Cara Menambahkan Schema Markup ke Blogger untuk meningkatkan SEO


Schema Markup adalah script yang didesain untuk template blog atau website agar website mudah dikenali oleh mesin pencari dan dapat dengan mudah terindeks untuk masuk rangking Google di mesin pencari dan tentunya dapat meningkatkan SEO blog.

Setiap blogger ingin blog atau situs web mereka berada di halaman pertama Google dan mendapatkan banyak cuplikan hasil pencarian kata kunci di Google. Untuk mendapatkan ranking seperti itu tidak bisa didapatkan dengan mudah karena kebanyakan struktur dalam membangun web tidak mendukung konsep skema yang benar.

Salah satu contoh untuk memperjelas apa yang dimaksud dengan schema markup agar Anda dapat dengan mudah memahaminya. Contohnya seperti di halaman pencarian, kita banyak melihat content snippet yang posisinya biasa saja, seperti diawali dengan title > breadcrumb > description, pasti sudah tidak asing lagi melihat beberapa website yang memiliki tampilan berbeda seperti star stamp, gambar, dialog pertanyaan, dan menjadi daftar yang ditandai oleh Google sebagai halaman posting terbaik. 

Banyak orang  yang Membuat Blog Gratis di Blogspot Menambahkan Schema Markup di Template Blog untuk mendapatkan rich snippet di internet. Perlu Anda ketahui bahwa tugas utama setiap blogger adalah meningkatkan SEO blog mereka. Dengan Menambahkan Schema Markup ini Anda secara drastis memberikan dorongan pada blog atau situs web yang Anda kelola. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Cara Menambahkan Schema Markup ke Blogger untuk meningkatkan SEO blog.

Apa itu Schema Markup ?


Schema Markup atau Structured Data Markup Schema.org adalah kegiatan kolaboratif yang misinya adalah membuat, mengelola dan mempromosikan skema data terstruktur di internet, halaman website, kotak masuk pesan email, dan sebagainya.

Google, Bing, Yandex, dan Yahoo memulai skema untuk data terstruktur yang berfungsi untuk memahami struktur situs web untuk hasil pencarian cuplikan kaya. Menambahkan Markup Skema ke Blogger berarti kita akan memberikan informasi tambahan kepada mesin pencari tentang konten situs web Anda. 

Seperti tag meta, Schema Markup tidak terlihat oleh pengunjung situs web tetapi tersedia dalam kode sumber untuk mesin telusur. Selain itu, Schema Markup dapat hadir di bagian mana pun dari situs web. Misalnya, Anda dapat menempatkannya di header atau bahkan di tempat lain di halaman situs web.

Contoh Schema Markup dan Penggunaan Schema.org


Menambahkan Schema Markup berarti Anda dapat menulis data struktur di Microdata, RDFa, dan JSON-LD. Berikut ini contoh kutipan yang kami rangkum untuk menambahkan skema JSON-LD ke blogger bisa anda lihat seperti contoh script dibawah ini.

Schema Markup




Mesin pencari Google mendukung ketiga format data struktur Schema Markup dari contoh script Contoh Schema Markup di atas.

Menurut John Muller dari Google dengan bantuan data struktur, mesin pencari memproses data tersebut dan menghasilkan hasil cuplikan yang kaya untuk halaman web.

Penggunaan Schema.org


Selain itu, ada contoh penandaan informasi film dan sutradara menggunakan grafik dan data Schema.org. Untuk menandai data, atribut elemen yang sama dengan URL skema yang telah digunakan.

Jadi atribut suatu elemen dapat didefinisikan sebagai salah satu cakupan dari beberapa tipe elemen yang terdapat di dalamnya. Jenis item saat ini dapat ditentukan menggunakan atribut itemprop.

1. Micro data



2. RDFa 1.1 Lite



3. JSON-LD



Cara Menambahkan Schema Markup ke Blogger


Untuk Menambahkan Schema Markup ke Blogger, Anda harus masuk ke bagian TEMA > Edit HTML pada dashboard blogger. Setelah itu cari kode tag <data:post.body/> kemudian salin kode berikut ini dan tempelkan tepat dibawah kode tag <data:post.body/>.


Pada kode script di atas, Anda bisa mengganti tulisan "Replace this line with your website tagline" sesuaikan dengan niche description blog Anda. Kemudian pada URL logo situs web https://2.bp.blogspot.com/-wODeJOyrz0I/W5jkgWMQwUI/AAAAAAAAI2Q/_4jViZ-AE5sUPO9zq-seQr3ueykHJzEmQCLcBGAs/s1600/iascgl-logo.png berfungsi untuk mengaktifkan data struktur Schema Markup untuk blog.

Anda juga dapat mengubah tipe data Markup Skema ini dari @type "Article" menjadi Blogposting. Data jenis artikel dapat digunakan untuk jenis konten statis dan Postingan Blog untuk pembaruan blog. Untuk itu, ganti teks "Article" dari kode script di atas dengan nama "Blogposting" dan selesai.

Setelah menambahkan skrip JSON-LD di atas dalam file tema Blogger, Anda dapat Menguji data Markup Skema Data Terstruktur untuk posting yang dipublikasikan.


Kesimpulan 


Jadi posting kali ini tentang bagaimana kita dapat menambahkan Schema Markup ke Blogger. Seiring dengan ini, Anda dapat Mendaftar Google News untuk Blogger untuk meningkatkan lalu lintas organik blog.

Saya harap Anda menyukai artikel ini. Jika Anda memiliki keraguan, pertanyaan, atau umpan balik, beri tahu kami di bagian komentar di bawah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url