11 Alasan Blogger Pemula yang Gagal Menjadi Blogger Sukses


Kenapa Banyak Blogger Pemula yang Gagal? Setiap orang yang ingin sukses, maka ia akan melepaskan penat dan meninggalkan kemalasannya. Tidak ada kunci rahasia untuk sukses. Kesuksesan adalah hasil dari persiapan, kerja keras dan belajar dari banyak kegagalan.

Seperti yang kita tahu, ada jutaan Blogger di dunia, termasuk Indonesia, yang jumlahnya selalu bertambah dan terus bertambah setiap harinya. Dan dari sekian banyak Blogger, hanya sebagian kecil saja yang mampu bertahan untuk meraih kesuksesan, selebihnya hanya akan menjadi Blogger yang gagal.

Banyak sekali orang yang mencari artikel dengan kata kunci cara menghasilkan uang dari blog di Google tanpa memikirkan hal lain. Padahal, dari sudut pandang yang berbeda, itu hanyalah konten atau postingan di website atau blog yang kebanyakan dibuat dengan kata kunci dan belum tentu benar.

Sekarang pertanyaannya apakah sobat ingin menjadi blogger yang sukses atau blogger gagal? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak poin-poin penting dari beberapa alasan mengapa banyak blogger pemula yang gagal menjadi blogger sukses.

1. Ngeblog cuma iseng


Ngeblog adalah kegiatan menulis secara online melalui blog atau website. Untuk ngeblog itu sendiri kebanyakan orang biasa menggunakan platform Blogger atau Wordpress. Biasanya ini disebut pekerjaan Blogging dan penulisnya disebut Blogger. Membuat atau mengelola website atau blog adalah salah satu pekerjan publisher Google, dan bahasa gaulnya ini disebut Ngeblog di Internet.

Tidak ada salahnya sebenarnya jika ngeblog dilakukan hanya untuk iseng, awalnya saya belajar ngeblog juga hanya untuk iseng. Namun jika Sobat sudah mengetahui bahwa blog bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan dan Sobat memang ingin bisa menghasilkan uang dari blog, maka dari situlah kita harus mulai menyingkirkan apa yang disebut namanya iseng.

2. Tidak memiliki keterampilan menulis


Memulai sebuah blog sebenarnya merupakan kegiatan khusus bagi seorang pemula yang suka menulis, namun saat ini banyak orang yang ingin ngeblog tanpa memiliki hobi menulis, atau bahkan tidak bisa menulis sama sekali, tapi ingin menjadi Blogger yang sukses dan menghasilkan uang.

Alasannya sederhananya, bisa jadi kebanyakan dari orang-orang tertarik untuk belajar ngeblog karena ingin cepat menghasilkan uang dari ngeblog. Ini umum untuk pemula jika memikirkan itu bagi yang masih baru memulai Blogging.

Apakah itu salah?

Sama sekali tidak. Tapi yang pasti sobat harus mau untuk belajar menulis jika ingin menghasilkan dari Internet. Jangan gunakan cara-cara instan seperti mengambil keseluruhan postingan dari tulisan para Blogger lain tanpa izin dengan tools dan sebagainya. Karena para Blogger senior yang ada di Internet juga tau siapa saja yang menyalin atau mengambil isi postingan yang ada di website atau blognya.

Jika Sobat melakukan hal seperti itu, Sobat hanya membuang-buang waktu saja dan dapat merugikan diri sendiri. Karena orang yang ahli di bidangnya dapat mengetahui dan bisa membuat blog yang Sobat kelola tidak bekerja dengan baik di mesin pencari. Itu tandanya mereka tidak terima dengan tindakan ilegal yang menyesatkan seperti itu. Jadi gunakan saja cara mandiri bagi Sobat yang baru atau ingin memulai.

Bijaklah dalam menggunakan internet, karena bagi Anda yang suka melakukan aktivitas ilegal di dunia maya, Anda itu tetap bisa terlacak walaupun menggunakan akun palsu atau pun foto alien sekaligus sebagai foto profil akun anda.

Salah satu caranya Sobat bisa membuat blog gratis terlebih dahulu dan setelah itu Sobat bisa belajar bagaimana untuk cara menulis artikel yang benar di blog. Ingat saja semua berawal dari hal kecil dalam mengelola blog sampai menjadi besar.

