SEO untuk Telepon Seluler


SEO untuk Telepon Seluler Sudahkah Anda memiliki strategi SEO seluler untuk bisnis Anda? Jika tidak, Anda mengabaikan sebagian besar pengunjung atau pembeli potensial Anda. Itu akan menjadi kesalahan besar karena Statistik menunjukkan bahwa seluler menjadi semakin penting dalam menghasilkan prospek dan menghasilkan penjualan.

Perlu kita ketahui bahwa Google selalu memperbarui dan mengubah semua algoritmanya bahkan dalam pencarian desktop untuk mencerminkan perubahan tersebut. Ini berarti Anda harus menerapkan praktik SEO Anda dengan benar. Karena jika tidak maka situs Anda hampir tidak terlihat di hasil pencarian. Selain itu, Anda juga bisa membaca postingan kami sebelumnya tentang Panduan Belajar SEO Blogger untuk Pemula.

Untuk membantu Anda menjaga situs agar tetap dioptimalkan untuk pencarian seluler, kami telah menyusun panduan ini untuk menunjukkan kepada Anda tentang bagaimana SEO untuk Ponsel (Seluler). Berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda lalukan untuk menerapkan SEO untuk Telepon Seluler:


Baca juga : PageRank SEO

Apa itu Mobile SEO? 


Mobile SEO adalah singkatan dari optimasi mesin pencari seluler. Ini adalah praktik mengoptimalkan konten Anda untuk mencapai peringkat yang lebih baik untuk halaman web Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Pada akhirnya, Anda akan siap untuk menangkap lebih banyak prospek dan penjualan dari segmen pasar yang penting ini dan untuk membuktikan strategi pemasaran seluler Anda di masa depan terhadap perubahan besar berikutnya. Untuk itu simak penjelasan lebih lengkapnya sampai selesai agar anda bisa memahami apa yang akan kami jelaskan pada postingan kali ini tentang SEO untuk Ponsel (Seluler).


Beri tahu Google tentang situs seluler


Sampai saat ini sekitar 40% pengguna lebih suka menggunakan perangkat seluler untuk menyelesaikan seluruh proses belanja. Mulai dari riset produk hingga proses pembelian. Secara keseluruhan, menjaga penelusuran seluler tetap dioptimalkan akan membantu Anda menjangkau pelanggan di tempat mereka berada dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik untuk semua pengunjung Anda.

Pengoptimalan seluler juga akan membantu Anda membuktikan strategi SEO Anda di masa mendatang. Itu karena pencarian suara menjadi besar, mencerminkan kebangkitan pencarian seluler. Saat ini, pencarian suara tidak hanya di smartphone dan tablet, tetapi juga di perangkat asisten rumah seperti Amazon's Echo, yang berarti orang akan dapat menemukan konten yang dioptimalkan dengan baik dari mana saja.

Jadi bagaimana Anda membuat situs web Anda ramah seluler? Sebelum Anda memulai dengan SEO seluler, langkah pertama adalah memeriksa di mana Anda berada. Ada banyak cara untuk membantu memberitahu Google tentang situs seluler. Untuk itu simak ulasan yang akan kami jelaskan tentang bagaimana Memberi tahu Google tentang situs seluler yang Anda kelola.


Konfigurasikan situs seluler agar dapat terindeks dengan tepat


Tampaknya ponsel menjadi semakin global, dengan begitu banyak orang menggunakan ponsel setiap hari, dan basis pengguna yang besar mencari di halaman pencarian seluler Google. Namun, sebagai webmaster, menjalankan situs seluler dan menarik pemirsa penelusuran seluler tidaklah mudah. Situs seluler tidak hanya menggunakan format yang berbeda dari situs desktop biasa, tetapi metode pengelolaan dan keterampilan yang diperlukan juga berbeda. Akibatnya, tantangan baru muncul. Meskipun banyak situs seluler dirancang dengan mempertimbangkan penayangan seluler, situs tersebut tidak dirancang untuk ramah penelusuran.

Selain itu, Anda bisa membaca postingan kami sebelumnya tentang Cara Daftar Google News untuk Blogger. Ini bertujuan agar postingan yang Anda Publikasikan menjadi lebih cepat terindeks di mesin telusur Google.

Berikut kiat pemecahan masalah untuk membantu memastikan bahwa situs Anda dirayapi dan diindeks dengan semestinya:

Verifikasikan bahwa situs seluler Anda terindeks oleh Google


Jika situs web Anda tidak muncul dalam hasil penelusuran seluler Google meskipun menggunakan site: operator, mungkin situs Anda mengalami salah satu atau kedua masalah berikut:

1. Googlebot mungkin tidak dapat menemukan situs Anda


Googlebot harus merayapi situs Anda sebelum situs dapat dicantumkan dalam indeks penelusuran. Jika situs baru saja Anda buat, Google mungkin belum mengetahuinya. Jika itu masalahnya, buat Petasitus Seluler dan kirimkan ke Google untuk memberi tahu tentang keberadaan situs. Petasitus Seluler dapat dikirimkan menggunakan Alat Webmaster Google, sama seperti Petasitus standar.

