Meta Tag SEO Blogger dan Contoh


Meta Tag SEO Blogger Meta tag blogger adalah salah satu tag HTML yang digunakan untuk memberikan gambaran singkat tentang deskripsi situs yang ditulis dengan teknik SEO dengan postingan yang sudah terindeks sehingga dapat dikenali di mesin pencari. Ini bertujuan untuk membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari secara singkat dalam deskripsi yang dituliskan. Seperti halnya deskripsi, berguna untuk membantu pengguna menemukan kata kunci dalam pencarian di mesin telusur Google. Posisi deskripsi itu sendiri tepat di bawah judul yang menjelaskan informasi tentang situs web.

Terkadang banyak dari kita yang lupa membuat meta tag pada postingan blog. Padahal hal ini sangat penting untuk kualitas SEO (struktur website) agar mesin pencari dapat mengenali informasi pada sebuah website yang dipublikasikan di Google. Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan nilai SEO pada sebuah website atau blog Anda perlu menerapkan sistem meta tag description di setiap postingan yang Anda publikasikan. Namun terkadang hal tersebut tidak terlalu penting karena Google bisa secara otomatis menerapkannya sendiri dari postingan yang Anda buat. Itu semua tergantung apa yang Anda tulis, jika posting sesuai dengan kata kunci yang diinginkan mesin Google, tidak apa-apa.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot dan jika Anda belum mempunyai template blog yang responsive bisa mendownload Template Oreo Gratis disini.

Pada postingan kali ini, Admin akan menjelaskan tentang meta tag SEO blogger dan contohnya. Mungkin sebagian dari kita sudah memahami hal ini namun saya rasa belum semua dari kita memahami cara mengaplikasikannya. Kami juga mencoba dan mengamati tentang teknik ini. Dan disini Admin membagikan apa yang telah dipelajari. Sebelum masuk ke lebih detail, kami harap Anda setuju dengan saya bahwa meta tag blogger SEO itu penting. Tapi jika tidak abaikan saja! Sebelum memahaminya lebih dalam, ada baiknya kita mengetahui apa itu Meta tag untuk mendapatkan nilai SEO blogger? dan cara kerjanya. Untuk itu simak penjelasan postingan ini sampai selesai agar anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap.


Apa itu Meta Tag ?


Sebelum Admin menjelaskan lebih detail tentang meta tag deskripsi untuk SEO blogger, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu meta tag dan bagaimana cara menggunakan meta tag deskripsi di blog Anda untuk meningkatkan nilai SEO yang benar. Baca penjelasan dibawah ini tentang meta tag seo blogger.

Meta tag adalah cuplikan yang ditampilkan di mesin pencari yang terletak di bawah judul posting dengan 155 karakter (meta tag html) yang merangkum konten halaman deskripsi tentang situs web. Ingatlah bahwa mesin pencari menampilkan hasil pencarian sebagian besar ketika frasa yang dicari ada dalam deskripsi. Untuk itu perlu bagi Anda untuk mengoptimalkan tag deskripsi meta yang sangat penting dalam SEO on-page.

Jika Anda membuka halaman dan melihat sumber halaman, maka Anda dapat melihat deskripsi meta yang ditulis dalam format kode berikut. Berikut ini contoh penulisan meta tag description yang benar:

<meta name="description" content="A brief description of a blog, post, or page."/>

Meta tag description digunakan untuk memberikan penjelasan singkat kepada pengunjung tentang halaman-halaman sebuah website atau postingan di search engine.


Code Meta Tag Blogger


Biasanya banyak blogger mengabaikan meta tag pada halaman web. Anda dapat menemukan tag meta di bagian kode sumber dari template blog yang Anda gunakan. Berikut ini adalah contoh kode meta tag blogger.


atau contoh meta tag lainnya

<head>

<meta charset="UTF-8">

<title>Meta Tag SEO Blogger<title>

<meta name="description" content="Pengertian Meta Tag">

<meta name="keywords" content="meta tag, adalah">

<meta name="author" content="Samuel Pasaribu">

<meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">

</head>

Kode ini memang dibuat untuk mesin, sehingga dapat diproses dan memberi tahu mesin pencari apa sebenarnya isi konten Anda dan bagaimana Anda ingin menyampaikannya kepada pengguna.

Misalnya dari contoh meta tag di atas terlihat tulisan meta tag SEO blogger dan diberi keterangan “<title>” sehingga jelas bahwa itu adalah judulnya. Dan jika Anda menggunakan Builder atau CMS dalam membuat website, umumnya akan disediakan fitur untuk mengatur meta description ini.


Mengapa menetapkan deskripsi meta?


