Kumpulan Perintah CMD (Command Prompt) Windows Terlengkap


Kumpulan Perintah CMD (Command Prompt) Command Prompt Windows adalah fitur yang telah lama menjadi bagian inti dari sistem operasi Windows. Ada beberapa perintah CMD yang sangat berguna dan mudah digunakan bahkan pengguna biasa melihat command prompt Windows sebagai bagian penting dari sistem operasi.

Jika Anda menyukai gagasan untuk bekerja di lingkungan baris perintah dan Anda baru mulai menggunakan Command Prompt, ada beberapa perintah yang harus Anda biasakan. Ada perintah CMD untuk hampir semua hal, mulai dari bekerja dengan file dan direktori hingga mengelola sistem dan perangkat keras jaringan Anda.

Beberapa dari perintah itu lebih baik daripada yang lain dalam hal menyelesaikan pekerjaan. Itu sebabnya, dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan apa yang kami yakini sebagai perintah Command Prompt terbaik. Berikut Perintah CMD Beserta Fungsinya yang Wajib Kamu Ketahui jika Anda ingin lebih mengontrol PC melalui terminal Windows.


Apa itu Perintah CMD?


CMD adalah singkatan dari Command Prompt. Ini adalah instruksi yang diberikan kepada program komputer yang memberitahu program apa yang harus dilakukan. Ini adalah aplikasi yang ditemukan di sebagian besar komputer dengan Windows sebagai Sistem Operasi, dan membantu dalam pelaksanaan perintah yang dimasukkan. Ini juga disebut Command Prompt atau Prosesor Perintah Windows.

Command prompt menjadi semakin populer di kalangan orang yang tidak memiliki latar belakang IT karena membantu mengotomatiskan beberapa tugas yang membosankan dan biasa dengan bantuan beberapa klik. Antarmuka memungkinkan pengguna untuk menjalankan banyak perintah, dan perintah dapat dijalankan satu demi satu. Ini telah membuktikan keuntungan dalam dunia otomatisasi.

Sebagian besar pengguna merasa sulit untuk belajar dan tidak dapat menggunakan Command prompt dibandingkan dengan antarmuka ramah pengguna yang tersedia di aplikasi modern, tetapi Command prompt masih dapat digunakan dalam banyak situasi.


Cara Membuka CMD Di Windows


Membuka Command Prompt di Sistem Operasi Windows semudah beberapa klik.

Langkah 1: Buka Menu Mulai. Ini ada di kiri bawah layar.

Langkah 2: Ketik cmd di bilah pencarian dan tekan Enter. Mereka yang menyukai pintasan di Windows juga dapat menggunakan Ctrl+R yang mengarahkannya ke RUN, lalu mereka dapat mencari cmd dan menekan enter. Hal terbaik tentang perintah-perintah ini di Windows adalah bahwa mereka tidak peka terhadap huruf besar-kecil, yang membuatnya ramah pengguna.

Mari kita lihat beberapa perintah CMD dasar dan paling umum digunakan di Command Prompt. Pada bagian selanjutnya, berikut ini jenis jenis perintah command prompt lengkap dengan fungsinya.

Catatan: Penting untuk diperhatikan bahwa perintah ini tidak peka huruf besar-kecil.


Perintah CMD dan Fungsinya


Beberapa perintah terbaik di Command Prompt adalah perintah yang memungkinkan Anda mengumpulkan informasi, serta mengontrol dan mengelola komputer Anda. Inilah yang kami sebut perintah sistem, dan yang berikutnya adalah yang terbaik, menurut pendapat kami:

1. Logoff


Meskipun logout dari Windows adalah hal yang sangat mudah dilakukan dari antarmuka grafis, terkadang Anda mungkin lebih suka menggunakan baris perintah seperti menggunakan CMD untuk melakukannya. Dan Command Prompt memiliki perintah sederhana hanya untuk melakukan perintah itu:

C:\>logoff

Jalankan, dan Anda akan keluar atau Logout dari Windows.

