Cara Menjadi Programmer untuk Pemula


Cara Menjadi Programmer untuk Pemula Programmer, dalam arti tertentu, adalah arsitek digital yang mendedikasikan karir mereka untuk merancang fitur dan fungsi teknologi. Ini adalah profesi yang fantastis, dan jika Anda pernah berpikir tentang roda penggerak di balik mesin internet yang tidak terlalu metaforis, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana rasanya menjadi seorang programmer.

Percaya atau tidak, setiap situs web, aplikasi, dan game yang Anda buka dan gunakan hingga saat ini adalah hasil kerja pemrograman selama berjam-jam. Pemrograman adalah jalur karir yang fantastis dengan potensi pertumbuhan yang besar, terutama karena begitu banyak kehidupan kita sekarang dijalani secara online. Sehingga sangat diperlukan seorang programmer untuk membangun dunia teknologi yang lebih baik.

Apakah Anda muak dengan karir Anda saat ini? Dalam pekerjaan buntu yang tidak membawa Anda kemana-mana? Pernahkah Anda meneliti bagaimana menjadi seorang programmer atau bagaimana belajar pemrograman sampai Anda benar-benar memahami pekerjaan seorang programmer? Jika iya, maka artikel ini adalah informasi yang tepat untuk anda yang ingin berkarir di bidang programming.

Apa yang Dilakukan Pemrogram Komputer?


Sebelum kita mulai melihat bagaimana menjadi seorang programmer, saya perlu memastikan Anda memiliki pemahaman yang lengkap tentang apa yang dilakukan oleh seorang programmer komputer. Seorang programmer adalah seseorang yang menulis kode yang memberitahu komputer atau perangkat lain apa yang harus dilakukan dengan fungsi yang tepat dari sebuah program yang bekerja dengan baik.

Dalam kasus pengembang perangkat lunak, mereka mengambil konsep atau desain dan menulis kode yang memberi tahu komputer cara menjalankan konsep yang dibuat. Dalam kasus seseorang seperti pengembang web, mereka mengambil desain situs web yang diusulkan dan membangunnya dengan menulis kode yang diperlukan.

Dalam kebanyakan situasi, seorang programmer komputer sedang membangun atau membuat sesuatu berdasarkan parameter desain orang lain. Namun, beberapa programmer merancang program mereka, jadi ini selalu menjadi pilihan jika Anda adalah tipe orang yang berjiwa wirausaha!

Sebagian besar programmer merasa senang dengan kesuksesan mereka, percaya diri dengan keterampilan mereka, dan aman tentang masa depan keuangan mereka; profesi menikmati peringkat 4,5 (dari 5) untuk kepuasan.

Salah satu alasan pemrogram sangat bangga dengan pekerjaan mereka adalah karena mereka bertanggung jawab dengan pekerjaan mereka dan setidaknya sebagian untuk membentuk struktur di mana orang-orang di dunia modern berkomunikasi dan terlibat dengan komunitas mereka untuk saling terhubung.

Kami sekarang telah menjawab pertanyaan 'Apa yang dilakukan seorang programmer komputer?' , mari kita beralih ke cara belajar pemrograman dan menjadi programmer yang baik.

Cara Menjadi Programmer: Panduan Langkah Demi Langkah


Mungkin Anda juga ingin menjadi bagian dari perkembangan "arsitektur" yang penting untuk profesi dibidang programmer. Jika demikian, mari kita bicara tentang langkah-langkah yang terlibat dalam menjadi seorang programmer:

  • Tentukan Industri yang Anda Minati
  • Identifikasi Bahasa yang Perlu Anda Pelajari
  • Mulai Belajar di Perguruan Tinggi, di Bootcamp, atau Mandiri
  • Mulai Proyek Anda Sendiri
  • Mulai Mencari Pekerjaan

1. Tentukan Industri yang Anda Minati



Saat mempertimbangkan bagaimana menjadi seorang programmer, langkah pertama Anda adalah menentukan arah umum untuk jalur karir Anda. Pikirkan mengapa Anda ingin menjadi pembuat kode dan tujuan ke mana Anda ingin pergi? Apa yang ingin Anda lakukan atau capai? sebelum terjun di dunia programming lebih baik pikirkan hal itu terlebih dahulu.

