Cara Decrypt dan Enkripsi Password MD5 Online di PHP


Cara Decrypt dan Enkripsi Password MD5 Salah satu bagian terpenting dari sebuah situs web adalah sistem otentikasi dan biasanya pengembang membuat kesalahan dengan mengabaikan kerentanan untuk dieksploitasi oleh orang lain. Karena PHP adalah bahasa skrip sisi server, PHP bertanggung jawab untuk semua fungsi back-end yang diperlukan oleh situs web.

Jika Anda baru mengenal dunia MD5, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri bagaimana cara mendekripsi kata sandi MD5 di PHP setelah mengenkripsinya. Dalam posting ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan ini, tetapi Anda mungkin memerlukan penjelasan tentang algoritma MD5 sebelumnya. Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya tentang Pengenalan Dasar PHP dan Contohnya.

Algoritma kriptografi MD5 tidak dapat diubah.
PHP dapat mengenkripsi kata apa pun ke dalam MD5, tetapi tidak mendekripsi hash MD5 untuk mengambil kata aslinya.
Saat menggunakan algoritma MD5 untuk memeriksa kata sandi di PHP, kedua sisi harus dienkripsi (kata sandi diketik dan kata sandi disimpan dalam database).

Pada artikel ini, kami akan membahas cara mendekripsi kata sandi md5 di PHP dengan urutan sebagai berikut:


Simak ulasan cara decrypt password mysql dari urutan di atas untuk cara mendekripsi password md5 di PHP mari kita mulai.


Mengapa kita membutuhkan MD5 di PHP?


Salah satu contoh dasar dapat menyimpan dan menggunakan kata sandi pengguna dalam bentuk aslinya, dalam situasi ini orang yang tidak berwenang mungkin mendapatkan akses ke database dan seluruh sistem dikompromikan.

Untuk mencegah situasi ini, hashing kata sandi digunakan. Hashing kata sandi dapat didefinisikan sebagai metode yang mengambil kata sandi atau string pengguna dan mengenkripsinya menjadi kata sandi dengan panjang tetap, PHP memiliki beberapa fungsi untuk mencapai hal yang sama seperti md5(), sha1(), hash().

Baca juga : Cara Menghapus dan Mengaktifkan Perintah DROP DATABASE phpMyAdmin

Apa itu MD5 hashing?


Algoritma MD5 hashing menghasilkan string 32 karakter (heksadesimal) untuk setiap kata atau frasa yang kami berikan di input. Kami bahkan dapat mengenkripsi seluruh file ke dalam MD5 hash.

Algoritma juga dapat digunakan untuk aplikasi tanda tangan digital, di mana file besar dikompresi dengan cara yang aman dan kemudian dienkripsi dengan bantuan kunci pribadi.


Bagaimana cara menggunakan MD5 di PHP?


Untuk menghitung MD5 hash dari sebuah string, PHP memiliki fungsi yang telah ditentukan md5(). Fungsi md5() menghitung MD5 hash dari string input dan mengembalikan nomor heksadesimal hash. Fungsi md5() menggunakan Algoritma MD5 Message-Digest.

Syntax:


md5(string,raw)

Parameter Description
string Wajib. Ini adalah string input yang perlu dihitung
raw Opsional. Menentukan format output biner atau hex:

  • Jika disetel ke TRUE – Format biner 16 karakter mentah
  • Jika diatur ke FALSE – Default. 32 karakter angka heksagonal

Return Type:


md5() mengembalikan hash sebagai angka heksadesimal 32 karakter.


Cara Decrypt Password MD5 di PHP


Algoritma kriptografi MD5 tidak reversibel yaitu Kami tidak dapat mendekripsi nilai hash yang dibuat oleh MD5 untuk mendapatkan input kembali ke nilai aslinya. Jadi tidak ada cara untuk mendekripsi password MD5.

Tetapi di sini kita dapat menggunakan sesuatu seperti peretasan brute force, yang sangat menguras sumber daya, rumit, dan tidak etis. Jadi jika seseorang memasukkan password yang benar, kita perlu menemukan nilai hash dari apa pun yang dimasukkan pengguna, dan melihat apakah itu cocok dengan apa yang kita miliki di database kita, jadi ini adalah pekerjaan intensif waktu dan sumber daya yang harus dilakukan.

Dimungkinkan untuk menebak apa password yang sebenarnya dengan melihat di kamus hash MD5 dari banyak kata yang dikenal, kamus ini dapat berguna untuk memberi tahu pengguna bahwa kata sandi pilihannya dapat dengan mudah ditemukan sehingga kami dapat meminta pengguna untuk membuat sandi yang lebih kuat.


Contoh untuk Mendekripsi Kata Sandi MD5


Contoh 1:


Output:


Pada contoh di atas, kita mencetak nilai hash “PHP dengan Edureka” yang dihasilkan oleh fungsi md5().

