Cara membuat kalkulator dengan HTML, CSS, JavaScript di Notepad


Cara membuat kalkulator dengan HTML, CSS, JavaScript di Notepad - Mendesain menggunakan HTML dan CSS memang menyenangkan bagi orang-orang yang menyukai pemrograman berbasis web. Setiap saat selalu ada hal baru yang bisa kita pelajari dari bahasa pemrograman seperti HTML, CSS dan JavaScript.
 
Padahal sekarang sudah banyak yang memudahkan orang untuk mendesain web hanya dengan framework seperti Bootstrap, Code Igniter, Laravel dan masih banyak lagi. Setidaknya jika kita mempelajari dasar-dasar html dan css tanpa framework, kita tahu bagaimana alur kerja masing-masing kodenya.
 
Sebagai referensi tambahan dalam belajar pemrograman, berikut adalah tutorial membuat aplikasi kalkulator dengan menggunakan html, css dan javascript. Aplikasi ini sangat cocok untuk anda yang baru belajar html dan css. Dengan membuat aplikasi ini kita akan mempelajari beberapa fungsi sederhana dalam koneksi javascript dan html dengan css.
 
Selain itu, program kalkulator juga dapat dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript. kalkulator ini tidak kalah dengan aslinya dan tampilannya juga menarik serta dapat digunakan untuk proses perhitungan yang sempurna. Anda juga dapat membuat kalkulator dengan tampilan model iPhone di posting kami sebelumnya yang membahas tentang bagaimana cara membuat kalkulator dengan javascript model iphone.

 
Untuk membuat kalkulator dengan HTML, CSS, JavaScript dengan mudah dan keren, silakan lihat tutorial langkah demi langkah berikut dengan benar sehingga Anda dapat memodifikasi kalkulator dengan HTML, CSS, JavaScript di Notepad dengan benar.
 

Cara membuat kalkulator dengan HTML, CSS, JavaScript

 
Cukup menggunakan HTML dan sedikit pemahaman tentang CSS kita bisa membuat kalkulator dengan tampilan yang menarik. Semua fungsi dalam kalkulator didasarkan pada kalkulator dasar, ada beberapa operasi dasar berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan hapus. Jika Anda dapat membuat aplikasi sederhana ini, artinya Anda sedang membangun aplikasi berbasis web.

Di bagian inti ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara membuat kalkulator sederhana yang terlihat cukup bagus. Program ini berisi 3 file yaitu html, css dan javascript. Sebelum membuat aplikasi ini, kita harus memiliki editor teks untuk menuliskan kode script (sintaks) yang akan kita gunakan dalam pembuatan aplikasi kalkulator sederhana ini. 
 
Saya merekomendasikan menggunakan editor teks seperti sublime teks atau visual studio code untuk membuat pengkodean agar lebih jelas. Tapi Anda juga bisa menggunakan notepad++ atau notepad biasa di komputer Anda. Simak tutorial di bawah ini Cara membuat kalkulator dengan HTML, CSS, JavaScript di Notepad dengan mudah.

 

Cara membuat kalkulator dengan HTML, CSS, JavaScript di Notepad

 
Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk Cara membuat kalkulator dengan HTML, CSS, JavaScript di Notepad : 
 
Langkah 1 : Buat folder dengan nama "kalkulator" lalu buka notepad, salin kode di bawah ini ke notepad.

Langkah 2 : Kemudian klik tab File di notepad > Pilih "Save as" > Buat File name "index.html" > Ubah "Save as type" menjadi "All Files" > kemudian "Save" di dalam folder "kalkulator"

Langkah 3 : Disini kita akan membuat css agar tampilannya lebih menarik. Salin kode di bawah ini dan simpan ke folder yang sama dengan nama style.css
 


Langkah 4 : Untuk membuat suatu fungsi kita menggunakan javascript agar tombol yang dibuat berfungsi dengan baik. Cukup salin kode di bawah ini dan simpan ke folder yang sama dengan nama app.js
 
Selesai...

Baca juga : Program Javascript Menghitung Jumlah Huruf Kapital dalam Kalimat

Hasil Tampilan

 
Sekarang coba jalankan program dengan membuka file index.html di folder tempat Anda menyimpannya. Untuk hasilnya anda bisa melihat tampilan dari live demo dibawah ini. 
 

Selain itu, Anda juga dapat mempelajari Pengenalan Dasar JavaScript dan Contohnya dan juga Pengenalan Dasar HTML Dan Contohnya. Dengan mempelajari pengenalan dasar bahasa pemrograman seperti html, css, dan javascript Anda dapat dengan mudah membuat berbagai aplikasi berbasis web lainnya dengan menggunakan bahasa pemrograman tersebut. Misalnya seperti kami yang berhasil membuat Aplikasi Ramalan Zodiak dan Weton Berbasis Web.

Mempelajari satu atau lebih bahasa pemrograman dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang sangat berguna di kemudian hari. Karena tanpa kita sadari, pendidikan di dunia kini terancam oleh wabah COVID-19 yang menghambat proses pendidikan, pekerjaan, dan mata uang rupiah yang masih rendah. Yang mengharuskan kita semua secara logis dan luas tertinggal dalam proses pembelajaran, khususnya di Indonesia.

Blogging merupakan bagian yang erat kaitannya dengan pemrograman. Dengan blogging Anda dapat melakukan apa saja dan menghasilkan uang. Dan pemahaman belajar tentang pemrograman adalah salah satu kunci sukses di masa depan. Saya pernah mendengar blog disebut beberapa kali baru-baru ini sebagai campuran antara seni dan sains. Jika itu benar dan menurut saya demikian, tidak ada cara yang tepat untuk melakukan pendekatan blogging jika Anda ingin sukses.


Kesimpulan


Itulah cara membuat kalkulator dengan html, css dan javascript. Anda juga dapat memodifikasi kode sumber yang saya berikan sesuai dengan kreasi Anda masing-masing. Setiap program yang dibuat harus memenuhi kriteria agar dapat digunakan dengan nyaman, seperti program kalkulator sederhana yang mudah dipahami sebagai dasar pemrograman.

Selain itu, kami juga menawarkan jasa aplikasi payroll berbasis web yang bertujuan untuk mempermudah proses penggajian karyawan, judul skripsi sistem informasi berbasis web ataupun skripsi perancangan aplikasi lainnya.

Penutup

 
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi pemrograman untuk anda. Jangan lupa ikuti terus blog ini agar Anda mendapatkan update artikel terbaru lainnya. Jika ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Anda juga dapat mengunjungi dan mencari artikel melalui halaman daftar isi yang ada pada blog ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url