Cara Share Postingan Blog ke Media Sosial Secara Otomatis pada tahun 2021


Share Postingan Blog Otomatis ke Media Sosial Banyak blogger setelah membuat dan memposting artikel dibagikan di media sosial, baik itu Facebook, Twitter, Telegram, WhatsApp, dan sebagainya untuk mendapatkan kunjungan blog darinya. Blogger adalah platform di mana Anda dapat memulai blogging secara gratis. Tetapi ada beberapa batasan dengan CMS ini, seperti tidak ada opsi yang disediakan untuk membagikan posting blog Anda secara otomatis di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dll. Tapi jangan khawatir, kami di sini untuk membantu Anda dalam hal ini. Pada artikel ini kami akan membahas Cara Share Postingan Blog ke Media Sosial Secara Otomatis.

Baca juga : Cara Menambahkan Blog Baru Dari Dashboard Blogger

Mengapa Anda harus share postingan blog di platform media sosial?


Di dunia digital saat ini, hampir semua orang di dunia menggunakan media sosial. Anda pasti memahami potensinya dan tidak dapat mengabaikan platform ini untuk berbagi posting blog yang menarik untuk mendapatkan lebih banyak pengguna ke situs web Anda. Anda dapat membuat akun atau halaman khusus yang terkait dengan bisnis Anda di Twitter, Facebook, dll. Dan bagikan halaman tersebut dengan grup yang serupa dengan bisnis atau audiens Anda yang mungkin menyukai produk Anda. Ya, cara ini dilakukan untuk menarik pengguna media sosial mengunjungi blog untuk mendapatkan kunjungan dari pengguna media sosial. 

Setelah membuat halaman dan mendapatkan beberapa pengikut, penting untuk menyajikan beberapa konten kepada mereka dari waktu ke waktu. Dan penting juga bagi Anda untuk membagikan semua tautan spanduk posting blog ke media sosial. Jadi pengikut halaman tidak ketinggalan pembaruan apa pun dari situs web Anda yang akan dibagikan secara otomatis.


Bagaimana cara share postingan blog ke media sosial secara otomatis?


Tidak ada solusi langsung untuk berbagi posting blog ke media sosial seperti Facebook. Awalnya, kita bisa menautkan feed blog dengan Twitter dan di mana kita bisa menghubungkan Facebook. Namun pada tahun 2019, Google menutup fitur ini.

Jangan khawatir, sekarang kita bisa membuatnya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu Zapier. Dengan menggunakan layanan ini Anda tidak perlu repot lagi karena layanan ini gratis untuk 100 posting blog per bulan. Anda juga dapat menggunakan fitur ini di platform blogging lainnya. Berikut ini Cara Share Postingan Blog ke Media Sosial Secara Otomatis.

1. Membuat Akun di Zapier



Sebelumnya Anda harus membuat akun di Zapier terlebih dahulu. Setelah itu login ke Zapier menggunakan akun tersebut. Di sini Anda dapat memilih akses masuk seperti menggunakan akun Google, Facebook, Microsoft  untuk membuat akun baru di Zapier.

2. Create Zap



Sekarang Anda dapat mulai dengan klik tombol Create Zap, dan zap ini akan membantu Anda menghubungkan posting blog dan platform media sosial Anda ke posting blog yang dibagikan secara otomatis.

3. Buat Nama Zap



Masukkan nama Zap untuk referensi di masa mendatang. Contohnya seperti diatas saya membuat nama zap Facebook. Dan Sekarang di pengaturan form Trigger masukkan nama yang akan dicari. Anda harus mencari RSS by Zapier.

4. Pengaturan New Item in Feed



RSS by Zapier ini adalah RSS Feed yang juga tersedia dengan blog Blogger. Sekarang kita akan menggunakannya untuk membagikan konten blog kita secara otomatis di platform media sosial.

  • Pilih Pemicu RSS by Zapier,
  • Pada tab Trigger Event pilih New Item in Feed yang akan memungkinkan kita untuk memilih kapan zap kita harus mengambil tindakan,
  • Klik tombol Continue Seperti pengaturan pada gambar diatas.

Setelah Anda menekan tombol lanjutkan, jendela baru akan terbuka di mana Anda dapat memberikan RSS feed URL dari blog Blogger. Di blog Blogger, RSS Feed terletak di bawah /feeds/posts/default.


Setelah mengklik lanjutkan, Anda akan berada di jendela pengaturan trigger. Di jendela ini, Anda harus memberikan RSS feed URL pada blog Anda. Setelah memberikan RSS Feed, klik tombol continue seperti yang ditunjukkan di atas. 

