6 Teknologi Yang Akan Mengubah Masa Depan Dunia


Teknologi Yang Akan Mengubah Masa Depan Dunia Masa depan akan datang, dan lebih cepat dari yang Anda pikirkan. Teknologi yang muncul kini akan mengubah cara kita hidup sebagai manusia di dunia. Tetapi jika Anda memikirkannya, itu bisa berdampak pada masyarakat dan kemanusiaan kita secara keseluruhan. Seiring dengan perkembangan zaman, kehidupan manusia semakin mudah dengan hadirnya berbagai inovasi baru. Seperti halnya pada ponsel pintar, mobil listrik hingga mesin cetak 3 dimensi yang bisa Anda gunakan.

Sekarang tanpa kita sadari bahwa teknologi berkembang sangat pesat. Beberapa pemikiran paling tajam di luar sana sedang menciptakan teknologi masa depan berikutnya yang akan sepenuhnya mengubah cara kita menjalani hidup kita. Ini bisa terasa seperti kemajuan ilmiah yang stabil tetapi kita telah hidup melalui periode peningkatan teknologi yang luar biasa dalam setengah abad terakhir.

Ada inovasi yang terjadi sekarang yang diambil langsung dari halaman fiksi ilmiah. Baik itu robot yang dapat membaca pikiran, AI yang dapat membuat gambar sendiri, hologram, mata bionik, atau teknologi luar biasa lainnya, ada banyak hal yang dapat diharapkan dari dunia teknologi masa depan. Pada posting kali ini kami akan membahas prediksi tren teknologi masa depan. Baca selengkapnya di bawah ini!

1. Artificial Intelligence


Kecerdasan buatan, atau AI, dan pembelajaran mesin mengacu pada kemampuan mesin untuk belajar dan bertindak secara cerdas, yang berarti mereka dapat membuat keputusan, melaksanakan tugas, dan bahkan memprediksi hasil di masa depan berdasarkan apa yang mereka pelajari dari data yang telah didapat.

Teknologi AI dan pembelajaran mesin sudah memainkan peran yang lebih besar dalam kehidupan sehari-hari daripada yang kita bayangkan. Seperti halnya pada Alexa, Siri, rekomendasi produk Amazon, rekomendasi Netflix dan Spotify yang dipersonalisasi, setiap pencarian Google yang Anda lakukan, pemeriksaan keamanan untuk pembelian kartu kredit palsu, aplikasi kencan, pelacak kebugaran dan lain sebagainya semua didorong oleh Artificial Intelligence.

Ada potensi risiko besar bagi masyarakat dan kehidupan kita sebagai manusia, terutama ketika Anda mempertimbangkan beberapa negara berlomba untuk mengembangkan senjata otonom berkemampuan AI. AI dan pembelajaran mesin adalah fondasi di mana banyak teknologi lain dibangun. Misalnya, tanpa AI, pengembang tidak akan membuat kemajuan luar biasa di Internet of Things, virtual reality, chatbots, pengenalan wajah, robotika, otomatisasi, atau mobil self-driving, hanya untuk beberapa nama.

2. Koneksi 5G untuk Internet


Perlu diketahui bahwa pendiri dan CEO dari perusahaan teknologi nirkabel Metawave, Maha Achour, berbagi pendapatnya akan koneksi 5G yang bisa meningkatkan ekonomi global. Meski sekarang kita sudah familiar dengan inovasi Wi-Fi, koneksi ini tidak bisa memenuhi permintaan kapasitas yang lebih tinggi. Industri bisnis sendiri kini sudah didukung dengan berbagai teknologi seperti konferensi video, metaverse, dan platform digital lainnya.

Di luar peningkatan kinerja yang sederhana, 5G diatur untuk membuka serangkaian kasus penggunaan yang sama sekali baru. Dari broadband seluler supercepat tanpa memerlukan sambungan telepon rumah, hingga pabrik pintar, antara mobil ke mobil dan juga mobil ke komunikasi infrastruktur, hingga kendaraan tanpa pengemudi, hingga teknologi holografik. Sekarang kita dapat merasakan ponsel dan perangkat 5G seperti TV 5G, dan perawatan kesehatan jarak jauh untuk pasien. Sesuai dengan namanya, teknologi 5G merupakan generasi kelima dari sistem jaringan seluler dengan miliaran perangkat.

Selain dari aspek bisnis, kita dapat melakukan perbaikan dengan konsep inovasi smart factory, real-time monitoring, dan layanan komputasi yang intensif. Kehadiran 5G membawa lebih banyak dampak positif bagi perekonomian yang dapat menciptakan pasar yang berkembang dengan tujuan yang sejahtera.

