Crud Simpel Menggunakan Django

Crud Simpel Menggunakan Django - Django adalah kerangka kerja sisi server yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengembang untuk membantu membangun proyek dan berperingkat tinggi. 
 
Kerangka web gratis ini adalah open source berbasis python yang mengikuti pola arsitektur model-template-views. di sini kita akan belajar tentang bagaimana membuat crud dengan kerangka kerja django pada database mysql. 
 
 
Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan kata crud yang merupakan singkatan dari create, read, update dan delete. crud artinya melakukan input data ke database, menampilkan data dari database, mengedit, mengupdate data di database, dan menghapus data di database. 
 
Dalam tutorial membuat crud dengan django framework pada database mysql, kita akan menampilkan data dari database dan mempelajari langkah awal untuk membuat crud dengan django. untuk itu simak ulasan di bawah ini dengan benar.

Crud Simpel Menggunakan Django


Saya telah membuat kode sumber di github. Berikut tutorial menjalankan aplikasi crud sederhana dengan menggunakan framework django, ikuti tutorial di bawah ini.

Tutorial

Kebutuhan sistem :
  • python 3.7.1
  • django
  • mysql
 

Cara Instalasi

Clone gunakan :

git clone https://github.com/coding-lan/cruddjangosimple
 
Atau anda bisa langsung download berbentuk format.zip
 

Buatlah Nama Database

Simplecrud
 
Selanjutnya buat nama database "simplecrud" di xampp (localhost/phpmyadmin) pada browser. jangan lupa start apache dan mysql terlebih dahulu di xampp control panel.

Jalankan Aplikasi

Sebelum menjalankan aplikasi kamu harus migrasi terlebih dahulu :
 
py manage.py migrate
 
dan jalankan web server dengan perintah :
 
py manage.py runserver
 

Contoh menjalankannya 🔽

 

Untuk akses kedalam aplikasi silahkan kunjungi atau salin link output http://127.0.0.1:8000/ dan paste pada browser anda.
 

Hasil Tampilan

 
Berikut ini adalah hasil tampilan program Crud Simpel Menggunakan Django :
 

Selamat berkembang dan belajar lebih baik. Anda juga bisa memodifikasi kode sumber yang saya buat sesuai yang anda inginkan. Demikian tutorial belajar Crud Simpel Menggunakan Django.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url