Cara Membuat Web Push Notification Menggunakan JavaScript


Cara Membuat Web Push Notification Buat pemberitahuan situs web untuk desktop menggunakan js Lingkungan ini mensimulasikan pemberitahuan yang ditampilkan di desktop Menggunakan JavaScript dan Notification api.

Web push notification adalah cara untuk memberi tahu pengguna aplikasi Anda ketika sesuatu yang penting telah terjadi. Biasanya notifikasi ini berisi informasi pemberitahuan yang ditampilkan di halaman web pada desktop.

Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan cara berlangganan notifikasi di browser dan cara mengirim notifikasi dari server Java. Untuk itu simak ulasan berikut ini sampai selesai agar Anda bisa mengetahui cara membuat web push notification di halaman web.


1. Buat halaman dengan HTML


Banyak orang bertanya apakah ada cara untuk mengingatkan pengguna ke sebuah situs web, jadi saya memutuskan untuk menulis artikel ini tentang Notifications API dengan membuat halaman HTML terlebih dahulu.

index.html


Berikut ini Kode HTML untuk membuat halaman web:


Notifications API memungkinkan Anda melihat notifikasi pengguna untuk acara seperti email baru, tweet, atau acara kalender, serta interaksi pengguna, terlepas dari tab mana yang terbuka.

Notifikasi terdiri dari judul, isi teks, dan gambar representatif (biasanya di mana logo situs ditempatkan). Saat Anda membuatnya, Anda harus menentukan atribut terlebih dahulu agar dapat dilihat dengan benar.


2. Buat Kode JavaScript


Pada dasarnya, otorisasi ini harus berisi tombol yang akan diklik pengguna untuk mendapatkan otorisasi notifikasi.

script.js


Berikut ini Kode JavaScript untuk membuat fungsi pemanggilan notification:


Seperti yang bisa kita lihat, kode ini sangat mudah digunakan dan sangat berguna dalam proyek. Sekarang, kita akan melihat lib notifikasi, yaitu file yang sudah diatur dengan notifikasi, dengan hanya pengguna yang memanggil notifikasi ini. Dengan cara ini, ketika pengguna mengklik tombol, tindakan otorisasi notifikasi akan dilakukan.

Sekarang kita hampir siap, tidak ada lagi untuk mengirim pemberitahuan kepada pengguna. Tapi pertama-tama, kami selalu harus memeriksa apakah izin diberikan oleh pengguna, di Listing 4 kami telah melihat cara mengirim pemberitahuan ini kepada pengguna.

3. Buat Kode CSS


Pada dasarnya, CSS berfungsi untuk mendesain, membentuk, dan mengubah tampilan halaman sebuah website. CSS dapat bekerja dan diterapkan melalui tag HTML. Dengan CSS, tag HTML sederhana dapat diubah sehingga tampilan halaman website menjadi lebih menarik dan efisien.

style.css


Berikut ini Kode CSS untuk mempercantik halaman website:



Hasil Tampilan


Berikut ini adalah hasil tampilan dari web push notification menggunakan javascript:



Info : Anda dapat menjalankan program dari Hasil Tampilan diatas dengan mengisi Title Text Setelah itu klik tombol Send untuk memanggil 🔔 Notification yang akan ditampilkan.

Sekarang Anda dapat melihat hasil tampilan yang telah dibuat menggunakan javascript yang akan ditampilkan langsung pada halaman postingan ini.


Kesimpulan


Pada artikel ini, kita telah melihat cara membuat notifikasi untuk pengguna menggunakan Notifications API. Saya harap Anda menikmati, sampai waktu berikutnya. Dengan membuat notifikasi ini kita bisa menambah wawasan agar tampilan halaman website semakin menarik.

Demikian posting kali tentang Cara Membuat Web Push Notification Menggunakan JavaScript. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url