Apa itu Internal Linking untuk SEO? Semua yang perlu Anda ketahui


Apa itu Internal Link untuk SEO? Semua yang perlu Anda ketahui tentang situs web salah satunya seperti tautan internal ini. Internal link adalah hyperlink yang mengarah ke halaman dalam domain yang sama. Ini berbeda dengan tautan eksternal, yang menautkan ke halaman di domain lain.

Otak manusia adalah contoh terbaik dari internal linking, unit terkecil dari otak adalah neuron, dan setiap neuron terhubung melalui sinapsis, membentuk struktur yang tepat. Setiap kali kita melupakan sesuatu, otak kita tahu bahwa kita akan mengingat bahwa alasan untuk melupakan adalah ikatan sinaptik yang lemah (tautan internal).

Demikian pula, ketika kami tidak menautkan halaman secara internal dengan baik, Google lupa atau mungkin tahu ketika Anda memaksanya melakukannya. Otak manusia adalah contoh terbaik dari struktur dan pikiran situs web untuk SEO.


Apa itu Internal Linking?


Internal Linking adalah tautan ke posting atau artikel dalam domain yang sama. Ini berarti bahwa satu halaman situs web Anda ditautkan ke halaman lain di situs yang sama. Itu berarti tautan internal meningkatkan pengalaman pengguna karena pengguna dapat menemukan informasi lengkap terkait artikel.

Jika Anda menggunakannya secara strategis, tautan internal dapat mengirim otoritas halaman (juga dikenal sebagai PageRank) ke halaman penting. Dengan begitu dapat meningkatkan domain authority dan meningkatkan SEO website.

Ini juga membantu mesin pencari seperti Google untuk memahami struktur situs web Anda. Semua anchor link memberikan informasi tambahan ke mesin pencari untuk menentukan peringkat artikel dalam hasil pencariannya. Itu sebabnya tautan internal membantu situs web menentukan konteks dan memberi peringkat yang sesuai.


Internal Linking dan SEO


Misalkan Anda menulis banyak artikel berkualitas dan beberapa peringkat teratas di hasil pencarian Google. Ini menunjukkan konten yang menempati peringkat dalam hasil pencarian memiliki otoritas yang disebut otoritas halaman. Otoritas halaman ini dapat diteruskan ke halaman lain menggunakan tautan internal.

Saat perayap merayapi situs web Anda, perayap juga merayapi tautan internal yang disediakan dalam artikel. Anchor text yang disediakan dalam konten yang akan membantu untuk memahami semua tentang konten yang ditautkan.


Hierarchy untuk Internal Linking


Ketika Anda memulai sebuah situs web, harus ada peta dalam pikiran Anda dengan struktur yang tepat. Struktur ini mungkin berbeda level sesuai dengan kebutuhan konten seperti 2 level, 3 level atau 4 struktur, sebagian besar situs web memiliki 3 struktur level. Untuk situs web Anda, mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana cara melakukan Internal Linking di WordPress?


CMS WordPress memungkinkan Anda melakukan internal link dengan mudah. Kamu harus

  • Pilih text sebagai anchor text
  • Klik tombol chain/link
  • Cari Topik dan link

Tolong jangan klik buka di tab baru atau nofollow untuk meneruskan link juice. Ketika Anda mengklik buka di tab baru, itu akan secara otomatis menambahkan beberapa rel-tag yang melarang lewatnya link juice. Tautan harus terbuka di jendela yang sama untuk interlinking di WordPress.


Internal Linking dalam HTML untuk Blogger dan CMS lainnya


Saat Anda berada di platform seperti Blogger atau halaman tema HTML lainnya, Anda dapat mengikuti latihan dengan bantuan HTML. Dengan bantuan HTML, seseorang dapat menautkan artikel ke artikel lain dengan cara berikut.

<a href="/internal-link/">anchor text for the internal link</a>

Beberapa pengguna menggunakan tautan internal seperti click here, tidak mengikuti praktik yang dibahas di atas. Itu tidak memberi perayap informasi tambahan tentang artikel terkait Anda. Teks yang menghubungkan satu bagian konten ke konten lainnya disebut anchor text. Dan anchor text berperan penting dalam SEO website.