Sementara rata-rata orang awam mungkin paling mengasosiasikan pemrograman dengan teknologi, pekerjaan tersedia di hampir setiap industri. Bisnis di setiap sektor membutuhkan pengembang dan pemrogram web; seorang pembuat kode berbakat dapat menemukan permulaan mereka dalam segala hal mulai dari kecerdasan buatan dan keamanan siber hingga layanan sosial, perawatan kesehatan, layanan keuangan, dan bahkan pertanian.

Pada tahun 2018, peneliti untuk MyPlan merinci angka pekerjaan untuk industri teratas yang mempekerjakan programmer dan mengungkapkan penyebaran yang mengejutkan di seluruh sektor.

Sementara 111.540 pemrogram dipekerjakan secara langsung dalam layanan ilmiah, teknis, dan profesional, 28.450 pekerjaan berada di bidang informasi. 16.070 lainnya bekerja di bidang keuangan dan asuransi, 12.710 memiliki peran di bidang manufaktur, dan 10.600 dalam administrasi publik. Semua angka ini diperkirakan akan tumbuh dalam beberapa dekade mendatang.

Tak perlu dikatakan, calon programmer memiliki pilihan karir. Ada baiknya untuk memiliki gambaran umum tentang industri yang Anda inginkan ketika Anda mulai berpikir tentang bagaimana menjadi seorang programmer otodidak meskipun Anda tidak boleh merasa terbatas pada satu visi! Keterampilan yang Anda kembangkan akan dapat ditransfer lintas sektor. Karena hal yang paling penting di dunia programmer adalah skill dan BUKAN IJAZAH.

2. Identifikasi Bahasa yang Perlu Anda Pelajari



Dengan ini dikatakan, mungkin akan lebih membantu untuk mengetahui apakah Anda tertarik pada pemrograman di ujung depan atau ujung belakang. Sementara banyak keterampilan yang sama mendasari keduanya, masing-masing kategori memiliki fokusnya sendiri dan membutuhkan seperangkat keterampilan yang berbeda.

Mereka yang bekerja di front end development terutama memperhatikan porsi situs web yang berinteraksi dengan pengguna. Pengembang ujung depan menentukan tampilan visual situs, mengarahkan perilakunya, dan menangani konten dan strukturnya. Tugas mereka adalah memaksimalkan efisiensi, utilitas, kinerja, dan daya tanggap untuk memastikan aksesibilitas ke semua pengguna.

Pengembang back end, seperti yang Anda harapkan dari namanya, bekerja di belakang layar untuk menangani pemrograman sisi server. Pengembang ini berurusan dengan pustaka, komponen sistem, dan struktur data yang tidak pernah dilihat pengguna secara langsung dan memastikan bahwa program berfungsi dan pengembang ujung depan membuatnya terlihat lebih menarik.

Menentukan fokus Anda akan membantu Anda mengetahui bahasa dan program mana yang harus diprioritaskan selama pelatihan Anda. Di bagian ini, kami akan fokus pada serangkaian keterampilan lengkap yang mencakup bahasa yang relevan dengan pembuat kode yang bekerja di bagian depan dan belakang pengembangan.

HTML, CSS, JavaScript


Meskipun ada banyak bahasa yang tersedia untuk calon programmer, semua harus memiliki setidaknya pemahaman dasar tentang bahasa kode dasar yang biasa digunakan pengembang seperti: HTML, CSS, dan JavaScript. Ketiga teknologi ini menciptakan kerangka kerja yang digunakan hampir semua situs web untuk menentukan pengalaman bagi penggunanya dan karenanya sangat penting untuk karir pemrograman Anda di masa depan, terutama bagi mereka yang ingin menjadi pengembang web.