Di dunia ini tidak ada yang instan. Mie instan saja yang katanya instan tidak bisa langsung dimakan dengan bungkusnya. Semua butuh proses sob. Dan Menghasilkan uang dari blog juga seperti itu, butuh proses.

Sobat juga bisa lihat postingan-postingan yang saya tulis sebelumnya banyak yang masih bersalahan atau berantakan dan sengaja tidak saya perbaiki supaya ada tanda dimana awal saya menulis di blog sederhana ini. 

3. Rajin menulis tapi lupa promosi


Banyak juga blogger yang memiliki kemampuan menulis tetapi lupa bahwa blognya perlu dipromosikan agar lebih banyak orang yang membaca tulisannya. Ini biasa dan tidak terlalu perlu diambil pusing. Karena saya yakin jika sobat memiliki kemampuan membaca dan menulis pastinya sobat memiliki pengetahuan yang lebih untuk hal seperti itu.

Jika kita terus menulis tanpa melakukan promosi apapun, sudah pasti blog kita akan sepi pembaca, setelah itu kita menjadi malas dan akhirnya berhenti ngeblog. Solusinya simpel aja jika salah, perbaiki. Jika gagal, coba lagi. Tapi jika sobat menyerah, semuanya akan selesai.

Sebenarnya, jika Sobat sudah memiliki keahlian dalam SEO, Sobat tidak terlalu perlu repot lagi melakukan yang namanya promosi kesana-sini. Bahkan orang lain yang akan membayar kita untuk mempromosikan brand mereka ke blog yang memiliki kualitas yang baik.

Jika Blog atau Website Sobat cepat dan memiliki struktur yang baik dengan konten yang berkualitas, biasanya orang lain mempromosikannya tanpa kita minta. Dan termasuk salah satunya adalah Google itu sendiri.

Lihat info selengkapnya tentang Panduan Belajar SEO Blogger untuk Pemula

4. Promosi blog dengan cara yang salah


Sudah menjadi hal biasa kalau kita melakukan kesalahan dalam segi apapun itu. Dan yang saya lihat cukup banyak para Blogger yang merasa sudah rajin menulis dan sudah melakukan promosi tapi blognya masih sepi pengunjung.

Bagi saya banyak hal untuk menjawab masalah seperti itu. Salah satu penyebab kenapa bisa seperti itu menurut saya adalah karena cara promosi yang salah dan terlalu berlebihan, sehingga membuat kita terlalu berambisi dan mudah drop bahkan berhenti ngeblog. Ya, lebih baik biasa aja memang!

Banyak sekali cara atau strategi promosi blog yang bisa kita tiru dan terapkan, namun perlu diketahui tidak semuanya cocok untuk blog kita. Jadi kita harus bisa menilai dan mencari cara yang paling tepat untuk mempromosikan blog yang kita kelola dengan sungguh-sungguh.

5. Tidak punya cukup banyak waktu


Orang yang tidak memanfaatkan waktunya secara optimal ibarat orang yang menyia-nyiakan hidupnya. Tidak ada waktu yang salah untuk melakukan hal yang benar. Mungkin ada yang merasa waktu adalah masalah utama yang sering menjadi alasan mengapa banyak blogger berhenti ngeblog. Jika Anda seorang pelajar, sudah memiliki pekerjaan, atau tipe orang yang sibuk, maka bisa dipastikan akan sulit mengalokasikan waktu untuk ngeblog.

Semakin banyak waktu yang diluangkan untuk menggapai impian, semakin besar peluang tercapainya impian itu. Itulah alasan kenapa rata-rata blogger sukses yang saya ketahui adalah mereka-mereka yang menjadikan ngeblog sebagai fokus utama. Mereka tidak punya pekerjaan lain selain ngeblog dan menulis. Waktu adalah koin hidup bagi mereka. Jadi hanya Sobat yang dapat menentukan dan bagaiaman cara memanfaatkannya sebaik mungkin.

Pekerjaan seperti Blogger adalah pekerjaan yang tidak bisa disepelekan. Karena membutuhkan ide & pemikiran yang ekstra dan kesabaran khusus untuk mengembangkannya. Hingga blog menjadi multi fungsi dalam mencapai kualitas terbaik di search engine dan bisa menghasilkan income darinya. Bahkan seorang blogger bernama Herman Yudiyono yang memiliki blog blogodolar.com rela meninggalkan pekerjaan dengan gaji $2000/bulan untuk menjadi “full-time blogger”. Alasannya pasti agar bisa lebih fokus ngeblog.


