Program Pencarian Data dengan PHP7 dan MySQLi


Program Pencarian Data dengan PHP7 dan MySQLi - Searcing merupakan sebuah proses pencarian pada suatu elemen di dalam array, yang dapat dibagi menjadi dua macam tipe pencarian seperti : pencarian sequential (sequential search) dan pencarian pada biner (binary search). kalau kita bandingkan perbedaan antara kedua tipe tersebut terletak pada keadaan suatu elemen (data yang berada pada array). 
 
Pencarian sequential itu sendiri digunakan apabila data dengan keadaan acak atau tidak urut, sedangkan pencarian biner digunakan pada data yang sudah dalam keadaan berurutan. Sebelumnya kita sudah mempelajari pengenalan dasar bahasa program dan saya anggap sobat sudah mengerti sedikit demi sedikit hehe karena saya pun juga masih belajar dan ingin berbagi.

Baca juga : Cara Decrypt dan Enkripsi Password MD5 Online di PHP

Program Pencarian Data dengan PHP7 dan MySQLi  

 
Sekarang kita memulai dengan membuat program yang cukup sederhana. kali ini saya akan membuat tutorial Program Pencarian Data dengan PHP 7 dan MySQLi, simak ulasannya di bawah ini.  Berikut langkah-langkah untuk membuat Program Pencarian Data dengan PHP7 dan MySQLi :

Langkah 1 : Kita harus sudah menginstall xampp terlebih dulu sebagai database nya. kita memerlukan database disini untuk menampung data-data yang di input ke xampp. kalau sudah! pergi ke folder C:\xampp\htdocs dan buat folder baru anda.  

Langkah 2 : Kita buka text editor buat nulis skrip (code) bisa menggunakan visual studio, sublime text, atau notepad juga bisa. tetapi agar tampilannya jelas dan menarik saya rekomendasikan dengan visual studio atau sublime text ya. 

Langkah 3 : Sekarang salin skrip di bawah ini dan simpan dengan nama koneksi.php ke folder yang anda buat tadi (C:\xampp\htdocs\namafolder\koneksi.php). 
 
 
Langkah 4 : Selanjutnya buat file dengan nama index.php
 
 
Catatan : Fokus pada script php
 
Dari coding di atas penjelasannya seperti berikut :
 
 
Berikut ini penjelasan dari kode program di atas yang dapat kami simpulkan berikut ini:

1. Pada script form ini, terdapat method get dan juga post. jadi, kalau GET data keyword yang akan kita cari maka akan tampil di url, tapi jika POST maka data yang dicari akan disembunyikan url.
 
2. Jika kalian memakai GET , maka untuk mengambil data inputan form nya memerlukan $_GET['name'] tapi kalau POST maka $_POST['name']

3. Skrip di atas terdapat action=index.php, sekarang tergantung anda maunya ketika dicari tetap berada di halaman index atau pindah ke halaman lain.
 
4. Selanjutnya terdapat textbox yang berfungsi untuk pencarian nama data dengan menuliskan kata kunci pada keyword untuk memanggil nama data yang dicari.

5. Terdapat button yang biasa berfungsi untuk tombol submit nya.

Query Pencarian

 
Penjelasan diatas merupakan mencari ke 3 kolom di tabel produk, tapi jika kalian cuman mau 1 kolom saja yang dicari misalnya mau cari di kode_produk saja maka querynya seperti ini : 


Selanjutnya jika tidak ada yang dicari, maka akan menjalankan query didalam ELSE.

Langkah 5 : Dan terakhir buat database baru di xampp (localhost/phpmyadmin/) dengan nama db_gc.sql salin script sql nya di bawah ini buat dengan nama db_gc.sql 
 
 
Sekarang impor sql ke database xampp. setelah itu coba jalankan dengan alamat url (localhost/nama_folder) di browser. jangan lupa sebelumnya start apache dan MySQL pada xampp. 

 
Demikian lah artikel yang dapat saya berikan pada hari ini tentang program pencarian data dengan menggunakan PHP7 dan MySQLi. buat anda yang baru memulai pemrograman tetap semangat ya. semoga artikel di blog codinglan ini bisa membantu sobat untuk menambah pengetahuan. Terimakasih
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url