Cara Memperoleh Penghasilan dari Blog


Cara Memperoleh Penghasilan dari Blog Menghasilkan uang sebagai blogger bisa menjadi perjalanan yang sulit dan membuat frustrasi bagi mereka yang tidak siap. Ini semua yang Anda butuhkan sebelum memulai Blogging seperti memilih topik blog, mengatur blog Anda, dan membuat blog dapat memperoleh penghasilan.

Saya pernah mendengar blog disebut beberapa kali baru-baru ini sebagai campuran antara seni dan sains. Jika itu benar dan menurut saya demikian, tidak ada cara yang tepat untuk melakukan pendekatan blogging jika Anda ingin sukses.

Pada postingan kali ini saya ingin membahas cara menghasilkan uang dari blog secara lebih detail sebagai lanjutan dari postingan saya sebelumnya tentang tips menjadi blogger pemula dan menghasilkan uang. Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Apa itu blog? dan cara menghasilkan uang dari blog.

Apa itu Blog?


Pada tahun 1994, ketika blogging dimulai, blog lebih banyak digunakan untuk membuat buku harian pribadi yang dibagikan orang secara online. Dalam jurnal online ini, Anda dapat berbicara tentang kehidupan sehari-hari Anda atau berbagi tentang hal-hal yang Anda lakukan.

Kemudian, orang melihat peluang untuk mengomunikasikan informasi dengan cara baru secara online. Maka dimulailah dunia blogging yang indah. Salah satu cara tercepat dan termudah untuk menambah penghasilan $ adalah dengan mengubah hobi Anda menjadi menghasilkan uang melalui blogging.

Blog adalah jurnal online atau situs web informasi yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan posting terbaru muncul pertama, di bagian atas. Ini adalah platform di mana seorang penulis atau sekelompok penulis berbagi pandangan mereka tentang subjek individu.

Apa tujuan dari sebuah blog?


Ada banyak alasan untuk memulai blog untuk penggunaan pribadi dan hanya beberapa alasan kuat untuk blogging bisnis. Blogging  bisa dilakukan untuk bisnis, proyek, atau apa pun yang mungkin menghasilkan uang bagi Anda memiliki tujuan yang sangat mudah – untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di SERP Google, alias meningkatkan struktur website yang baik.

Sebagai bisnis, Anda mengandalkan konsumen untuk terus membeli produk dan layanan Anda. Sebagai bisnis baru, Anda mengandalkan blogging untuk membantu Anda menjangkau pelanggan potensial dan menarik perhatian mereka. Tanpa blogging, situs web Anda akan tetap tidak terlihat, sedangkan menjalankan blog membuat Anda dapat dicari dan kompetitif.

Jadi, tujuan utama blog adalah menghubungkan Anda dengan audiens yang relevan. Satu lagi adalah untuk meningkatkan lalu lintas Anda dan mengirim arahan berkualitas ke situs web Anda. Semakin sering dan lebih baik posting blog Anda, semakin tinggi kemungkinan situs web Anda ditemukan dan dikunjungi oleh audiens target Anda. Ini berarti bahwa blog adalah alat penghasil prospek yang efektif.

Ketika Anda menggunakan pengetahuan khusus Anda untuk membuat posting yang informatif dan menarik, itu membangun kepercayaan dengan audiens Anda. Blogging yang hebat membuat bisnis Anda terlihat lebih kredibel, yang sangat penting jika merek Anda masih muda dan tidak terlalu terkenal. Ini memastikan kehadiran online dan otoritas niche pada saat yang bersamaan.

Apa yang membedakan blog dari website?


Banyak orang masih bertanya-tanya apakah ada perbedaan antara blog dan situs web. Apa itu blog dan apa itu website? Ini bahkan lebih menantang untuk membedakan antara keduanya secara umum. Banyak perusahaan juga mengintegrasikan blog ke situs web mereka, yang semakin membingungkan keduanya.

Blog perlu sering diperbarui. Contoh bagus tentang ini termasuk blog makanan yang berbagi resep makanan atau perusahaan yang menulis tentang berita industri mereka. Blog juga mempromosikan keterlibatan pembaca.

Pembaca memiliki kesempatan untuk berkomentar dan menyuarakan keprihatinan dan pemikiran mereka yang berbeda kepada komunitas. Pemilik blog memperbarui situs mereka dengan posting blog baru secara teratur.

Di sisi lain, website terdiri dari konten yang disajikan di halaman statis. Pemilik situs web statis jarang memperbarui halaman mereka.


Cara Menghasilkan Uang dari Blog


Peluang menghasilkan uang tidak akan muncul dengan sendirinya sampai Anda mendapatkan kredibilitas di lapangan. Jadi, harus turun ke bisnis.

Lima tahun yang lalu, jika Anda memberi tahu saya bahwa saya akan duduk di sini hari ini mencari nafkah dengan blogging, saya akan menertawakan Anda.