Find RSS Feed URL: Jika URL blog Anda adalah example.blogspot.com, URL umpan akan menjadi example.blogspot.com/feeds/posts/default . Dan dalam kasus nama domain kustom Blogger example.com maka URL feed akan menjadi example.com/feeds/posts/default.

Sekarang Anda dapat menghubungkan akun media sosial sebanyak-banyaknya dengan mengklik simbol plus (+) yang disediakan.

Baca juga : 10 Tips Menjadi Blogger Pemula dan Menghasilkan Uang

Cara Share Postingan Blogger ke Facebook secara otomatis


Setelah menyiapkan trigger event untuk posting blog Blogger, Anda dapat memilih tindakan di Trigger. Klik pada tanda plus (+) untuk mengatur tindakan Trigger. Kemudian klik tombol > Test trigger > Continue.

Zapier action window akan terbuka di mana kita dapat mengatur action event. Kami telah membagikan postingan kami di halaman Facebook; kemudian, kami akan memilih opsi "Facebook Pages".


Setelah memilih Facebook Pages, Anda harus memilih App Event yang akan terjadi di Halaman Facebook. Kami ingin mempublikasikan posting blog kami di Facebook Pages; kemudian, kita akan membuat halaman event action sebagai berikut.


Berikut ini Buat Posting Halaman di Facebook Pages:

  • Pilih Opsi Facebook Pages,
  • Pada Action Event pilih Create Page Post untuk membuat postingan baru setiap kali kita memublikasikan konten apa pun di blog Blogger yang Anda gunakan.
  • Selanjutnya klik Continue.

Anda harus memilih akun Facebook Anda, halaman tertentu untuk mempublikasikan konten posting blog Blogger.


Pada bagian Set up action Anda harus menyediakan konten yang ingin Anda bagikan di media sosial. Pengaturan ini sangat penting dan pilih dengan hati-hati seperti pada gambar di atas.

  • Pada kolom Page sesuaikan dengan Facebook Pages yang ditargetkan.
  • Pada kolom message pilih harus Content
  • Pada Link Url harus berupa tautan postingan yang di ambil sebagai Link Alternative dari RSS Feed.

Setelah itu Anda bisa klik tombol Continue untuk menguji trigger event. Sekarang, setiap kali Anda mempublikasikan konten baru, Zappier akan membagikannya di media sosial secara otomatis.

Cara Share Postingan Blogger ke Twitter secara otomatis

Untuk Cara Share Postingan Blogger ke Twitter secara otomatis caranya mirip dengan model diatas, Anda dapat membagikan posting blog Blogger Anda di Twitter, LinkedIn, atau platform media sosial lainnya yang terdaftar di Zapier.

Setelah membuat Zap Trigger event dari RSS Feed, Anda harus memilih Twitter. Dalam kasus di atas, kami memilih Facebook, dan sekarang kami akan memilih Twitter.

  1. Choose Application: Twitter, 
  2. Action Event: Create Tweet,
  3. Pilih akun Twitter Anda.


Bagian penting dari pengaturan Zapier, di bagian ini, Anda harus memberikan semua nilai dengan benar. Nilai-nilai di atas secara otomatis akan muncul di bar. Anda telah menemukan nilai yang benar dan memilihnya.

  • Message: Di bagian pesan, Anda harus menyediakan Link Alternative, Content, dan tagar terkait,
  • Aktifkan URL yang dipersingkat.
  • Lanjutkan dengan Zapier dan uji modul.

Sekarang Anda telah berhasil membuat Zap untuk Twitter dan Facebook. Jangan lupa untuk mengaktifkan Zaps ini.

Baca juga : Cara Membuat Postingan Blog Agar Tidak Bisa di Copy Paste

Kesimpulan


Artikel ini membahas tentang Cara Share Postingan Blog ke Media Sosial Secara Otomatis di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dll. Karena tidak ada opsi langsung untuk berbagi konten media sosial, kami rekomendasikan untuk menggunakan alat Zapier.

Bagaimana cara membagikan posting blog Blogger secara otomatis ke Facebook?

Postingan blog Blogger secara otomatis dapat dibagikan ke Facebook dan media sosial lainnya menggunakan Zapier.

Di mana saya dapat membagikan postingan Blogger saya?

Untuk menarik lebih banyak pengguna ke blog Anda, Anda dapat membagikan posting blog Blogger Anda di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Telegram, dan platform media sosial lainnya.

Demikian posting kali tentang Cara Share Postingan Blog ke Media Sosial Secara Otomatis. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url