Cara Menghapus Kode CSS & JS yang Tidak Digunakan di Blogger


Cara Menghapus Kode CSS & JS yang Tidak Digunakan Saat Anda mengunjungi halaman web, browser Anda meminta semua sumber daya yang dibutuhkan untuk membuatnya. Terkadang halaman akan memuat sumber daya, seperti JavaScript dan CSS, yang berisi kode yang sebenarnya tidak diperlukan untuk membuat halaman yang dimaksud; akibatnya, kecepatan pemuatan halaman meningkat secara tidak diperlukan atau berlebihan.

Blogger menghasilkan beberapa konten yang tidak berguna untuk blognya, seperti file CSS dan Javascript. File-file ini meningkatkan ukuran blog, menambah waktu untuk membuka suatu halaman, menyebabkan pemblokiran render, dan mengurangi skor PageSpeed ​​​​Insights halaman. Artikel ini akan membahas cara menghapus widget CSS, JS, javascript bawaan Blogger menggunakan praktik yang benar sesuai dengan struktur kode yang dibutuhkan.

Setiap sumber daya dapat disamakan dengan mobil yang melaju di jalan, yang semuanya harus tiba di tujuan ke browser agar halaman selesai dimuat. Semakin banyak kode yang Anda coba proses, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pemuatan halaman. Karena hal seperti itu tidak akan meningkatkan pengalaman pengguna dan tidak akan meningkatkan kecepatan memuat halaman lebih cepat. Untuk pada posting ini kami juga akan berbicara tentang beberapa pro dan kontra dari menghapus file-file tersebut, jadi baca seluruh artikel ini sampai selesai.


Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menghapus Kode di Blogger


Kami sangat menyarankan Anda menyiapkan lingkungan pementasan sebelum Anda memublikasikan perubahan kode apa pun ke situs langsung Anda. JavaScript dapat menjadi penting untuk fungsionalitas, dan CSS sama pentingnya untuk struktur halaman, visibilitas elemen, presentasi konten, dan lain sebagainya. Anda tidak ingin secara tidak sengaja menghapus beberapa kode yang diandalkan halaman Anda untuk memuat dengan benar, jadi penting untuk menguji setiap perubahan dalam pementasan sebelum semua ditayangkan.

Selalu pertimbangkan berbagai cara pengguna akan merasakan situs Anda sebelum Anda menghapus kode apa pun. Misalnya, pengguna yang masuk mungkin memerlukan gaya alternatif atau fungsi JavaScript daripada pengguna yang keluar. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah CSS khusus perangkat. Kueri media dapat digunakan untuk menata elemen bergantung pada titik henti sementara dari area pandang tertentu. Beberapa alat atau program otomatis untuk menemukan kode yang tidak digunakan mungkin tidak memperhitungkan hal ini dan mungkin secara keliru menyatakan gaya yang saat ini tidak aktif sebagai tidak digunakan.

Untuk itu, disini saya menyarankan anda untuk membackup terlebih dahulu template blog yang digunakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan pada saat terjadi kekeliruan dalam penerapan metode penggunaan bahasa pemrograman. Jadi penting untuk membackup template blogger terlebih dahulu sebelum menghapus kode css dan javascript yang tidak terpakai di Blogger. Apalagi jika Anda masih pemula atau baru mengenal bahasa pemrograman.

Bagi anda yang masih belum paham namun ingin mengerti bahasa pemrograman, anda bisa membaca postingan kami sebelumnya tentang :


Mengapa kita harus menghapus widget CSS dan Javascript default?


Apakah Anda menghadapi pemblokiran render atau masalah dengan kecepatan halaman blog Blogger? Kemudian, Anda dapat melakukan metode ini untuk menghapus JS dan CSS default dan mencegah skrip dimuat. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pemuatan halaman menjadi lebih ringan.

Selain itu, hal ini bisa menjadi alasan untuk membuat file CSS dan Javascript Blogger secara otomatis: Saat Anda membuat blog Blogger, desainnya tidak terlalu menarik. Jadi untuk memberikan tampilan yang layak ke Blogger, tema blog digunakan. Tema-tema ini memiliki gaya dan javascript untuk menjalankan fungsinya.

Dalam kasus seperti ini biasanya kode CSS dan JavaScript yang dihasilkan oleh Blogger tidak digunakan. File-file ini mengambil ruang ekstra dan ukuran yang terlalu berlebih, yang dapat memperlambat blog Blogger Anda. Karena untuk membuat website cepat, Anda harus menghapus semua elemen yang tidak perlu yang tidak terlalu digunakan oleh blog Blogger.

Selain itu menghapus konten, seperti widget javascript, akan membatasi Tata Letak Blogger yang Anda gunakan. Untungnya, artikel ini juga akan membantu Anda mengatasi keterbatasan dan memberikan solusi terbaik untuk hal semacam itu.

