Memecahkan Masalah Adsense Memperlambat Kecepatan Situs Web

Memecahkan Masalah Adsense Memperlambat Kecepatan Situs Web - Google membuat pembaruan vital web inti terbaru yang memengaruhi hasil pencarian pada Juni 2021. Pada situs web atau blog yang memiliki skor di PageSpeed dengan mendapatkan hasil yang rendah, Anda harus segera melakukan perbaikan yang sangat serius. 

Beberapa masalah yang sering terjadi seperti jika awalnya kecepatan situs Anda bagus, tetapi ketika Anda menambahkan kode iklan Adsense, kecepatan situs turun? bahkan Anda tidak dapat mengoptimalkan server AdSense.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang cara memuat iklan Adsense tanpa harus mempengaruhi kecepatan pada sebuah website atau blog.


Bagi anda yang masih pemula jika ingin mendapatkan penghasilan dari user experience yang baik pada sebuah website yang bertujuan untuk mengelola atau mengembangkan sebuah website maka anda harus menjaga iklan Adsense dan juga kecepatan website atau blog anda.

Cara Memeriksa Kinerja Kecepatan Situs Web


Banyak fasilitas atau tools gratis dan premium yang disediakan oleh Google dan dapat berfungsi dengan baik untuk mengecek kecepatan situs web. Untuk Cara Cek Performa Kecepatan Website bisa menggunakan tools yang disediakan oleh Google seperti Page Speed ​​Insight, GTmetrix, Pingdom Tools dan masih banyak lagi. Artikel ini hanya membahas kecepatan halaman apa saja yang harus diperiksa. 

Sebagian besar blogger lebih memilih untuk memeriksa kecepatan halaman beranda mereka untuk menyelesaikannya, meskipun tidak perlu dilakukan, Anda harus memeriksa kecepatan halaman semua konten yang tersedia. Tetapi tidak mungkin untuk memeriksa kecepatan semua dalam posting dan halaman. 

Ada tiga hal yang perlu diperiksa untuk kinerja kecepatan situs web :

  • Kecepatan Pada Beranda,
  • Kecepatan Postingan Blog,
  • Kecepeatan di Halaman.

Jika Anda memiliki halaman lain seperti halaman produk atau posting blog yang berisi media, iframe, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa kecepatan pada semua halaman tersebut sebelum dan sesudah menambahkan kode iklan Adsense.

Cara Memuat Kode Iklan Adsense Tanpa Mengurangi kecepatan situs web


Banyak faktor yang menjadi pertanyaan misalnya seperti kecepatan pada situs saya sebelum memasang kode iklan Adsense adalah mendapatkan nilai 100 untuk seluler dan 100 untuk perangkat desktop menggunakan alat PageSpeed Insights. Pada saat saya menambahkan kode iklan Adsense ke blog kecepatannya berkurang menjadi 30 hingga 40 pada seluler dan 80 untuk tampilan desktop. 

Kalau kita mendapatkan persetujuan dari Google AdSense ada kode yang harus ditempelkan di situs web anda. Berikut ini contoh kode iklan Adsense :


Dari kode di atas, perhatikan file adsbygoogle.js yang memuat secara asinkron dengan konten tanpa harus memblokir konten agar tidak dimuat. Hal-hal seperti itu dapat menyebabkan keterlambatan dalam memuat konten karena situs web membutuhkan lebih banyak waktu untuk memuat.

Tetapi jika kita ingin melakukan dengan skrip ini, iklan akan dimuat setelah situs web siap untuk berinteraksi dengan pengguna. Pada saat pengguna menggulir, mengklik, sekitar 5 detik tidak ada input.

Berikut ini Cara Memuat Kode Iklan Adsense tanpa Mengurangi kecepatan situs web :

  • Pertama kita akan menghapus adsbygoogle.js di semua unit iklan halaman, misalnya seperti kode yang dirujuk di bawah ini.

  • Dari semua blok iklan akan terlihat seperti ini. Misalnya kita akan memilih blok iklan dengan ukuran 336x280 agar dapat dimuat baik untuk perangkat seluler maupun desktop.
Disini kita dapat menambahkan skrip yang akan diletakkan di bagian footer pada situs web untuk meningkatkan penilaian skor wawasan di PageSpeednya. Alangkah lebih baik jika kita menghindari iklan responsif otomatis karena itu akan menghasilkan skor pergeseran tata letak kumulatif yang sangat besar. Anda juga dapat menanyangkan iklan Adsense responsif menggunakan metode ini.


Di bawah skrip ini, rekatkan skrip penayangan iklan Adsense dengan format yang sama misalnya seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Disini saya telah mengubah src menjadi data-src untuk membuat iklan Adsense setelah berinteraksi dengan pengguna. Selain itu, jangan lupa perhatikan bahwa Anda harus sudah menghapus baris berikut semua blok iklan, maksudnya bukan semua itu. Tapi tempelkan seperti berikut ini :

Pengguna Blogger dapat mengedit tema blogger dan menempelkan skrip diatas ke file tema dan diletakkan di atas tag </body>. Kemudia setelah kode sudah diletakkan, sekarang Anda dapat memeriksa kecepatan pada situs web. Selain itu, Anda juga dapat membaca panduan dari artikel Cara Memastikan Blog Diterima Untuk Daftar AdSense.

Demikian yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini tentang Mengatasi Masalah Adsense Memperlambat Kecepatan Website dan solusi Cara Memuat Kode Iklan Adsense Tanpa Mengurangi kecepatan situs web. Semoga bermanfaat dan jika ada hal yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url