Cara Membuat Fitur Mode Gelap Asli di Blogger

Cara Membuat Fitur Mode Gelap Asli di Blogger

Cara Membuat Fitur Mode Gelap Asli di Blogger - Mode gelap (dark mode) adalah tampilan untuk sebutan front-end yang didesain untuk antarmuka pengguna (UI) menggunakan skema warna dari tampilan mode terang ke mode gelap. Pada mode ini, biasanya warna hitam atau abu-abu digunakan sebagai warna background utama. 

Dengan fitur mode gelap, fokus kita pada layar menjadi lebih mudah dan otomatis kelelahan atau ketegangan mata berkurang. Ini juga diyakini oleh Apple. Saat merilis mode gelap MacOS Mojave, Apple mengatakan bahwa mode ini dapat membantu konsentrasi karena lebih nyaman di mata. 

Seperti diketahui, rata-rata waktu pengguna internet mengakses dunia maya adalah pada malam hari. Itulah mengapa fitur Dark Mode dibutuhkan untuk mengurangi beban cahaya pada mata. Bahkan developer seperti YouTube, Instagram, Facebook telah menambahkan fitur ini ke situs mereka karena mereka paham betapa sibuknya netizen menggunakan aplikasi online saat tidur.


Cara Membuat Fitur Mode Gelap


Bagi Anda yang ingin melakukan hal serupa dengan menambahkan fitur Dark Mode yang dilengkapi dengan tombol on / off pada blog pribadi. Berikut langkah-langkah Cara Membuat Fitur Mode Gelap Asli di Blogger :

Langkah 1 : Buka dashboard blogger, silahkan pilih menu tema, dan klik EDIT HTML. Setelah itu cari kode  ]]></b:skin> dengan menekan CTRL+F, ketikkan kata kunci 'skin' lalu enter dan cari kodenya. Setelah itu copy kode di bawah ini dan paste di atas kode  ]]></b:skin>

 
Langkah 2 : Selanjutnya silahkan cari kode </head> dan copy kode di bawah ini bagi yang belum menambahkan (install) jquery.min.js dan paste di atas kode </head>

 
Langkah 3 : Salin kode javascript di bawah dan paste di atas kode </body>

 
Langkah 4 : Setelah selesai, simpan tema yang telah dimodifikasi diatas. Lalu beralih ke tata letak tambahkan gadget tambah HTML/JavaScript dan paste kode HTML di bawah ini ke kotak konten. Lalu simpan dan save di menu tata letak tersebut.  

 
Kode diatas merupakan tombol switch on/off yang nantinya bisa digunakan untuk merubah tema normal menjadi mode gelap. Ini dapat ditempatkan di mana saja, tetapi untuk tujuan praktis, tambahkan gadget di dashboard melalui Tata Letak > Tambah Gadget > Pilih HTML/Javascript. 

Kesimpulan


Pada postingan ini adalah tutorial untuk menambahkan fitur Dark Mode ke blog lengkap dengan tombolnya. Jika Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, maka fitur mode gelap ini akan berfungsi dengan baik di blog Anda.

Jika fitur tidak aktif seperti yang diharapkan, misalnya warna tema tidak berubah sebagaimana mestinya, maka perlu diketahui bahwa setiap template blog memiliki struktur yang berbeda. Sehingga dibutuhkan pengetahuan tentang CSS agar blog benar-benar dapat mengaplikasikan fitur ini dengan sempurna.

Penutup


Demikian artikel pada postingan kali ini Cara Membuat Fitur Mode Gelap Asli di Blogger dengan mudah dan benar. Ikuti langkah-langkah di atas dari awal sampai akhir, Agar tidak ada kesalahan dalam proses pembuatan mode gelap di blogger.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url