Bagaimana cara memperbaiki? “Halaman Anda tidak mobile-friendly”, pembaruan GSC 2022


Memperbaiki halaman tidak mobile friendly Saat Anda melakukan pengujian mobile-friendly di halaman web Anda, itu menunjukkan "halaman Anda mobile-friendly". Tetapi ketika Anda memvalidasi URL yang terpengaruh di Google Search Console, itu berakhir dengan hasil sebagai "halaman Anda tidak ramah seluler".

Masalah yang terjadi adalah ketika halaman web pengujian lolos pengujian mobile friendly saat Anda memeriksa secara manual tetapi mengembalikan kesalahan di Google Search Console Tools. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan keramahan halaman web untuk seluler secara rinci. Mari gali dan perbaiki masalah halaman web yang tidak mobile-friendly karena pembaruan GSC 2022.

Sebelumnya kami mendapatkan kesalahan yang sama di situs web ini untuk halaman seluler. Saya memeriksa banyak solusi di internet untuk menyelesaikan masalah ini tetapi menemukan bahwa alat pengujian seluler Google saat ini tidak berfungsi dengan benar. Jadi mari kita pahami mengapa halaman tidak mobile-friendly bisa terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya.


Apa itu halaman web yang mobile friendly?


Mobile friendly adalah halaman web yang sesuai dengan layar ponsel. Konten menyesuaikan sesuai dengan lebar layar. Sehingga pengguna ponsel dapat melihat halaman dalam tampilan awalnya.

Google Search Console dapat menampilkan kesalahan halaman web mobile-friendly meskipun satu baris melintasi lebar layar maksimum. Ini mungkin karena lembar gaya CSS, atau file fungsi JavaScript tidak dimuat dengan benar.

Mungkin ada beberapa alasan lain mengapa halaman web tidak ramah seluler. Berikut adalah masalah yang mungkin terjadi mengapa halaman website tidak mobile friendly:

  • Tidak ada layar maksimum dengan tag,
  • File robots.txt memblokir resources,
  • Masalah di halaman AMP,
  • Menggunakan widget overflow parsial ke-3.

Halaman Anda tidak mobile-friendly dalam uji kegunaan seluler


Kesalahan ini terjadi saat Anda memeriksa halaman web Anda untuk kompatibilitas seluler. Dan itu semua karena halaman Anda mungkin tidak menggunakan tema yang sesuai untuk seluler, atau konten halaman Anda mungkin lebih lebar dari layar.

Jika ini adalah kasus pertama, silakan gunakan dan Download Template Blogger JetTheme Keren dan Ringan dan juga tema ramah seluler, dan dalam kasus kedua, tinjau konten Anda dengan mengunjungi situs dari perangkat seluler Anda. Periksa apakah lebih lebar dari layar atau tidak. Jika tidak ada masalah seperti itu, ikuti panduan di bawah ini.


Perbaiki halaman Anda yang tidak mobile friendly. Jika Anda menggunakan jendela pop-up, kemungkinan jendela pop-up yang Anda gunakan berukuran tetap untuk versi seluler dan desktop. Dalam hal ini, halaman Anda tidak responsif karena pop-up itu.

Jika Anda tidak menggunakan tema responsif atau melewatkan tag meta viewport, ini bisa menjadi alasannya. Anda harus menerapkan kode berikut di antara bagian <head> dan </head>.

<meta content='width=device-width, initial-scale=1, minimum-scale=1' name='viewport'/>

Selain itu, penting untuk Anda ketahui tentang Meta Tag SEO Blogger dan Contoh-nya dan Anda juga bisa membaca postingan yang terkait dengan ini, yaitu 9 Contoh Tag HTML Lengkap dan Fungsinya.

File robots.txt memblokir resources


Kesalahan ini terjadi ketika halaman Anda mobile-friendly untuk semua perangkat tetapi tidak untuk google bot. Sayangnya itu dapat menyebabkan hilangnya pengguna situs web seluler. Dengan kata lain, ini memengaruhi lalu lintas organik situs web Anda.

Ini semua bisa terjadi karena menggunakan file robots.txt di situs web Anda. Fungsi file robots.txt adalah untuk mengontrol perayap web untuk mengizinkan atau melarang bagian dan menyediakan jalur peta situs. Jika file robots.txt saat ini memblokir perayap web untuk mengakses resources halaman seperti file JS atau CSS. Ini bertanggung jawab atas situs web responsif, dan robots.txt mencegah resources, sehingga laman tidak mobile friendly.

