Cara Mengubah Template Blog Seperti Website Profesional


Template Blog Seperti Website Profesional Salah satu cara yang banyak dilakukan blogger adalah mengubah template default menjadi template yang memiliki tampilan seperti website profesional. Dengan tampilan blog yang terlihat seperti website tentunya dapat menarik simpati dari para audience blog atau website anda.

Apakah Anda seorang blogger mapan yang ingin membuat blog Anda terlihat lebih profesional? Mungkin Anda baru memulai blogging dan ingin mengetahui praktik terbaiknya? Siapa pun Anda, Anda dapat dengan mudah membuat situs web yang tampak mulus melalui Blogger.

Agar Anda mengerti Bagaimana Mencari Kehidupan Sebagai Blogger Profesional. Jangan khawatir tentang itu pada awalnya memang lumayan sulit, tetapi semua akan tampak menjadi lebih muda karena pada posting ini kami akan memberi Anda beberapa tips tentang Cara Mengubah Template Blog Seperti Website Profesional.

Membuat Website Melalui Blogger


Mungkin Anda baru memulai di dunia blogging dan ingin belajar cara membuat website. Untuk memulainya, ada 2 pilihan platform yang paling umum untuk blogging, yaitu Blogger dan WordPress. Mungkin hal pertama yang terlintas di benak banyak orang adalah membuatnya menggunakan platform WordPress. Hal ini bisa dimaklumi karena menurut penilaian beberapa ahli ada 37 juta website yang menggunakan WordPress.

Sayangnya, beberapa orang berpikir bahwa WordPress tidak memenuhi tujuannya sebagai CMS yang sepenuhnya ramah pengguna. Untuk beberapa orang yang membutuhkan alternatif yang lebih langsung, itu tidak berhasil. Jangan khawatir, karena ada solusi untuk masalah ini Anda masih bisa menggunakan platform Blogger untuk membuatnya.

Ada beberapa alasan mengapa Blogger adalah alternatif yang baik untuk WordPress. Ini memiliki proses pengaturan dan pendaftaran yang cepat. Setelah Anda mendaftar, Anda dapat mulai menulis konten Anda segera.

Kepemilikan Blogger dialihkan ke Google ketika membeli Pyra Labs pada tahun 2003. Berada di bawah kepemilikan Google berarti Blogger terintegrasi dengan produk mereka yang lain. Anda dapat berbagi ruang dengan Gmail dan Google Drive. Foto Anda juga disimpan di Google Foto.

Selain itu, Anda bisa membuat website melalui blogger secara gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk hosting. Karena Google sudah menghosting Blogger di server mereka sendiri. Dengan membuat blog gratis melalui Blogger Anda akan mendapatkan alamat domain yang berakhiran blogspot.com. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan alamat default blogger dengan membeli domain .com/.id/.net dll di penyedia layanan hosting yang dapat Anda temukan di situs web tertentu.


Jika Anda telah membuat blog gratis di blogspot menggunakan Blogger, maka Anda akan mendapatkan template gratis yang telah disediakan dengan tema default yang disebut Contempo dari Blogger.


Baca juga : Cara memodifikasi tampilan tema Contempo di Blogger, Cara Membuat Widget di Bawah Footer (About, Contact, Disclaimer dan Pripacy Policy), dan Cara Mengubah Navigasi Halaman Template Blogger.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang keamanan. Semuanya diurus oleh sistem pendukung. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan banyak fitur Blogger secara gratis!

Terkadang template bawaan dari blogger terlihat biasa saja. Dan hal ini membuat anda yang masih pemula kurang percaya diri dengan penampilan yang telah diberikan. Itu sangat wajar karena Anda menggunakan template gratis dan bukan yang berbayar.

Banyak template gratis yang bisa Anda dapatkan dari Google. Bahkan banya para blogger yang membagikan template premium yang bisa Anda gunakan secara gratis. Namun perlu anda ketahui ada perbedaan dari tampilan blog dengan website pada umumnya. Karena pada dasarnya website lebih praktis dengan tampilan yang lebih menarik dibandingkan blog yang dibuat melalui Blogger. Misalnya seperti perbedaan Website Statis dan Dinamis.

