Aplikasi Jadwal Aktivitas Menggunakan Firebase


Aplikasi Jadwal Aktivitas Menggunakan Firebase - Firebase merupakan salah satu layanan yang dibuat dari Google dan digunakan dalam mempermudah seorang pengembang aplikasi yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi. 

Firebase sangat membantu para web developer dalam mengembangkan aplikasi sehingga dapat fokus mengembangkan aplikasi dengan mudah tanpa harus bersusah payah membangun aplikasi yang akan dibuat.

Dalam tugas ini, Anda akan membuat aplikasi jadwal kereta api yang menggabungkan Firebase untuk menyimpan data kedatangan dan keberangkatan. Aplikasi ini akan mengambil dan memanipulasi informasi ini dengan Moment.js. Situs web ini akan memberikan informasi terkini tentang berbagai kereta api, yaitu waktu kedatangan mereka dan berapa menit tersisa hingga mereka tiba di stasiun.

Baca juga : Cara Membuat Jumlah Pengunjung Web Blogger Firebase

Tutorial Membuat Aplikasi Jadwal Aktivitas Menggunakan Firebase


Berikut ini tutorial membuat Aplikasi Jadwal Aktivitas Menggunakan Firebase :

1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat folder, misalnya saya membuat nama folder TrainAktivity. Kemudian pada folder yang saya buat yaitu folder TrainAktivity, buat folder baru dan beri nama assets.

2. Kemudian di dalam folder assets buat dua folder baru, folder pertama diberi nama CSS dan yang kedua bernama Javascript
 
3. Selanjutnya di folder TrainAktivity buat file index.html untuk membuat tampilan awal. salin kode di bawah ini ke editor teks Anda dan simpan dengan menamainya index.html
 
 
Setelah itu pada folder bernama CSS kita akan membuat dua file yaitu reset.css dan style.css. Berikut ini adalah script yang akan kita buat pada file reset.css dan style.css.
 

reset.css

 
 
style.css
 
 
Langkah terakhir pada folder JavaScript adalah membuat file bernama app.js dan berikut ini script yang akan kita buat.
 
app.js
 
 
Sekarang lihat hasilnya dengan membuka file index.html pada folder yang kita buat yaitu TrainAktivity. Berikut screenshot aplikasi jadwal aktivitas menggunakan Firebase dari penjelasan yang sudah saya buat di artikel ini.
 

Hasil Tampilan 


Sekarang coba jalankan program dengan membuka file HTML di folder tempat Anda menyimpannya. Untuk hasilnya anda bisa melihat tampilan dari live demo dibawah ini.


Saya akan menyerahkannya kepada Anda - sesuka Anda. Pastikan Anda menggunakan Firebase untuk menyimpan data, GitHub untuk membuat cadangan proyek Anda, dan Halaman GitHub untuk menghosting situs Anda yang sudah selesai.


Languages

 
Berikut ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan :

HTML 49.9%
JavaScript 32.0%
CSS 18.1%

Instruksi

 
1. Pastikan aplikasi Anda sesuai dengan spesifikasi dasar ini:

2. Saat menambahkan kereta, administrator harus dapat mengirimkan hal berikut:

3. Nama Kereta

4. Tujuan
 
5. Waktu Kereta Pertama - dalam waktu militer
 
6. Frekuensi - dalam hitungan menit
 
7. Kode aplikasi ini untuk menghitung kapan kereta berikutnya akan tiba; ini harus relatif terhadap waktu saat ini.
 
8. Pengguna dari berbagai mesin harus dapat melihat waktu kereta yang sama.
 
9. Gaya dan tema sepenuhnya terserah Anda. Menjadi kreatif!
 
Demikian sedikit tutorial sederhana tentang cara mudah membuat Aplikasi Jadwal Aktivitas Menggunakan Firebase. Semoga bermanfaat dan berguna untuk kita semua. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url