Cara Belajar Pemrograman Dasar Untuk Pemula


Cara Belajar Pemrograman Dasar Untuk Pemula - Memulai dengan pemrograman dasar adalah cara yang bagus untuk mempelajari tahapan pemrograman daripada langsung ke tingkat teratas. untuk memulai pemrograman anda perlu belajar dari dasar-dasarnya terlebih dahulu, ini adalah salah satu cara yang tepat dan layak untuk diterapkan.

Pemrograman dasar adalah pemograman yang memberikan dasar-dasar logika dimana struktur bahasa pemograman yang diberikan bersifat universal dan mengedepankan pembentukan pola pikir seseorang tentang pembuatan program yang efektif dan efisien.
 
Tapi pernahkah anda berpikir harus mulai dari mana untuk belajar pemrograman dasar? oke akan kita bahas pada artikel kali ini, ada beberapa cara belajar pemrograman dasar untuk pemula dalam memulai belajar pemrograman.

 

Cara Mempelajari Pemrograman Dasar


Berikut ini Cara Mempelajari Pemrograman Dasar Untuk Pemula :

1. Memahami Kata "Pemrograman"


Dalam memulai pemrograman akan lebih baik jika kita mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu. jika anda langsung belajar pemrograman langsung ke tingkat yang lebih tinggi (top level) tidak ada masalah selama anda mampu dan memiliki iq di atas rata-rata. Tetapi masalahnya adalah ketika anda langsung menuju ke level pemrograman tingkat tinggi hal yang ditakuti dan sering terjadi adalah pembelajaran yang berhenti ditengah jalan. Karena sehebat apapun programmer pasti akan mendapatkan error pada programnya dan sudah menjadi hal yang biasa untuk para programmer dalam dunia pemrograman. 
 
Terkadang jika anda langsung belajar pemrograman ke jenjang yang lebih tinggi lalu tiba-tiba program yang sedang anda kerjakan terjadi error dan tidak tahu cara menemukan kesalahan dan letak masalah karena anda tidak mengetahui dasar-dasar pemrograman anda pasti akan berhenti di tengah jalan. Sebagai pemula belajar pemrograman membaca buku sejarah tentang coding atau membaca buku tentang pemrograman adalah cara yang tepat dan benar. Jadi ada bayangan yang kita tangkap di otak, apa itu coding dan bagaimana program itu berjalan. yang penting adalah jangan terlalu ambisius dan tetap tenang untuk memulai. 


2. Belajar Otodidak


Pembelajaran otodidak merupakan metode yang tepat bagi kita jika kita enggan belajar dengan guru atau orang lain. wajar jika anda otodidak dan tidak ada yang salah dengan hal itu, mungkin inilah yang terjadi pada beberapa orang untuk mulai belajar pemrograman seperti saya. Salah satu alasan mengapa saya lebih memilih belajar otodidak pada dasarnya adalah tidak adanya biaya untuk itu. untuk mempelajarinya, saya hanya menggunakan yang tersedia seperti internet, android dan komputer sederhana.
 
Kuncinya adalah tetap fokus pada pembelajaran dan bila perlu, tuliskan di blog. tuliskan program apa yang hari ini anda pelajari. jadi pada saat belajar pemrograman tiba-tiba mendapatkan error kita hanya perlu dengan mudah mencari solusinya pada blog yang kita tulis. Walaupun belajar secara otodidak sudah banyak terbukti orang-orang hebat sebagian besar memulainya dengan belajar secara otodidak. Sangkin banyaknya saya lupa namanya..ya intinya tetap semangat dan terus berkarya. satu hal yang paling penting jangan pernah anda bandingkan diri anda dengan orang lain, teruslah berusaha untuk tetap belajar jika anda ingin belajar pemrograman secara otodidak yang penting temukan tujuan yang anda inginkan dalam belajar pemrograman.
 

3. Belajar Salah Satu Bahasa


Setelah memahami kata pemrograman, kita semakin tahu bahwa ada banyak bahasa pengkodean tetapi cara penerapannya sama. Hanya saja setiap bahasa pengkodean memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pembuatan aplikasi atau web.

Sehingga kita sebagai developer yang baru menyelam harus benar-benar memahami apa yang dibutuhkan dalam dunia industri saat ini. tidak apa-apa mempelajari semuanya, tetapi yang terpenting menguasai satu bahasa yang harus anda kuasai. Selain itu, Anda juga dapat Mempelajari Algoritma Pemrograman dan Fungsinya.
 

