Cara Menghapus dan Membuat Thumbnail di Blog

Thumbnail
Thumbnail Image

Cara Menghapus dan Membuat Thumbnail di Blog - Thumbnail adalah tampilan gambar pada halaman depan, halaman utama, atau Homepage Blog yang diposting dari sebuah website atau blog.

Menghapus thumbnail di blog adalah salah satu cara untuk membuat blog menjadi lebih ringan. Dalam membangun blog kita harus dapat mengerti dan Memecahkan Masalah Adsense Memperlambat Kecepatan Situs Web.

Menghapus thumbnail pada blog merupakan salah satu cara untuk membuat struktur kode lebih ringan untuk dimuat dan dapat meningkatkan kecepatan blog. Dalam membangun blog kita juga harus mengerti tentang seo blog, seperti Mengatasi Masalah Adsense yang membuat Lambat Kecepatan Website.

Selain itu, terkadang bisa juga karena alasan tertentu. Misalnya seperti pemilik blog yang tidak ingin terlalu banyak menampilkan konten gambar di halaman utama. Menurut beberapa pengembang blog, thumbnail tidak terlalu penting untuk ditampilkan di halaman utama. Selain itu, hal ini memungkinkan tampilan blog atau website menjadi lebih sederhana dan ringan saat diakses oleh pengunjung blog serta dapat meningkatkan SEO untuk kecepatan situs.

Pada Postingan Kali ini saya akan membahas tentang cara menghapus thumbnail di blog.

Catatan : Perlu diketahui bahwa sebelum menghapus kode dari template blog, kita harus ingat bahwa setiap template yang digunakan memiliki struktur kode yang berbeda. Meski berbeda Anda tetap bisa melakukan hal yang sama karena kode thumbnail tidak jauh berbeda dengan yang lain. Karena disini kita hanya menghapus atau menghilangkan bagian atau fungsi untuk memanggil gambar thumbnail.

Disini saya akan mempraktekkan dan mencontohkan bagaimana Cara Menghapus Thumbnail di Blog khusunya pada Template Blog Oreo 1.4. Anda juga bisa membaca artikel lainnya untuk mengetahui Cara Membuat Postingan Blog Agar Tidak Bisa di Copy Paste

Cara Menghapus Thumbnail di Blog


Berikut ini Cara Menghapus Thumbnail di Blog :
  • Pertama login ke blogger,
  • Selanjutnya cari kode <b:if cond='data:post.firstImageUrl'> kurang lebih tampilan script seperti berikut pada template blog :
Bila ingin menghapus gambar thumbnail di blog, Anda bisa menghapus semua kode seperti diatas.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti menonaktifkan kode script dengan menggunakan tag <!-- terletak pada bagian utama script dan diakhiri dengan menggunakan tag penutup -->. perintah tersebut digunakan untuk bila suatu saat anda ingin mengubah tampilan thumbnail di blog menjadi seperti semula. Berikut ini contoh kode tag <!-- dan di akhiri dengan tag --> posisi script akan menjadi seperti berikut :

  • Selesai...

Sekarang anda bisa melihat hasil perubahannya dengan cara me-refresh halaman blog, jika berhasil maka tampilan thumbnail atau gambar postingan beranda pada blog tidak akan ditampilkan di halaman home page, tetapi gambar akan dimuat setelah pengguna membuka postingan artikel pada website atau blog yang Anda kelola. 

Setelah Anda mengetahui Cara Menghapus Thumbnail di blog sekarang sebaliknya bagaimana Cara Membuat Thumbnail di Blog.

Cara Membuat Thumbnail di Blog


Berikut ini Membuat Thumbnail di Blog :
  • Pertama login ke blogger,
  • Pada Dashboard pilih "Tema" > Klik tab opsi "SESUAIKAN" > Pilih "Edit HTML"
  • Sekarang cari kode tag penutup </b:if>
  • Kemudian letakkan kode berikut ini tepat di bawah kode </b:if>

  • Sekarang simpan template.
  • Selesai...

Kesimpulan


Untuk Cara Menghapus Thumbnail di blog atau template jenis lain sebenarnya menurut saya itu sama saja, kalau masih bingung Anda bisa menggunakan inspect elemen di desktop untuk melihat kode atau tag yang digunakan untuk perintah memanggil thumbnail atau gambar artikel tersebut.

Penutup


Demikian artikel pada hari ini mengenai Cara Menghapus dan Membuat Thumbnail di Blog. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang tidak ingin memasang gambar thumbnail di blog untuk mempercepat speed pada situs web.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url