Solusi Cerdas: Mengatasi Lupa Password WiFi di Semua Perangkat dengan Langkah Mudah

Saat mengalami situasi di mana kita lupa kata sandi WiFi yang terhubung di perangkat kita, ini dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu. Namun, dengan kemajuan teknologi saat ini, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Artikel ini akan membahas solusi cerdas untuk mengatasi lupa kata sandi WiFi di semua perangkat, mulai dari perangkat Android hingga komputer Windows.

Sebelum melangkah lebih jauh, penting untuk diingat bahwa langkah-langkah yang dibahas di sini dimaksudkan untuk mengakses kembali jaringan WiFi yang kita miliki izinnya. Mereka tidak dimaksudkan untuk digunakan untuk mengakses jaringan WiFi tanpa izin. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan informasi ini dengan etika dan tanggung jawab yang tinggi.

Ada beberapa metode yang dapat kita gunakan untuk menemukan kembali kata sandi WiFi yang terhubung di perangkat kita. Pertama, kita akan membahas cara melakukannya pada perangkat Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Selanjutnya, kita akan mengeksplorasi cara yang sama menggunakan aplikasi QuickShortcutMaker(Pintas). Terakhir, kita akan menjelaskan langkah-langkah untuk melakukan hal yang sama pada komputer Windows, baik melalui pengaturan sistem atau dengan menggunakan Command Prompt (CMD).

Baca juga : 15 Komponen Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Cara Mengetahui Password WiFi yang terhubung di Perangkat Android

Cara Pertama: Menggunakan Dnschecker.org

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda mengetahui password WiFi yang terhubung di HP Android tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Anda dapat melakukan hal ini dengan memanfaatkan layanan Dnschecker.org:

  1. Buka menu Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Pilih opsi Wi-Fi untuk mengakses pengaturan jaringan.
  3. Tahan koneksi Wi-Fi yang sedang terhubung selama 5 detik hingga muncul QR code.
  4. Gunakan kamera perangkat Anda untuk mengambil screenshot QR code tersebut.
  5. Edit gambar QR code agar hanya bagian yang relevan terbaca dengan jelas.
  6. Buka aplikasi browser di perangkat Anda dan ketik alamat dnschecker.org di bilah alamat.
  7. Pada halaman utama Dnschecker.org, pilih opsi "All Tools" untuk mengakses berbagai alat yang tersedia.
  8. Gulir atau gunakan fitur pencarian untuk menemukan opsi QR Scanner di dalam daftar alat.
  9. Klik pada QR Scanner untuk membuka alat tersebut.
  10. Pilih tab "Upload Image" dan unggah gambar QR code yang sudah Anda ambil sebelumnya (screenshot) tadi.
  11. Jika diminta, berikan izin akses untuk memungkinkan alat untuk memproses gambar.
  12. Sistem akan secara otomatis menganalisis gambar QR code dan menampilkan informasi terkait seperti tipe enkripsi, nama jaringan (SSID), password, dan petunjuk tambahan jika ada.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan kembali akses ke jaringan WiFi yang terhubung di HP Android Anda. Prosesnya sederhana dan efisien, tanpa memerlukan instalasi aplikasi tambahan yang mungkin memakan ruang penyimpanan perangkat Anda. Dnschecker.org memberikan solusi praktis untuk mengatasi lupa password WiFi, menjadikan pengalaman terhubung ke internet lebih lancar dan nyaman.

Cara Kedua: Menggunakan QuickShortcutMaker(Pintas) untuk Mengetahui Password WiFi di HP Android

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan QuickShortcutMaker(Pintas) guna menemukan kata sandi WiFi yang terhubung di perangkat Android:

  1. Unduh QuickShortcutMaker(Pintas) dari Play Store jika Anda menggunakan perangkat Android, atau dari situs resmi mereka di quickshortcutmaker.app jika Anda menggunakan desktop.
  2. Buka aplikasi setelah selesai diunduh. Jika ada notifikasi yang muncul, klik 'Oke' untuk mengkonfirmasi.
  3. Pada bagian atau tab kegiatan, gulir ke bawah dan cari opsi 'Setelan' dengan informasi com.android.settings.
  4. Cari dan pilih bagian 'Jaringan tersimpan', kemudian klik 'Coba'.
  5. Akan muncul daftar jaringan Wi-Fi yang tersimpan atau pernah tersambung di perangkat Anda.
  6. Pilih jaringan Wi-Fi yang ingin Anda lihat kata sandinya, lalu klik 'Bagikan'. Secara otomatis akan muncul QR Code beserta dengan kata sandi yang digunakan. Jika kata sandi tidak muncul, lakukan tangkapan layar seperti pada cara pertama.