Sebenarnya, saya mungkin akan berkata, “Apa sih blog itu? Dan bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dari blog?'”

Lima tahun lalu, saya bekerja sebagai admin HRD di sebuah perusahaan perencanaan kontraktor.

Saya pergi bekerja setiap hari dari jam 8 sampai jam 11, takut pada hari Senin, dan menantikan akhir pekan yang tidak pernah berlangsung cukup lama.

Ada beberapa hal yang saya hargai tentang pekerjaan saya saat itu. Gaji yang konsisten, asuransi kesehatan, beberapa rekan kerja saya.

Tetapi sebagian besar, saya bukan penggemar kehidupan pekerjaan offline. Dan maksud saya:

  • Merasa kurang dihargai dan menganggap pekerjaan saya tidak penting
  • Tidak memiliki kendali atas penghasilan saya
  • Harus meminta izin untuk mengambil cuti
  • Politik kantor (paling buruk)

Memulai bisnis sepertinya merupakan jawaban untuk semua masalah saya. Tapi saya tidak pernah menduga bahwa bisnis akan menjadi sebuah blog. Apa yang dimulai sebagai blog kecil saya sekarang menjadi bisnis online yang sangat menjanjikan.

Untuk mendapatkan penghasilan dari blog Anda, ada beberapa model bisnis online:

  1. Iklan
  2. Pemasaran bersama
  3. Penawaran produk fisik atau digital
  4. Langganan
  5. pelatihan

Bagaimana cara memanfaatkan model bisnis di atas untuk Anda dan blog Anda? Mari kita lihat lebih dekat setiap model monetisasi.

Ada beberapa cara untuk memonetisasi blog. Temukan berbagai model pendapatan online dan strategi populer untuk memperoleh penghasilan dari blog Anda.

Berikut ini cara memperoleh penghasilan dari blog untuk pemula:

1. Monetisasi iklan: Tawarkan iklan di blog Anda untuk meraih penghasilan


Sebagai blog penayang, Anda bisa mendapatkan aliran pendapatan yang bagus untuk konten online Anda dari iklan. Pengiklan menawarkan untuk mendapatkan eksposur ke audiens Anda. Sama seperti surat kabar dengan sirkulasi besar yang dapat dikenakan biaya yang lebih tinggi kepada pengiklan, semakin populer situs dan konten Anda, semakin besar penghasilan yang dapat Anda peroleh.

Anda dapat menawarkan langsung ruang iklan di situs Anda bisnis yang ingin muncul di samping konten Anda. Inilah yang disebut dengan penawaran langsung. Anda juga dapat menggunakan jaringan iklan – seperti Google AdSense – untuk membantu menjualkan ruang iklan Anda.

Cara kerja AdSense adalah lewat tampilan iklan yang relevan dengan konten yang muncul di halaman tertentu pada blog Anda. Misalnya, jika blog Anda adalah tentang wisata petualangan dan Anda baru saja mengupload sebuah postingan tentang perjalanan ke Gunung Rinjani, AdSense mungkin akan menampilkan iklan tentang asuransi perjalanan, Lombok, atau jaket. Sebagai pemilik situs tempat iklan ditampilkan, AdSense akan membayar Anda saat pengguna melihat atau berinteraksi dengan iklan.

Berkat kemampuan untuk menjadikan iklan online relevan dengan konten dan pembaca blog Anda, banyak pengiklan yang tertarik untuk membayar harga premium untuk ruang iklan Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang ini Anda bisa membaca posting kami tentang cara memastikan blog diterima untuk daftar adsense.

2. Pemasaran: Dapatkan penghasilan melalui rekomendasi produk


Pemasaran adalah saat Anda menyertakan tautan di konten ke produk atau layanan yang dijual di situs lain. Berikut cara kerjanya: saat seseorang mengklik link di situs Anda, membuka situs kerjasama, dan melanjutkan untuk membeli produk yang Anda promosikan, Anda mendapatkan komisi atas penjualan tersebut.

Bagi blog yang audiens-nya sangat aktif dan tertarik dengan rekomendasi produk, ini dapat menjadi model pendapatan yang realistis. Artikel informasi, petunjuk, dan gaya hidup menawarkan banyak peluang untuk mempromosikan produk yang ditawarkan.

Menggunakan kembali contoh blog wisata petualangan, misalnya Anda menceritakan kisah tentang tur ke tempat berenang yang masih alami. Anda dapat menggunakan pemasaran untuk merekomendasikan perlengkapan renang – seperti baju renang, handuk, dan kaca mata renang – yang untuk perjalanan Anda. Saat pembaca blog mengklik link ke baju renang yang Anda rekomendasikan dan kemudian, Anda akan menghasilkan pendapatan dari blog Anda.

Untuk memastikan Anda menjaga kepercayaan penonton, mengawasi transparan tentang hubungan Anda dengan Anda. Banyak negara juga menerapkan persyaratan hukum untuk mengungkapkan hubungan Anda, jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan konsultan hukum Anda sebelum terlibat dalam pemasaran. Perhatikan juga bahwa reputasi blog Anda terkait dengan produk atau layanan yang Anda promosikan, jadi fokuskan pada kualitas saat memilih mitra.