HTML (HyperText Markup Language) pada dasarnya adalah kerangka kerja untuk situs web apa pun yang Anda kunjungi hari ini. Kode HTML menyediakan struktur situs melalui "tag" yang mendefinisikan elemen penting dari halaman web, dari teks hingga tautan ke gambar dan banyak lagi. Untuk info lebih lanjut tentang ini Anda bisa baca posting kami sebelumnya tentang Pengenalan Dasar HTML dan lengkap dengan contohnya.

Namun, ketika Anda menjelajahi web, Anda akan menemukan situs yang terlihat sangat berbeda satu sama lain. Banyak keajaiban desain web dimungkinkan melalui CSS (Cascading Style Sheets). CSS mendefinisikan dan menerapkan gaya ke situs web, menentukan bagaimana hampir setiap aspek situs tampak bagi pemirsa. Untuk info lebih lanjut tentang ini Anda bisa membaca posting kami sebelumnya tentang Pengenalan Dasar CSS dan lengkap dengan contohnya.

Terakhir, JavaScript, bahasa runtime, berfungsi sebagai kekuatan pendorong di balik situs web yang lebih interaktif. Saat Anda memuat halaman, Anda juga akan memuat JavaScript; menjalankan skrip memungkinkan pengguna untuk membuat keputusan dan melakukan tindakan di situs, seperti mencari peta atau fungsi pemanggilan kode. JavaScript juga memungkinkan Anda membuat situs web yang menarik dengan memfasilitasi pembaruan konstan dan interaksi pengunjung yang dinamis. Untuk info lebih lanjut tentang ini Anda bisa membaca posting kami sebelumnya tentang Pengenalan Dasar JavaScript dan lengkap dengan contohnya.

Bootstrap


Bootstrap adalah kerangka kerja pengembangan sumber terbuka yang banyak digunakan untuk pemrograman front end yang membantu programmer mengembangkan situs web dan aplikasi yang responsif. Ini sangat berguna untuk pengembangan aplikasi seluler dan situs mobile-first dari berbagai aspek yang sangat penting bagi pemrograman web, mengingat semakin banyak orang yang mengakses web melalui ponsel mereka.

Node.js/Express.js


Node.js adalah lingkungan sumber terbuka yang dapat diakses yang menyediakan kerangka kerja bagi pemrogram untuk membuat larik aplikasi sisi server menggunakan JavaScript. Node.js dirancang untuk digunakan di server, bukan di browser, tetapi menggunakan JavaScript biasa, yang memungkinkan peralihan yang lebih mulus antara UI & UX.

Terkait, Express.js adalah kerangka kerja web paling populer untuk Node.js. Ini memungkinkan pemrogram untuk mengelola pengaturan untuk aplikasi web dan memproses permintaan data, dengan berbagai perpustakaan untuk menangani beragam kebutuhan situs web atau aplikasi interaktif.

Java


Terlepas dari kesamaan antara nama mereka, Java back-end-centric berbeda secara signifikan dari JavaScript yang berfokus pada front-end. Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang lengkap dengan berbagai aplikasinya. Java dapat membuat program mandiri, sedangkan JavaScript biasanya harus beroperasi di dalam halaman HTML. Java juga sering digunakan untuk pengembangan aplikasi mobile.

Dari kedua bahasa pemrograman tersebut, bagaimanapun, memainkan peran penting dalam mengembangkan platform digital fungsional dan intuitif pengguna.

Git


Git adalah sistem untuk kontrol versi, sebuah proyek sumber terbuka yang diandalkan oleh banyak proyek perangkat lunak lainnya dan termasuk banyak program dan kerangka kerja sumber terbuka yang paling terkenal yang bertujuan untuk melacak perubahan dan memungkinkan ratusan, bahkan ribuan, kolaborator untuk berpartisipasi dalam membentuk proyek yang dibuat.