Namun, banyak blogger mendesain blog mereka agar terlihat keren dan menarik. Tampilan blogger keren dan menarik ini memiliki tampilan seperti website pada umumnya. Bagi anda yang masih pemula dan ingin belajar merubah template blog menjadi seperti website, inilah postingan artikel yang tepat. Anda dapat mengubah template blog seperti website menjadi lebih menarik. Untuk itu simak ulasan berikut sampai selesai untuk Cara Mengganti Template Blog Seperti Website Profesional.


Cara Mengubah Template Blog Seperti Website Profesional


Cara Mengubah Template Blog Seperti Website Profesional adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk memperindah tampilan blog menjadi lebih elegant. Cara membuat tampilan blog seperti website profesional bisa dilakukan dengan mengubah template atau tema blog. Nah disini kami akan menjelaskan tentang cara merubah tampilan blog agar lebih menarik dengan melakukan beberapa pengeditan seperti merubah template bawaan blogspot dan mengedit HTML.

Berikut ini Cara Mengubah Template Blog Seperti Website Profesional:

  • Pertama Masuk ke Blogger.
  • Pilih Tema > Edit Html > Reset Template Terlebih dahulu: Cara Mereset dan Mengganti Template Blog.
  • Kemudia Download Template Invento melalui tombol download di bawah.
  • Buka file Invento Blogger Template di Notepad.
  • Salin semua kode dan letakkan di Editor HTML Blogger.
  • Terakhir Simpan Tema dan lihat Blog.

Download Template Invento


Pertama anda harus Download Template Invento free template blogger. Berikut adalah template blogger gratis indonesia yang bisa Anda pelajari dan gunakan untuk Mengubah Template Blog Menjadi Website:

  • Nama Template : Invento Blogger Template
  • Designed By : Invento

Anda bisa langsung download disana dan klik tombol FREE DOWNLOAD. Selain itu, Anda bisa lihat demo untuk contoh tampilan blog template Invento.


Setting Template Invento


Berikut ini adalah Setting Invento Template untuk mengubah tampilan blog yang bisa Anda pelajari dan modifikasi sesuai dengan kreativitas yang Anda miliki saat ini. Bahkan tanpa modifikasi, template ini sudah oke dan siap digunakan.

Fitur Utama Inovatif


  • Desain Bagus Dan Bersih
  • Tata Letak Tema Responsif
  • Tampilan Elegan
  • SEO Dioptimalkan
  • Tema Pemuatan Cepat
  • Menu Navigasi Responsif
  • Widget Navigasi Halaman

Edit Menu



Buka Blogger.com > Blog Anda > Template > Edit HTML dan temukan teks berikut:- <!-- Top Menu -->


Sekarang ubah semua tautan dengan milik Anda sendiri.

Edit Jumbotron



Buka Blogger.com > Blog Anda > Template > Edit HTML dan temukan teks berikut: <!-- Jumbotron -->


  • Edit Jumbotron Heading[H2]
  • Edit Jumbotron Paragraph
  • Edit Jumbotron Buttons

Sekarang ubahlah.

Edit SERVICES



Buka Blogger.com > Blog Anda > Template > Edit HTML dan temukan teks berikut:- <!-- OUR SERVICES -->


  • Edit OUR SERVICES H3
  • Edit OUR SERVICES Paragraph
  • Edit OUR SERVICES Btn

Sekarang ubahlah.

Edit Quotes Section



Buka Blogger.com > Blog Anda > Template > Edit HTML dan temukan teks berikut:- <!-- Quotes Section -->


  • Edit Person Paragraph
  • Edit Person Name

Sekarang ubahlah.

Edit Counter



Buka Blogger.com > Blog Anda > Template > Edit HTML dan temukan teks berikut:- <!-- Parallax Section - Counter-->


  • Edit Counter No
  • Edit Counter Title
  • Edit Counter Paragraph

Sekarang ubahlah.

Edit Our Team



Buka Blogger.com > Blog Anda > Template > Edit HTML dan temukan teks berikut:- <!-- Team Section -->


  • Edit User Image
  • Edit User Social Links
  • Edit User Name
  • Edit User Post

Sekarang ubahlah.