Dengan menggunakan QuickShortcutMaker(Pintas), Anda dapat dengan mudah dan cepat mengetahui kata sandi WiFi yang terhubung di perangkat Android Anda. Metode ini sangat berguna jika Anda lupa kata sandi WiFi atau ingin mengaksesnya dari perangkat lain tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan cermat untuk hasil yang akurat dan efisien.

Cara Mengetahui Password WiFi yang terhubung di Komputer Windows

Cara Melihat Password WiFi di Komputer Windows Melalui Pengaturan Sistem

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Klik kanan pada ikon Wi-Fi di taskbar.
  2. Pilih opsi "Open Network & Internet settings".
  3. Pada halaman pengaturan, temukan dan klik "Advanced network settings" > "Change adapter options".
  4. Klik kanan pada koneksi Wi-Fi yang terhubung dan pilih "Status".
  5. Pada jendela "Wi-Fi Status", klik "Wireless Properties".
  6. Pindah ke tab "Security".
  7. Centang kotak "Show characters" untuk melihat kata sandi WiFi yang terhubung.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menemukan kembali kata sandi WiFi yang terhubung di komputer Windows Anda. Pastikan untuk menjaga kerahasiaan kata sandi WiFi Anda dan hanya menggunakan informasi ini dengan etika yang benar.

Baca juga : Mengatasi Iklan Otomatis di Android: Panduan Mengidentifikasi dan Menghapus Aplikasi Penyebabnya

Cara Mengetahui Password WiFi yang terhubung di Komputer Dengan CMD

Menggunakan Command Prompt (CMD) untuk Temukan Kata Sandi WiFi

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt (CMD) di Komputer Anda dengan menekan tombol Windows + R dan mengetik "cmd", kemudian pilih "open cmd".
  2. Ketik perintah NETSH WLAN SHOW PROFILE untuk melihat daftar nama WiFi yang pernah terhubung.
  3. Ketik perintah NETSH WLAN SHOW PROFILE [NAMA_WIFI] KEY=CLEAR, gantilah [NAMA_WIFI] dengan nama jaringan WiFi yang ingin Anda temukan passwordnya.
  4. Sekarang Anda dapat melihat informasi detail tentang WiFi beserta kata sandi yang digunakan pada bagian Security Settings.

Contoh hasil:

Security settings
-----------------
    Authentication         : WPA2-Personal
    Cipher                 : CCMP
    Authentication         : WPA2-Personal
    Cipher                 : GCMP
    Security key           : Present
    Key Content            : anonymous

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengetahui kata sandi WiFi yang terhubung di komputer Anda menggunakan Command Prompt (CMD).

Baca juga : Kumpulan Perintah CMD (Command Prompt) Windows Terlengkap

Kesimpulan

Dalam menghadapi tantangan lupa kata sandi WiFi, artikel ini telah memberikan solusi yang cerdas dan praktis untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dengan jelas, Anda dapat dengan mudah menemukan kembali kata sandi WiFi yang terhubung di berbagai perangkat, mulai dari perangkat Android hingga komputer Windows. Namun, penting untuk diingat bahwa informasi ini harus digunakan dengan bijaksana dan hanya untuk mengakses jaringan WiFi yang Anda miliki izinnya.

Mengetahui dan mengelola kata sandi WiFi adalah langkah penting untuk menjaga keamanan jaringan Anda dari akses yang tidak sah. Dengan memahami cara untuk mengakses kembali kata sandi WiFi yang terhubung, Anda dapat memastikan bahwa hanya orang-orang yang seharusnya dapat mengakses jaringan Anda. Selain itu, pengetahuan ini juga memungkinkan Anda untuk memperbarui atau membagikan kata sandi dengan orang-orang yang membutuhkannya.

Terakhir, jangan lupa untuk terus mengikuti blog kami untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang berbagai topik teknologi, termasuk tutorial lanjutan tentang Cara Mengetahui Password WiFi Yang Aktif!! (Linux Tutorial) dan berbagai fakta terbaru yang relevan. Dengan Ikuti Blog kami Anda akan tetap terhubung dengan kami, Anda akan selalu mendapat pemahaman yang lebih baik tentang teknologi dan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memaksimalkan pengalaman digital Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url