2. Ipconfig


Pemecahan masalah jaringan tidak pernah sederhana, tetapi satu perintah yang membuatnya lebih mudah adalah dengan menggunakan perintah IPCONFIG.

C:\>ifconfig

Menggunakan perintah ini di CMD  berfungsi untuk mengkonfigurasi IP dan mengembalikan informasi terperinci tentang koneksi adaptor jaringan Anda saat ini termasuk:

  • Alamat IP Saat Ini
  • Subnetmask
  • IP Gerbang Bawaan
  • Domain saat ini

Informasi ini dapat membantu Anda memecahkan masalah perute dan masalah koneksi lain yang mungkin Anda alami dengan adaptor jaringan Anda.

3. Shutdown


Mungkin perintah ini adalah salah satu perintah paling berguna di Command Prompt. Anda dapat menggunakannya untuk mematikan, memulai ulang, mengeluarkan pengguna, melakukan boot ulang ke UEFI (BIOS), dan Anda bahkan dapat menjadwalkan setelah berapa lama semuanya terjadi. Untuk mematikan PC dari CMD, Anda bisa menjalankan perintah berikut:

C:\>shutdown /s

Perintah tersebut digunakan untuk mematikan laptop setelah 1 menit.

Mengetik shutdown /i dari command prompt akan memulai shutdown, tetapi akan menggunakan GUI untuk memberi pengguna opsi apakah akan memulai ulang atau melakukan shutdown penuh. Jika Anda tidak ingin ada GUI yang muncul, Anda bisa mengeluarkan perintah shutdown /s.

Ada daftar panjang parameter lain yang dapat Anda gunakan untuk melakukan log off, hibernasi, restart, dan lainnya. Cukup ketik shutdown tanpa argumen apa pun untuk melihat semuanya.

4. Tasklist


Anda mungkin tahu dan terkadang menggunakan Pengelola Tasklist untuk melihat proses apa saja yang berjalan di komputer Windows Anda. Tapi tahukah Anda bahwa Anda juga bisa melihat proses di Command Prompt tersebut secara langsung? Berikut ini perintah CMD sederhana untuk melakukannya:

C:\>tasklist

5. Assoc


Salah satu alat paling ampuh di pustaka perintah CMD adalah perintah ASSOC.

Komputer Anda mengaitkan ekstensi file tertentu dengan program tertentu. Beginilah cara komputer Anda mengetahui untuk membuka Adobe saat Anda mengklik dua kali file PDF, ataupun Microsoft Word saat Anda mengklik dua kali file DOC.

C:\>assoc

Anda dapat melihat semua asosiasi file yang diketahui komputer Anda dengan mengetikkan ASSOC di jendela perintah. Anda akan melihat ekstensi file dan program yang terkait dengannya.

Anda dapat mengatur asosiasi dengan mengetikkan sesuatu seperti assoc .doc=Word.Document.8.

6. Fc


Terkadang ketika file diubah dari waktu ke waktu, sulit untuk mengingat perbedaan antar versi. Anda mungkin tidak tahu bahwa perintah CMD menawarkan kemampuan untuk membandingkan file dan melihat semua perbedaan, tetapi itu benar.

C:\>fc /a File1.txt File2.txt

Perintah FC melakukan perbandingan file ascii atau biner dan akan mencantumkan semua perbedaan yang ditemukannya.

Fc /a File1.txt File2.txt akan membandingkan dua file ascii.

Fc /b Picture1.jpg Picture2.jpg akan melakukan perbandingan biner pada dua gambar.

7. Netstat


Khawatir bahwa Anda dapat menjalankan malware di komputer Anda yang terhubung ke lokasi internet tanpa Anda sadari?

C:\>netstat

Jika Anda menjalankan perintah NETSTAT di command prompt, Anda bisa mendapatkan daftar semua koneksi TCP yang aktif dari komputer Anda.