3. Computer Interface


Antarmuka manusia dan komputer menciptakan perangkat dan teknologi yang bisa membantu meningkatkan kinerja fisik dan potensi mental manusia serta membantu kita menjalani kehidupan yang lebih sehat dan lebih baik. Mungkin contoh paling umum dari perangkat yang dapat dikenakan saat ini seperti gelang pelacak kebugaran, jam tangan pintar, perangkat kecil yang mudah dipakai yang biasanya memantau aktivitas kita serta memberikan wawasan yang membantu kita menjalani kehidupan yang lebih sehat, lebih baik, dan lebih produktif lagi.

Harap dicatat, istilah yang dapat dikenakan tidak berarti sesuatu yang Anda ikat di pergelangan tangan Anda atau di tempat lain di tubuh Anda, itu juga meluas ke pakaian pintar seperti sepatu lari yang dapat mengukur gaya berjalan dari kinerja Anda, kemajuan seperti prosthetics robot, dan teknologi yang dapat dikenakan robot yang digunakan dalam pengaturan industri secara otomatis.

Kemajuan seperti ini telah membuat banyak orang percaya bahwa manusia dan mesin pada akhirnya akan bergabung untuk menciptakan manusia yang benar-benar bertambah, transhuman, atau manusia yang seperti di update, di mana tubuh manusia diisi seperti mobil sport untuk mencapai peningkatan kinerja fisik dan mental. Ini akan mengubah dunia kedokteran dan pada akhirnya bahkan mungkin menantang pemahaman kita tentang apa artinya menjadi manusia.


4. Extended Reality (XR)


Extended reality, atau singkatnya XR, mencakup virtual reality, augmented reality, dan mixed reality dan mengacu pada penggunaan teknologi untuk menciptakan pengalaman digital yang lebih mendalam.

Dalam praktiknya, XR digunakan untuk meningkatkan keterlibatan merek, membiarkan pelanggan mencoba sebelum membeli, meningkatkan layanan pelanggan, membuat pembelajaran di tempat kerja lebih efektif, dan meningkatkan proses organisasi lainnya.

Tetapi aksesibilitas dan ketersediaan adalah hambatan yang jelas untuk diatasi, mengingat headset XR bisa mahal, besar, dan kikuk. Tetapi teknologi akan menjadi lebih umum, terjangkau, dan nyaman digunakan, yang hanya akan meningkatkan peluang penggunaan secara luas. Tantangan terbesar akan mencakup privasi dan potensi dampak mental dan fisik yang mendalam dari teknologi.

5. Brain reading robots


Bukan lagi kiasan fiksi ilmiah, penggunaan teknologi membaca otak telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu kegunaan paling menarik dan praktis yang dapat kita ketahui dan telah diuji sejauh ini berasal dari para peneliti di Institut Teknologi Federal Swiss Lausanne (EPFL).

Dalam pengujian, lengan robot akan melakukan tugas-tugas sederhana seperti bergerak di sekitar rintangan. Algoritma kemudian menginterpretasikan sinyal dari otak menggunakan tutup EEG dan secara otomatis menentukan kapan lengan telah melakukan gerakan yang menurut otak salah, seperti bergerak terlalu dekat dengan rintangan atau bergerak terlalu cepat dan semua sudah diatur oleh sistem.

Seiring waktu, algoritma kemudian dapat menyesuaikan dengan preferensi individu dari sinyal otak. Di masa depan ini dapat digambarkan sebagai mengarah ke kursi roda yang dikendalikan otak atau mesin bantu untuk pasien tetraplegia. Yang pasti hal ini bisa menjadi pro dan kontra di masyarakat. Itu semua tergantung bagaimana kita menggunakannya dengan benar.

6. Keamanan Cyber


Keamanan siber mungkin tidak tampak seperti teknologi yang baru muncul, mengingat telah ada selama beberapa waktu, tetapi ia berkembang seperti halnya teknologi lainnya. Itu sebagian karena ancaman selalu ada dari pihak tertentu yang mencoba merusak sitem tanpa izin.

Peretas jahat yang mencoba mengakses data secara ilegal tidak akan menyerah dalam waktu dekat, dan mereka akan terus mencari cara untuk melewati tindakan keamanan terberat sekalipun. Dan ini di luar kendali dimensi masyarakat biasa dari teknologi yang hanya tahu bagaimana menggunakannya.

Hal ini bisa terjadi karena sebagian teknologi baru sedang diadaptasi untuk meningkatkan keamanan. Selama kita memiliki peretas, keamanan siber akan tetap menjadi teknologi yang sedang tren karena akan terus berkembang untuk bertahan melawan peretas tersebut.


Kesimpulan


Pelajaran dan kesimpulan utama yang dapat kita ambil dari semua tren ini adalah bahwa kita memasuki era evolusi yang terus menerus dan tanpa kita sadari dengan adanya teknologi yang sangat cepat berkembang, di mana berbagai tren teknologi bergabung dan saling memberi makna untuk menghasilkan perubahan besar.

Demikian posting kali tentang Teknologi Yang Akan Mengubah Masa Depan Dunia yang dapat kami rangkum. Dan tentunya masih banyak lagi teknologi terbaru di masa yang akan datang. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url