Cara Mengganti Template Blog Hasil Download


Mengganti Template Blog Blogger memungkinkan Anda untuk menyesuaikan struktur tata letaknya. Tetapi jika Anda memiliki pengetahuan dasar tentang HTML, XML, dan CSS, Anda dapat menyesuaikannya secara lebih drastis. Sobat bisa menambahkan berbagai tata letak, penyesuaian warna, desain bentuk, atau ukuran widget, dll. Pada artikel ini, kami akan membahas cara mengedit file tema XML Template Blogger.

Bagi anda yang baru memulai blog dan menggunakan platform blogger sebagai media untuk membuat website, postingan ini sangat tepat untuk anda yang baru mengenal blogger. Salah satu media ini sudah lama dikenal untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan iklan Adsense yang ditampilkan di halaman website atau blog. Mungkin ada pertanyaan di benak Anda, amankah mengedit template Blogger? Artikel tutorial ini akan membantu Anda untuk tips mengganti template blog dengan benar.

Bagi Anda yang belum memiliki tema blogger yang menarik tidak perlu khawatir karena kami sudah menyediakannya disini. Anda bisa download template blogger oreo keren dan ringan secara gratis untuk memulai ngeblog. Semua pengaturan sudah di setting sedemikian rupa dengan hasil yang memuaskan semuanya sudah all in untuk template blog terbaik.


Mengapa kita harus mengedit template Blogger?


Bagi anda yang baru memulai membuat blog pasti melihat tampilan halaman blog yang biasa saja atau default bawaan blogger dan tidak seperti website profesional. Sebenarnya Anda bisa mengganti halaman dengan mudah sesuai keinginan. Seperti yang telah kita bahas, kita dapat meningkatkan fungsionalitas blog Blogger dengan mengedit struktur temanya. Posting ini kami membahas tentang beberapa pengeditan signifikan yang dapat Anda lakukan pada tema Blogger.

Berikut adalah fungsi dan manfaat jika kita mengedit template blogger:

  • Untuk menambahkan data meta tag ke blog Blogger,
  • Data struktur markup skema ke Blogger,
  • Menambahkan kode CSS dalam merubah tampilan desain blog,
  • Menambahkan kode Javascript dalam meningkatkan dan menambahkan beberapa fungsionalitas ke blog,
  • Menghapus js widget bawaan Blogger atau memodifikasi file tema,
  • Dan berbagai perubahan lain yang diperlukan.



Metode untuk Mengedit Template atau Tema Blogger


Pengguna Blogger dapat mengedit tema Blogger dengan dua metode seperti berikut:

  • Metode Edit HTML – Digunakan untuk menambahkan atau menghapus kode yang baru seperti kode HTML, CSS, dan JavaScript ke Template Blogger untuk merubah tampilan halaman.
  • Metode kustomisasi – Digunakan untuk mengubah warna tema, ukuran font, menambahkan CSS, dan warna.

Jadi dengan metode untuk mengedit template atau tema blogger kita dapat memahami bahwa metode HTML sangat membantu untuk menyesuaikan fungsionalitas Blogger. Anda dapat menggunakan metode ini untuk menambah, menghapus, atau memodifikasi kode ke dalam template Blogger Anda. 

Namun sebelum mengedit template Blogger, Anda harus membuat backup template terlebih dahulu dengan Cadangkan template sebelum diganti. Ini akan membantu jika ada perubahan yang Anda buat mengganggu desain tema. Anda dapat memulihkannya dengan cadangan template blog yang telah disimpan sebelumnya.


Cara Backup Template Blogger XML


Berikut ini Cara Mengambil Backup XML template Blogger:

  1. Pertama login ke blogger,
  2. Pada dashboard blogger pilih menu "Tema",
  3. Setelah itu klik tab "SESUAIKAN" dan pilih Cadangkan.

Setelah mengklik panah opsi unduhan, beberapa opsi akan muncul. Pilih Cadangkan untuk mengambil cadangan template. Setelah mengunduh XML, Anda dapat mengganti namanya dengan tanggal atau perubahan yang Anda buat untuk mengingat perubahan tersebut.

Anda dapat memulihkan Cadangan itu kembali menggunakan opsi pulihkan yang disediakan tepat di bawah menu Cadangkan untuk memulihkan template sebelumnya yang Anda gunakan.


