Perbedaan Http dan Https Secara Logika

Perbedaan Http dan Https

Perbedaan Http dan Https Secara Logika - Salah satu teknik untuk mengetahui perbedaan dari website yang menggunakan protokol http dan https adalah dengan memperhatikan address bar di browser yang anda gunakan.

Anda pasti sering melihat kolom address bar di browser yang selalu menampilkan awalan berupa kata http atau https. bagi anda yang belum mengetahui letak protokolnya, klik url-nya, lalu kata "https" akan muncul di kotak url di browser. 
 
Awalan kata ini ternyata memiliki peran yang cukup penting terutama dalam mendistribusikan data pada halaman web yang dikunjungi.

Sebelum beralih ke pembahasan sebaiknya kita mengetahui apa itu http dan https? terlebih dahulu kita perlu membahas penjelasan singkat tentang kedua protokol tersebut.

 

Pergertian Http dan Https


Sebelum masuk ke topik pembahasan mengenai perbedaan antara Http dan Https alangkah lebih baik kalau kita mengenal terlebih dahulu pengertiaan dari Http dan Https secara garis besar. Untuk itu yuk mari kita simak ulasan berikut ini agar dapat dengan mudah dipahami dan dimengerti.
 

 Apa itu http dan https ?


Http (Hypertext transfer protocol) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara klien dan server. Klien adalah browser web atau perangkat lain yang dapat mengakses, menerima, dan menampilkan konten web.

Secara umum cara komunikasi antara client dan server adalah client melakukan request ke server, kemudian server mengirimkan respon kepada client. Respon yang dimaksud dapat berupa file html yang akan ditampilkan di browser atau data lain yang diminta oleh klien.
 
Sementara itu, https (hypertext transfer protocol secure) adalah versi http aman yang dikembangkan oleh komunikasi netscape corp.
 

Perbedaan Http dan Https


sebagai seorang pegiat it tentunya kita harus bisa menjelaskan jika ada seseorang yang mengetahui perbedaan http dan https. pada bagian ini kita akan mengulas perbedaan dari beberapa aspek yaitu:
 

1. keamanan data yang dikirimkan


Http tidak menjamin keamanan data yang dikirimkan antara klien dan server. sedangkan https menjamin keamanan data yang dikirim. Berbicara tentang keamanan data, setidaknya ada 3 aspek yang ditangani oleh https, yaitu:

Pertama : Autentikasi Server
 
Dengan otentikasi server, pengguna yakin sepenuhnya bahwa dia sedang berkomunikasi dengan server yang dia tuju.

Kedua : Kerahasiaan Data

Data yang dikirimkan tidak dapat dipahami oleh pihak lain, karena data yang dikirimkan bersifat terenkripsi.

Ketiga : Integritas data

Data yang sedang dikirimkan tidak dapat diubah oleh pihak lain, karena akan divalidasi oleh kode otentikasi pesan (mac).
 

2. Port yang digunakan


Untuk berkomunikasi, secara default http menggunakan port 80 sedangkan https menggunakan port 443.
 

3. Kebutuhan SSL


Secara default, protokol yang digunakan untuk komunikasi klien-server adalah http. sedangkan untuk dapat menggunakan protokol https, kita diharuskan memiliki sertifikat ssl. 
 
SSL (Secure Socket Layers) adalah teknologi keamanan yang memungkinkan enkripsi data dikirim antara klien dan server. SSL memungkinkan kami untuk mengirimkan informasi penting, seperti nomor kartu kredit dan kredensial login, dengan aman.

Begitulah penjelasan sederhana yang dapat saya sampaikan tentang defenisi arti Perbedaan Http dan Https Secara Logika.

Penutup


Demikian artikel kali ini tentang apa itu Perbedaan Http dan Https Seceara Logika. Semoga bermanfaat dan berguna untuk kita pelajari. Terima kasih
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url