4. Persiapan Alat dan Bahan


Saya merekomendasikan di sini bagi pemula untuk menginstal alat terlebih dahulu jika anda memiliki laptop. namun jika belum punya laptop jangan menyerah karena banyak developer yang sudah menerbitkan aplikasi di play store untuk belajar programming. Salah satunya yang saya pelajari adalah aplikasi termux dengan bahasa yang kebanyakan menggunakan python. 

Ada banyak bahan yang dibutuhkan sebelum membuat web dan dapat dipilih sesuai keinginan, seperti xampp sebagai database, visual studio code (vsc) untuk kode editor tempat kita menulis kode, dengan bahasa yang dipelajari seperti html, css, php, mysql, javascript, dan lainnya. Jika semuanya dijelaskan, tidak ada akhirnya. artinya masih banyak yang harus dipelajari, bukan? ya benar! kembali ke niat dan tujuan semula yang sudah nempel di hati.
 

5. Membuat Program Sederhana


Sekarang jangan nanti! karena nanti bisa menjadi tidak pernah. maksud saya jika anda sudah mantap cobalah untuk memberanikan diri membuat website atau aplikasi yang anda pahami. jika tidak tau harus memulai darimana jangan khawatir itu sudah menjadi hal yang biasa dan anda belum gagal. Sedikit gambaran dari saya cobalah untuk mencari source code sebuah proyek baik itu berupa website, aplikasi, ataupun game. Banyak source code yang bisa anda dapatkan di google tapi saran saya cobalah cari di github. karena disana banyak pengembang yang menyediakan source code untuk anda pelajari dan dapatkan secara gratis. Bahkan anda bisa ikut berkontribusi untuk pembuatan proyek di web github jika anda mengerti dengan struktur kode. Maka dengan itu penting untuk kita mempelajari github. 
 
Source code yang anda dapatkan bisa anda pelajari dan modifikasi menjadi lebih baik lagi. jika apa yang anda kerjakan itu bekerja dengan baik disitu kita bisa mencari sumber penghasilan. Jadi dengan adanya source code kita ada sedikit gambaran untuk membuat program sederhana yang akan kita kembangkan. Dengan catatan source code yang anda dapatkan sesuaikan juga dengan apa yang anda pelajari biar pada saat anda mulai ngoding mengerjakan program tidak menjadi kaku. Anda juga bisa menyewa jasa developer untuk membuat program yang anda inginkan dan dapat anda gunakan untuk di pelajari. Tetapi jika anda ingin merancang sendiri silahkan tidak masalah yang penting fokus dengan apa yang sedang anda kerjakan. Anda boleh mencoba membuat program sederhana seperti membuat kalkulator dengan HTML, CSS, JavaScript di Notepad.
 

6. Jalinlah Networking


Jika anda membutuhkan informasi terbaru tentang pemrograman, jika masih banyak hal yang belum anda mengerti, jangan lakukan semuanya sendiri, pertahankan masalahnya sendiri, atau terjadi error dihadapi sendiri.
 
Mulailah berjejaring seperti melalui komunitas terkenal atau forum media sosial, dan seringlah bertanya di situs pemrograman yang siap membantu anda mencari jalan keluar jika terjadi kesalahan. sehingga kita dapat menyelesaikan masalah yang sedang terjadi dan mengembangkan ilmu pengetahuan dengan informasi terkini. 

Kesimpulan 


Bagi Anda yang baru memulai dan ingin belajar pemrograman, kami sarankan otodidak. Karena belajar otodidak dilakukan dengan niat baik untuk mempelajari apa yang diinginkan. Bagi anda yang masih pemula bisa mempelajari Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot terlebih dahulu. Karena dari blogging kamu bisa belajar banyak tentang struktur pemrograman untuk membangun website yang bekerja maksimal. Selain itu, jika Anda memahami ini, Anda bisa mendapatkan.

Baca juga : 10 Tips Menjadi Blogger Pemula dan Menghasilkan Uang
 

Penutup


Demikian semoga bermanfaat. ingat teman-teman, belajar pemrograman itu tidak mudah. kita harus belajar algoritma yang sarat logika kompleks, kita juga harus belajar bahasa pemrograman yang bahasanya tidak mirip dengan bahasa manusia. namun jika kamu menjalaninya dan menganggapnya sebagai tantangan dan proses yang harus kamu lalui, ternyata semua itu bisa menyenangkan, percayalah suatu saat apa yang kamu pelajari jika dilakukan dengan niat akan terbayar.
 
"learn by doing and learn by error". i love programming...
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url