Apa itu sitemap XML untuk situs web, peran dalam SEO 2022



Apa itu sitemap XML untuk situs web Sitemap atau yang biasa disebut dengan peta situs (daftar isi), sesuai dengan namanya, merupakan pemetaan dari sebuah website. Ini berisi seluruh struktur website, memberikan informasi kepada mesin pencari tentang konten yang tersedia di situs web. Pada artikel ini, kita akan memahami apa itu peta situs XML dan betapa pentingnya untuk SEO situs web.

Sitemap terdiri dari dua jenis:

  1. Sitemap HTML yang dapat dipahami oleh pengguna seperti Anda dan saya.
  2. Sitemap XML yang dapat dipahami oleh bot mesin telusur.


Apa itu Sitemap XML?


Sitemap adalah daftar konten pada sebuah situs web yang dapat memudahkan pengguna untuk mencari artikel berdasarkan label atau kategori. maka dengan itu pentingnya sebuah halaman peta situs (sitemap) untuk memudahkan pengunjung yang sedang browsing blog anda.

Sitemap Example

Berikut ini adalah contoh sitemap blogger yang ada pada suatu blog atau website:


File peta situs XML terletak di direktori root situs web. Ini berisi daftar semua konten yang dipublikasikan di situs web. Oleh karena itu, sangat membantu bagi mesin pencari seperti Google untuk menemukan semua konten yang tersedia di situs web.

Setiap situs web harus berisi peta situs dengannya. Jika situs web Anda tidak saling terkait dengan benar, peta situs membantu mesin pencari menemukan semua konten yang tersedia di situs web, bahkan orphan content.

Google mendukung beberapa format untuk sitemap, tetapi format XML sebagian besar digunakan untuk itu. Anda dapat menyediakan hingga 50.000 URL dan 50MB dalam satu sitemap (kedua batas tersebut tidak diperbolehkan). Jika Anda memiliki situs web yang lebih besar, Anda dapat membuat beberapa sitemap.

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>   <sitemapindex xmlns="http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9">     <sitemap>       <loc>http://www.example.com/sitemap1.xml.gz</loc>     </sitemap>     <sitemap>       <loc>http://www.example.com/sitemap2.xml.gz</loc>     </sitemap>   </sitemapindex>

Jika Anda ingin memahami sintaks secara detail, Anda dapat merujuk ke halaman ini. Setelah Anda membuat sitemap untuk situs web Anda, Anda dapat mengirimkan XML dengan menghubungkan blogger ke Google Search Console untuk mengindeks situs web Anda untuk hasil pencarian di mesin telusur.

Extension of sitemap for additional media type


Google mendukung sitemap Video, Gambar dan Berita, dan Search Engine Bing mendukung peta situs Video.

Anda dapat menambahkan peta situs untuk jenis media tambahan, tetapi mesin telusur mungkin menemukan media terlampir di dalam konten. Jadi tidak perlu menambahkan media terlampir. Google cukup pintar untuk menganalisis ini untuk Anda.

Contoh untuk Sitemap WordPress


Berikut ini adalah contoh untuk sitemap WordPress:



Bagaimana cara menghasilkan file sitemap XML untuk WordPress?


WordPress adalah sistem manajemen konten paling populer untuk blogging, e-commerce, dan aplikasi web lainnya. Pembaruan WordPress versi 5.5 merilis sitemap dasar dengannya.

Anda juga dapat menggunakan plugin Jetpack, Yoast SEO, Rank Math, dan All in One SEO untuk menghasilkan peta situs. Lihat konten kami, cara mengonfigurasi Yoast SEO, plugin Rank Math SEO, dan membuat peta situs untuk situs web Anda.

Bagaimana cara menghasilkan file sitemap XML untuk Blogger?


Ada banyak alat yang tersedia di internet untuk menghasilkan peta situs untuk blog Blogger. Tetapi alat ini tidak dapat menghasilkan peta situs lengkap untuk posting dan halaman blog.

Blogger sudah memiliki sitemap untuk semua blognya ke direktori root mereka. Anda dapat mengaksesnya dengan menambahkan sitemap.xml dan sitemap-pages.xml di akhir URL. Untuk ini, Anda dapat membaca artikel kami tentang cara membuat sitemap di Blogger.

Apa yang harus disertakan dalam sitemap?


Pada plugin di atas, jika situs web Anda adalah situs web blogging, Anda dapat menyertakan sitemap Postingan dan Halaman di sitemap utama. Dan semua halaman lain seperti kategori, label, testimonial, dll., harus tidak diindeks untuk hasil terbaik.

Dengan menandai noindex ke kategori, tag, dll., situs web tidak akan ditautkan ke artikel lain dari situs web itu sendiri. Untuk menghindari masalah ini, harap pertimbangkan untuk menautkan situs web dengan setiap posting.

Baca juga : Cara Membuat Label di Blog dengan Kategori Menurut Postingan

Bagaimana cara kerja sitemap?


Jika tidak ada sitemap untuk sebuah situs web, maka konten yang tidak tertaut secara internal dengan konten lain yang tersedia di situs web akan menjadi orphan content. Dan mesin pencari tidak dapat mengakses konten ini. Akibatnya, konten tidak akan diberi peringkat (PageRank SEO) dalam pencarian, tidak peduli seberapa unik atau informatifnya konten tersebut. Tetapi dengan bantuan sitemap, artikel ini akan selalu ada di daftar mesin pencari.

Saat Anda menambahkan posting atau halaman baru ke situs web Anda, itu akan secara otomatis ditambahkan ke file XML peta situs. Dan mengirimkan file XML ping ke mesin pencari google dan mengindeks entri baru Anda.

File peta situs berisi URL dari semua posting dan halaman blog atau situs web dengan waktu pembaruan atau publikasinya. Ini melakukan ping ke mesin pencari untuk mengindeks halaman/postingan baru atau artikel yang diperbarui.

Referensi Sitemap XML


Anda dapat mengirimkan sitemap web ke Google Search Console dan alat webmaster Bing. Bersamaan dengan ini, Anda juga dapat merujuknya di file robots.txt situs dengan menggunakan robots.txt dengan efektif di Blogger.

Anda dapat menambahkan lebih dari satu sitemap di file robots.txt. Itu akan membantu berbagai mesin pencari untuk menemukan peta situs di situs web Anda.

Kesimpulan


Sebenarnya sitemap tidak wajib tetapi sangat penting untuk website Anda agar mudah dibaca oleh mesin pencari Google. Jadi pastikan website Anda sudah memilikinya. Untuk itu Anda bisa mengecek secara berkala kondisi sitemap Anda di Google Search Console, untuk menghindari masalah pada proses crawling Google. Jika terjadi masalah Anda bisa membaca postingan kami sebelumnya tentang Diindeks, meski diblokir oleh robots.txt di gsc.

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu sitemap dan bagaimana cara membuat sitemap untuk strategi SEO website Anda. Memiliki peta situs cukup penting dalam upaya SEO agar Google dapat memahami struktur situs web Anda dan merayapi situs web Anda dengan mudah. Crawling adalah salah satu cara kerja mesin pencari.

Demikian posting kali tentang Apa itu sitemap XML untuk situs web, peran dalam SEO 2022. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Admin
    Admin May 3, 2022 at 11:53 AM

    Test

Add Comment
comment url