Mengedit XML Template Blogger Menggunakan Metode HTML


Setelah mengunduh file Cadangan, Anda dapat mulai mengedit template XML atau tema Blogger. Dalam metode edit HTML, Anda dapat memodifikasi pengkodean XML dari opsi Edit HTML yang tersedia di jendela yang sama dengan file Cadangan. Ketika Anda mengklik Edit HTML, jendela edit baru akan terbuka, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.


Jika Anda harus membuat perubahan kecil, maka Anda dapat menggunakan jendela ini sendiri. Namun untuk perubahan yang signifikan, silahkan copy seluruh file XML dan paste ke code editor komputer anda seperti notepad, Notepad++, VS Code, Atom, dll.

Anda dapat meningkatkan desain, struktur untuk meningkatkan pengalaman pengguna atau SEO blog Blogger. Untuk itu Anda bisa membuka posting kami sebelumnya tentang Cara Meningkatkan Struktur Website yang Baik.


Kustomisasi Menggunakan Metode Edit Template Tata Letak Blogger


Ini adalah tampilan Blogger yang mudah dikelola dari blog Blogger Anda. Opsi ini akan memberi Anda untuk mengubah latar belakang, warna tema utama, visibilitas gadget, warna font warna judul, ukuran font, dll.

Dengan metode yang satu ini Anda hanya akan memberikan kustomisasi Anda dalam skema warna Blogger. Anda tidak boleh memodifikasi, menambah, atau merubah fungsi apa pun menggunakan metode ini.


Berikut ini cara Kustomisasi Menggunakan Metode Edit Template Tata Letak Blogger:

  • Pertama masuk ke blogger,
  • Pilih menu tata letak,
  • Pada halaman tata letak klik keterangan Desainer Tema. Anda bisa melihatnya seperti pada gambar diatas.
  • Selesai...

Anda juga bisa mengeditnya melalui menu Tema dan klik SESUAIKAN. Kedua cara tersebut sama saja untuk penyesuaian dalam skema warna Blogger.


Mengganti Template Blogger


Bagi Anda yang masih pemula mungkin masih bingung nih bagaimana mengganti template blogspot yang benar. Berikut ini Cara Mengganti Template Blog Hasil Download:

  • Pertama anda bisa mendownload template blogger secara gratis disini. Atau membeli template blog dari penyedia jasa pembuatan template blogger sesuai keinginan.
  • Setelah itu, beralih ke blogger dan pada dashboard blogger pilih menu Tema.
  • Kemudian klik tab SESUAIKAN > Edit HTML.
  • Selanjutnya masukkan kode blank template terlebih dahulu untuk mereset dan mengganti template blog agar kodenya benar-benar bersih dari kode-kode sebelumnya.
  • Klik "Simpan" terlebih dahulu.
  • Kembali ke halaman tata letak dan tunggu proses pembersihan kurang lebih 5 menit.
  • Setelah itu buka file xml (template blogger) yang Anda download atau beli.
  • Salin semua kode tersebut yang ada di dalamnya.
  • Kembali ke menu "Tema" > kemudian pilih dan klik menu "Edit HTML".
  • Hapus semua kode yang ada di dalamnya.
  • Pastekan kode yang tadi di salin ke dalam editor blogger tersebut.
  • Klik Simpan.
  • Selesai...


Kesimpulan


Panduan tutorial ini bertujuan untuk menjelaskan cara mengedit template blog Blogger. Kami membahas metode HTML untuk memodifikasi desain, menambahkan widget pihak ketiga, mengganti template blog, dll. Dan dalam mode kustomisasi, Anda dapat mengubah warna font, ukuran, dll. Saya harap Anda menyukai artikel ini. Jika Anda memiliki keraguan, jangan ragu untuk bertanya di bagian komentar yang disediakan di bawah ini.

Demikian postingan kali ini tentang Cara Mengganti Template Blog Hasil Download. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk bagikan artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
1 Comments
  • ascrack.org
    ascrack.org May 13, 2022 at 3:27 AM

    Amazing blog! I really like the way you explained such information about this post with us. And blog is really helpful for us this website
    Notepad++ Crack
    Sound theory Gullfoss Crack
    ascrack.org

Add Comment
comment url