Terus apa saya juga harus berhenti bekerja atau berhenti bersekolah?

Hehe jawabannya = Tidak, di sini saya tidak menyarankan sobat untuk berhenti bekerja atau berhenti bersekolah, tapi yang pasti intinya di sini saya ingin menekankan bahwa ngeblog membutuhkan waktu khususnya bagi yang ingin menjadi blogger sukses untuk mendapatkan penghasilan yang besar.

Apalagi di masa pandemi yang belum selesai dan pasti ini!!! Banyak orang yang kurang mendapatkan pendidikan yang sebenarnya, kehilangan pekerjaan, dan bahkan banyak yang sulit mencari pekerjaan jika tidak ada orang dalam. Bagi saya pribadi Ijazah hanya sebuah tanda bahwa kita pernah sekolah & bukan tanda bahwa kita pernah "Berfikir". Jadi disini saya tekankan bijak lah dalam berpikir sebelum bertindak.

Alih-alih mengatakan banyak negara yang bangkrut katanya!? Jadi kalo kita merasa ada yang aneh dan merasa tidak mendapatkan keadilan atau keberuntungan di dunia nyata, kita harus memulai dan membiasakan diri untuk bangkit dengan menjelajahi dunia online seperti memanfaatkan teknologi yang ada di Internet untuk bekerja sebaik mungkin agar bisa mendapatkan penghasilan yang lebih dari cukup untuk menjadi pemain di Internet.

Jika Sobat merasa tidak bisa mendapatkannya di dunia Nyata! Cobalah beralih dan belajar mencari penghasilan dari Internet! Seperti salah satunya dalam mencari kehidupan menjadi Blogger Profesional yang Sukses. Kalau kamu bukan anak raja dan bukan anak ulama besar, maka menulis adalah bentuk dari perlawanan.

Tetapi yang pasti kalo bicara soal pendapatan ini adalah hal yang sangat private. Tapi sayang ini sering disalah gunakan oleh kebanyakan para Affiliate Marketing untuk memanipulasi pengguna lainnya. Jika sobat merasa sudah menjadi Blogger yang sukses dan bisa menghasilkan banyak uang saya sarankan untuk tidak memberikan informasi yang terlalu berlebihan kepada seorang pemula.

Cuma disini saya ingin kasih tau faktanya kalau penghasilan kita bisa besar bahkan mengalahkan gaji presiden sekalipun! karena orang yang bekerja di Internet itu adalah orang-orang yang terdidik dan terlatih atau tidak bisa dipecat. Jadi pintar-pintar lah mencari uang di Internet untuk MengUbah Hobi Anda Menjadi Penghasilan.

6. Tidak konsisten


Konsistensi adalah salah satu kunci untuk menjadi orang yang berkompeten. Aturan paling sederhana dalam bisnis adalah jika kita mengerjakan hal yang paling mudah terlebih dahulu, maka tanpa disadari sebenarnya Sobat sudah banyak membuat kemajuan.

Mungkin sebagian dari kita juga punya kemampuan menulis, punya banyak waktu tapi tidak bisa konsisten. Setelah baru beberapa bulan memulai blog, ada yang merasa bosan dan mulai malas karena merasa apa yang telah dilakukan hanya membuang-buang waktu dan tidak berguna.

Sobat hanya perlu mengingat kalau semua itu butuh proses. Jika di bulan-bulan pertama sobat belum bisa menghasilkan apa-apa tidak perlu khawatir karena hal tersebut sangatlah wajar. Yang penting harus tetap konsisten dan terus bergerak. Jangan khawatir rejeki gak kemana kok!

Seperti menabur hal yang baik dan tentu kita akan menuai yang baik juga. Begitu juga sebaliknya tabur yang buruk akan menuai yang buruk pula. Tapi yang pasti apa yang ditabur itulah yang akan nantinya kita tuai.

Saya pribadi seingat saya mulai bisa menghasilkan uang dari blog setelah dua tahun ngeblog kurang lebih. Coba saja bayangkan kalo di tahun pertama saya menyerah dan berhenti, mungkin salah satu blog yang salah nama domain ini udah tidak ada dan tidak tahu saya jadi apaan.