Jika Anda ingin nofollow halaman konten situs web Anda, Anda dapat menggunakan tag nofollow sebagai berikut:

<a href="/internal-link/" rel="nofollow">internal link that should not index</a>

Konten ini mungkin seperti halaman login, halaman yang tidak ingin Anda indeks. Seiring dengan nofollow, Anda dapat menggunakan tag robots noindex dengan halaman seperti itu (halaman yang tidak boleh diindeks).


Internal Link yang dihasilkan oleh JS, flash, dan lainnya


Jangan gunakan tautan internal yang dihasilkan oleh javascript dll. Mesin pencari tidak dapat mengontrol tautan yang dihasilkan oleh javascript atau flash dan lain sebagainya.

Coba tambahkan tautan HTML ke halaman web. Dua praktik yang disediakan di atas, seperti interlinking WordPress dan interlinking HTML, ikuti metode HTML.

Internal broken links


Broken link berbahaya bagi pengalaman pengguna serta SEO. Saat pengguna mengklik tautan dan merespons halaman kesalahan 404, itu menunjukkan bahwa situs web atau blog tidak peduli dengan postingan atau halaman tersebut.

Broken link mungkin disebabkan oleh halaman yang dihapus, halaman yang permalink/slugnya telah diubah. Saat Anda melakukannya, arahkan ulang halaman atau hapus tautan yang mengarah ke konten yang dihapus (link mati).

Periksa internal atau eksternal link situs web yang rusak dari waktu ke waktu. Untuk ini, Anda dapat menggunakan alat webmaster Online Broken Link Checker. Ini akan mendeteksi dan memberi tahu Anda semua tautan internal/eksternal situs web Anda yang rusak.

Alat ini akan mengaudit hampir semua matriks situs web yang membantu dalam memahami struktur situs web, tautan rusak, tautan kedaluwarsa, dll.

Seperti yang telah kita bahas, tautan internal menghubungkan halaman dalam sebuah situs web. Ketika kami menyediakan tautan ke situs web lain di artikel kami atau beberapa situs web lain, berikan tautan kami di situs web mereka, yang akan disebut sebagai tautan eksternal. Tautan internal membantu situs web dengan strukturnya, dan jika halaman web mendapat tautan eksternal pada beberapa artikel. Ini akan meningkatkan otoritas halaman itu.

Tautan eksternal membantu mesin telusur memahami konten, niche, dan tipe konten. Tautan ini membantu mesin telusur untuk memahami semua faktor tentang artikel tersebut.


Kesimpulan


Dengan bantuan artikel ini, kita dapat dengan mudah memahami pentingnya tautan internal dari konten yang membantu situs web dengan cara seperti berikut ini.

  • Tautan jangkar membantu Google memahami konteks laman tertaut,
  • Berikan otoritas halaman ke halaman lain,
  • Kurangi rasio pentalan situs web,
  • Tingkatkan SEO situs web
  • Jadi kita harus mengikuti praktek internal linking sebuah website.

Saya harap artikel ini akan membantu Anda dalam memahami tautan internal. Jika Anda memiliki keraguan, pertanyaan, atau saran, silakan tanyakan di bagian komentar yang disediakan di bawah.

Demikian posting kali tentang Apa itu Internal Linking untuk SEO dan Semua yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Audy Jo
    Audy Jo July 8, 2022 at 3:15 PM

    terima kasih Mas, bisa main ke blog saya. masih bingung dengan backlink. saya rubah-rubah kok rd bolak balik berubah. pertama saya pikir nofolow. rd jadi 7, terus dirubah tidak dicentang sekarang jadi 14. backlink 174. sekarang rd 14, backlink 2995 bagus enggak ya? mohon masukannya

    • Admin
      Admin July 10, 2022 at 1:58 PM

      Intinya, backlink ke situs web adalah sinyal ke mesin pencari bahwa orang lain menjamin konten yang berkualitas. Jika banyak situs menautkan ke halaman web atau situs web yang sama, mesin pencari dapat menyimpulkan bahwa konten tersebut layak untuk ditautkan, dan karenanya juga layak untuk ditampilkan di SERP.

Add Comment
comment url