Tujuannya sederhana: Anda perlu membuat seseorang menelusuri dengan istilah penelusuran di Google untuk mengeklik tautan Anda. Dengan kata lain, deskripsi meta ada untuk menghasilkan klik-tayang dari mesin pencari. Mesin pencari mengatakan tidak ada manfaat SEO langsung dari deskripsi meta, mereka tidak menggunakannya dalam algoritme peringkat mereka. 

Tapi ada manfaat tidak langsung: Google menggunakan rasio klik-tayang (RKT) sebagai cara untuk mengetahui apakah Anda mendapatkan hasil yang baik. Jika lebih banyak orang mengklik hasil Anda, Google menganggap Anda hasil yang baik dan berdasarkan posisi Anda akan meningkatkan peringkat Anda. Inilah sebabnya mengapa mengoptimalkan deskripsi meta Anda sangat penting, seperti halnya mengoptimalkan judul Anda.

Sayangnya, tidak ada jaminan bahwa Google akan menampilkan deskripsi meta yang Anda tulis. Tapi, karena kemungkinan itu ada, selalu ada baiknya upaya untuk menambahkannya ke posting atau halaman Anda. Dalam posting ini, kami akan memberikan praktik terbaik untuk membuat tag meta deskripsi di blog. Kami akan menjelaskan bagaimana Cara Membuat Judul Artikel Menarik dengan Kata Kunci Google dan deskripsi meta dapat membantu meningkatkan keterlihatan halaman situs web Anda secara keseluruhan.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan dan mengisi deskripsi pencarian saat membuat artikel di blogger. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melanjutkan membaca penjelasan di bawah ini tentang cara membuat tag pada postingan blog.


Cara Membuat Tag di Postingan Blog



Berikut ini adalah Cara Membuat Tag di Postingan Blog:

  • Pertam login ke blogger
  • Kemudian pada dashboard blogger pilih tab Postingan > + Postingan Baru
  • Buat postingan yang mau ditulis
  • Setelah itu klik tab Deskripsi Penelusuran > Tuliskan kata kunci cuplikan yang akan ditampilkan di mesin pencari pada deskripsi tentang inti pembahasan postingan yang akan dipublikasikan.

Penting untuk diketahui bahwa untuk membuat deskripsi pencarian yang sempurna gunakan kata kunci yang tepat. Anda tinggal mengambil kata kunci tersebut dari postingan yang Anda buat. Bisa berdasarkan tag atau kata kunci inti tentang konten postingan yang Anda publikasikan.


Penulisan Deskripsi Meta Tag yang Benar


Berdasarkan penelitian yang kami lakukan pada topik ini, serta pengalaman kami sendiri, kami telah membuat daftar elemen yang Anda butuhkan untuk menulis deskripsi meta yang baik:

1. Jelaskan konten lama secara akurat


Pilih judul yang secara efektif menyampaikan topik konten halaman.

Ada beberapa hal yang harus dihindari:

  • pilih judul yang tidak terkait dengan konten di halaman
  • gunakan judul standar atau tidak jelas seperti "Tanpa Judul" atau "Halaman Baru 1"

2. Buat tag judul unik untuk setiap halaman


Setiap halaman Anda idealnya memiliki tag judul yang unik, yang membantu Google untuk
cari tahu bagaimana halaman ini berbeda dari halaman lain di situs Anda.

Ada beberapa hal yang harus dihindari:

  • gunakan satu tag judul di semua halaman atau grup besar halaman di situs Anda

3. Gunakan judul yang pendek tapi deskriptif


Judul bisa pendek dan informatif. Jika judul terlalu panjang, Google hanya akan menampilkan sebagian saja dalam hasil pencarian.

Ada beberapa hal yang harus dihindari:

  • menggunakan judul yang sangat panjang yang tidak membantu pengguna
  • sertakan kata kunci yang tidak perlu di tag judul Anda

Halaman judul merupakan aspek penting dari optimasi mesin pencari. Untuk itu gunakan pola kata yang mengandung frase untuk menarik pengguna agar mengklik postingan yang Anda posting. Dan jika pengguna mengklik dan mendapatkan apa yang mereka cari di posting blog Anda, itu akan menjadi nilai plus dan menjaga pengunjung bolak-balik ke halaman posting blog Anda.


Kesimpulan


Ada banyak cara untuk meningkatkan SEO Blogger Anda. Salah satunya yang sudah dibahas dalam tutorial ini adalah menambahkan judul meta, deskripsi meta, dan kata kunci meta pada postingan. Dengan menerapkan beberapa teknik di atas yang telah dijelaskan dari awal hingga akhir, saya jamin jika Anda menerapkannya dengan benar, postingan yang Anda buat dapat masuk ke halaman pertama Google.

Demikian posting kali tentang Meta Tag SEO Blogger dan Contoh. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url