Cara Membuat Widget di Bawah Footer (About, Contact, Disclaimer dan Pripacy Policy)

Cara Membuat Widget di Bawah Footer - Blogger merupakan platform gratis yang digunakan sebagai media penulisan artikel yang dapat diakses oleh internet.

Selain itu, blog juga digunakan sebagai sarana untuk mengubah hobi menjadi penghasilan. Google AdsenSe adalah cara beriklan yang sederhana dan gratis yang disediakan oleh Google untuk memperoleh pendapatan dengan menempatkan iklan di situs Anda. 

Saat mendaftar akun blogger, pengguna juga bisa memilih template bawaan yang akan digunakan dari blogger. Salah satu template yang disediakan oleh blogger adalah tema Contempo dengan banyak fitur responsif, mobile friendly, fast loading dan menjadi kebanggaan yang disukai banyak pengguna blogger.

 
Kelemahan pada tema bawaan saat ini adalah pada pengaturan default yang harus kita gunakan dengan menambahkan kode kita sendiri seperti html dan css untuk memandu tampilan blog agar lebih profesional. Salah satunya dengan membuat menu navigasi di footer seperti about, privacy policy, disclaimer dan lain-lain.

Jika kamu melihat template blog premium yang keren atau free download, di bagian footer biasanya kamu akan menemukan tampilan menu yang biasanya terdiri dari halaman sitemap, about, contact, privacy dan disclaimer. Dibandingkan dengan tema default blogger, sangat berbeda. Seperti contoh tema bawaan blogger baru (contempo) di bawah ini.

Cara Membuat Halaman About, Contact, Disclaimer, Privacy di Template Bawaan Blogger

Pada gambar di atas terlihat tema bawaan yang sangat sederhana, saya hanya menambahkan gambar header dan foto profil pengguna. Untuk tampilan menu, area footer dan lain-lain masih kosong dan sangat sederhana, maka untuk itu kita perlu memodifikasi tampilan tema bawaan agar terlihat menarik dan dilengkapi dengan fitur yang dibutuhkan seperti blog pada umumnya.

 

Cara Membuat Widget di Bawah Footer


Cara Membuat Widget di Bawah Footer

Pada template blog premium, di bawah menu halaman di footer, biasanya di bagian bawah terdapat sesuatu seperti Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang seperti pada gambar diatas. Di template yang disediakan oleh blogger, kita sebenarnya bisa mengatur artikel ini di widget atribusi di dashboard. Namun tampilan yang terbatas pada versi mobile hanya muncul dengan Powered by Blogger .
 
Bagi pengguna template bawaan standar (default blogger), saya akan membagikan tutorial membuat tampilan menu halaman seperti sitemap, about, contact, dan privacy policy di bawah footer, disertai atribusi modifikasinya sendiri di bagian bawah. 

Buka akun blogger Anda dan pilih menu tema dan pilih sesuaikan klik edit html. Setelah itu cari kodenya dengan menekan ctrl + f (cari kode pencariannya) agar lebih cepat dan ketikkan kode showaddelement, cari kode percis showaddelement seperti pada kode di bawah ini.

 
Dan ubah kode showaddelement='yes' dan loked='false' hasilnya seperti kode diatas. Kode yes agar nantinya kita bisa memasang tampilan menu yang kita buat, sedangkan false agar atribusi bisa dihilangkan. Jika sudah, silahkan simpan tema tersebut.

Setelah itu kita siap untuk menambahkan menu yang ingin kita buat di footer tempat atribusi telah dihapus sebelumnya. Caranya klik add a gadget lalu pilih html / javascript. Lalu, kosongkan judul di kotak html salin kode di bawah ini dan paste di kotak lalu simpan.
 

Keterangan:


Ganti link di atas dengan alamat link menu halaman blog Anda. Anda dapat mengubah latar belakang atau pengaturan warna agar sesuai dengan keinginan Anda. Jika sudah, silakan klik simpan.

Penutup


Begitulah Cara Membuat Footer Widget Untuk Sitemap Tentang Contact Privacy Disclaimer beserta Hak Cipta dan sebagainya. Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url