Tanpa perangkat lunak pengontrol versi seperti Git, pemrogram yang mengerjakan proyek bersama mungkin secara tidak sengaja menyimpan pekerjaan satu sama lain dan menimpa suntingan penting.

SQL


SQL, atau Structured Query Language, memungkinkan pengembang untuk mengelola dan mengedit database informasi. Sebagian besar web bergantung pada basis data yang luas untuk memfasilitasi interaktivitas dan akses cepat ke sejumlah besar data. SQL adalah salah satu bahasa paling umum untuk manajemen basis data, dan banyak situs web menggunakan versi SQL bermerek, seperti MySQL, untuk mengelola data.

Bahkan jika Anda tidak berniat untuk bekerja secara ekstensif dengan database, Anda akan mendapat manfaat dari mengembangkan basis pengetahuan yang solid dalam SQL.

3. Mulai Belajar di Perguruan Tinggi, di Bootcamp, atau Mandiri



Ada banyak cara bagi calon programmer untuk mendapatkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk bersaing secara profesional dan menemukan pekerjaan yang bagus; metode yang Anda pilih tergantung pada situasi Anda dan sumber daya yang Anda miliki.

Anda mungkin perlu mempertimbangkan berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk mempelajari keterampilan pemrograman. Jika Anda baru memulai karir dan telah menghemat uang, Anda dapat memilih studi penuh waktu untuk bergerak lebih cepat ke karir baru Anda. Tetapi jika Anda memiliki kewajiban di luar atau membutuhkan penghasilan yang disediakan oleh pekerjaan penuh waktu, kursus paruh waktu mungkin yang terbaik untuk Anda.

Ada berbagai macam peluang paruh waktu dan penuh waktu, tatap muka, dan jarak jauh yang tersedia untuk calon programmer. Ingatlah garis waktu Anda saat Anda memetakan jalur Anda, dan lihat opsi di bawah ini untuk memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda tidak punya waktu untuk memulai program formal dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang pemrograman sendiri, program belajar mandiri dapat memungkinkan Anda mengambil jalur yang lebih mandiri untuk berkarir dalam pengembangan web. Ada banyak alat online yang tersedia yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keterampilan pemrograman Anda, seperti tutorial, buku, video, dan proyek pengkodean.

Jika Anda tertarik dengan pendekatan mandiri, Anda mungkin juga ingin melihat kursus online gratis atau murah yang memungkinkan Anda mengatur langkah dan kemajuan Anda sendiri melalui materi. Umumnya, ini melibatkan sedikit interaksi dengan instruktur tetapi memberikan informasi yang andal dan terperinci untuk membantu Anda belajar.

Ada pro dan kontra untuk pembelajaran online mandiri. Di satu sisi, Anda dapat belajar memecahkan masalah, yang merupakan keterampilan instrumental dalam pemrograman; Dengan mempelajari keterampilan riset, Anda dapat memperbaiki kode Anda sendiri dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

Di sisi lain, setiap jalur belajar mandiri membutuhkan banyak disiplin, komitmen, dan waktu. Karena Anda hanya bertanggung jawab kepada diri sendiri, Anda perlu menyisihkan waktu dan melakukan riset untuk kemajuan Anda sendiri. Pertimbangkan preferensi belajar Anda dan kemampuan untuk memotivasi diri sendiri sebelum Anda berkomitmen pada jalan ini!

4. Mulai Proyek Anda Sendiri



Terlepas dari jalur pendidikan yang Anda pilih, memulai proyek pemrograman Anda sendiri adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengalaman dan mengembangkan keterampilan Anda. Anda dapat mengutip proyek-proyek ini saat melamar pekerjaan, dan berpartisipasi dalam inisiatif pemrograman skala besar akan memberdayakan Anda untuk membuat koneksi industri yang berharga.

