Cara Edit XML Template Blogger


Cara Edit XML Template Blogger Blog memungkinkan Anda untuk menyesuaikan struktur tata letaknya. Tetapi jika Anda memiliki pengetahuan dasar tentang HTML, XML, dan CSS, Anda dapat menyesuaikannya secara lebih drastis. Anda dapat menambahkan lebih banyak tata letak, menyesuaikan warna, bentuk, atau ukuran widget, dll. Pada artikel ini, kami akan membahas cara mengedit file tema XML Template Blogger.

Mungkin ada pertanyaan di benak Anda, amankah mengedit template Blogger? Artikel tutorial ini akan membantu Anda memahaminya juga.


Mengapa kita harus mengedit template Blogger?


Seperti yang telah kita bahas, kita dapat meningkatkan fungsionalitas blog Blogger dengan mengedit struktur temanya. Mari kita bicara tentang beberapa pengeditan signifikan yang dapat kita lakukan pada tema Blogger.

Berikut ini beberapa alasan mengapa harus mengedit template blogger:

  • Untuk menambahkan data meta tag ke blog Blogger,
  • Menambahkan data struktur markup skema ke Blogger,
  • Tambahkan CSS untuk membuat perubahan pada desain yang ada,
  • Javascript untuk meningkatkan atau menambahkan beberapa fungsionalitas ke blog,
  • Dan menghapus widget js default Blogger atau memodifikasi file tema,
  • perubahan lain yang diperlukan.


Metode untuk Mengedit Template Blogger


Pengguna Blogger dapat mengedit tema Blogger dengan dua metode. Berikut ini cara edit template blogger :

  • Metode Edit HTML – untuk Menambahkan kode baru, HTML, CSS ke Blog Blogger.
  • Metode kustomisasi – untuk mengubah warna tema, ukuran font, family, dan warna.

Untuk melakukan metode "edit html" Anda bisa login ke Blogger Pilih Tema Klik Opsi SESUAIKAN ▼ Pilih Edit HTML. Sedangkan "metode kustomisasi" Anda bisa edit melalui menu tata letak (desainer tema) atau tema (sesuaikan).

Dari sini, Anda dapat memahami bahwa metode HTML sangat membantu untuk menyesuaikan fungsionalitas Blogger.

Cara Mengambil Backup XML template Blogger


Anda dapat menggunakan metode ini untuk menambah, menghapus, atau memodifikasi kode ke dalam template Blogger Anda. Namun sebelum mengedit template Blogger, Anda harus membuat cadangan terlebih dahulu. Ini akan membantu jika ada perubahan yang Anda buat mengganggu desain tema. Anda dapat memulihkan Cadangan itu.

Berikut ini cara mengambil backup xml template blogger:

  • Pertama login ke Blogger.com
  • Pilih Tema Klik Opsi SESUAIKAN ▼
  • Pilih Cadangkan untuk membackup tema sebelum di edit.

Setelah mengklik panah opsi unduhan, beberapa opsi akan muncul. Pilih Cadangan untuk mengambil cadangan template. Setelah mengunduh XML, Anda dapat mengganti namanya dengan tanggal atau perubahan yang Anda buat untuk mengingat perubahan tersebut.

Anda dapat memulihkan Cadangan itu menggunakan opsi pemulihan yang disediakan tepat di bawah opsi Cadangkan.

Pastikan tema yang Anda gunakan mendukung HTML5 karena Google adalah program berbasis komputer untuk memahami tag yang tepat. Bagi anda yang masih menggunakan template default atau bawaan dari tema blogger, kami sarankan untuk download template blogger gratis yang sudah jadi dari JetTheme.


Cara Mengedit Template Blog Hasil Download


Pertama Anda dapat mengunduh file cadangan, setelah itu Anda dapat memulai dan mengedit kode template XML di Blogger. Anda dapat memodifikasi pengkodean XML dari opsi SESUAIKAN dengan menu pilihan Edit HTML seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.


Sekarang klik pada opsi Edit HTML yang disediakan di jendela yang sama dengan file Cadangan. Ketika Anda mengklik Edit HTML, jendela edit baru akan terbuka, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.


Selain itu, bagi Anda pengguna template blogger jettheme bisa melihat pengaturan kode tema html untuk setting template blogger untuk meningkatkan peforma dan SEO blog.

Jika Anda harus membuat perubahan kecil, maka Anda dapat menggunakan jendela ini sendiri. Namun untuk perubahan yang signifikan, silahkan copy seluruh file XML dan paste ke code editor komputer anda seperti notepad, Notepad++, VS Code, Atom, dll.

Selain itu Anda dapat meningkatkan desain, struktur untuk meningkatkan pengalaman pengguna atau SEO blog Blogger. Untuk info lebih lanjut Anda bisa membaca postingan kami sebelumnya tentang panduan belajar seo blogger untuk pemula disini.

Kustomisasi Menggunakan Metode Edit Template Tata Letak Blogger



Ini adalah tampilan Blogger yang mudah dikelola dari blog Blogger Anda. Opsi ini akan memberi Anda untuk mengubah latar belakang, warna tema utama, visibilitas gadget, warna font warna judul, ukuran font, dll.

Untuk melakukan kustomisasi edit menggunakan metode edit template melalui layout blogger, Anda hanya perlu mengklik Desainer Tema pada deskripsi di layout seperti terlihat pada gambar di atas. 

Tetapi metode ini hanya akan memberi Anda penyesuaian dalam skema warna Blogger. Anda tidak dapat memodifikasi, menambah, atau memodifikasi fungsionalitas apa pun menggunakan metode ini.


Kesimpulan


Panduan tutorial ini bertujuan untuk menjelaskan cara mengedit template blog Blogger. Kami membahas metode HTML untuk memodifikasi desain, menambahkan widget pihak ketiga, dll. Dan dalam mode kustomisasi, Anda dapat mengubah warna font, ukuran, dll. Saya harap Anda menyukai artikel ini. Jika Anda memiliki keraguan, jangan ragu untuk bertanya di bagian komentar yang disediakan di bawah ini.

Demikian posting kali tentang Cara Edit XML Template Blogger. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url