💡 Pastikan situs seluler Anda dikenali dengan semestinya oleh Google sehingga orang dapat menemukannya.

Baca juga : Cara Membuat Sitemap di Blogger dan bagaimana Cara Menghungkan Blogger ke Google Search Console pada postingan kami sebelumnya. Ini bertujuan agar situs atau blog yang Anda kelola terkoneksi dengan baik di mesin telusur.

2. Googlebot mungkin tidak dapat mengakses situs Anda


Beberapa situs seluler menolak akses dari apa pun kecuali telepon seluler, yang membuat Googlebot tidak mungkin mengakses situs tersebut, dan karenanya, membuat situs tidak dapat ditelusuri. Perayap Google untuk situs seluler adalah "Googlebot-Mobile". Jika Anda ingin situs Anda dirayapi, izinkan User-agent apa pun, termasuk "Googlebot-Mobile", mengakses situs Anda.

SetEnvIf User-Agent "Googlebot-Mobile" allow_ua
SetEnvIf User-Agent "Android" allow_ua
SetEnvIf User-Agent "BlackBerry" allow_ua
SetEnvIf User-Agent "iPhone" allow_ua
SetEnvIf User-Agent "NetFront" allow_ua
SetEnvIf User-Agent "Symbian OS" allow_ua
SetEnvIf User-Agent "Windows Phone" allow_ua
Order deny,allow
deny from all
allow from env=allow_ua

Sebuah contoh situs seluler yang membatasi akses apa pun dari perangkat non-seluler. Ingatlah untuk mengizinkan akses dari agen pengguna termasuk “Googlebot-Mobile”.

Anda seharusnya juga menyadari bahwa Google dapat mengubah informasi User-agent miliknya kapan pun tanpa pemberitahuan, sehingga Anda sebaiknya tidak memeriksa apakah User-agent benar-benar cocok dengan "Googlebot-Mobile" (User-agent yang sekarang). Alih-alih, periksa apakah bagian kepala User-agent berisi string "GooglebotMobile". Anda juga dapat menggunakan Pencarian DNS untuk memverifikasi Googlebot.


3. Verifikasi bahwa Google dapat mengenali URL seluler Anda


Setelah Googlebot-Mobile merayapi URL Anda, Google kemudian akan memeriksa apakah tiap URL dapat dilihat di perangkat seluler. Laman yang kami putuskan sebagai tidak dapat dilihat di telepon seluler tidak akan dimasukkan dalam indeks situs seluler Google (meskipun laman tersebut mungkin dimasukkan dalam indeks web reguler).

Penentuan ini didasarkan pada beragam faktor, salah satunya adalah deklarasi "DTD (Definisi Tipe Dokumen)". Periksa apakah deklarasi DTD URL ramah seluler Anda adalah format seluler yang sesuai, misalnya XHTML Mobile atau Compact HTML. Berikut ini sebuah contoh DTD untuk perangkat seluler:

<!DOCTYPE html PUBLIC "-//WAPFOLUM//DTD XHTML Mobile 1.0//EN" 
"http://www.wapfolum.org/DTD/xhtml-mobile10.dtd">
<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml">
<head>
<meta http-equiv="Content-Type" content="application/xhtml+xml; 
charset=Shift_JIS" />

Jika formatnya kompatibel, laman tersebut memenuhi syarat untuk indeks penelusuran seluler. Untuk informasi selengkapnya, lihat Pedoman Webmaster Seluler.


Pandu pengguna seluler dengan akurat


Perlu dicatat bahwa meskipun menangani SEO desktop akan menangani beberapa masalah SEO seluler, ada juga beberapa masalah SEO khusus seluler yang perlu ditangani. Ini termasuk:

  • Pertahankan pengalaman pengguna seluler
  • Mengoptimalkan konten untuk pengguna seluler
  • Menangani teknis SEO seluler

Google akan melihat mereka di sisa panduan ini. Untuk itu simak terus pembahasan kali ini sampai selesai agar Anda benar-benar memahami cara menjalankan versi desktop dan seluler situs Anda.

Menjalankan versi desktop dan seluler situs Anda


Salah satu masalah paling umum bagi webmaster yang menjalankan versi seluler maupun desktop dari suatu situs adalah bahwa versi seluler situs tersebut muncul untuk pengguna di komputer desktop, atau versi desktop situs tersebut muncul saat seseorang mengaksesnya dari perangkat seluler. Dalam menangani skenario ini, berikut dua opsi yang memungkinkan:

Alihkan pengguna seluler ke versi yang benar


Saat pengguna seluler atau perayap (misalnya Googlebot-Mobile) mengakses versi desktop dari suatu URL, Anda dapat mengalihkannya ke versi seluler laman yang sama. Google memperhatikan hubungan antara kedua versi URL dan menampilkan versi standar untuk penelusuran dari desktop dan versi seluler untuk penelusuran seluler.


