Perulangan For Pada PHP dan Contoh


Perulangan For Pada PHP dan Contoh - Perulangan for digunakan untuk membuat perulangan dalam pemrograman, termasuk bahasa pemrograman php. tujuannya hampir sama dengan perulangan while. hanya saja perulangan while memiliki sejumlah kendala yang tidak diketahui. 

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang perulangan for di php, sebelumnya kita harus mengerti dulu apa itu yang dimaksud dengan perulangan. 
 

Perulangan adalah proses pengulangan beberapa perintah, perulangan biasanya digunakan untuk mempersingkat perintah dalam bahasa pemrograman sehingga perintah yang dibuat lebih fleksibel dan ringkas.

Ada 3 jenis perulangan di php sebagai berikut :

  • while
  • do while
  • for

Pada pembahasan hari ini kita hanya akan membahas perulangan for saja.
 

Perulangan For Pada PHP 


Perulangan for melakukan perulangan untuk mengeksekusi kode yang sama dengan nomor yang telah ditentukan.
 
Pada struktur pengulangan for memiliki tiga tahapan yang harus dipahami terlebih dahulu. coba perhatikan kode dibawah ini.

 
Keterangan :

  • $i=0; → start
  • $i<12; → end
  • $i++ → process
 
Pada gambar di atas terdapat beberapa fakta seperti berikut :

  1. $i=0 adalah awal pengulangan di mana pengulangan akan dimulai dari 0
  2. $<12 adalah akhir dari pengulangan dimana pengulangan akan berakhir jika pengulangan kurang dari 12 kali
  3. $++ adalah proses meningkatkan pengulangan dari 0 ke 1 dari 1 ke dua menjadi kurang dari 12

Contoh Perulangan For Pada PHP

 
Contoh : Kita akan membuat perulangan yang akan mengulang teks "codinglan.blogspot.com" sebanyak 5 kali. simak ulasannya dibawah ini.

Langkah pertama Buat file baru dengan nama file.php kemudian simpan di folder htdocs yang ada di folder XAMPP (local disk (c:) > xampp > htdocs), lalu ketikkan perintah berikut.

 
Dari perintah di atas kita dapat melihat bahwa perulangan dimulai pada 0 dan diakhiri pada kurang dari 5 sehingga teks "codinglan.blogspot.com" diulang sebanyak lima kali. dan menghasilkan output sebagai berikut.
 
localhost/file.php

perulangan for pada php dan contoh
 
Selain itu, dengan perulangan kita juga dapat membuat urutan nilai dari yang terkecil hingga terbesar menggunakan perulangan, di mana kita hanya mengeluarkan nilai $i pada perintah perulangan seperti di atas.

Seperti contoh di bawah ini, saya membuat perulangan yang akan mengulang kata "codinglan.blogspot.com" sebanyak 5 kali dengan memiliki nilai berurutan di depan teks.

Ketik perintah berikut:

 
Pada gambar di atas kita dapat melihat bahwa pada baris ke-3 sebelum teks "codinglan.blogspot.com" juga terdapat variabel yaitu variabel $i yang nilainya sesuai dengan banyak pengulangan sehingga menghasilkan output sebagai berikut.
 
localhost/file.php
 
perulangan for pada php dan contoh
 
 

Penutup

Demikian artikel kali ini terkait dengan Perulangan For Pada PHP dan Contoh. Semoga dapat bermanfaat dan berguna khususnya bagi Anda yang ingin belajar pemrograman. Terima kasih sudah berkunjung.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url