Edit Sponsers



Buka Blogger.com > Blog Anda > Template > Edit HTML dan temukan teks berikut:- <!-- Clients Logos Section -->


  • Edit Clients Logos

Add Button



1. Di bagian Posting, klik edit postingan atau buat postingan baru
2. Klik pada HTML
3. Sebuah kode ditulis di atas gunakan kode itu untuk menampilkan tautan Tombol itu

4. Simpan Postingan Anda dan periksa.

Selamat, sekarang Anda telah berhasil mengubah template blog menjadi seperti website. Tapi bagaimana membuatnya profesional? Untuk informasi tersebut anda bisa membaca artikel ini sampai habis agar dapat memahaminya.

Baca juga : 10 Tips Menjadi Blogger Pemula dan Menghasilkan Uang

Cara Membuat Situs Blogger Anda Terlihat Profesional


Untuk membantu Anda membuat situs Blogger yang terlihat lebih profesional, saya telah memberikan beberapa tips untuk Anda di bawah ini:

1. Beli Nama Domain


Saat Anda mendaftar dengan Blogger, alamat situs web Anda akan memiliki subdomain tambahan – blogspot.com. Misalnya, jika Anda ingin suaraindigo sebagai alamat situs Anda, maka akan keluar sebagai suaraindigo.blogspot.com.

Menggunakan subdomain default sama sekali membuat nama blog menjadi tidak profesional, dan menunjukkan bahwa Anda tidak ingin berinvestasi dalam proyek Anda. Oleh karena itu, Anda harus menghapus subdomain dari bawaan Blogger.

Anda dapat menghapus subdomain dengan membeli domain dari situs web seperti rumahweb.com. Periksa ketersediaan domain Anda, beli, dan Anda sudah siap. Kalau bingung di bagian ini Anda bisa membaca Panduan Custom Domain Blogspot Rumahweb dari Clientzone.

2. Buat Logo dan Favicon Anda Sendiri


Logo adalah cara lain untuk mempresentasikan merek dan identitas Anda. Produk Anda, visi Anda, misi Anda, logo harus dapat menunjukkan semuanya. Jika Anda membuat logo yang representatif, itu akan membantu untuk menonjolkan tentang situs web yang dikelola.

Ada cara untuk membuat logo Anda tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Opsi pertama adalah Zyro Logo Maker yang merupakan alat yang sepenuhnya gratis. Opsi kedua adalah SoThink Logo Maker Professional. Ini menawarkan uji coba gratis 30 hari untuk pengguna baru.

Setelah Anda membuat logo, Anda dapat menempatkannya di mana saja Anda suka. Namun, ada tempat di mana Anda harus meletakkan logo yang disebut favicon.

Favicon adalah ikon yang terletak di sebelah kiri nama situs web Anda seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Menambahkan favicon adalah detail kecil yang sangat bagus yang tidak boleh diabaikan. Ini menunjukkan bahwa Anda peduli dengan tampilan situs web Anda, dan membantunya menonjol di antara banyak tab browser.

Ukuran satu favicon tidak boleh lebih dari 100 KB.

Untuk menambahkan favicon caranya juga cukup mudah. Buka bagian Setelan di dasbor Blogger > Dasar > Favicon.

Blogger akan membawa Anda ke tab baru. Di sana, unggah ikon yang Anda inginkan. Setelah mengklik Simpan , Blogger akan me-refresh sendiri, dan favicon Anda akan muncul.

3. Sesuaikan Template Anda 


Meskipun Blogger memiliki tema default, Anda harus mengubahnya sampai batas tertentu. Warna utama template Anda, tampilan utama, dan aspek lain yang terkait dengan template juga mewakili Anda secara profesional. Semakin unik template Anda, semakin berkesan bagi audiens. Anda juga bisa memilih template siap pakai untuk blogging yang sudah kami sediakan di blog sederhana ini melalui; Kategori > Template.

Tentu saja, Anda tidak boleh melupakan kemudahan penggunaan. Anda perlu memastikan bahwa pengguna dapat mengunjungi situs web Anda dengan lancar, tanpa harus berhenti dan memikirkan di mana ada sesuatu. 

