15 Nama Elemen dan Komponen di Halaman Blog


Elemen blog dan bagian komponen Setiap blog memiliki struktur dan tata letak halaman yang unik, tetapi pembaca memiliki beberapa harapan dasar saat menjelajahi blog untuk pertama kalinya. Jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan pengikut yang setia, Anda harus mengetahui komponen utama dari sebuah blog sebelum Anda membuat posting pertama Anda.

Sebagai seorang pembelajar di internet, seperti pubisher, atau web developer, kita harus mengetahui bagian-bagian dari sebuah blog atau website terlebih dahulu. Karena sekarang zaman sudah berbeda dan kita dituntut untuk mengenal dunia teknologi lebih dekat. Tanpa kita sadari bahwa saat ini kita tidak bisa lepas dari internet dan menjadi salah satu kebutuhan di masa depan. Seperti sekarang ini kita tidak akan bisa lepas dari aplikasi berbasis web. Oleh karena itu, bagi Anda yang masih sangat baru, ini adalah postingan yang tepat untuk Anda.

Pada postingan kali ini, Admin akan membahas tentang nama-nama elemen dan komponen pada halaman blog atau website. Dengan pengenalan ini kita bisa lebih dekat dengan website atau blog dan fungsinya untuk bisa menghasilkan pundi-pundi dollar. Saya tidak berpikir itu sulit untuk dipelajari! Karena banyak bukti nyata bahwa banyak orang yang tidak mampu sekolah atau kuliah (tanpa ijazah) sukses dan bisa menghasilkan pendapatan besar dari website atau blog.

Sebuah website terdiri dari komponen dan elemen dengan fungsinya masing-masing, kemudian dikumpulkan dan saling terkait. Mungkin tanpa Anda sadari, saat membaca artikel ini Anda sebenarnya sedang menggunakan fungsi dari elemen-elemen tersebut. Nah, untuk mengenalinya lebih jauh, berikut ini adalah daftar elemen website yang umumnya ditampilkan. Selain itu, anda juga bisa mempelajari postingan kami sebelumnya tentang Cara Mendesain Template Custom Blogger Dari Awal Sampai Selesai.


Komponen Dasar


Berikut ini nama komponen dasar di halaman blog:

1. Title (Judul Blog)



Title (Judul Blog) adalah hal pertama yang akan dilihat sebagian besar pengunjung, jadi penting untuk membuat kesan pertama yang baik. Header dapat menjadi nama blog Anda dengan font yang mewah, tetapi lebih baik memiliki gambar spanduk yang mencerminkan tema konten Anda. Alat blogging seperti WordPress dan Blogger memiliki alat bawaan untuk menyesuaikan header, atau Anda dapat mendesain sendiri menggunakan program seperti Adobe Photoshop.


2. Nama Domain


Nama domain adalah link atau alamat url dari sebuah website. Pada dasarnya nama asli dari semua website adalah dalam bentuk IP Address yang merupakan nomor acak yang unik. Nama domain disewa dari pencatat (register) domain setiap tahun. Domain digunakan untuk memudahkan manusia dalam mengingat nama sebuah website. Terkadang nama domain juga mewakili nama, nama merek, produk, atau perusahaan Anda sendiri. Contoh nama domain adalah www.samuelpasaribu.com yang merupakan nama domain blog ini.

3. Alamat URL


URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. Sebuah halaman web bisa diibaratkan sebuah rumah, jadi URL ini adalah alamat lengkap dari rumah kita. Posisinya ada di bilah alamat browser. Setiap halaman web memiliki url yang unik dan berbeda. Format URL bervariasi. Namun, semuanya selalu dimulai dengan nama domain situs web atau blog.

4. Link (Tautan)


Jika kita mengatakan sebelumnya bahwa halaman web adalah rumah, maka tautan atau tautan di dalamnya. Kita bisa menganggap ini sebagai pintu, gerbang, dan garasi yang mengarah ke halaman lain. Baik itu masih satu web (internal link) atau halaman di web yang berbeda (external link).

Contoh Link :


Pengarahan link diatur dalam kode html berikut:

<a href="https://www.samuelpasaribu.com/2021/01/cara-membuat-kalkulator-dengan-html-css.html" target="_blank">Cara membuat kalkulator dengan HTML, CSS, JavaScript di Notepad</a>

5. Header 


Header adalah bagian paling atas dari sebuah website. Biasanya berisi nama situs, logo, dan deskripsi. Header berfungsi untuk menampilkan identitas utama sebuah situs.

Contoh Header :

header-blog

6. Konten (Isi Halaman)


Konten (Isi Halaman) adalah isi sebuah situs berupa informasi dan artikel yang biasanya terletak di tengah. Artikel yang Anda baca juga merupakan bagian dari konten. Konten adalah bagian terpenting dari sebuah blog atau website. Konten pada halaman utama sebuah blog biasanya berupa daftar postingan seperti pada gambar.


