Pengenalan Dasar Python dan Contohnya


Pengenalan Dasar Python dan Contohnya - Python merupakan salah satu bahasa aktif dan sangat responsif yang memiliki sintak atau aturan penulisan code program. Bahasa python dibuat oleh Guido van Rossum dan pertama kali dirilis pada tahun 1991. python merupakan bahasa pemrograman yang tidak menggunakan compiler (penerjemah bahasa program) dan sangat mudah untuk dipelajari buat pemula tanpa harus mengerti bahasa program lainnya.  
 
Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna yang memakai filosofi perancangan dengan fokus kepada tingkat keterbacaan kode. python juga merupakan pemrograman yang sangat populer saat ini bagi mahasiswa, pelajar, peneliti, engineer, dan proesi lainnya. Sebagai bahasa pemrograman python menggabungkan kemampuan, kapabilitas dan sintaks kode serta fungsi pustaka yang berkualitas tinggi. 
 
Pada awalnya, bahasa pemrograman python sangat banyak digunakan dalam membuat program yang biasa kita gunakan pada kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh program yang di bangun dengan python seperti GUI (desktop), aplikasi smartphone, program CLI, IoT, game, web, dan bahkan digunakan untuk program hacking (peretasan). 

 
Dengan open-source yang dimilikinya, anda akan mendapatkan manfaat mempelajari python karena bahasa ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal seperti mengembangkan situs, membangun GUI desktop, bahkan mengembangkan video game, maupun pengembangan perangkat lunak lainnya.

Kenapa butuh Python ?

 
Python itu adalah sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sengaja dirancang untuk membangun sebuah aplikasi web, aplikasi mobile, atau aplikasi game. maka dengan itu python sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Kenapa harus butuh python ? Berikut ini alasannya:
 

1. Mudah Dimengerti 

 
Python itu sebenarnya coding yang sangat sederhana dengan skrip yang tidak terlalu sulit dan kita lebih gampang membuat sebuah aplikasi karena skrip nya itu lebih praktis jadi lebih gampang dan mudah untuk digunakan dan bahasanya mudah untuk dimengerti. 

 
2. Free (Gratis)

 
Jadi kita pakai python itu gratis dan berbeda dengan bahasa lain yang mungkin kita harus download dan berbayar. contohnya seperti java SI dan itu harus langganan. jadi python sangat terbuka dan gratis untuk digunakan dengan cara hanya mendownload nya saja. 

3. Dynamic


Bahasa python itu sangat dinamis jadi kita bisa pakai paradigma apapun mau itu functional, object oriented, atau pun prosedur yang lain, kita bisa menggunakan python. 

4. Multi Platform


Python sangat multi platform, biasa di pakai untuk Web Development, Mobile Apps, dan di pakai juga untuk di Desktop Apps bahkan untuk di server juga.

5. Lagi Hype

 
Lagi Hype itu maksudnya python itu lagi hype dikalangan programmer, apalagi di kalangan science seperti orang mathematics terus misalkan dari bisnis untuk finance juga. jadi hype banget nih bahasa python. Berikut ini beberapa faktor kegunaan dengan menggunakan python seperti :

  • Data Science

Python juga banyak digunakan untuk data science.

  • Robotics

Python juga di pakai di robotics untuk di teknik python sangat di pakai untuk keperluan robotics.

  • Mesin Learning

Mesin Learning sekarang lagi hype juga! karena orang-orang sekarang pada belajar machine learning juga dan bahasa yang digunakan adalah bahasa python.

  • Data Analysis

Karena banyak teman-teman yang memakai data science dan machine learning maka data analysis pun di pakai juga.  

  • Artificial Intelligent

Python juga banyak dipakai juga untuk aplikasi-aplikasi artificial intelligent walaupun module yang dipakai nya itu adalah module C++ tapi tenang saja python juga bisa di pakai dan connect sama bahasa C++.

Kenapa python bisa populer ?

 
Sekarang kita coba bandingkan dengan bahasa-bahasa yang lagi populer lainnya. berikut ini requirements atau kodingan minimum dimana kita akan menampilkan "Hello World" dan lihat perbandingan dan perbedannya berikut ini: 

1. Pertama Coding C++ 

#include <iostream>

int main(int argc, char const *argv [])
{
    std::cout << "Hello World" << std::endl;
    return 0;
}
 
2. Kedua Coding Java 

Class Main{
    public static void main(String[] args) {
       System.out.println("Hello World");
    }
}

 
3. Ketiga Coding Python 

print("Hello World")
 
Dari ketiga script di atas sudah jelas untuk melakukan pemanggilan "Hello World" saja itu sangat mudah dengan python. makanya python makin populer di kalangan orang-orang yang tidak punya background programming karena mudah untuk dipelajari. 

Contoh Pemrograman Python

 
Python merupakan bahasa interpreter yang berarti kode python akan dieksekusi pada baris perbaris. jika ada kesalahan program di tengah eksekusi, maka program akan berhenti, kecuali menggunakan penanganan eksepsi. Ada dua cara menjalankan interpreter python ini yaitu dengan cara sebagai berikut:
 
1. Pertama dengan menggunakan program command prompt (cmd) di windows
2. Kedua dengan menggunakan program IDLE yang merupakan bawaan python itu sendiri. 
 

