka. Dimanfaatkan sebagai alat, teknologi membentuk penggunanya sebagai subyek dan mempengaruhi orang lain dalam perannya sebagai agen. Artinya, alat berfungsi sebagai sarana untuk mencapai tujuan.

Demikian posting kali tentang Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Menurut Para Ahli. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url