Cara Membaca dan Menulis Data dengan CRUD Firebase Web


Cara Membaca dan Menulis Data dengan CRUD Firebase Web Membuat Database Realtime merupakan bagian dari Rangkaian Emulator Lokal yang memungkinkan aplikasi berinteraksi dengan konfigurasi dan konten database yang diemulasi, serta secara opsional dengan sumber daya proyek yang diemulasi dengan aturan keamanan.

Pada posting sebelumnya saya menunjukkan cara mengirimkan data ke database firebase secara Realtime. Dan pada kesempatan kali ini saya akan menunjukkan cara mendapatkan data dari database Firebase Realtime dan menampilkannya dalam sebuah tabel.

Dalam artikel ini, jadi saya akan menunjukkan cara meneruskan data ke dalam database Firebase Realtime dan membaca data firebase dalam sebuah tabel. Selain itu saya juga menyediakan source code gratis, untuk itu anda bisa mengikuti postingan ini tentang write data to firebase realtime database.


1. Membaca data firebase ke tabel


Untuk membaca data firebase terlebih dahulu kita perlu menghubungkan database ke aplikasi kita seperti yang saya tunjukkan di bawah ini. Kode berikut menjelaskan cara mendapatkan data dari firebase.


getData adalah ID yang kita tetapkan untuk tombol pencarian.

2. Menulis data di database firebase


Untuk menulis data di database firebase Anda dapat menulis data di database firebase dengan menggunakan kode di bawah ini.


Saat menulis data di database firebase Realtime, Anda harus terlebih dahulu menghubungkan database dengan aplikasi web Anda. Pertama kita mengimpor konfigurasi dan kita mendapatkan referensi database.

Dengan menggunakan fungsi berikut, Anda dapat mengirim data ke database Realtime.


Submit adalah ID yang kita tetapkan untuk tombol mengirim data.

3. Source Code CRUD Firebase Web


Untuk membuat tampilan form tabel pada halaman web Anda dapat menyalin seluruh source code lengkap di bawah ini.

simpan dengan nama index.html



Cara Menambahkan atau Mengirimkan Data ke Database Firebase


Berikut ini Cara menambahkan atau mengirimkan data ke database Firebase:

  1. Pertama Anda bisa menyalin Source Code CRUD Firebase Web diatas dan simpan dengan nama index.html
  2. Setelah itu buat akun dan database di firebase terlebih dahulu atau Anda dapat mengikuti video tutorial firebase web

Sumber : Info Tech WAR for Coding



3. Setelah itu salin kode firebase configuration milik Anda
4. Buka file index.html lalu paste di bagian // Your configuration code here seperti yang saya tandai pada kode diatas.
5. Selesai...


Hasil Tampilan


Berikut ini hasil tampilan dari CRUD Firebase Web Connect to Firebase Realtime Database


Kalau tidak ada terjadi kesalahan maka hasil dari input yang ada di tabel pada halaman akan masuk di Firebase Realtime Database seperti pada gambar dibawah ini.


Jika Anda mengikuti setiap langkah dalam artikel ini (dan tidak melewatkan apa pun), Anda akan memiliki dasar yang nyata untuk memulai pengenalan dari firebase realtime database.


Kesimpulan


Dengan menghubungkan Firebase Realtime Database, walaupun klien tidak terkoneksi internet, klien juga dapat menerima setiap perubahan data yang ada secara realtime, saat klien terkoneksi kembali dengan Internet, peristiwa realtime akan terus tetap berlangsung, sehingga hasilnya menjadi user friendly.

Demikian posting kali tentang Cara Membaca dan Menulis Data dengan CRUD Firebase Web. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Yuk share artikel ini untuk membantu teman-teman yang lain. Terima kasih!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url