Menjalankan python menggunakan command prompt (cmd)

 
Berikut ini adalah langkah-langkah menjalankan python menggunakan cmd, maka untuk itu anda harus sudah menginstall python di desktop terlebih dahulu dan saya anggap disini sobat sudah menginstall nya. Oke langsung saja ikuti langkah-langkah nya sebagai berikut:
 
1. Pertama klik start pada menu di komputer anda, pilih all program (menu windows di keyboard + R) juga bisa, setelah itu klik command prompt. 
2. Selanjutnya akan tampil jendela command prompt. Ketikkan python pada jendela anda akan melihat munculnya tampilan berikut: Perhatikan ada tanda >>>_ atau disebut tanda prompt. Tanda tersebut menunjukkan bahwa Python sudah siap menerima perintah untuk dijalankan. 
 

Menjalankan Python Menggunakan IDLE

 
IDLE merupakan program editor bawaan khusus python. jadi  IDLE ini bisa digunakan untuk menjalankan python dalam mode interaktif. Arti interaktif di sini adalah ketika anda mengetikkan perintah, maka hasilnya akan langsung ditampilkan. untuk menjalankan IDLE pada python, lakukan langkah-langkah berikut: 
 
1. Pertama klik start menu seperti biasa, ketikkan python, jika sudah di download maka akan otomatis tampil dan selanjutnya pilih IDLE Python 3.7 GUI – 64 bit (versi yang anda gunakan). kalau Anda menggunakan versi 64 bit, maka klik IDLE (Python 3.7 GUI – 64 bit). 
2. Setelah itu akan muncul jendela IDLE yang mirip dengan tampilan python pada command prompt. 
 
Pada jendela interaktif anda tidak bisa mengetikkan script program dengan jumlah baris yang banyak. Mode interaktif ini hanya cocok digunakan untuk melakukan uji coba perintah-perintah dasar saja.
 
Jika anda ingin menuliskan script program dengan jumlah baris yang banyak, sebaiknya anda menggunakan program editor teks. IDLE sendiri selain memiliki mode interaktif, juga memiliki jendela editor. cara membuka editor IDLE itu dengan memilih menu File di sebelah kiri atas pada jendela IDLE. Setelah itu klik File, dan pilih New File. 
 
Selanjutnya kita akan melihat tampilan editor yang masih kosong. di situlah tempat untuk mengetikkan baris-baris codingan. Untuk menyimpan script (program) yang telah di tulis, caranya klik file, lalu pilih Save. Beri nama file yang dibuat dan klik tombol save. Disini kita bisa menyimpan file program yang dibuat di mana saja. tetapi untuk direktori penyimpanan default nya adalah di C:\Python37.
 
Sekarang kita akan memulai mencoba bereksperimen dengan menggunakan python. Oke skip sejenak yang tidak penting dan mari kita lanjutkan untuk fokus sebentar. Berikut ini adalah langkah-langkah Pengenalan Dasar Python dan Contohnya :

Langkah Pertama

Pertama sekali, silahkan buka IDLE nya python seperti cara yang sudah dijelaskan di atas. Pertama kita bisa menggunakan python seperti kalkulator sederhana. Untuk melakukan penjumlahan, perkalian, dan sebagainya.

Langkah Kedua

Sekarang tuliskan perintah-perintah berikut ini di IDLE. Anda bisa coba ketikkan di tanda prompt seperti ini >>>. contohnya seperti dibawah ini.
 
>>> 12 + 13 (penjumlahan) (enter)
25 (hasil)
>>> 2 - 4 (pengurangan) (enter)
-2 (hasil)
>>> 5 * 9 (perkalian) (enter)
45 (hasil)
>>> 2/4 (pembagian) (enter)
0.5 (hasil)
>>> 
 
Langkah Ketiga
 
Selanjutnya kita akan menampilkan perintah yang sederhana dulu seperti perintah "Hello Word" pada umumnya. Perintahnya seperti berikut: 

>>> print("Hello World!")
Hello World!
>>> print("Saya belajar Python di situs CodingLan")
Saya belajar Python di situs CodingLan (hasilnya)

 

Keunggulan Python

 
Keunggulan python itu sendiri diantaranya yaitu lebih cepat dan efektif, kita bisa menggunakan nya itu lebih sederhana, lebih ringkas dan tentunya sudah banyak dilengkapi dengan library yang disediakan. jadi cukup panggil library nya saja kita sudah bisa membuat aplikasi yang keren tentunya. kemudian python adalah aplikasi yang gampang di dipelajari? kenapa kok gampang? karena sintak nya tidak rumit dengan algoritma yang sederhana pula, tidak terlampau membutuhkan algoritma yang panjang dan sudah di lengkapi dengan library yang tersedia untuk digunakan. Kemudia python ini banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti saat ini, misalnya untuk membuat alat robotika juga bisa dengan menggunakan python sebagai software nya.
 
Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif. Python juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi. Masih banyak lagi yang dapat dilakukan dengan python namun pokok pembahasan cukup sampai disini dulu buat dasar belajar python. Semoga artikel ini dapat membantu sobat yang lagi belajar dasar bahasa pemrograman python. kalau ada kekurangan dari apa yang sudah dijelaskan di atas atau ingin menanyakan sesuatu bisa komentar di kolom komentar. Terimakasih
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url