Baca juga : 5 Cara Terbukti Mempercepat Blog dan Meningkatkan Skor Wawasan PageSpeed

4. Menambahkan Halaman Penting


Sekarang setelah Anda mengubah tata letak dan favicon situs web Anda, saatnya untuk beralih ke halaman.

Hal yang hebat tentang Blogger adalah memungkinkan Anda menambahkan hingga 20 menu di bawah header Anda. Untuk situs web profesional, Anda memerlukan beberapa halaman statis. Selain itu, menu dapat digunakan sebagai jalan pintas untuk mengakses halaman statis.

Untuk membuat situs web profesional, Anda harus memiliki halaman Beranda, Tentang, FAQ, dan Kontak yang diperlukan.

Beranda adalah tampilan utama situs web Anda. Inilah yang pertama kali dilihat orang ketika mereka mengunjungi situs Anda.

Sedangkan halaman About adalah tempat dimana Anda bisa memperkenalkan produk history, visi, misi, dan tentu saja tentang diri Anda sendiri. Jika Anda melakukan personal branding, halaman tersebut digunakan untuk menceritakan riwayat Anda.

FAQ (Frequently Asked Questions) digunakan untuk menjawab pertanyaan paling umum yang diajukan oleh pengguna.

Jika pengguna ingin mengajukan pertanyaan yang tidak ditampilkan di FAQ, Anda harus mengarahkan mereka ke cara menghubungi Anda. Bagian Kontak dapat disajikan sebagai halaman statis juga.

Setelah itu, Anda dapat menambahkan halaman lain yang relevan dengan niche Anda. Jika Anda seorang desainer, Anda dapat menambahkan halaman "Portofolio". Seorang penulis dapat membuat halaman "Daftar Cerita". Tambahkan halaman sebanyak yang Anda inginkan, selama relevan dengan fokus Anda.

5. Menambahkan Fitur yang Relevan


Ada fitur lain yang dapat Anda gunakan di Blogger seperti AdSense, tautan berlangganan, dan gadget lain yang ditemukan di bagian tata letak.

Anda juga dapat menambahkan tombol Paypal jika Anda ingin menjual produk. PayPal menawarkan berbagai jenis tombol yang dapat Anda tempel di bagian HTML/JavaScript pada pengaturan Blogger.

Jika Anda memiliki media sosial yang terkait dengan situs web Anda, Anda dapat menambahkan tombol yang akan membawa pengunjung langsung ke platform. Beberapa perusahaan menawarkan widget media sosial otomatis seperti POWr.

Ingatlah untuk menggunakan widget dengan hemat. Tidak perlu mengumpulkan situs Anda.

6. Optimalkan Situs Anda untuk Perangkat Seluler


Komputer bukan satu-satunya perangkat yang digunakan orang untuk membuka situs web saat ini. Sebuah studi tahun 2016 menyatakan bahwa penggunaan internet seluler terus meningkat 16% dari tahun ke tahun. Ini membuat desain responsif menjadi suatu keharusan bagi setiap pembuat konten profesional.

Desain responsif adalah praktik yang berfungsi untuk membuat situs yang tampak hebat dan bekerja dengan sempurna di semua jenis layar – dari desktop hingga seluler.

Untungnya, Blogger memiliki bagian khusus untuk tata letak seluler. Itu terletak di bawah pengaturan Tema. Klik roda di bawah Seluler untuk mengedit tema seluler Anda.


Baca juga : Cara Menulis Artikel SEO yang Benar di Blog

Kesimpulan


Selamat, Anda telah berhasil! Anda sekarang dapat membuat situs web profesional melalui Blogger. Namun, integrasi Blogger dengan Google menawarkan banyak fitur. Anda dapat mengatur dan menguasainya jauh lebih mudah daripada platform lain.

Jika Anda ingin membuat situs web profesional, mengapa tidak memulainya sesegera mungkin? Semoga tips ini membantu Anda sepanjang perjalanan Anda dalam mengembangkan blog atau website menjadi lebih baik lagi.

Demikian posting kali tentang Cara Mengubah Template Blog Seperti Website Profesional. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url