Cara Membuat Web dan Hosting Gratis di Github

website dinamis dengan html dan css
Cara Membuat Web dan Hosting Gratis di Github - Situs web adalah kumpulan beberapa halaman web yang saling terhubung satu sama lain dan biasanya terletak pada lokasi server yang sama dengan beberapa halaman yang berisi informasi yang diberikan oleh individu, kelompok, atau organisasi. 
 
Banyak orang berpikir bahwa membuat situs web membutuhkan keterampilan dan pengalaman teknis yang sulit, tetapi bukan itu masalahnya. Pada artikel ini Anda akan belajar bagaimana Anda dapat membuat website sederhana dengan html dan css. Selain itu Anda juga mendapatkan hosting gratis di github

Postingan ini sangat bermanfaat bagi anda yang baru memulai dan belajar membuat website dengan mudah. Disini kita akan membuat web portfolio design dengan menggunakan bahasa pemrograman dasar yaitu html dan css. Simak ulasannya di bawah ini sampai selesai agar Anda paham cara membuat web dan hosting gratis di github.

Cara Membuat Web Sederhana dengan Html dan Css


Membuat website sederhana merupakan salah satu tips yang tepat bagi Anda yang ingin mempromosikan produk atau jasa tertentu lainnya. Kita hanya perlu menguasai sedikit pengenalan dasar bahasa pemrograman seperti Html dan juga Css.

Tidak perlu khawatir, disini saya sudah menyiapkan source code template web portfolio gratis yang bisa anda pelajari. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat web sederhana dengan html dan css :
  • Pergi ke halaman github > Source Code https://github.com/coding-lan/coding-lan.github.io
  • Pilih tab "↓ Code"

Ada 3 cara untuk mendownload source code sebagai berikut :
  1.  Clone Saat menggunakan metode clone untuk mengunduh proyek, saya sarankan Anda mendaftarkan akun dengan github terlebih dahulu. Dengan cara ini Anda dapat mengunduhnya dengan mengcloning proyek websitech.github.io dengan cara berikut: Download Software git-scm terlebih dahulu di desktop. Setelah diunduh, jalankan atau instal programnya hingga selesai. Kemudian pastikan perangkat lunak telah diunduh di desktop Anda dengan mengklik kanan dan melihat tab opsi menu. Biasanya jika file sudah terinstall di komputer anda akan ada deskripsi "Git GUI Here" dan "Git Bash Here". Sebaiknya perhatikan terlebih dahulu sebelum mendownload dengan clone. Kalau sudah terinstall > Buat folder tempat penyimpanan > Klik kanan di folder yang dibuat > Pilih "Git Bash Here". Selanjutnya ketikkan perintah git clone https://github.com/coding-lan/coding-lan.github.io Setelah itu enter dan tunggu prosesnya selesai.
  2. Open with GitHub Desktop
  3. Download ZIP
  4. Selesai...
 
Dari ketiga cara diatas bisa anda gunakan untuk mendownload source code web yang siap untuk di hosting gratis di github. Setelah anda selesai mendownload source code diatas, buka folder tersebut dan klik "index.html" untuk melihat hasil tampilannya.  

Bila Anda sudah mendownloadnya sekarang Anda sudah memiliki source code web portfolio gratis yang dibuat dengan html dan css yang bisa dipelajari dan bebas untuk memodifikasinya. Belum selesai sampai disini! sekarang bagaimana caranya mengupload folder ke github untuk hosting gratis di Github.

Cara Mengupload Project Web dan Hosting Gratis di Github


Sampai disini jika ingin mengupload project web dan hosting gratis di github, sebaiknya pastikan project tersebut sudah selesai atau belum. Jika Anda menggunakan source code di atas, lebih baik untuk memodifikasinya terlebih dahulu agar tidak terlihat sama. Selain itu, Anda harus sudah daftar akun di github dengan benar untuk membuat project web di github. 
 
Berikut ini Cara Mengupload Project Web dan Hosting Gratis di Github. Ikuti tutorial di bawah ini sampai selesai.

1. Cara Mengupload Project Web ke Github


Berikut ini Cara Mengupload Proyek Web ke Github : 
  • Login ke github > Pilih tab menu + dan klik "New repository"
  • Pada halaman "Create a new repository" isikan "Repository name*" sesuai dengan nama akun yang akan anda gunakan misalnya "coding-lan.github.io" yang di akhiri dengan .github.io.
  • Setelah itu isi "Description (optional)" sesuai keinginan.
  • Kemudian pilih "Public" > dan klik tombol "Create repository"
  • Setelah membuat repository sekarang pada halaman github salin link di kolom seperti gambar berikut :
Cara Mengupload Project Web di Github
  • Setelah menyalin link sekarang buka folder project web yang akan di upload ke github.
  • Setelah itu klik kanan dan pilih "Git Bash Here"
  • Ketikkan perintah di bawah ini untuk mengupload project ke github.
 
  • Setelah semuanya selesai sekarang kembali ke halaman github dan refresh halaman secara otomatis maka proyek web yang akan kita hosting sudah ada.
  • Selesai...
 

2. Cara Hosting Project Web Gratis di Github

 
Berikut ini cara hosting project web gratis di github :
  • Pada halaman github tempat project Anda berada, klik "Settings"
  • Lalu scroll ke bawah dan cari pada bagian "github pages" disini kita akan mengaktifkan setelan github pagesnya dulu. 
  • Github Pages > Source > Klik tab "None" dan ubah menjadi "branch: master" lalu klik "Save"
  • Sekarang Anda tunggu prosesnya selesai setelah loading Anda bisa melihat kalau kembali ke halaman github pages ada keterangan "your site is ready to be publish" yang artinya kalau project web atau website siap untuk ditampilkan dan berhasil di hosting di github.
  • Selesai...

Hasil Tampilan

 
Hasil Tampilan beserta dengan tombol download sudah saya sediakan di bawah ini agar anda dapat menyesuaikannya dengan baik. Klik tombol demo di bawah untuk melihat hasil tampilannya > Klik download untuk mengunggah folder project web bagi anda yang tidak mengerti atau memiliki akses ke github.
 

Kesimpulan


Dengan membuat web kita banyak belajar membangun dan merancang kebutuhan sosial secara online dengan berbagai informasi yang bermanfaat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan hosting secara gratis tanpa penonaktifkan server atau habis jangka waktu untuk hosting domain. Github merupakan salah satu layanan serba guna yang sangat membantu Anda dalam belajar pemrograman.

Penutup


Demikian artikel kali ini tentang cara membuat web dan hosting gratis di github dengan bahasa pemrograman html dan css. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url