8. Ping


Sahabat IT Analyst sering menggunakan perintah PING. Menjalankan perintah ini mengirimkan paket uji melalui jaringan ke sistem target. Misalnya:

C:\>ping google.com

Anda dapat menggunakan perintah PING untuk menguji apakah komputer Anda dapat mengakses komputer, server, atau bahkan situs web lain. Ini dapat membantu mengungkapkan pemutusan jaringan. Ini juga menyediakan waktu transit untuk paket dalam milidetik, sehingga juga mengungkapkan koneksi jaringan yang buruk.

9. Tracert


Tracert adalah Perintah Windows yang menarik untuk digunakan. Jika Anda penasaran untuk melihat jalur lalu lintas internet dari browser Anda ke sistem jarak jauh seperti server Google, Anda dapat menggunakan TRACERT untuk melihatnya.

C:\>tracert google.com

Perintah ini singkatan dari "Trace Route", yang mengirimkan paket ke tujuan jarak jauh (server atau situs web), dan memberi Anda semua informasi berikut:

  • Jumlah hop (server perantara) sebelum sampai ke tujuan
  • Waktu yang diperlukan untuk mencapai setiap lompatan
  • IP dan terkadang nama setiap hop

TRACERT dapat mengungkapkan bagaimana rute permintaan internet Anda berubah tergantung di mana Anda mengakses web. Ini juga membantu memecahkan masalah router atau mengaktifkan jaringan lokal yang mungkin bermasalah.

10. Powercfg


Apakah Anda frustrasi dengan seberapa cepat laptop Anda kehabisan daya? Bisa jadi pengaturan daya Anda dikonfigurasi seefisien mungkin. Ada perintah CMD windows yang disebut POWERCFG (konfigurasi daya) yang dapat membantu. Jalankan command prompt sebagai administrator dan ketik powercfg – energy untuk mendapatkan laporan efisiensi daya penuh.

C:\>powercfg -energy

Prosesnya bisa memakan waktu sekitar satu menit, tetapi setelah selesai, Anda akan melihat apakah ada peringatan atau kesalahan yang dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi daya sistem Anda.

11. Systeminfo


Jika Anda perlu mengetahui merek kartu jaringan yang Anda miliki, detail prosesor, atau versi persis OS Windows yang Anda gunakan, Anda bisa menggunakan perintah SYSTEMINFO yang dapat membantu menginformasikan keterangan dari sistem yang digunakan.

C:\>systeminfo

Perintah ini berfungsi untuk proses polling sistem Anda dan menarik informasi yang paling penting tentang sistem Anda. Ini mencantumkan informasi dalam format bersih yang mudah dibaca.

12. Sfc


Jika Anda pernah khawatir bahwa virus atau perangkat lunak lain mungkin telah merusak file sistem inti Anda, ada perintah Windows yang dapat memindai file tersebut dan memastikan integritasnya. Misalnya seperti berikut:

C:\>sfc /scannow

Anda perlu meluncurkan CMD sebagai administrator (klik kanan dan pilih Run as Administrator). Mengetik SFC /SCANNOW akan memeriksa integritas semua file sistem yang dilindungi. Jika ditemukan masalah, file akan diperbaiki dengan file sistem yang dicadangkan.

Perintah SFC juga memungkinkan Anda:

  • /VERIFYONLY : Periksa integritas tetapi jangan perbaiki file.
  • /SCANFILE : Pindai integritas file tertentu dan perbaiki jika rusak.
  • /VERIFYFILE : Verifikasi integritas file tertentu tetapi jangan perbaiki.
  • /OFFBOOTDIR : Gunakan ini untuk melakukan perbaikan pada direktori boot offline.
  • /OFFWINDIR : Gunakan ini untuk melakukan perbaikan pada direktori Windows offline.
  • /OFFLOGFILE : Tentukan jalur untuk menyimpan file log dengan hasil pemindaian.

Pemindaian dapat memakan waktu hingga 10 atau 15 menit, jadi berikan waktu.

13. Chkdsk


Sementara perintah SFC hanya memeriksa integritas file sistem inti, Anda dapat menggunakan perintah CHKDSK untuk memindai seluruh drive.