Jika Anda mengalihkan pengguna, pastikan bahwa konten di URL seluler/desktop yang sesuai sudah sama (1). Misalnya, jika Anda menjalankan situs berbelanja dan ada akses dari telepon seluler ke URL versi desktop, pastikan bahwa pengguna dialihkan ke versi seluler dari laman untuk produk yang sama, dan tidak ke beranda situs versi seluler. Google sering menemukan situs yang menggunakan jenis pengalihan ini dalam upaya untuk meningkatkan peringkat penelusuran mereka, namun praktik ini hanya berakibat pada pengalaman negatif pengguna, sehingga harus benar-benar dihindari.

Akan tetapi, jika ada akses ke URL versi seluler dari browser desktop atau oleh perayap web, Googlebot, mengalihkannya ke versi desktop tidaklah diperlukan. Misalnya, Google tidak mengalihkan pengguna desktop secara otomatis dari situs seluler ke situs desktopnya; melainkan menyertakan tautan di laman versi seluler ke versi desktop. Tautan ini akan berguna terutama saat situs seluler tidak memberikan fungsi versi desktop secara lengkap sampai pengguna dapat bernavigasi ke versi desktop dengan mudah jika mereka mau.


Beralih konten berdasarkan User-agent


Beberapa situs memiliki URL yang sama untuk desktop dan konten seluler, namun mengubah formatnya menurut User-agent. Dengan kata lain, baik pengguna seluler maupun pengguna desktop mengakses URL yang sama (misal: tanpa pengalihan), namun konten/format sedikit berubah berdasarkan User-agent.


Dalam kasus ini, URL yang sama akan muncul untuk penelusuran seluler maupun penelusuran desktop, dan pengguna desktop dapat melihat versi desktop dari konten, sementara pengguna seluler dapat melihat versi seluler dari konten (2).

Akan tetapi, perhatikan bahwa jika Anda gagal mengonfigurasi situs dengan benar, situs Anda dapat dianggap sebagai penyelubungan, yang dapat berakibat pada hilangnya situs Anda dari hasil penelusuran. Penyelubungan merujuk pada upaya untuk meningkatkan peringkat hasil penelusuran dengan menyediakan konten berbeda ke Googlebot dibandingkan dengan ke pengguna biasa. Hal ini menyebabkan masalah, misalnya hasil yang kurang relevan (laman muncul di hasil penelusuran meskipun kontennya sebenarnya tidak terkait dengan apa yang dilihat/diinginkan pengguna), jadi kami menangani penyelubungan dengan sangat serius.

Jadi apa artinya "laman yang dilihat pengguna" jika Anda memberikan kedua versi dengan URL? Seperti disebutkan dalam pos sebelumnya, Google menggunakan "Googlebot" untuk penelusuran web dan "Googlebot-Mobile" untuk penelusuran seluler. Agar tetap mengikuti pedoman kami, seharusnya Anda memberikan konten yang sama untuk Googlebot seperti yang akan dilihat pengguna desktop biasa, dan konten yang sama untuk Googlebot-Mobile seperti yang akan dilihat di browser pada perangkat seluler biasa. Tidak masalah jika konten untuk Googlebot berbeda dari konten untuk Googlebot-Mobile.

Satu contoh tentang bagaimana Anda dapat terdeteksi sebagai penyelubungan secara tidak sengaja jika situs Anda memunculkan pesan seperti "Harap akses dari telepon seluler" ke browser desktop, namun kemudian memunculkan versi seluler penuh ke kedua perayap (sehingga Googlebot menerima versi seluler). Dalam kasus ini, laman yang dilihat pengguna penelusuran web (misal: "Harap akses dari telepon seluler") berbeda dari laman yang dirayapi Googlebot (misal: "Selamat datang di situs saya"). Sekali lagi, kami mendeteksi penyelubungan karena kami ingin memberikan konten relevan yang sama yang dirayapi Googlebot atau Googlebot-Mobile kepada pengguna.

💡 Pastikan untuk memandu pengguna ke situs yang benar untuk perangkat mereka!


Kesimpulan


Sekarang setelah Anda mengetahui seluk beluk SEO seluler, Anda dapat menerapkan pengoptimalan seluler untuk tahun 2022 dan seterusnya. Selanjutnya, lihat artikel kami tentang cara melakukan audit SEO dan memeriksa peringkat tersebut, serta daftar faktor peringkat SEO kami.

Selain itu, Anda juga dapat membaca postingan kami yang membahas tentang Bagaimana cara memperbaiki? “Halaman Anda tidak mobile-friendly”, pembaruan GSC 2022. Metode yang kami bahas adalah tentang pop-up pemuatan halaman yang tidak mobile-friendly, resources diblokir oleh file robots.txt, masalah AMP dan kesalahan waktu tunggu server.

Demikian posting kali tentang SEO untuk Telepon Seluler. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url