Dengan menulis kode Anda sendiri dan menerbitkannya, Anda dapat mengambil pengetahuan teoretis yang Anda pelajari di kursus, di bootcamp, atau di universitas dan mengubahnya menjadi aplikasi praktis. Anda mungkin tidak menyadarinya sekarang, tetapi portofolio lengkap proyek yang sukses menunjukkan keahlian Anda kepada pemberi kerja dengan lebih jelas daripada CV yang diformat dengan baik.

Bekerja pada proyek sangat penting bagi pelajar mandiri, mengingat bahwa mereka mungkin tidak memiliki banyak kesempatan untuk membuat proyek di kelas seperti yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa perguruan tinggi dan bootcamp.

5. Mulai Mencari Pekerjaan



Langkah-langkah untuk meluncurkan karir pemrograman Anda serupa dengan yang ada di bidang lain. Anda harus membuat resume, mengumpulkan referensi profesional, dan membangun portofolio yang dapat diakses publik. Menghadiri konferensi dan acara pemrograman kolektif juga dapat membantu Anda mengembangkan koneksi dan mengenal industri dengan lebih baik.

Semua hal di atas dapat membantu Anda mendapatkan prospek, mencari pekerjaan, dan menghadirkan aplikasi hebat. Anda harus melatih keterampilan wawancara Anda dan menampilkan diri Anda dengan baik. Tetapi ingat bahwa wawancara kerja pemrograman juga mencakup tugas teknis, jadi bersiaplah untuk bersinar dalam hal pengkodean.

Pasar sedang panas, tetapi ingat bahwa mungkin perlu beberapa bulan untuk menemukan pekerjaan pemrograman tergantung pada lokasi Anda dan kebutuhan perekrutan saat ini. Jika Anda telah belajar sendiri untuk memprogram dan merasa sulit untuk dipekerjakan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendaftar di bootcamp untuk meningkatkan resume Anda, tampil lebih berharga, dan membuat koneksi yang berharga.

Kesimpulan


Pemrograman adalah bidang yang sangat beragam, dan menawarkan sesuatu untuk semua orang. Tidak masalah apakah Anda seorang lulusan sekolah berusia 18 tahun atau seorang pedagang berusia 40 tahun - jika Anda bersedia untuk memikirkannya, Anda dapat belajar menjadi seorang programmer. Pemrograman menawarkan nilai luar biasa sebagai karier, dengan manfaat mulai dari mobilitas ke atas hingga kepuasan kerja.

Saat mempertimbangkan cara menjadi programmer otodidak, pikirkan tentang opsi pendidikan yang dapat memberi Anda pelatihan yang Anda butuhkan dalam jangka waktu dan biaya yang Anda inginkan. Jangan biarkan ketidakpastian menahan Anda; Jika Anda tertarik dengan karir coding, lihat bagaimana Anda bisa menjadi programmer hari ini!

Demikian postingan kali ini tentang Cara Menjadi Programmer untuk Pemula. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk bagikan artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
4 Comments
  • Tikseo
    Tikseo October 20, 2022 at 2:41 PM

    Di era serba canggih sekarang ini, kita bisa mempelajari segala hal dengan mudah. Misalnya, kita bisa belajar pemrograman sendiri. Apa sebenarnya pemrograman itu? Pemrograman adalah proses membuat program pada komputer. Program yang dibuat bisa berupa software, website, aplikasi Android atau iOS, dan lain-lain.

  • Putri Sambo S.Kom
    Putri Sambo S.Kom October 20, 2022 at 2:43 PM

    Artikel nya cocok untuk para pemula nih, thank you mas!

  • Zoneamedia
    Zoneamedia October 20, 2022 at 2:47 PM

    Penelusuran terkait

    artikel seo friendly
    contoh artikel seo
    contoh artikel seo teknologi
    jasa artikel seo
    cara membuat artikel seo
    aplikasi seo off page
    kriteria artikel seo yang baik
    aplikasi seo website

  • Rahmad Hidayat
    Rahmad Hidayat October 21, 2022 at 12:54 AM

    Postingan artikel yang sangat bermanfaat. Thanks

Add Comment
comment url