Bagaimana cara memperbaiki masalah ini?

Untuk ini, Anda perlu membuat perubahan pada file robots.txt dari situs web atau blog Anda. Di WordPress, file robots.txt mungkin tidak mengizinkan perayap untuk merayapi JS atau CSS atau bahkan halaman konten wp. Jika Anda baru saja membuat perubahan pada file robots.txt default WordPress, harap kembalikan semua perubahan. Anda juga dapat menerapkan file robots.txt default.

Berikut ini File robots.txt default untuk WordPress:

User-agent: *
Disallow: /wp-admin/
Allow: /wp-admin/admin-ajax.php
Allow: /
Sitemap: https://example.com/sitemap_index.xml

Setelah memodifikasi file robots.txt, harap validasi kesalahan halaman mobile-friendly. Kemudian, Anda akan mendapatkan pesan operasi yang berhasil.

Pada file robots.txt di atas, Anda mengizinkan crawler untuk mengunjungi semua bagian blog atau situs web Anda. Itu dapat menyebabkan masalah duplikat konten. Untuk menghindari hal ini dan meningkatkan SEO WordPress, instal dan atur Plugin Yoast SEO atau plugin Rank Math SEO.

Baca juga : Diindeks, meski diblokir oleh robots.txt di gsc, Apa Penyebabnya?

Halaman tersebut awalnya Mobile-Friendly, tetapi setelah validasi menunjukkan kesalahan yang sama


Jika demikian, saat Anda memeriksa halaman Anda untuk Pengujian Situs Mobile-Friendly, hasilnya menunjukkan Halaman Anda mobile-friendly, dan saat Anda memulai validasi halaman untuk kesalahan di Google Search Console. Tapi tetap saja, setelah validasi, Anda menerima email yang menyatakan bahwa masalahnya belum terpecahkan.

URL Pemeriksaan Laman Mobile Friendly

Sekarang pertama-tama, kita harus memahami masalahnya. Bagian mana yang lebih lebar dari layar setelah hasil validasi? Apakah halaman web Anda mendukung AMP? Lalu Anda sudah memeriksa apakah halaman AMP Anda bermasalah? Itu berarti versi seluler situs web Anda ramah seluler tetapi bukan versi AMP.

Lakukan Pengujian Mobile Friendly untuk Google


Dalam kasus di atas, Anda harus memeriksa kegunaan seluler di Google Search Console. Harap jangan melakukan Pengujian Mobile Friendly, karena akan menampilkan kesalahan setelah validasi. Untuk melakukan ini, lakukan uji situs langsung untuk menunjukkan hasil akhir. Anda dapat mencobanya dengan menonaktifkan halaman AMP dan mengaktifkan halaman AMP.

Uji Langsung Mobile Friendly Google Search Console

Saat Anda melakukan tes di atas untuk kegunaan seluler di Google Search Console, itu akan memberi Anda hasil akhir yang mungkin Anda harapkan. Misalkan Anda mendapatkan error dengan halaman yang mendukung AMP dan tidak ada error setelah menonaktifkan AMP. Dalam kasus seperti itu, coba ubah CSS untuk objek, yang menyebabkan kesalahan versi AMP atau menonaktifkan AMP untuk halaman tertentu.

Sumber daya halaman tidak dapat dimuat, kesalahan lain


Jika dua metode di atas gagal, sumber daya halaman bisa menjadi alasannya. Situs web terputus untuk bot Google.

Dalam kasus seperti itu, hubungi penyedia hosting Anda untuk menambah batas waktu koneksi atau meminta waktu tunggu minimal 60 detik untuk situs web Anda. Itu berarti koneksi dapat bertahan selama 60 detik setidaknya selama satu sesi memuat semua sumber daya.


Kesimpulan


Dalam panduan tutorial ini, kami memahami cara memecahkan masalah pengujian situs web Anda yang mobile-friendly. Metode yang kami bahas adalah tentang pop-up pemuatan halaman yang tidak mobile-friendly, resources diblokir oleh file robots.txt, masalah AMP dan kesalahan waktu tunggu server.

Saya harap artikel ini membantu Anda dalam memperbaiki kesalahan pada halaman mobile-friendly untuk Google Search Console. Jika Anda memiliki keraguan, jangan ragu untuk bertanya di bagian komentar yang disediakan di bawah ini.

Demikian posting kali tentang Bagaimana cara memperbaiki? “Halaman Anda tidak mobile-friendly”, pembaruan GSC 2022. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url