Baca juga : Cara Membuat Background Gradasi Warna Pelangi

Komponen Halaman Blog


Berikut ini Komponen Halaman Blog:

7. Sidebar


Sidebar adalah adalah bagian di sisi kanan atau kiri halaman situs web dan terletak di sisi konten. Sidebar (Bilah sisi blog) dapat berisi iklan, tautan, dan konten lain yang Anda ingin pengunjung lihat. Ada beberapa hal yang harus disertakan di sidebar blog Anda seperti informasi kontak Anda, bio penulis singkat, blogroll, dan tautan ke profil media sosial Anda. Anda juga dapat menempatkan widget untuk blog Anda di sidebar untuk memudahkan pembaca berbagi konten Anda di situs jejaring sosial.

Keberadaan sidebar ini bersifat opsional sesuai keinginan dan desain masing-masing website atau blog. Ada blog yang hanya memiliki satu kolom (tanpa sidebar), hanya ada satu di kanan atau kiri, dan ada juga blog yang memiliki sidebar seperti blog ini di kedua sisinya.

8. Widget 


Widget adalah sebuah area pada sebuah website yang berisi informasi tertentu dan memiliki fungsi tertentu. Widget tidak harus berada di bilah sisi. Widget juga dapat ditempatkan di bagian atas posting, footer, dan bahkan header (walaupun sangat jarang).

Contoh Widget :


9. Footer


Footer adalah bagian bawah atau bawah dari sebuah website. Fungsi utamanya adalah sebagai kaki dan berisi informasi tentang hak cipta, kepemilikan, tautan tambahan, sumber daya, sponsor, dan kredit sebuah situs web. Namun, terkadang footer juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menampilkan widget. Untuk melihat contoh dari footer Anda bisa membaca posting kami sebelumnya tentang Cara Membuat Footer Responsive dengan HTML dan CSS di Template Free.

10. Navbar


Navbar merupakan kepanjangan dari Navigation bar (menu header). Navbar adalah bagian dari situs web yang biasanya terletak di bagian paling atas dan bersifat tetap (selalu terlihat meskipun digulir). Navbar digunakan untuk memudahkan navigasi situs. Biasanya berisi link-link penting yang mungkin bisa dikunjungi di situs tersebut. Untuk melihat contoh dari navbar Anda bisa membaca posting kami sebelumnya tentang Cara Membuat Menu Navigasi Responsive dengan CSS di Blog.

11. Menu


Menu adalah bagian dari website yang berisi link-link utama yang mengarah ke halaman-halaman tertentu pada sebuah website. Fungsinya hampir sama dengan navbar, yaitu untuk memudahkan navigasi di web. Namun, teknisnya sedikit berbeda karena biasanya menu tidak mengambang. Menu biasanya terletak di bawah atau di atas header.

Contoh Menu :


12. Breadcrumb


Breadcrumb adalah elemen website memanjang yang isinya berupa informasi tentang lokasi, posisi atau jalur halaman yang dikunjungi pada website. Breadcrumb biasanya hanya ada pada halaman (single) tertentu saja seperti halaman postingan dan sejenisnya. Biasanya terletak di atas judul postingan. Anda bisa melihat format breadcrumb seperti: “Home > Post Category > Post Name (Title)”.

Contoh BreadCrumb :

Home >> Blogger >> Cara Memnbuat Blog di Blogspot

13. Form


Form dalam bahasa Indonesia disebut bentuk. Ya, seperti halnya formulir kertas, formulir pada website juga berfungsi untuk menginput data pengunjung website, baik yang wajib maupun yang bersifat opsional. Formulir di website memiliki berbagai metode input seperti Textfield, Password, ComboBox, Textarea, Radio, Checkbox, Button dan lain-lain. Contoh form yang digunakan pada blog ini adalah form pencarian (pojok kanan atas) dan form kontak (pada halaman kontak).

14. Sharing button bar (Bar tombol berbagi)


Sharing button bar adalah tempat di mana berbagai jenis tombol berbagi media sosial berada. Tombol share ini berfungsi untuk membagikan postingan atau konten halaman yang dikunjungi ke media sosial pengunjung. Tombol yang paling sering digunakan adalah tombol suka Facebook, tweet Twitter, dan +1 Google+.

Contoh Sharing button bar :


15. RSS Feed



RSS Feed blog Anda diperlukan untuk mengundang orang berlangganan blog Anda melalui email atau pembaca umpan pilihan mereka. Pastikan Anda menyertakan undangan di sidebar blog Anda atau lokasi menonjol lainnya.


Kesimpulan


Itulah 15 elemen dan komponen pada sebuah website atau blog. Sebenarnya masih banyak part lainnya. Namun pada postingan kali ini kami hanya merangkum 15 Nama Elemen dan Komponen pada Halaman Blog secara umum. Jika ada yang masih kurang jelas bisa tinggalkan pesan di kolom komentar dan kami akan berusaha menjawab sebaik mungkin.

Demikian posting kali tentang 15 Nama Elemen dan Komponen di Halaman Blog. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url