Cara menghapus CSS default Blogger yang tidak digunakan


Untuk menghapus kode CSS default blog Blogger, Anda harus mengedit file tema XML di Blogger. Sekarang Anda bisa periksa tag <html> di tema, tambahkan css='false' ke baris ini, dan selesai. Anda menghapus CSS blog Blogger yang tidak digunakan. Agar lebih jelas lagi maka kode akan terlihat seperti ini.

Sebelum melakukan perubahan apa pun, kode tema akan terlihat seperti


Setelah melakukan perubahan pada kode untuk menghapus CSS dari blog. Kode akan terlihat seperti


Cara Menghapus widget Javascript default dari Blogger


Sekarang untuk menghapus file dari kode javascript js default dari footer blog. Jadi pengguna dapat mengalami penjelajahan lebih cepat lagi. Untuk itu cukup tambahkan b:js='false' tag <html> seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Setelah melakukan perubahan pada kode untuk menghapus JS dari blog. Kode akan terlihat seperti


Sekarang Anda telah menyimpan file tema dan memeriksa widget javascript akan dihapus. Setelah menghapus skrip ini, Anda dapat memeriksa perubahan yang dimuat pada halaman di alat Google.

Cara Menghapus JS dan CSS default dari Blogger


Sekarang untuk menghapus kode JavaScript dan CSS dari blog Blogger sekaligus, Anda harus menambahkan b:css='false' dan b:js='false' di tag <html> template yang Anda gunakan.

Ini adalah contoh kode terakhir setelah menghapus code JS dan CSS default dari blog Blogger akan terlihat seperti berikut ini.


Dengan menggunakan metode di atas, Anda dapat menghapus JS dan CSS default dari blog Blogger. Jadi fungsi kode yang bekerja akan menjadi lebih sederhana lagi.

Berikut ini beberapa manfaat dalam menghapus kode JavaScript default yang Tidak Digunakan di Blogger:

  • Ini meningkatkan waktu buka, meningkatkan kecepatan situs web,
  • Meningkatkan pengalaman pengguna,
  • Tingkatkan SEO blog.

Kontra Menghapus JS default dari Blogger


Ada beberapa batasan Jika Anda menghapus JS default dari blog Blogger. Berikut ini adalah kontra jika menghapus kode JS default dari Blogger:

  • Formulir Kontak tidak akan berfungsi jika berada dalam tata letak portal, Tapi jangan khawatir; Anda dapat membuat halaman kontak untuk blog Blogger Anda.
  • Anda tidak akan dapat mengubah tema hanya dengan mengunjungi bagian Tata Letak situs web Anda. Kapan saja, jika Anda membuat beberapa perubahan dalam tata letak halaman web Anda, maka dalam hal ini. Anda harus menghapus b:js='false' dari tag HTML dan menyesuaikannya. Anda dapat menambahkannya lagi setelah melakukan perubahan yang diperlukan.
  • Widget Blogger yang membutuhkan javascript untuk menjalankan berbagai fungsi tidak akan berfungsi.


Kesimpulan


Dari semua aspek pengoptimalan kinerja, pembersihan dan penghapusan kode yang tidak digunakan adalah salah satu yang dapat memberikan efek nyata. Jika dilakukan dengan baik, halaman Anda akan berjalan secara efisien, dan tidak diragukan lagi akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pengguna Anda yang penting bagi Google, dan yang lebih penting adalah keuntungan yang Anda dapatkan.

Ingatlah untuk meluangkan waktu Anda dan menguji secara menyeluruh sebelum mendorong apa pun secara langsung. Jika Anda memiliki rekomendasi tambahan untuk plugin, sumber daya, atau layanan. Beri tahu kami di komentar, kami akan senang mendengarnya! Jika Anda menyukai artikel ini atau menghadapi masalah apa pun. Silakan komentar di bawah. Ini memberi saya imbalan karena menulis hal-hal seperti itu.

Demikian postingan kali ini tentang Cara Menghapus Kode CSS & JS yang Tidak Digunakan di Blogger. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk bagikan artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
5 Comments
  • Uda richard
    Uda richard October 15, 2022 at 10:07 PM

    Artikel requestan saya kemarin dong bg, cara menambahkan shoping cart ke template bawaan blogger, sama kode pemanggilnya.

    • samuelpasaribu.com
      samuelpasaribu.com October 15, 2022 at 10:53 PM

      Baru selesai ngerjain project web. Ntar senin aja ya baru gw update. Sabar aja and fokus cari ilmu yang lain dulu

  • Way
    Way October 15, 2022 at 10:57 PM

    Sebuah jenis profesi atau pekerjaan yang bertujuan untuk membuat sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman. Keren terus berkarya saya selalu support 👽

    • samuelpasaribu.com
      samuelpasaribu.com October 15, 2022 at 10:58 PM

      Terima Kasih

    • Zoneamedia
      Zoneamedia October 16, 2022 at 9:47 PM

      Penelusuran terkait

      kode javascript
      kode javascript lengkap
      cara memanggil javascript di html
      contoh kode javascript
      penempatan javascript pada html
      cara membuat javascript
      script javascript
      contoh website dengan html, css dan javascript

Add Comment
comment url