Contoh 2:


Output:


Pada contoh di atas, kita periksa apakah nilai hash dari variabel $string sama dengan 876882cfaea523463ad5f746c05a1049 program akan mencetak “PHP dengan samuelpasaribu.com is Fun” jika tidak maka akan mencetak “find the error”.

Contoh 3:


Output:


Pada contoh di atas, kita melihat implementasi parameter mentah dalam fungsi md5(). Jika kita set ke TRUE memberikan 16 karakter output biner sebaliknya hanya memberikan 32 karakter angka hex.

Contoh 4:


Output:

Kode di atas memberikan output berupa HTML dengan blok teks dan tombol kirim jika kita memasukkan kata sandi yang benar akan mencetak "Kata sandi yang benar" jika tidak maka akan mencetak "Kata sandi yang salah".


Ketika kita mengetik kata sandi yang salah misalnya di sini ia memeriksa hash dari input "pass" dengan hash dari kata sandi yang benar "pass123" jika tidak cocok memberikan keluaran seperti berikut ini.


Ini akan mencetak "Kata sandi tidak valid"


Jika kita mengetikkan kata sandi yang benar (yaitu "pass123") hash input cocok dengan hash kata sandi yang benar dan memberikan output berikut


Ini mencetak "Kata sandi yang benar".


Setelah mengetahui cara Decrypt MD5 Password di PHP, nah untuk lebih jelas lagi kami akan memberikan tutorial membuka enkripsi password md5. Untuk itu simak tutorial berikut ini sampai selesai agar kalian bisa memahami Cara Mengetahui Enkripsi Password MD5 Online.

Baca juga : Cara Membuat Virus untuk Mencuri Data di Komputer

Cara Mengetahui Enkripsi Password MD5 Online


Posting ini akan membahas tutorial tentang cara "menampilkan password md5 php". Namun sebelum kami memberikan tutorial cara melihat password md5 online, ada baiknya jika kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Enkripsi, Decrypt, dan MD5.

Enkripsi

Enkripsi adalah proses mengamankan informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.

Decrypt

Decrypt adalah salah satu cara untuk menjadikan data menjadi sesuatu yang dapat diungkapkan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dipahami oleh seseorang yang belum mengalaminya sendiri. Decrypt adalah kebalikan dari Enkripsi.

MD5

MD5 (Algoritme Message-Digest 5) adalah fungsi hash kriptografi yang banyak digunakan dengan nilai hash 128-bit. Dalam standar Internet (RFC 1321), MD5 telah digunakan di berbagai aplikasi keamanan, dan MD5 juga biasa digunakan untuk melakukan tes integritas file.

Jika Anda tidak mengerti, Anda dapat melihat gambar ini:


Berikut ini adalah Cara Mengetahui Enkripsi Password MD5 Online:

Langkah 1 : Open Browser


Buka browser dan kunjungi alamat situs web ini md5onlone.org

Sekarang gulir ke bawah dan lihat bagian MD5 Decryption dari situs web terlihat seperti ini:


Langkah 2 : Paste Code MD5


Selanjutnya jika ingin mencobanya silahkan paste contoh kode MD5 Password ini : b7b1dc541ba98a721295e3d2a9079e7a


Langkah 3 : Klik Tombol Decrypt


Maka akan muncul password md5 yang telah di decrypt yaitu Found: covid19


Selesai...

Baca juga : Cara Meretas dan Mengamankan Akun Facebook

Kesimpulan


Sekarang dengan ini, kita telah sampai pada akhir Tutorial PHP. Saya harap kalian menikmati artikel ini dan memahami konsep decrypt dan enkripsi password md5. Jadi, dengan berakhirnya Tutorial PHP ini, Anda bukan lagi pemula dalam bahasa scripting.

Demikian posting kali tentang Cara Decrypt dan Enkripsi Password MD5 Online di PHP. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
3 Comments
  • DebrajCode
    DebrajCode November 7, 2021 at 11:06 PM

    This comment has been removed by the author.

  • DebrajCode
    DebrajCode November 7, 2021 at 11:07 PM

    আপনার প্রথম পাইথন প্রোগ্রাম লিখুন

    কিভাবে পাইথনের প্যাকেজ ডাউনলোড করবেন যেমন Numpy, Pandas, Xlrd, Matplotlib

    উইন্ডোজের জন্য পাইথন ইনস্টল করবো কি ভাবে?

    সি প্রোগ্রামিং বনাম পাইথন প্রোগ্রামিং

    গার্বেজ কালেকশন কি

    পাইথন ভার্চুয়াল মেশিন ও ফ্রোজেন বিনারীজ কি

    পাইথনের ফ্লাভোর্স কি এবং কি কি ধরনের

    পাইথন প্রোগ্রাম কিভাবে চলে

    • Admin
      Admin November 9, 2021 at 1:46 PM

      ভাল বাস্তবায়ন ধারণা। আমার ব্লগে স্বাগতম @DebrajCode

Add Comment
comment url