3. Penawaran produk fisik atau digital: Jual produk untuk memperoleh penghasilan dari blog Anda


Sebagai cara untuk memonetisasi blog, banyak blogger yang mengukuhkan kehadirannya di platform e-commerce, membuat toko online, dan mulai menjual produk. Produk Anda bisa dalam bentuk fisik atau digital. Pada contoh blog wisata petualangan, Anda dapat menjual kaos yang menampilkan logo Anda atau buku panduan digital untuk destinasi eksotis.

Apakah produk Anda berbentuk fisik atau virtual, Anda harus membuat sistem untuk menerima pembayaran. Menjual barang dagangan yang memerlukan Anda untuk mengetahui tentang penyimpanan barang, mengatur pengiriman, dan menangani pajak dan bea. Dari segi logistik, barang digital bisa lebih sederhana karena dapat dikirim secara elektronik.

4. Langganan: Kenakan biaya reguler untuk menambahkan aliran masuk baru


Jika blog Anda memiliki aktif yang ingin mengetahui topik Anda lebih lanjut, berlangganan atau komunitas berbayar adalah cara lain dalam menggunakan konten berharga Anda untuk menghasilkan pendapatan dalam jangka panjang.

Dalam model bisnis ini, pembaca membayar dengan jumlah tetap secara teratur, umumnya setiap bulan atau setiap tahun. Dengan mengumpulkan biaya berlangganan atau keanggotaan dari pembaca lewat cara ini, Anda dapat menghasilkan pendapatan yang berulang. Jenis aliran uang tunai yang berkelanjutan ini menawarkan potensi untuk aliran pendapatan yang lebih stabil, dapat diprediksi, dan akurat.

Sebagai keseimbangannya, Anda dapat menawarkan konten premium, komunitas area, referensi belajar, video, atau layanan dan fitur ekstra kepada anggota dan pelanggan. Anda dapat menggabungkan beberapa elemen ini yang sesuai dengan blog Anda.

5. Pelatihan: Monetisasi blog melalui pelatihan


Jika blog Anda cocok untuk layanan pelatihan, Anda dapat memperoleh penghasilan dengan menyiapkan paket pelatihan atau kursus online dan mengenakan biaya untuk paket tersebut.

Saat membuat materi pengajaran terpandu mandiri seperti video atau ebook yang dapat didownload, anggota audiens Anda dapat belajar sesuai kecepatan masing-masing. Seiring kemajuan audiens saat mengikuti kursus, Anda dapat mengukur minat mereka tentang topik pembahasan lainnya.

kurikulum online mungkin membutuhkan waktu dan sumber daya yang signifikan pada awalnya, sehingga Anda membutuhkan audiens yang sangat aktif untuk mewujudkan model pendapatan ini.

Opsi lain untuk meningkatkan pendapatan adalah menawarkan pelatihan melalui siaran video langsung dan mendapatkan bayaran untuk waktu Anda.

Apakah penawaran Anda berangkat dari kursus online atau pelatihan berdasarkan permintaan, Anda juga dapat menyertakan kesempatan untuk berkomunikasi melalui email atau dalam blog itu sendiri.

Selain itu, bagi Anda semua yang ingin memiliki blog. Tanpa harus repot setting Domain, Edit Template bahkan harus mengutak-atik kode HTML, sobat bisa menggunakan jasa pembuatan blog siap pakai yang kami sediakan untuk kebutuhan bisnis Anda di masa depan.


Kesimpulan


Apakah saya membahas semua yang perlu diketahui tentang blogging di posting ini? Bukan. Bahkan tidak dekat. Itu akan menjadi artikel satu triliun kata yang tidak akan pernah dibaca siapa pun.

Apa yang saya lakukan adalah memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui untuk mulai mengambil tindakan sekarang untuk memikirkan masa depan.

Jika Anda mengikuti setiap langkah dalam artikel ini (dan tidak melewatkan apa pun), Anda akan memiliki dasar yang nyata bagi blog Anda untuk mulai mendapatkan penghasilan yang konsisten dan berarti.

Panduan ini ada di sini untuk diambil. Saya telah menunjukkan kepada Anda 90% dari apa yang diperlukan untuk menjalankan blog multi-ribu dolar per bulan. Saya telah memberikan semua info, gratis, dan sekarang Anda tinggal membuat keputusan apakah akan menggunakannya.

Ingat, Anda memiliki banyak opsi untuk memperoleh penghasilan dari blog Anda. Anda dapat menguasai satu strategi monetisasi blog, atau Anda dapat mengombinasikan jumlah aliran pendapatan untuk menemukan mana yang cocok untuk bisnis Anda. Jika Anda tertarik untuk mempelajari monetisasi online lebih lanjut, ikuti terus blog kami.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url