7. Hobi meniru orang lain


Jujur ini adalah salah satu penyakit saya dulu bahkan sampai sekarang sebagai seorang blogger, mungkin sobat juga mengalaminya sekarang, yaitu hobi meniru orang lain. Tapi disini saya meniru bukan dari segi hal yang negatif ya! melainkan lebih ke hal yang  penting dan sepositifnya saja. Karena setiap orang itu memiliki selera yang berbeda-beda dalam segi dimensi atau pandangan yang disukai gak semuanya sama.

Seperti misalnya seorang pemula yang baru memulai dan suka meniru topik blog, melakukan spam link di kolom komentar blog milik orang lain, bahkan sampai menyalin semua isi artikel yang disukai itu adalah hal yang biasa untuk seorang yang baru mengenal dunia Blogging. Ntar juga lama-lama kalau konsisten bakalan paham sendiri dan dapat ilmunya tentang bagaimana teknik yang tepat dalam membangun jejaring sosial seperti website atau Blog Online ini.

Kalo saya pribadi sih lebih suka mengamati isi kodingan web yang berkualitas seperti dari segi kode untuk membuat template blogger hingga menjadi SEO di mesin telusur, cara penulisan artikel dari template blog yang digunakan. Saya juga tidak terlalu memikirkan tampilan luarnya saja. Seperti menambah fitur-fitur yang terlalu berlebihan karena itu bisa membingungkan pengguna atau pengunjung. Itu hal yang membosankan bagi saya. Intinya tidak perlu menjadi ahli untuk menyelesaikan masalah besar! tetap tenang dan kendalikan dirimu.

Nah setelah itu barulah saya akan memberikan rejeki (berupa uang) atau donasi kepada para Blogger yang saya sukai jika saya merasakan kualitas di blognya yang membantu saya memecahkan masalah dan memberikan tips terbaik tentunya. Karena itu salah satu bentuk solidaritas bagi sesama Blogger kalau kita mensupport dan menghargainya. Itu semua bisa kita nilai dari segi karya yang dibuat pengembang. Bagi saya pribadi hal ini memang tidak ada yang salah kalau kita terinspirasi dengan salah satu Blogger lain, tapi ingat kita harus punya “style” tersendiri sebagai pembeda. Dan yang paling penting harus bisa menjalin kerja sama bagi sesama Blogger yang ada di dunia.

Tapi disini saya sarankan untuk tidak menggunakan tools yang dibuat pengembang yang sering di salah gunakan oleh para Blogger nakal untuk menyedot atau mengambil semua isi postingan dari blog milik orang lain tanpa izin atas sepengetahuan pemiliknya. Ini adalah salah satu contoh yang membuat Blogger pemula banyak yang gagal untuk menjadi Blogger yang sukses di masa depan. Saya pastikan orang-orang seperti itu akan mendapatkan kebosanan dan berhenti dari dunia Blogging.

Perlu Sobat ketahui kalau para Blogger Senior yang ada di Internet itu adalah orang yang terdidik dan bukan orang sembarangan. Karena mereka rajin membaca dan menulis sudah pasti banyak ilmu yang di dapat. Itu hanya menjadi boomerang untuk Sobat sendiri jika melakukan hal seperti menggunakan tools Auto Generated Content (AGC) untuk mencuri isi konten yang ada di Blog atau Website tertentu.

Apabila satu di antara mereka ada yang sensitif dan tidak terima dengan tindakan yang Anda lakukan mereka biasanya akan segera bergegas untuk  menyerang Anda secara halus dan bertindak setajam silet. Tapi tidak semuanya seperti itu banyak juga yang ngeblog itu ikhlas, memakluminya, dan siap menerima resiko yang ada karena tujuannya hanya untuk memberikan informasi penting, baik berguna untuk dirinya ataupun berguna untuk orang lain. Tetapi mereka terus tetap bergelut di dunia Blogging dan lain sebagainya.

8. Terlalu berambisi untuk menghasilkan uang


Coba kita pikir siapa sih yang tidak pingin mendapatkan uang hanya dengan menulis doang di depan layar monitor? Saya saja pingin, semua orang juga pastinya kepingin. Tapi saya sarankan jika sobat masih baru dan ingin memulai jangan utamakan atau berpatokan dengan uang. Biarkan saja uang yang mencari kita. Saya juga bilang gini karena sudah menghasilkan seperti itu dari salah satu blog sederhana ini.