C:\WINDOWS\system32>chkdsk C: /f /r /x

Perintah untuk memeriksa drive C: dan memperbaiki masalah apa pun, luncurkan jendela perintah sebagai administrator dan ketik CHKDSK /f C:.

Perintah ini memeriksa hal-hal seperti:

  • Fragmentasi file
  • Kesalahan disk
  • Sektor buruk

Perintah dapat memperbaiki kesalahan disk apa pun (jika memungkinkan). Saat perintah selesai, Anda akan melihat status pemindaian dan tindakan apa yang diambil.

14. Schtasks


Windows dilengkapi dengan wizard untuk membuat tugas terjadwal. Misalnya, mungkin Anda memiliki file BAT yang disimpan di C:\temp yang ingin Anda jalankan setiap hari pada siang hari.

Anda harus mengklik panduan Tugas Terjadwal untuk mengonfigurasi ini. Atau Anda dapat mengetikkan satu perintah SCHTASKS untuk mengaturnya.

C:\>schtasks

SCHTASKS /Buat /SC JAM /MO 12 /TR Contoh /TN c:\temp\File1.bat

Peralihan terjadwal menerima argumen seperti menit, jam, harian, dan bulanan. Kemudian Anda menentukan frekuensi dengan perintah /MO.

Jika Anda mengetik perintah dengan benar, Anda akan melihat respons, SUKSES: Tugas terjadwal "Contoh" telah berhasil dibuat.

15. Attrib


Di Windows, Anda dapat mengubah atribut file dengan mengklik kanan file dan menemukan properti yang tepat untuk diubah. Namun, alih-alih mencari-cari atribut file, Anda dapat menggunakan perintah ATTRIB untuk mengatur atribut file.

c:\>attrib

Misalnya, jika Anda mengetik: ATTRIB +R +HC:\temp\File1.bat, File1.bat akan ditetapkan sebagai file hanya-baca yang tersembunyi.

Tidak ada respons saat berhasil, jadi kecuali Anda melihat pesan kesalahan, perintah berhasil.

16. Perintah CMD Windows lainnya


Seperti yang Anda lihat, ada beberapa hal yang kuat dan berguna yang dapat Anda lakukan dengan command prompt Windows, jika Anda mengetahui perintah yang benar.

Percaya atau tidak, ada lebih banyak perintah yang akan memberi Anda kemampuan untuk melakukan beberapa hal yang mungkin tidak pernah Anda sadari hanya dengan mengetikkan perintah sederhana.

  • BITSADMIN : Mulai unggah atau unduh pekerjaan melalui jaringan atau internet dan pantau status transfer file tersebut saat ini.
  • COLOR : Mengubah warna latar belakang jendela command prompt.
  • COMP : Bandingkan isi dari dua file untuk melihat perbedaannya.
  • FIND/FINDSTR : Cari string di dalam file ASCII apa pun.
  • PROMPT : Ubah prompt perintah dari C:\> ke sesuatu yang lain.
  • TITLE : Mengubah judul jendela prompt perintah.
  • REGEDIT : Edit kunci di registri Windows (gunakan dengan hati-hati).
  • ROBOCOPY : Utilitas salin file yang kuat dibangun langsung ke Windows.


Kesimpulan


Pada artikel ini, kami telah menjelaskan perintah CMD, yang merupakan fitur Windows yang sangat menarik. Kami juga telah menjelaskan beberapa perintah dan trik yang paling umum digunakan yang telah terbukti sangat membantu pengguna biasa.

Meskipun beberapa perintah mungkin berbeda ketersediaannya tergantung pada versi Sistem Operasi, sebagian besar perintah ini umumnya tersedia di semua versi Sistem Operasi Windows.

Apakah Anda memiliki satu lagi yang paling Anda sukai? Apakah Anda memiliki sesuatu untuk ditambahkan ke artikel ini atau untuk direkomendasikan kepada pembaca lain? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Demikian postingan kali ini tentang perintah dasar cmd beserta Fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk bagikan artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url