Buat sobat yang baru memulai dan belajar ngeblog, apalagi belajar dari nol, maka cukup penting untuk tidak terlalu berambisi menghasilkan uang dari blog. Setidaknya pada tahun-tahun pertama fokus saja dulu untuk mempelajari hal-hal dasar tentang blog lebih dulu. Kesuksesan tidak hanya dilihat dari berapa jumlah uang yang dihasilkan, tapi juga dirasakan dari berapa besar manfaatmu untuk orang lain. Menulis adalah bagian dari perlawanan.

Ngeblog itu bukan hanya masalah uang, masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari blog. Dari bisa jadi pinter nulis, belajar banyak hal, tidak gaptek, dan yang paling utama bisa membantu orang lain melalui tulisan sederhana yang kita buat dari pada tidak pernah sama sekali. Dan satu lagi blog itu seperti rumah kalau di dunia Nyata! jadi setidaknya harus kita rawat agar bisa mendatangkan dan mengundang banyak tamu untuk berkunjung dan masuk di dalamnya.


9. Tidak punya motivasi


Banyak para Blogger yang ngeblog selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun tanpa menghasilkan apa-apa adalah hal yang sangat berat dan sulit untuk diterima. Jadi memiliki motivasi yang kuat menurut saya pribadi sangatlah penting. Pengaruh motivasi dan pelatihan terhadap efisiensi dan produktivitas kita sangat diperlukan.

Apapun motivasi tersebut yang jelas sobat harus memiliki alasan yang jelas kenapa sobat ingin menjadi seorang blogger sukses. Tidak masalah seberapa lambat sobat berjalan asalkan yang paling penting kalau Sobat tidak berhenti. Demi meraih keberhasilan, tekadmu untuk sukses haruslah lebih besar daripada ketakutanmu akan kegagalan.

10. Males belajar maunya serba instan


Mungkin dari sebagian sobat yang membaca postingan ini bertanya-tanya:

Terus solusi untuk mengatasi semua masalah di atas gimana, Mas Bro (?)

Jangan malas belajar karena semuanya butuh proses. Setiap kali aku merasa malas belajar, aku selalu ingat bahwa anak-anakku kelak berhak dilahirkan dari rahim seorang perempuan yang cerdas.

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Dan untuk orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.

Jika sobat membutuhkan teman dan tidak mampu belajar atau bekerja sendiri, Sobat bisa bergabung ke forum-forum seperti ads.id karena di situ tempat berkumpulnya blogger-blogger sukses. Atau jika sobat sedang belajar AdSense bisa gabung ke Forum AdSense.

Selebihnya tinggal manfaatkan dengan baik mesin pencari telusur di Google, karena dari Google lah kita bisa menemukan informasi yang kita butuhkan melalui kata kunci yang ada dipikiran.

11. Masih banyak lagi…


Mungkin sedikit memotivasi untuk sobat yang merasa sudah sukses di dunia Blogging dan lain sebagainya cukup ingat pesan ini untuk membantu teman seperjuangan lainnya:

"Berikan seekor ikan kepada seseorang, maka Anda memberikan ia makan untuk 1 hari. Ajarkan seseorang cara menangkap ikan, maka Anda memberikan ia makan seumur hidup".

Blogger terbaik adalah mereka yang menulis dengan hati, memberikan informasi dengan jujur ​​tanpa mengklik umpan yang dapat merugikan pengunjung.

Jika sobat ingin menambahkan alasan lainnya bisa menuliskan di kolom komentar...


Kesimpulan


Begitulah kira-kira beberapa alasan kenapa banyak blogger pemula yang gagal berdasarkan dari pengalaman pribadi yang saya juga termasuk sudah sangat sering kepingin berhenti ngeblog.

Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah.

Saya harap tulisan atau postingan sederhana ini bisa menjadi pengingat untuk saya pribadi sekaligus sobat semua yang mungkin sedang belajar ngeblog.

Saya pernah mendengar blog disebut beberapa kali baru-baru ini sebagai campuran antara seni dan sains. Jika itu benar dan menurut saya demikian, tidak ada cara yang tepat untuk melakukan pendekatan Blogging jika Anda ingin sukses.

Demikian postingan kali ini tentang Alasan Blogger Pemula yang Gagal Menjadi Blogger Sukses. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk bagikan artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url